1

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan di Booster

dear mamas ..
lg gemes niih .. ceritanya ginii .. dr hr pertama raisha mpasi udh aku dudukin di booster. alasan utama supya dia terbiasa dan tau kl makan itu duduk bukan digendong trs jalan2 kesna kemari. yg kedua agar uti nya ga teler ngegendong raisha setiap makan -- selama aku kerja raisha sm uti nya. alhamdulillah raisha mau makan di booster dan melahap makanan yang disodorkan. tapiii sejak umur 8 bulan seminggu, raisha yg udah jago merangkak dan lg seneng blajar jalan mulai rusuh kl makan. dibooser maunya berdiri ato muterin semua arah mata angin, kl didudukin di ubin malah kabur .. hiks ..waktu mkn jd acara kejar2an. alhamdulillahnya dia tetep mangap setiap sendok berhasil mendekati mulutnya. akhirnya karna ga sabar udah 3 hr kl mkn raisha digendong sama uti nya.
please pencerahannya ya mamas supaya dia mau makan dgn duduk manis ky dulu lg ga pake digendong
makasih ya mamas

2

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan di Booster

Arsyad dulu juga gitu. Sama, dr 6 bln dia kubiasain duduk di hc. Nah saat dia mulai bisa jalan, sekitar usia 14/15bln, mulai deh susah ditaruh hc nya lagi. Teriak-teriak kayak mau diapakan aja *lapkeringat*. Tapiii kalau diajak makan di restoran yang ada hc nya, dia anteng teng teng. Makan dengan manis dan lahap.

Kesyukuran tak terhingga

3

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan di Booster

Mamas,
disini ada thread mengenai booster seat yang sepertinya lebih membahas review merk booster seat. Juga ada thread mengajari anak makan sendiri namun jangkauannya lebih luas, mulai dari memilih menu, penggunaan utensils, jadi bukan sekedar mengajari anak betah duduk di booster. Jadi thread yang ini kita lanjutkan dengan judul sedikit kita edit yaa.. Disini kita bahas tentang tips agar anak kerasan duduk di booster. Kalau ketemu thread yang cocok, bisa kita merge.

Karena biasanya usia toddler mulai bereksplorasi memang mulai susah duduk diam yaa.. been there before.
Kalau dulu tips saya sih sedikit flexible. Jadi ketika mulutnya kosong, mulai mau disuap saya dudukkan lagi dikursinya. karena saya dulu gak punya booster dan belum mampu beli booster seat 2 sekaligus, jadi pake kursi kecil dan meja rendah untuk mereka makan, coret2, dll. Setelah disuap dia kembali tolah-toleh, naik-naik, bahkan pernah kabur dari kursinya, ya dibiarkan saja. Kalau mulutnya mulai kosong lagi, angkat lagi untuk duduk dikursinya. setelah mulut terisi makanan, dia kabur lagi ya biarkan lagi. begitu terus. Namun kalau jaman masih kerasan duduk di kursi makan dibiarkan saja sampai selesai waktu makannya, kalau kali ini 1 kali sesi makan cukup 30 menit. setelah itu kalau dia lapar lagi saya lakukan hal serupa. Dengan maksud membuat anak menyadari bahwa makan adalah dengan duduk rapi ditempatnya. capek sih memang harus kejar-kejaran. Bahkan ketika saya dikantor sama ART saya kadang diajak jalan-jalan kalo lagi makan sore >_<
yaaa gpp juga sih, karena memang si bibi gak telaten untuk angkat-angkat dua bocah. akhirnya membiasakan kira dan kara duduk diam di tempatnya ketika makan cukup memakan waktu lama juga. Karena hanya mau kalo sama saya. Kalau sudah sama bibinya ya nagih sambil jalan-jalan.
Namun memang seiring perkembangan usianya, akhirnya mereka mau makan ditempatnya sendiri.
Pernah juga sambil saya bacakan buku atau saya bercerita ketika mereka makan, hanya agar mereka kerasan duduk diam di kursi makannya. apalagi ki-ka termasuk picky eater parah. Jadi struggling banget mereka mau duduk diam, makan dengan rapi dan mau makan sendiri. Benar-benar perjuangan panjang :D
(ups... kelepasan curcol deh... hehe..)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan di Booster

Bunda Raisha: sama neh dengan kejadian yang skrg sedang terjadi... Marianne dari umur 6bln sudah duduk manis di HC, tapi skrg (8bln) krn dia udah mulai merangkak dan aktif banget, jadi dia kerja nya berdiri2 di HC. Ngeri juga mengingat HC ku lumayan tinggi. Karena meskipun di seatbelt, dia bisa melepaskan diri dari seat beltnya. Berdiri2, disuruh duduk malah teriak2. Pusing deh, gak bisa diem.
Nah, kebetulan aku juga punya summer seat infant yang bisa jadi booster juga. Aku iket ke kursi makan ku booster nya, terus aku dudukin disitu. Dia gak bisa gerak karena dudukan nya dia gak bisa pijak untuk nginjek dan berdiri.
Aku baru aja menerapkan hal ini sekitar 2 harian, sebelum nya mayan stress juga yah, takut jatuh nya itu dari HC.

5

Topic: Tips: Mengajari Anak Makan di Booster

dear mamas ..
makasih sharing dan pencerahannya ya
insyallah sbt minggu ini bisa dipraktekin caranya dan semoga sabar kejar2an sm raisha hehehe
semangat!