1

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Sharing ah ttg wasir ini.

Aku kena wasir seminggu menjelang due date. Haduh sebel banget. Setiap hari rasanya nambah parah, sampe berdarah pula. Mana ga kunjung kontraksi, jadi aja 40wk+3d minta diinduksi, semata2 karena ga tahan sama wasirnya, ganggu abis. Plus kalo tambah lama tar babynya tambah gede (saat itu udah 3.5 kg) dan wasirnya tambah parah.

Sebel banget pas itu kalo ada yg bilang "jangan males, banyak jalan!" "ayo gerak biar biar bukannya cepet". Duh! ga tau apa orang lagi wasir, gerak2 malah sakiiiit.

Karena wasir ini aku jadi parno BAB dan terus2an nahan otot daerah V, nahan wasir kaya nahan pipis gitu. Kaya gini ngaruh ga sih ke pembukaan? Soalnya aku jadi ga rileks dan pembukaan mentok di 1, padahal kata dokter kontraksi yg kualamin kemaren minimal udah bukaan 5.

Emang sih pas hamil kalo makan sayur n buah rada maksa, padahal sblm hamil aku penggemar buah dan sayur.
Mungkin dr awal kehamilan mustu digenjot sayur buah n air putih, moga2 ga keulang wasir di kehamilan berikutnya.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

2

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

huaaaaa si wasir ini sungguh menyebalkan... aku kena wasir pas hamil 7blnan kyknya... sempet berdarah 2x tapi si wasir ini blm nongol... jadi kata dokter msh di dalam wasirnya... pas ud 8bln nongoolll dong diaaa.. jadi aja kalo BAB sakit.. trus pas lahiran kan ngeden tuh... udahannya benjolan wasirnya jd ada 2... aku malah lbh ngerasa sakit si wasir ini daripada jaitan bekas lahiran..

dan sampe skrg baby aku ud umur 2m3d wasir nsh selalu bkin sakit kalo BAB ga lancar.. huhuhu

3

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

sedih rasanya saat mengetahui saya terkena wasir 4 hari lalu...tidak pernah membayangkan saya terkena penyakit yang saya pikir ga elit banget... akhirnya malah bikin saya drop banget sekarang, apalagi sebagai seorang blogger mau ga mau kerjanya duduk manis depan komputer yang malah menyebabkan wasir makin parah saja.

Kemarin sempat baca di macam-macam info di internet katanya minyak tawon bisa menyembuhkan wasir ya bunda??? jadi say oles saja,,trus pake minyak bokashi rub juga dan tadi malam saat ke bidan akhirnya diminta beli Faktu yang harganya Rp.100 ribu saja untuk di oles,,,semoga saya bisa cepat sembuh ya bunda. terus terang serasa parno banget nich...

oh iya diminta makan buah juga sayur serta hindari salak, dan makanan high spicy

4

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

ummubebek, otty, wah samaan nih, aku dulu juga waktu lahiran dibilang wasir ama dokternya *yang mengidap malah amnesia bin ga nyadar* tapi abis lahiran kok kayaknya malah sembuh ya itu penyakit, tapi jadi trauma sama episiotomi deh walopun kata dokternya cuman dijait satu tapi naudzubillah sakitnya baru ilang setelah 2bulan :(

5

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Mu ikutan share juga ah. Pas menjelang due date, mulai terserang si hemmoroid ini. Entahlah, apa emang udah harusnya kaya gitu ato emang sistem pencernaanya terganggu. yang jelas sih, udah masuk ke minggu 36, udah mulai sulit BAB. jadinya pas mu BAB pasti udah keras aja poopinya. zdan itu berlanjut ke habis melahirkan juga. Mungkin karena ngasih ASIX, jadinya seluruh makanan terserap sama tubuh, dan ampasnya bisa bertahan ditubuh selama 3harian. wedew, mana ada luka jaitan dan harus ngeden pula..*keringet dingin" deh kalo udah ada mules2 gitu. Makanya dilancarin dengan makan banyak pepaya.Sekrang juga udah lewa 3 bulan, kdang masih sulit BAB walopun wasirnya udah ga terllau berasa.

6

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

buka thread ni keinget pas lairan. Dlu wkt msh gadis q g tau nama pnyakit yg perih ni lo dbuat duduk. crtanya gni, wkt it setelah pup kok q kerasa ada bnjolan dsekitar (maaf) anus. emang sih, tkstur pupnya keras&sempat ngeden.
q pikir biasa aja&bkal smbuh sndiri tuh bnjolan jdinya q biarin aj.
nah kjadian trulang lg pas lairan. q g bs pup smpi H+5 lairan krn tkut jaitannya lepas. tpi, kta dkter gak papa sntai aj, bnyakin maem pepaya biar pup lncr. akhrnya q maem terus pepayanya tpi y tetep aj tkstur pup keras. nah, bnjolan it mncl lg. q kra bundelan jaitannya yg bkal lepas sndiri jd q sntai aj.
nah, bru ktauan lo q pnya wasir stlh kntrol jaitan. perawat blg lo jaitan dah bgus tpi msh ad wsirnya. (glodak!!! trnyta bnjolan slma ni yg q kira biasa aj tyt wasir yg ktanya skit bnget lo dah parah bgt,apalagi operasinya) akhrnya dkasih obat yg kyk pluru itu dan dsuruh bnyak mkan pepaya, ngunyah mkanan scra pelan2 sbnyk 32x, mnum stgh jam sblum mkan dan stgh jan sesudahnya biar pncrnaan smpurna+pup g keras.

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

7

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

hai mamas..
gw jg kena wasir..
dari usia awal trimester 2..
awalnya pup (tanpa sadar ngeden, karena agak keras pupnya) ehh, pas mau disiram kok berwarna merah segar airnya..:(
alhasil abis bersih2,, gw cerita ke nyokap (gw pikir gw dapet mens :D #maklum hamil pertama# *toyormyself) kata nyokap itu gw kena wasir..
sejak itu makan pepaya na bnyakin sayur..
ilang deh wasirnya..

tp sekarang kumat lagi wasirnya di usia kehamilan 34..
beberapa hari ini aku pup nya agak keras..
keluar daging sedikit (kata bidan gw sih gak masalah asal dagingnya bisa masuk sendiri tanpa bantuan tangan dan tidak berdarah *mengalir deras keknya* ) kmren pas pup keras sih ampe lecet gtu dan itu cuma berdarah sediiiikiiiittt... eh 15 menit kemudian pas mau buang air kecil, gak sengaja ngeden..
eeh,, malah deres keluar darahnya :)

tp skrg sih udah gak..
cuma klo pup sih masih agak keras n keluar dagingnya,, cma gak lecet n berdarah..
gue disaranin bidannya banyak makan pepaya n jus sirsak :)
alhamdulillah much better now :)

HIH

become a mother is complete my life :)

8

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Wahah wasir..
Sudah bosen sama wasir ini. Sejak jaman high school uda ada, gara-gara kebanyakan makan kerupuk cabe.

Sempat bengkak dan berdarah-darah. Pertama kali berdarah sampe panik, ga berani cerita ke nyokap. Karena darahnya ga kunjung berhenti, br deh cerita ke nyokap.

Nyokap bawa ke malaka berobat. Dokter di sana bilangnya wasir gw masih normal. Jd hanya dikasih obat. Ternyata obat nya ardium. Kl dr farmasi malaysia bukan ardium namanya.

Trus sdh agak lama, kejadian lagi wasirku bengkak dan berdarah. Kali ini lebih sakit. Sakit bnget. Sampe mau pup ga berani. Di bawah serasa robek , perih soalnya luka-nya kena air pipis. Huaaaa merana bgt. Ditambah lagi, setiap ngejan croot keluar darah. Mimpi buruk banget.
Minum ardium sudah ga ngefek, bengkak nya gas kunjung kempes. Berdarah
lanjut terus, salep ultrapoc jg ga membantu.

Akhirnya cari2 info ada yg bilangin minum jus lobak + bengkoang murni. Manjur loh. Dalam 4hari wasir gw kempes dan gas berdarah lagi.
Sampe skrg ga prnh bengkak lg.

Skrg gw lg hamil 6bln. Doyan bgt makan pedes. Nyokap berulang kali pesenin, inget wasir. Lagi hamil. Tar pas hamil gede wasir bs makin gede.
Akhirnya ditahan2 deh makan cabenya. Gw takut jg tar wasir gw bengkak dan hn berdarah lagi.
Soalnya minum jus lobak murni penuh perjuangan jg. Ga enak banget!

duh jd panjang cerita gw
:-P

9

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Kenang-kenangan melahirkan anak ke 2 adalah wasir,habis melahirkan anak ke 2 tiba2 muncul wasir yg lumayan konsisten alias ga ilang2 :(

Nah skrng lg hamil anak ke 3,19 weeks dan si wasir ini muncul dgn keadaan yg parah menurut gw,krn dagingnya bertambah panjang dr yg kmrn2,horoorr banget kalo mau pup,udah ditahan-tahan ga ngeden tapi perut mules banget :(( huwaaa..hikss skrng sampai kl duduk kelamaanpun sakit banget.

Ambiven itu aman ga ya buat bumil?krn udah give up banget sakitnya ga ketulungan..hikss,ini lebih sakit dr melahirkan menurut gw

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

10

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Wahh,,ternyata banyak juga yg menderita hemoroid alias wasir yah..
Klo ak,, udah dari jaman kecil kayanya punya gejala wasir ini,, soalnya kecilnya aku susah mam sayur, buah dan jarang minum,, tapi awalnya ya ak biarin aja,,
bahkan sebelum hamilpun pernah sampai keluar darah kaya sirop gtu tapi ak biarin aja dengan alasan ga sakit., dan waktu keluar darah yang pertama itu mungkin masih grade 1 atau 2 yang pengobatannya lebih mudah dengan cara minum obat atau ligasi aja katanya,,
nah,, waktu hamil anak 1 uk 30mggu ak lg DL di malang,, dan ngerasa bagian *sorry*anus* itu ampun deh rasanya sakit banget,, panas dingin aku,, mpe ak ga bisa ngikutin kegiatan alias ndekem di kamar hotel aja saking sakitnya,, itu momen pertama kalinya aku ngerasa sakit banget gara2 wasit (padahal gejalanya udah dari jaman piyik yah..)
sesampainya dijakarta,, ak periksalah ke dokter Spesialis penyakit dalam... dann,, dokternya malah2 marah ke aku "wah mbak,, itu wasirnya dah grade 3,, ada yang bengkak memerah makanya jadi sakit bangett..dan berpesan begitu sudah melahirkan suru di operasi aja ambeiennya". akhirnya krn ak lagi hamil kata dokternya ak dikasi obat yang sifatnya ringan aja,, alias penghilang rasa sakit,, larutan PK yang drendem dibaskom dipake pas mandi sama salep untu nyalepin bagi daging yang bengkak itu,, lupa namanya maklum dah lebih dari 2 tahun,,,sejak itu ga pernah ngerasa panas dingin lagi,,
Pas proses lahiran,, ak ga pernah bilang sama dokter kandunganku klo ak punya ambeien krn ak takut direkomendasiin sesar sementara mental udah disiapin normal banget,,
giliran pembukaan akhirnya dokter, bidan, n suster tau ak pny wasir,, mereka cuma bilang "bu ini wasirnya saya masukin ke dalem yaa".. dan saya berhasil lahiran normal lhoo..
tapi lagi-lagi after lahiran,, yang jadi masalah adalah takut pup karena ngebayangin ada jahitan bekas lahiran aja udah gmn gtu,,,
eh tapi dokternya tau aja masalahnya setiap hari ak diresepin ultraproc yg dimasukin di dubur sama sirop lactulax itu tp gamau ku pake karena kadung ngeri pup, giliran hari ke 3 susternya pesen "bu, dokternya pesen klo belum pup ga boleh pulang lho,, sudah pup blum,, ini diresepin dulcolax yang dimasukin dubur ya,, yang ini dijamin 15menit kemudian pengen pup.. dan bener aja ga berapa lama setelah masukin dulcolax saya pup dengan lancar jayanya,, dan melupakan rasa sakit jahitan abis lahirannya.. akhirnya saya pun boleh pulang"

Suami concern dengan ambeien gw,, krn sering liat sirop darah di kamar mandi dan di celana gw,, tapi akunya yang males dan takut,, akhirnya dipaksa dibawanya aku ke dokter spesialis ambeien yg terkenal katanya di magelang,, tp kata dokternya gw termasuk ambeien luar jadi ga bisa diapa2in banyak minum dan makan berserat aja,, obat yang ditebus pun ga pernah gw minum,, dasar ya gue...
trus babyku 6 bulanan apa ya.. ak dipaksa cek ke dr bedah di Mitra Bekasi Timur,, dan ak bilang klo bs jangan operasi dok (pengalaman ibuku operasi ambeien mendadak kurus karena takut makan dan sakit banget klo pup) akhirnya dokter bilang "klo mau sembuh tanpa operasi harus disiplin ga makan cabe sama sekali,, minum obat ardhium setiap hari,, sama obat apa gtu",, tapi karena ak ga disiplin masih doyan cabe,, akhirnya obat ga ku terusin.. aku pasrah aja..
eh sekarang ak hamil anak ke 2,, kayanya ada gejala yang sama.. doakan bisa lahiran normal yahh,,
nah bagi temen2 yang kena wasir.. boleh ikutin saran dokter yang pernah meriksa aku sebagaimana aku ceritakan di atas,, dan kebandelan gw dan ketidak disiplinan gw jangan ditiru,,
doakan ambeien gw sembuh suatu hari yaa.. baik dengan obat, terapi tertentu ataupun harus terpaksa berkahir di meja operasi....

11

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Nidya,
Cb pke lanaven deh, ak py wasir dr gadis, biasa mnum propolis, tp g bs dmnum wkt hamil n mnyusui soalnya ak jd bolak-balik ke wc trs, pas hamil sempet worried bgt, sm dsog ku dksh resep lanaven, dy dr herbal gtu jd aman, n fese* nya jd lunak jd ga pake ngeden *maaf bhsanya jorse* cm efeknya agk rasa mules dkit hehe

Soal melahirkan ada wasir don't worry mom, wasirku aja udh grade 3, kl kecapean srg pndrhn, tp alhmdllah bs normal, and know what?stlh dijahit pasca melahirkan normal ituuu malah wasirku sembuh! Dtmbh lanaven jd ga ada drama pup yg menyakitkan.. Tp gara2 mnum jamu n fese* jd keras kluar lg deh cm ya tetep setelah melahirkan malah lebih baik drpd sebelumnya ^-^

"The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

12

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Emang minum jamu bisa bikin fese* keras y? ?...
Pasca melahirkan 3 minggu lalu wasir ku bengkak nih,,,gak enak bgt,,,kya ada yg nyempil d situ,,, pas pup juga berasa agak perih,,,

13

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

ummi firza, baru tau kalo abis lahian malah bisa ikin sembuh wasir. tapi masuk akal sih, gw juga pas belum nikah punya masalah wasir meski pun nggak parah, tapi pas gw pikir2, setelah punya anak kayaknya hampir nggak pernha kambuh deh..

bun_endo
, iya, bener banget, rasanya kayak ada yg nyempil, tapi gw biasanya dulu2 kalo uah berasa begitu, gw minum airputih yang banyak daann...gak makan jambu klutuk. Sepupu gw g ngasih tau kalo orang ambeien musuhnya jambu klutuk karena bikin pup jadi susah juga..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

14

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

aku jg nih mom pada saat hamil memang sdh pnya wasir tp gak terlalu parah, dulu sempet berobat ke dktr penyakit dalam di RS mitra sblm hamil.
tp skrg setelah melahirkan malah tmbh parah, gak sakit sih, keluar klo lagi BAB aja cm benjolannya makin gede gtu..
Perlu kontrol ke spesialis lg gak yah?

15

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

tiwtiwii, mungkin sebaiknya ke dokter deh sebelum jadi masalah, takutnya lama lama malah mengganggu.. just a thought..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Kalo aku sih nyiasatin nya dengan banyak makan sayur mom.. Ngeri juga yah kalo ngalamin wasir pas lagi hamil. Belom sih sejauh ini..

Hey, Mom. You can add our outdoor furniture for your yard or garden.