1

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

tadi si kelinci lg minum pake mag2 straw nya. saya lg d kamar siapin baju dia mau mandi.
pas saya keluar kamar kok dia lg diem liatin straw dia. pas saya datengin eh ternyata sedotannya yg anti spill itu udah sobek di gigitin sama dia.
dan.... yg saya kagetnya... bagian anti spillnya uda ilang setengah. saya cari2 d lantai ga ada. kayanya ketelen sama dia karena dia gigit2 sambil minum huhuhu
gimana ya? anaknya sih biasa2 aja. ga ada reaksi apa2. cuma dia bingung aj swdotannya rompong :/
kira2 bahaya ga ya? takut nyangkut d pernafasan ato d organ dlamannya gitu...
ada yg punya pengalaman serupa?
saya cari2 info kayanya ga ad yg ngebahas soal silikon straw. adanya letelen kancing batre dll...

http://img.photobucket.com/albums/v455/sophitia_schtauffen/uploadz/IMG-20130424-WA0001.jpg

2

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

mamamiao - judulnya aku edit dikit yaaa...

btw, ini kayak aina waktu kecil nih. tiba2 sedotan drink cupnya udah rompal ujungnya, entah kenapa.

kayaknya waktu mereka kecil itu di kunyah2. dan mungkin emang tertelan. mungkin karena strawnya empuk, jadi gapapa tuh. ampe sekarang anaknya masih sehat2 aja... hehe.

btw, sekarang aina udah 5 tahun, dan sedotan botol minumnya, yang persis kayak gini juga, tetep rompal ujungnya... hu hu hu.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

wokeh.. sip2... pas bikin judul jg rada bingung tadi haha lg panik...

jd tuh sedotan tiap kali jg rompal n ujungnya kemakan sama dia??
*ehem...* ada sampe ceki2 poopnya ga? hahaha ud siap2 mau otopsi poop nih :/
sampe sekarang sih anaknya ceria2 aja. malah manis sekali, bobo siang dengan gampangnya...
ada nge bbm dokter anak tp blm d bales sampe sekarang...

4

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

mamamiao - ya kemungkinan besar sih ketelan... kecuali ketemu potongannya di deket2 situ.

gue sih ga pake cek poop... soalnya waktu itu emang ga worried.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

mamamiao gue juga sama kayak thalia. sering kok ngeliat straw ini digigit2 ama naia trus gompel begitu.. ilang ujugn2nya entah kemana. tapi gak terlalu kuatir karena pasti bakal keluar lewat poo-nya kok.

jaman gue kecil malah gue inget banget, ketelen koin. abis itu ya tiap pup, ama nyokap mesti diatas daun, biar bisa diliat itu koinnya keluar ato gak. keluar sih akhirnya. jadi kalo koin aja pasti keluar, apalagi yang beginian.. cuma jadinya males ngecekin pupnya karena pasti lebih susah nyarinya hihih..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

gitu ya... biasa deh FTM bawaannya parno (emang dsarnya parnoan wkwkwk)
sampe ud cari2 tips cara otopsi poop wkwkwkw
kira2 ga mungkin nyangkut2 d lambung ato usus khan ya? takut kenapa2 di masa depannya hahaha *parno tingkat tinggi*

7

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

Baru tauu ada thread ini.

Mau share pengalaman aja..waktu anakku Kei umur 3 tahun pernah menelan "puteran" mainan hadiah dari KF*. Resto fast food sering ada hadiah di paket kids mealnya, naahh Kei menelan benda kecil di mainan tsb yang fungsinya utk muter mainan itu supaya bergerak. Bentuknya silinder, panjang kira2 1,5-2 cm, bahan plastik, warna putih.

Jadi kejadiannya, sewaktu si mbak lagi menyiapkan makannya dan saya sedang mandi sedangkan Kei di depan TV main mainan tsb. Tiba2 si mbak teriak2 memanggil, dan bilang kalau Kei menelan mainan. Aduuhh rasanya lemessss seketika, untungnya setelah meng-interogasi si bocah dia ngaku kalo yang ditelan "puteran" mainannya. Paranoid,panik setengah matii untung seketika bisa mikir dan langsung berinisiatif membawa Kei ke RS Proklamasi (RS khusus THT). Untungnya lagiiiiii RS itu bagian poli THT nya masih buka dan tutupnya baru jam 10 malem kalau tidak salah.

Berhubung reaksi si anak biasa aja dan tetep ceria, paniknya mulai berkurang. Yang ditakutkan kalau benda tersebut masuk ke saluran pernafasan, takut si anak susah bernafas, dll.

Sampai di RS dokter menanyakan kejadian detailnya, dan langsung dirujuk untuk rontgen tenggorokan dan bagian dada+perut. Hasil rontgen ditunggu sekitar 15-30 menit, dan puji Tuhan benda tsb tidak ditemukan. Dokter menyarankan untuk pulang dan observasi BAB si anak. Jadi stl pemeriksaan, apabila anak BAB kita harus memeriksa BAB nya,karena biasanya benda kecil yang tidak bisa diserap oleh usus akan keluar bersama BAB (maaf).

Betul saja keesokan harinya si anak BAB dan saya memeriksanya si benda kecil tersebut ada. Senangnya bukan main, dan 3 hari berikutnya tidak terlihat ada gejala infeksi/anak sakit/panas.

Jadiii ibu2 kita harus teliti dalam memberikan mainan untuk anak, yang dikhawatirkan anak2 usia 1-3 masih belum mengerti kegunaan barang yang dipegang dan dilihatnya. Si bapak Dokter juga share, kalau sudah sering kejadian anak2 umur 1-3 tahun menelan bros jilbab, peniti, cincin kawin, uang koinn aahhhh makin sakit peruttt dengernyaaa.


Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat buat semua... :)

LEARN from YESTERDAY, LIVE for TODAY, HOPE for TOMORROW

8

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

Iya,biasanya sih dia ketelen dan akhirnya keluar di poonya,apalagi kalo anaknya sadar dia akan refleks menelan dan masuk ke saluran pencernaan,kalo ngga bisa diancurin pake asam lambung,nanti dia akan ikut turun terus sampe saluran pembuangan. Kalo masuknya saluran pernagasan pasti anak akan langsung batuk2 ato gelagapan susah nafas karena saluran nafasnya kesumbat dan itu pasti terjadi langsung begitu benda tertelan.

Yang serem iti kan kalo yang masuk peniti ato benda2 tajam, pasien ibu saya kmrn bayinya ketelen anting emas yg bulet itu,emang ukurannya lbh besar dr seharusnya jd pas anaknya tidur,garuk2 kuping,lepas,dan ketelen,dengan ujungnya masih ngebuka gitu. Serem banget deh,langsung anting allysha yg agak kegedean itu gw cabut juga deh.

9

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

aduh serem banget. aku punya pengalaman keponakan, hidungnya kemasukan mainan. mur kecil. untung langsung cepat dibawa ke dokter buat disedot. kalau engga bisa sinus. pas itu udah panik banget. jaga2 sekitar mainan anak jangan ada yg kecil bgt bisa lepas dan tajam, harus hati2.

10

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

baru tau ada thread ini..

sharing ya mom
fayyadh (5 tahun) pernah nelen mur yang ada di yoyo, jadi itu yoyo sudah berkeping2 krn dia banting2..ada 1 mur yg sebagai conector cup yoyonya. sebesar uang 25an jaman dulu, bahannya plastik padat

kejadian, pas kita siap2 mau tidur..gw beberes kamar dan gw gak tau fayyadh megang2 ini mur, pas gw keluar kamar dan masuk lagi gw liat koq anak ini diem ajah,mukanya tegang gitu. gw tanya "kenapa?"
dia ga jawab tapi mukanya pucet, makin panik tapi tetep berusaha cooling down
"k-e-n-a-p-a?"
"ketelen..." dia cuma jwab singkat
gw udah gak bisa cool
"apanya?"
"yoyonyaaaaaa"huwaahhhhh anak ini akhirnya nangis
gw reflek suruh di duduk trs gw tepuk2 leher belakang sama punggungnya (entah dapat ide darimana gw ngelakuin ini) dan gak ada yg keluar
"masih bisa nafas?"
"iyahh tapi sakitt"
huwaahhh...buru2 gw keluarin mobil (saat itu gw dirumah cuma sama anak2)
di mobil gw dudukin dia tegak dan terus ajak ngomong, gw minta dia untuk teriak seandainya semakin susah nafas krn jarak antara rumah ke RS lumayan jauh, kurleb 30 menit.

sumpah rasanya jantung mau copot, nyetir sendirian jam 1/2 9 malem dan saat itu gw lagi hamil anak ke3, sepanjang perjalanan gw minta dia untuk berdoa supaya tidak sesuatu yang serius.

nyampe RS langsung masuk UGD, disuruh langsung rontgen. deg2an banget rasanya...

Dan ketemulah si mur
http://nidyalharasati.files.wordpress.com/2013/04/img-20130425-00311.jpg
bulet di sisi kanan

trs gw tanya "itu ada dimana?" krn worried ada disaluran nafas, kata orng radiologinya ada di lambung...haiishh tetep bikin lemes :(

akhirnya sama dokter dikasih obat pencahar, supaya murnya keluar lewat pup.

observasi 3 hari, setiap pup ditungguin sama abinya..tapi ga ketemu *eh kayanya abinya nongkronginnya juga jijay2an* :D

3 hari balik ke RS, rontgen lagi dan alhamdulillah itu mur udah ga ada

huuiifff bener2 kejadian yg bikin jantung mau copot, mulai sejak itu gw ga pernah ngebiarinin serpihan mainan berkeliaran, langsung buang ajah kl ada "bangkai2" mainan yg kecil2.

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

11

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

nidya waaa,kebayang paniknya.. Untung pas rontgen kedua udah ga ada ya mur nya..
Jangan makan yoyo lagi ya Fay ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

12

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

nidya,
bacanya sampe ikut keringat dingin.. duuh gak kebayang deh itu paniknya kayak apa. Untung nih mamanya bisa sigap gitu meski lagi hamil. Pelajaran banget nih buat beresin serpihan mainan. Karena dirumahku pun juga seperti itu. Banyak mainan yang ada bagian2 kecilnya :(

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Anak Menelan Benda Asing (straw, kancing, etc)

nidya - huaaa, bacanya ampe ikutan stress... fay bilang sakit sambil nangis pulak. haduh, serem banget. untung udah ok ya sekarang... huhuhu.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia