1

Topic: Keguguran (miscarriage)

Hallow,

Bu Moderator, silakeun dipindahkan kalo topik ini atau yang mirip sudah ada di sini yah. Tengkyuu

Sekedar sharing, dan mungkin juga kalo ada teman2 yang lain yang punya cerita, Inshaa Allah bisa jadi penguatan buat kita semua dan saling menyemangati dan juga bisa jadikan pengalaman/pengetahuan.

About a week ago, kira2 tanggal 13 Maret saya harus dikuret dengan diagnosa blighted ovum, dimana janinnya tidak berkembang. Dari awal kehamilan memang saya merasakan hal yang sangat berbeda dari kehamilan pertama yang lancar jali (alias hampir tanpa keluhan). Saya lebih capek, lebih lemas, lebih mual, flek hampir setiap hari. Sedangkan kehamilan pertama saya macho banget, bahkan rajin olahraga dan jalan2, sama sekali tidak pernah flek.

Setelah 1 minggu istirahat di rumah, 3 hari bedrest di RS (sambil terpaksa menyapih sang abang yang baru jalan 15 bulan) dan another 1 minggu lagi di rumah, saya akhirnya ke kantor dengan seijin obgyn. Baru 3 hari masuk, dan kemudian kontrol, ternyata denyutnya hampir tidak ada dan janin yang harusnya sudah 12mm sama sekali tidak berkembang. Obgyn saya memberikan saran untuk dikuret, karena jika tidak, mungkin akan berkembang menjadi hal yang tidak diinginkan. Keluar dari rg praktek saya berusaha kuat, tapi yaaah, namanya sudah punya harapan yah, ya saya mewek juga akhirnya bebarengan ama suami di mobil.... Hiks...

Saya dan suami memutuskan untuk cek ke ahli usg. Sebenernya bukan karena saya tidak percaya dengan obgyn saya. Keputusan untuk cek lagi simply karena saya ingin jika suatu hari saya menengok ke belakang, saya sudah cek dan ricek keputusan saya ini. Keesokan harinya, alhamdulillah dapet antrian di ahli usg. Dan disini diterangkan lebih jelas lagi, dari mulai bentuk janin, kantong janin, dll. Akhirnya saya dan suami langsung mengatur jadwal untuk kuret. Kami ikhlas memang ini jalan yang terbaik, dan juga bersyukur kami tidak harus mengalami setelah usia kandungan besar. Tidak kebayang rasanya.

Saat ini saya masih harus istirahat dan masih bleeding (mungkin seperti nifas ya). Jika ada yang pernah pengalaman kuret, sampai berapa lama biasanya bleedingnya yah? Hari ke-3 setelah kuret sempet berhenti, dan 2 hari kemudian flek lagi, dan kemarin saya bleeding lagi walopun ga terlalu banyak.

Ada yang bisa sharing? Makasih yaaa...

2

Topic: Keguguran (miscarriage)

Mamazra
diskusi tentang miscarriage sudah ada threadnya. Ada juga diskusi tentang pemulihan rahim pasca keguguran. Silahkan lompat diskusi kesana. Thread yang ini kita closed yaa...
Semoga lekas pulih mama... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's