1

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Mom Mamanya Tiva - Iya, udah dari newborn. Insya Allah aman kok :) Isinya cuma air dan garam biasa. Soal alergi, bisa banget sih ngaruh ke pernafasan, dan biasanya turunan dari ibu (60% kemungkinan) dan/atau ayah (15-20% kemungkinan.)

mom misstixie - Iya, itu kalo mau netesin Breathy di idung emang peer banget :D Mana kepala si anak suka gelisah pula, hihi. Kaya bingung, "ini apa nih kepalaku kok dipegangin? Apaan tuh di tangan ibu? Itu mau netesin apa tuh?"

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

2

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

hai moms ... bayi aku (3.5 bulan) kalau malam-pagi suka buntu hidungnya, nafasnya juga bunyi grok2 ...

udah aku kasi larutan air + garam, dibersihin idungnya, dadanya diolesin vicks baby, kamarnya diuapin minyak kayu putih, tidurnya ditinggi'in ...

tapi tetep buntu :( dan kalo udah buntu gitu dia jd kebangun n rewel

dulu pas 2 bulan pernah ke DSA katanya gpp, dikasih resep larutan saline tok.

Stallion's mommy

3

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

piouslady

keponakan saya dulu juga gitu mom, trus dianjurin dokter utk menjemur baby nya tiap pagi..syukurlah, setelah dicoba beberapa hari, uda gak grok grok lagi.

mungkin bs di coba jg mom ke baby nya :)

4

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

iya, sekarang aku coba jemur dia setiap ada matahari pagi selama 15 menit ... semoga berhasil hix ...

Stallion's mommy

5

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

mamas, kalo bunyi napas itu br muncul setelah toddler kenapa ya? soalnya pagi ini Keina (21m) tiba2 napasnya berbunyi aneh tp bukan grok grok. Lebih mirip ngik ngik dan bunyinya pas tarikan napas. Td pagi nangis pas bangun trus langsung bunyi napasnya, pas dinenenin jg masih bunyi dan agak ilang kalo kepalanya noleh ke sisi kanan (pas nenen noleh sisi kiri). Belum coba dijemur sih krn anaknya masih tidur.

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

6

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

prastawa,
keina ada ashma gak? atau lg batpil gak? dulu KIRA pernah batpil sampe nafasnya bunyi "ngik ngik" jg. kata dsa krn ada lendir yg terlalu ke dlm dan susah keluar jd menghalangi jalan nafas. terapinya cuma di nebu aja sih.. kalo kelihatan susah nafas mending konsul dsa yg RUM. karena asupan oksigen ke otak penting utk pertumbuhannya. Btw, nafasnya bunyi pas tidur aja ato pas beraktifitas jg?

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

seneng nya akhirnya nemu thread ini...
Lala (3w) jg suka grok2 nafasnya, apalagi kalo malam. kalo udah ngga nyaman, tangannya sampe dikibas2 panik gitu, kasian bgt. tp so far pake BREATHY lumayan membantu, plus dijemur kalo pagi, dan seharian dikasih lampu belajar...apalagi cuaca lg dingin bgt gini di bdg. Lala bisa tidur nyaman kalo dikasih jacket atau atasannya di dobel. Intinya jaga supaya badannya tetep hangat jd lendir di hidung ngga makin numpuk, teori aku aja nih tp it seems to work well so far.

8

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Kalo kata dsa ku, baby itu suka grok2 salah satunya juga karena lendir (air liur) yang berkumpul di pita suaranya makanya begitu udara melewatinya bunyi grok2. kalo baby kan kerjaannya tidur dan posisnya berbaring mulu jadi ga ketelen dengan mudah air liurnya, ga kayak kita2 orang dewasa.

9

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

drey juga gitu samapi umurnya 1 bulan lebih tapi sekarang (2bulan) udah hilang.
waktu pertama kali dengar gitu khawatir banget tanya sama dokter katanya itu biasa karna bayi itu organnya belum sempurna.
tapi tetap aja khawatir setiap lagi mimik bunyi grok groknya makin besar.
tapi tenang mom's buktinya sekarang drey udah g kayak gitu lagi kok

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

10

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

bener tuh mom vieni kata DSA-ku juga gitu.

Tapi, klo udah parah bgt, coba diinhalasi aja.
Waktu kezo dirawat, DSAku akhirnya nyuruh inhalasi krn grok2an parah. Alhamdulillah setelah 3x inhalasi, grok2annya berkurang & kayanya nafasnya Kezo legaaaa bgt.
*nyesel kenapa ga dari dulu nginhalasi Kezo.

Akhirnya skrg beli sendiri alat inhalasinya (nebulizer), biar bisa kerjain sendiri dirumah..hihi
eits...tapi ga boleh sering2 loh moms...

11

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Nabila (5m10d)..hidung ny kyk tersumbat gtu...tpi ga keluar ingus,klo mlm suka gelisah g bsa bobo...kucek2 hidung sma mata..kira2 knp yh.

12

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

bubu_nabila
Allysha (7m3w) juga gitu. Tp baru keluar parahnya 3mingguan ini grok2nya,awalnya cuma ngucek2 idung ajah apalagi kalo abis makan yg dia alergi ato bundanya makan sesuatu yg alergi buat dia (masuk lewat asi). Munculnya paling parah kalo abis mandi,kaya ga bisa nafas sebelah. Awalnya ngiranya dia pilek krn berapa hari sebelomnya ayahnya juga pilek. Tp ga ada ingusnya. Terua sempet ngira ada makanan yang nyumbat dr belakang,kaya kacang ijo gitu. Soalnya klo dia bobo diteropong dr depan mah ga keliatan. Akhirnya diperiksalah allysha ke dr tht. Ternyata oh ternyata,konkha nya hipertrophi juga kaya bundanya,pantesan klo dingin makin parah. Kasian allysha punya bunda alergian,nurun deh :(
Ga bisa diapa2in kecuali dikauter (kaya dipanasin terua diteken gitu konkhanya) tp masih bayi kasian juga. Akhirnya cuma didoain, dijemur dan dihindarin dari alergen deh. Nanti kalo udh gedean mau disuruh berenang ah,biar daya tahan tubuhnya kuat.

13

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

demya Dr lahir juga bunyi grok2 Dan kagetan, konsultasi Sama FIL yg dokter itu wajar pd bayi malah Ada istilah medisnya to aku lupa (sdh 1,5 thn lalu). hilangnya rajin dijemur Dan tidur tengkurep. usia 7 bln sdh hilang.

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

14

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Babyku juga sama dr lahir grok2..sampe2 ada yg blg kurang bersih waktu awal lahir dibersihkan di RS. Trs pas dah bisa mengkurep sering gumoh kluar lendirnya..klo pagi sering dijemur.skrg dah 7m dah ilang sendiri grok2nya.pdhl pas awal2 itu dah keliling ke DSA.sampe pernah dikira batpil, alergi, dll.ternyata bkn..nyeselll bgt sempet kasih minum obt sampe 2 minggu gr2 ga ngerti..

15

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Hi moms, mau share ajha... Baby ku waktu lahir sampai usia kurang lebih 2 bulan nafasnya bunyi grok grok kadang malah pernah sampai parah banget bikin dia sulit minum susu dan sulit bernafas (plus pilek dan batuk). Setelah konsultasi dengan DSA dibilangnya alergi dan menurut DSA nya alergi bisa bersumber dari macam-macam bisa karena ASI, debu atau udara dingin. Dan karena waktu itu masih ASI aku disuruh diet macam2 (susu dan produk turunannya, seafood, telur, tepung, kacang2an) dan di suruh physiotherapy dengan nebulizer. Akhirnya aku beli nebulizer supaya bisa therapy sendiri di rumah. Setelah kurang lebih 2 minggu nebulizer setiap sore dan jemur plus setelah nebulizer dada dan punggungnya dimassage dan ditepuk-tepuk (caranya diajarin mbak therapyst nya di Bunda International Clinic) baby ku much much better. Sekarang (hampir 4 bulan) nafasnya sudah tidak bunyi grok grok lagi, tentu saja masih terus rajin dijemur setiap pagi (kalau ada matahari). Oya moms waktu nafasnya masih grok grok aku kasih Sterimar nasal hygiene, disemprotkan 2x sehari di hidungnya. Sempat dikasih breathy juga tapi kelihatannya lebih efektif Sterimar untuk membersihkan hidungnya yang tersumbat.

Mom of adorable twinnies baby K & baby N

16

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

mam..anakku mikha (3m16d) juga napasnya grok2..aku curiganya alergi, krn aku punya asma juga..belum kubawa ke dokter krn rencana sekalian dia imunisasi akhir nov nanti..
aku juga berusaha stop makanan yg bisa menyebabkan alergi seperi kacang2an, susu, coklat, keju, seafood dll.tp krn dia minum asip, dan asip yg aku stok kan masih pas aku konsumsi makanannya bebas2 aja..
jd skrg aku kasi dia asip yg baru aku pompa, yg pas aku dietin ini, tp ko masih bunyi grok2 aja..
apa AC kmr hrs aku matikan ya, tp kalo kamar nya panas anakku yg pertama gelisah suka ga bs tdr
gmn ya solusinya?

17

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

moms..anakku danish(5mo) juga gt, ternyata banyak juga baby yg gt ya
memang blm pernah diperiksa sii..mungkin karena dingin juga di bandung ya
mudah2an dia baik2 aja yaa..thanks for the info moms

18

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

bundanya alva_danish
diriku juga tinggal dibandung maak, baby ku juga sempet grok grok
kita mulai sadar the baby nafasnya grok grok gitu, beberapa minggu setelah lahir..

sempet nanya sama DSA katanya cukup di jemur aja,
alhamdulillah sekarang (5mo) grok groknya ilang :)

mom of mochammad

19

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

dari danish baru lahir, uda baca dari TUM dan tau dari dokter kalau grok2 itu wajar. tapi tadi baru denger dari mertua katanya saya jangan minum air es biar danish ga pilek atau berlendir. emang ada hubungannya ya bunda2?

Macie-nya Danish
@zput

20

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Alenka (5M3W) juga kalo udara dingin suka grok grok tapi memang karena alergi dingin dan asma ringan. Kalo parah banget sama dsa ku disuruh kasih tiriz drop, tp kalo sesekali aja sih gak aku kasih apa2 di anget-anget aja pake baby balsam.

puputpuput, setau aku sih kayanya gak ngaruh ya kita minum es-es an sama baby pilek hehe.

i ? you as big as the world, Alenka.

21

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Wah, jd tenang deh setelah baca thread ini.. Rafa (1m2w) jg suka grok grok gitu deh.. Kata dsa-nya sih itu normal buat newborn.. Sempat khawatir tdnya.. Tp aku selalu jemur kok jam 7 pagi..

22

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Anak saya juga grok grok gitu moms,alhamdulillah pas umur 2minggu mulai berkurang..tapi sekarang (1month) kok bunyi grok lagi ya:( lagi mau nyoba saran2 moms semua,moga2 cuma alergi dingin/kena ac kayak yg d thread ini,amin3

23

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

katanya normal ya kalo aku baca di gugel buat baby new born..
sampe skrg Raissa 2mo msh suka grok2 kalo lg tidur malem
kalo siang ga pernah sih . malem doang kdg2

24

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

Sama bget.. Baby ku gafi (1 mo) skrg napasnya bunyi grok2 terus kdg2 suka kebangun karna napasnya g enak kayanya.. Tp mimiknya ttp semangat
Sempet k dsa tp dibilangnya pilek dan idungnya tersumbat..dikasi obat puyer gt.. Aku g tega bayi kecil d kasi obat gt..akhirnya aku g kas obat..sampe skrg masih bunyi grok2 gt

25

Topic: Bunyi Napas Grok Grok Pada Bayi

ternyata belum pernah share disini. Kara dulu waktu baru lahir juga nafasnya grok-grok. Sampai lama bahkan, usia 5 bulan'an baru hilang. Kata Dsanya, untuk anak prematur memang wajar kalau hilangnya lama. Karena organ2nya belum sempurna. Asalkan tidurnya nyenyak, minumnya lancar, kenaikan BBnya masih normal, gak rewel, Insyaallah gak ada masalah.
Kalau memang dirasa mengganggu, misal bayi jadi susah tidur, rewel, BBnya gak naik, ya mungkin memang harus waspada.
Dan lagi, ternyata Kara dapat "warisan" Rhinitis alergi dari bundanya, jadi sampai sekarang kalau cuaca dingin hidung suka tiba-tiba buntu meskipun gak lagi pilek. Kalau sudah ketemu matahari, ya normal lagi hidungnya.
Kalau pas lagi batpil, kalau malam waktu tidur masih bunyi grok-grok sampai skrg 4,5thn. Kalau sembuh batpilnya ya normal lagi nafasnya.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's