1

Topic: Singapore

Glen Eagles Hospital
6A Napier Road
Singapore 258500
Ph: 65 6473 7222

kemarin melahirkan anak kedua di GEH. recommended. pilihan saya yang kelas 1 (dua bed).
- susternya baik.
- makanannya juga baik (setiap hari diberi menu, tersedia menu makanan halal).
- karena sudah bilang kalo saya total breastfeeding, jadi jam berapa pun baby nangis akan diantarkan ke kamar untuk menyusui.
- tersedia tv untuk tiap bed.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Singapore

KKH (Kandang Kerbau Hospital)
100 Bukit Timah Road
Singapore 229899
Tel: 6293 4044
website: www.kkh.com.sg

RS Ibu dan Anak, termasuk restructured hospital. Kalo PR, bisa cari jalur subsidi dengan cara minta surat referensi dari dokter di poliklinik. Kalo mau pilih dokter sendiri, namanya kelas private, bisa pilih di antara banyak dokter di beberapa kliniknya.

Klinik A dan B, operate on weekdays day time only.
Klinik C, subsidised, also on weekdays only.
The Private Suite (TPS), buka malam hari dan Sabtu juga, dengan tarif lebih mahal.

Akses bisa naek shuttle gratis dari Bugis MRT atau Novena MRT. Bis2 umum juga banyak, MRT terdekatnya Little India. Deket sama expressway juga.

Pengalaman lahiran anak pertama Zhafran September 2006:
Dokter: Dr Judy Wong, level Consultant (prof fee nya sekitar $550)--> udah bikin klinik sendiri di Thomson Medical Center
Stay: 1 malam
Proses: Normal tanpa epidural dan alat bantu
Bed: B1, sekamar 4 orang,
Total bill S$1.7k.

Lahiran anak kedua Zhafira Juni 2009:
Dokter: Dr Goh Shen Li, level Assoc Consultant (prof fee sekitar $700)
note: sebetulnya saya konsul sama Dr Jasmine Mohd (dokter Melayu, baik, cantik, masi muda dan ramah), tapi pas lahiran beliau ga available jadi dilimpahkan ke Dr Goh. Dr Goh ini juga sama, masi muda, baik, cantik, dan cheerful.
Stay: 2 malam (semalem sebelum lahiran dan semalem setelah lahiran)
Proses: normal tanpa epidural dan alat bantu
Bed: B1
Total bill: $2.3k (bisa ketutup sama medisave semua, buat yg PR dan citizen)

Minusnya KKH:
-Kliniknya rame, kalo dateng telat bakal ngantri lama.Kalo daftar kamar juga kalo pas rame ya ngantri.
-USG nya di ruangan lain sama petugas scan, bukan sama dokter (kecuali TPS, normal scan sama si dokter. Kalo detailed scan selalu di Antenatal Diagnostic Clinic)
-Agak kaku, dokternya ikutin prosedur yg udah ada. Misalnya kita ga mau scan di usia berapa gitu, suka ga dikasih
-Sebaliknya, ga bisa usg setiap visit (kecuali di TPS, bisa scan tiap visit)

Enaknya KKH:
-Bisa disiasatin supaya jadi murah bill nya
-Fasilitas paling lengkap
-Emang murah billnya dibanding RS lain
-Diajarin breastfeeding sama nurse nya
-Kamarnya ada di ward yg ga dilintasi pengunjung, unlike other restructured hospital di Singapur (read, NUH)

3

Topic: Singapore

Mt. Alvernia Hospital
http://www.mtalvernia-hospital.org/
820 Thomson Road, Singapore 574623
Tel: (65) 6347 6688

atas saran dokter, saya disuruh milih antara Mt. Alvernia & Mt. Elizabeth Hospital. tapi setelah tanya sana sini, dari temen kantor dll, banyak yang rekomendasi mendingan di Alvernia aja. jadilah kita kesana. sempet survey dulu, maternity hospital tour gitu, gratis loh!! paling gak untuk tau gimana suasana ruangannya, dll.

gue milih yang 2-bedded in 1 room. sebenernya ini catholic hospital, tapi mereka cater untuk serve halal food.

yang gue suka dari hospital ini (well, belom ada comparisonnya juga sih)
- susternya baek2 dan sangat hands on banget
- tiap saat kita di cek
- dan karena dari awal udah bilang mau breastfeeding, bayi nya pun selalu dikasih ke kita tiap waktunya nenen dan terus dicek sampe breastmilk nya keluar
- their lactation consultant is one of the famous one in the island... very very helpful. even after gue udah balik ke rumah dan punya masalah ama lactation, gue bisa nongol kapan aja, dan dengan ramah mereka ngajarin gue gimana latching on yang bener.
- ada program post-birth activities. hari kedua abis lahiran, gue sempet ikutan kayak olahraga nya gitu loh. dan diajarin gimana kita mesti work out ato gerakin badan untuk balikin ke kondisi semula. dari tummy muscle workout sampe tips untuk ngejaga supaya ngasuh anak yang baik, etc.

staying fee nya mungkin agak mahal karena private hospital, tapi at the end more or less sama private hospitals laennya. total gue abis sekitar $2.8K, yang untungnya sih di cover ama asuransi dari kantor.

yang jadi agak minus menurut gue yaa.. tempatnya rada jauh dari MRT. jadi untuk ke hospital ini mesti naek shuttle gitu dari novena. kalo ga ada mobil jadinya repot deh. untungnya sih gue ada mobil, makanya gue dari awal gak masalah sama urusan lokasi.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Singapore

Mt. Elizabeth Hospital
3 Mount Elizabeth – Singapore 228510

saya pilih lahiran disini karena dokter saya cuman praktek disini.. selain itu status saya dan suami yg under EP jadi private ato government hospital sama2 aja mahalnya, hehehe..

kemarin saya stay di 2-bedded room, fasilitas kamar dan makanan kurang lebih sama dgn rumah sakit lain.. pelayanan juga baik, saya gak tau apa krn private hospital ato memang semua rumah sakit begitu, baru pertama kali nginep di rumah sakit soalnya jd gak punya pembanding..

meskipun waktu lahiran gak pake proses IMD, tp babynya langsung disusuin ke saya jadi lumayan belajar dikit.. satu yg saya salut dari RS disini adl mereka pegang komitmen kita bener2 kalo misalnya kita mau full breastfeeding ato mau campur.. saya waktu itu pilih total menyusui jadi stay di rumah sakit tetep dibangunin malam2 kalo bayinya nangis..

malam pertama saya bangun 1x jam 4 pagi dan malam kedua saya bangun 2x jam 1 dan jam 5 pagi.. kalaupun air susu gak keluar, susternya bakal minta izin apa boleh dikasih air putih atau engga.. intinya, saya suka cara mereka menghormati keputusan kita.. kalo soal lactation counsultant, post birth activities, dkk kurang lebih sama ama keterangannya mbak slesta..

soal biaya emang agak lebih mahal dari gov hospital, tp sebagai gambaran, total lahiran normal + induksi + epidural sekitar $4.2k.. (kl gak salah di SG lahiran normal emang sekitaran $4k), yang berat krn biayanya swadaya sendiri alias gak dicover asuransi kantor for both saya dan suami (hiks!)

oh iya nambahin, lokasinya enak krn ditengah2 daerah perbelanjaan Orchard, jadi gampang dicapai sama angkutan publik.. tips buat yg punya kendaraan, jangan parkir di dalam kompleks RS-nya, mending cari tempat parkir terdekat aja.. suami saya pas hari pertama kena $46 buat parkir doang (seharian sih), hari kedua pindah tempat cuman kena setengahnya..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

5

Topic: Singapore

saran buat yang mau ke Mt. Elizabeth, kalo parkir mobil mendingan di lucky plaza aja ... jauh lebih murah, jalan kakinya gak jauh ...
kekurangan parkir di lucky plaza, kalo hujan repot.

-- just a papa for naia --

6

Topic: Singapore

btw, buat yg nyari kamar yg kelasnya 5 star, di TMC gileee keren bgt deh! segede HDB kontrakan saya, kamarnya :) bisa internetan juga tuh buat ibu yg baru melahirkan kalo addicted bgt sama internet :p. seharinya kalo ga salah SGD700 something. ckckckk... tapi, ada aja yg pake dan penuh2 aja.

oh ya kalo di TMC ada musholla.

kemaren cuma tur di 2 tempat, TMC & GEH.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Singapore

TMC (Thomson Medical Centre) bagus fasilitasnya ... dokternya juga keren2 :)

cumaa ... masalah breastfeeding, parents musti galak deh kayanya ...
full of knowledge juga ...
kalau perlu, musti lebih pinter dari nursenya .. hehe ..

pengalaman kurang menyenangkan 4 tahun yang lalu.
mudah2an sih sekarang udh semakin ok :))

8

Topic: Singapore

tanya yah.. kalo GEH biaya delivery normal totalnya berapa, Nit?
Maksudnya 2 bed itu berarti sekamar dengan orang lain yah?

9

Topic: Singapore

Saya waktu melahirkan di Raffles Hospital, dkt bugis mrt. Memang convenient lokasinya. Buat yg jaga utk cari makan bisa ada food court di lt 1 hospital.
Susternya sih proactive bgt, very encouraging & pro breast feeding. Sering datang ngobrol / ngechek kalo kita ok / comfortable gak, dan kasih kata2 positif. Krn pertama kali jadi mama, trus susu belum keluar, padahal mau exclusive breastfeeding, udah tergoda mau kasih formula, tapi susternya terus kasih semangat, akhirnya bisa deh :)
Rumah sakitnya juga agak sepi utk maternity ward, gak banyak orang lalu lalang gitu, Pernah coba di Thomson, kayaknya rame bgt. Overall, servicenya sih bagus banget, highly recommended.

10

Topic: Singapore

christina aku waktu itu pernah visit temen disitu, trus jadi mikir kalo tar hamil lagi pengen ah nyobain lahiran di raffles, bagus! dan emang deket dari mana2. heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Singapore

Adakah yang punya pengalaman lahiran di mt alvernia atau mt elizabeth novena?

12

Topic: Singapore

maria1512 - itu post #3 di atas, slesta cerita ttg melahirkan di Mt. Alvernia.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia