1

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

Anakku 1thn jg lagi sariawan.. Pertama terlihat di bibirnya ada bintik putih kecil.. Tapi kok di bagian depan yah.. Terus ternyata ada 1 lagi yg besarrrr di bagian dalam... Wah sampe ngeri deh.. Tapi gak tau ada yg lain atau gak... Krn dia pasti berontak kl aku intip2 n pegang mulutnya.. Akibatnya gak mau makan n minum, tidurpun rewel sekali dan demam di pagi hari dan ngecesnyaaa banjirr dah. Sampe takut dehidrasi.. Plus lagi ternyata ada gigi lagi yg mau tumbuh.. Komplit deh rewelnya... Tapi aku gak berani kasih obat. Apa beda mycostatin n candistatin n kenalog itu ya? Dan kalau sariawan tuh dari jamur ya? Bukan sekadar panas dalem?
Oh iya.. Tadi tiba2 kepegang ada benjolan spt kacang di leher domi... Duh jadi makin takut.. Perlu dibawa ke dok gak yah.....

2

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

domiq
biasanya klo ada benjolan di sblh kiri, pas qt raba tenggorokannya, biasanya itu tanda bhw amandelnya lg meradang. tp coba cek ke dokter aja.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

3

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

anak saya Kenar dulu sering sekali kalau main bibirnya kepentok lantai. Alhasil sedikit berdarah dan robek. Yang paling saya takutkan adalah kalau Kenar jadi sariawan. Gak sariawan aja Kenar susye makan apalagi kalau sariawan. Alhasil saya sharing dengan mba saya. Dan obatnya cuma asi.

jadi setiap bibirnya kepentok atau kegigit saya langsung memberikan asi lebih lama dari biasanya. Alhamdullilah enggak jadi sariawan, dan makannya juga asik asik aja.

4

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

Alyzza (15m) jg kena sariawan nih. Td pagi baru ketahuan, tp udh demam dr tadi malem. Demamnya itu apa gara2 sariawannya ya? Jd ga mau makan jg :(

Alypie is my sweetest pie :)

5

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

alifah pernah juga sariawan sampai gak mau makan minum hampir 12jam...akhirnya jadi demam. waktu udah masuk 10jam dia gak konsumsi apa2 dan udah kelihatan lemas, dokter yg sy smsin bilang kalo sejam lagi gak juga makan minum harus dibawa ke ugd. wah saya jadi panik banget. tapi sedikit ngerasa itu dokter kayaknya lebay. akhirnya saya kasih deh energen pake es saya blender trus saring masukin ke dotnya, Alhamdulillah mau. tapi abis itu gak juga mau lg. dan nangis terus smp pagi. akhirnya dikasih myscotatin dan paracetamol. 3 hari baru sembuh. kata dokternya sih waktu itu krn virus tp krn dia gak istirahat dan gak makan minum cukup lama terpaksa dikasih obat, mungkin maksudnya biar tenang. tapi beneran deh sariawan pada batita itu mimpi buruk banget, apalagi klo dia belum bisa ngomong ya..kayak alifah waktu itu. sy taunya karena dia akhirnya nunjukkin sariawannya di daerah gusi dan langit2 sambil nangis kuat2..akhirnya tiga hari konsumsi myscotatin langsung sehat sih

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

6

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

melipir kesini lagi..
KIRA (24months) 2 hari ini sariawan. ada 1 titik, mungkin karena tumbuh gigi baru.. 1 titik lagi kejedot waktu mimik di gelasnya, dan jadi luka di gusi depannya. dan 1 spot lagi di sebelah kanan..
mulai deh, eyangnya bingung lagi krn anaknya jadi GTM. Akhirnya emaknya melipir kemari cari inspirasi treatment. Dan "mudeng" ternyata treatmentnya:

- intake cairan
- madu
- usahakan makan apa aja

Semoga lekas sembuh deh.. biar bunda nya ini gak jadi sasaran uring2an mulu.. hehehe.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

anakku sariawan (23 month). Gejalanya sama sih, ga mau makan, rewel, dll. DIkasih kenalog, dioles tipiis aja, sekali oles langsung mau makan. Sariawannya ketutup sama lapisan putih gitu.

tapi habis itu sambung pilek, haduh.

8

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

Moms, dr kmrn anakku (2y) di kedua ujung bibirnya itu kyak luka kering gt. Knp yah ? Apa itu termasuk sariawan jg ?
Makannya agak berkurang, susu juga ga sebnyak seblomnya, td pagi cm maem roti regal ajah. Bdannya agak anget sih tp ga panas2 bgt, mulutnya jg agak merah.
Ada yg pernah ngalamin gak ?

9

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

Ledi kmrn abis sariawan tp aku sama sekali ga sadar.tau2 demam tinggi dan kejang (sblm ny ga pernah kejang).
Langsung ke RS dan menurut dokter ini sariawan di seluruh mulut. Sama dokter dikasi abotyl dgn cottonbutt dioles diseluruh mulut. Menurut dokter kalo olesnya cepat anak ga merasa perih. Untung pake abotylnya cuma pas di RS aja krn rasanya ibunya ga tega ngolesin abotyl ke Ledi.
Sekarang dah sembuh tp sy msh bertanya tanya apa si penyebab sariawan ini..

10

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

dears mom, mau nanya kemarin jumat kan anakku dah keluar putih putih gitu dilangit-langitnya, aku tahu itu sariawan dah makan buah pepaya yang banyak. nah sekarang sariawan sudah ga perih lagi. eh malah bengkak bibir atas nya. itu gimana ya penanganannya. udah dikompres sih. beri waktu berapa lama baru kita bawa ke dokter ya?

learn to earn
memberi bahagia untuk mendapat bahagia

11

Topic: Aphtae (Sariawan) in Toddler

annisa wira,
wah sampe bengkak banget ya nis? selain dikompres udah coba dikasih madu? (kalau anakmu udah boleh dikasih madu yaaa...) coba oleskan juga ke bibirnya.
semoga kelas sembuh yaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita