1

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

hi mom, sy baru disini, sebelumnya minta maaf kalo sdh ada thread yg bahas masalah ini (tp udh nyari2 rasanya blm ada)

alta usianya saat ini 3,5 tahun. sejak awal MPASI saya selalu membuatkan makanan untuknya. homemade tidak pernah beli dan dibuatkan oranglain. kebetulan sy tidak pernah punya asisten sejak alta lahir hingga sekarang, kebetulan juga sy tidak punya orangtua lagi sejak sebelum alta lahir. jadilah urusan tetek bengeknya semuanya saya yang ngerjain.

Alhamdulillah, urusan makan alta ga susah kecuali hanya disaat mulai tumbuh gigi. saat sakitpun tidak ada kesulitan yang berarti.

Tapi mom, dibalik itu semua sy mngalami kesulitan saat kita makan di restoran atau pas kumpul keluarga. maksudnya kalo ketemu pas jam makan, tp lauknya bukan masakan saya. Alta memng tidak suka jajan. dia tidak suka makanan kemasan kecuali biskuit. selebihnya (bukan buatan saya) seperti kue, roti dia masih mau.

walaupun jenis masakan yang ditawarkan sama dengan yang pernah saya masak, setelah dicicip sedikit,tidak mau meneruskan. tapi jika saya masak jenis masakan baru, sy cicipkan ke dia, lancar2 saja. padahal saya tidak pernah mendoktrinnya untuk tidak makan makanan selain yang saya buatkan. anehnya meskipun sy pernah berbohong (ketika diacara kumpul keluarga), sy sengaja mebawa kotak bekal kosong lalu sy ambil lauk di dapur kemudian memberikan pada alta, setelah dicicp, dia bisa menolaknya, padhl sy bilang ini masakan umi. dia lgsung bilang, bukan ah. sy bilang, bener, enak kan? dia bilang ga mau.

apakah sesensitif itu lidahnya? smpe tau mana buatan saya mana yng bukan? hingga akhirya setelah itu akhirnya sy masakkan dia dengan menngobrak-abrik dapur sodara saya. (untungnya boleh dan ada stok), setelah itu, dia mau makan lahap seperti biasa.

bagaimana ya mom, biar alta bisa diajak makan selain maskan saya? sy sdh mencobanya sejak usia 2 thun, smpe sekarng gatot.. saya sih seneng2 aja dia suka masakan saya. tapi akan bermasalah ketika misalnya tidak tinggal di rumah sodara (yang rela dapurnya diubek2 saya), atau dihotel.

tolong ide dan masukannya ya mom..
thx a lot :)

i love family, book, and everything is beautiful :)

2

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

umi Iya,
karena mamodnya masih bingung ini mau ditaruh mana, sementara kita baca pelan2 dulu yaa..
Saya sendiri belum punya pengalaman yang serupa, tapi saya punya teman yang mirip seperti itu. Teman saya kalau makan nasi, kalau bukan nasi dari masakan ibunya, dia gak akan makan nasi. Jadi kalau dikantor atau diluar lagi berlibur, makan yang gak pakai nasi.
Karena sekarang sudah menikah, jadi sedikit berubah, jadi hanya mau makan nasi yang sudah dimasak ibunya, istrinya dan PRTnya.
Kalau ditanyain, dia gak mau makan nasi yg dimasak diluar rumah karena gak tahu cucinya seperti apa. Jadi ada rasa geli gitu. Kalau lagi biztrip luar kota 1 bulan ya 1 bulan gak makan nasi. Beruntung masih ada kentang dan substitute nya yaa :)
Umi sudah pernah bertanya sama Alta alasan harus makan masakan umiya kenapa? trauma masakan diluar rumah? atau karena apa?
Kalau tidak salah ada yang namanya chipophobia, yaitu phobia terhadap jenis makanan tertentu, karena khawatir kehigienisannya, kebersihannya, dll.
Kalau memang benar ini termasuk Chipophobia, mungkin bisa masuk ke thread Menghadapi Phobia pada Anak
Semoga bisa segera ketemu jawabannya ya umi Iya :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

mbak wiwit

Saya sering nanya sama alta alasannya kenapa. Jawabannya simpe bgt, gak mau, gak suka dan gak enak. meskipun dianya sudah nyicip sedikit. seperti pernah sy tawarin makanan dr tempat sodara, setelah dicicip sedikit, dia bilang gak mau, saya bilang wah udh dimasakin koq ga mau? dia jawab, umi masak? sy bilang iya. setelah itu dia diem, terus dia makan sekali lg (sesaat merasa senang), habis itu ngmng, mmm... ga mau ah. sy jadi mikir sendiri padahl dia taunya itu masakan saya (wlopun emang bukan) jadi masalahnya apa ya? beberapa kali pernah dicoba, dan dia masih bs bedainnya..

sy sma suami pernah diskusi msalah ini. mnurut suami mungkin ga karena saya klo masak ga pernh pake penyedap rasa? itu juga krna suami klo kbnykan makan ad msg bisa merah2 gatel kulitnya..belum lg sejak awal alta taunya makan buatan saya? klo refleksi ke blkang, sampe alta usia 2 tahun kita ga pernah makan di luar. klo pergi jalan memng ga pernah kena pas jam makan. klo ada acara keluarga selalu siap bawa mkanan alta dr rumh takut lauknya pedes2.
sy dan suami juga bukn penyuka snack kemasan spt chiki2an.

JAdinya sedikit merasa bersalah jg.., apa itu penyebabnya? tp terlepas dr itu semua, gimana ya caranya dia mulai bisa makan yang bukan masakan saya? Ibunya teman2 anak sy sih bilangnya malah bagus, alta gak suka jajan, mau makan apa aja buatan umi. tapi kalo sesekali krn bbrap hal, susah juga ya jadinya.. :(

adakah saran untuk saya? atau dibiarkan saja dulu? smpe kpn ya?

makasih banyk..

i love family, book, and everything is beautiful :)

4

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

umi lya - penasaran deh... alta pernah makan masakan umi di rumah orang lain ga? bukan yang di kotak bekal diisi masakan orang lain...

trus alta pernah makan masakan orang lain di rumah ga?

aku nanya ini, soalnya mau nebak, mungkin ga alta ga berasa nyaman makan di luar rumah?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

mbak thalia, alta pernah makan masakan umi di rumah orang lain, termasuk di restoran, sampe hampir umurnya 3 yo. itupun keluar bekalnya ketika dia udh dirayu2 makan, disuruh cicip berkali2 masakan lain...
*pas keluar bekalnya dia bisa duduk dan bahkan makan sendiri...

kalo ga bawa bekal atau emng sengaja ga bawa bekal, walopun jam makan, alta bisa bertahan ga makan :(
misalnya klo makan di restoran, alta bisa duduk manis ga ikutan makan dan cuman minum juice atau tiba2 ngajak suami ke toko roti terus balik lagi duduk manis makan rotinya.

nah kalo makan masakan orang lain di rumah kebetulan baru sekali mbak. waktu itu bawa lauk dr acara keluarga, udah disiapin dikasihin ke dia. aku ga ngmng apa2, pasku liat dia nyuap, senenglah aku, tp baru sekali trus dia ngmng, umi..ga suka.

selebihnya ga pernah mbak, kebetulan aku jg ga punya asisten.

asli, bingung jadinya mbak :(

i love family, book, and everything is beautiful :)

6

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

mungkin ngga sih karena masakan umi Iya ngga ada msg nya dan Alta jadi terbiasa sehingga kalau makan yang ada msgnya jadi ngga mau?

Soalnya dulu anak sodaraku juga gitu,kebiasaan ngga pake micin,kalo jajan diluar jadi ngga mau makan juga. Jadi ya sampe gede masih makan makanan rumahan yang tanpa msg. Kecuali pas jajan ditempat yang ngga pake msg dia mau makan

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

7

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

-mbak cindy-

memang sih mbak aku masak ga pake msg. sebenrnya g terllu bermasalah klo masih di dalam kota. anakku jg ga kepengaruh jajan2 sembarangan...

tapi kepikiran sama aku klo ntr kita mau traveling ke luar kota. kebetulan sy sm suami ada rencana mau keluar kota pas pula disana ga ada sodara...

*jangn2 mesti bawa kompor listrik sm panci sendiri? waduuh..

btw anak sodara mbak udh umur brp sekarang?

thx

i love family, book, and everything is beautiful :)

8

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

Waah kok bisa ya.. ini malah kebalikan sama anakku yg hobi jajan..maaf blom bisa ngasih advice, nyimak saja

9

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

umi Iya sekarang sih anaknya udah umur 7th dan tetap makan makanan yang ngga pake msg.
Hmm..kalo gitu bukan masalah di makanan ya? lebih ke tempatnya

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

10

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

-mbak hanifa-
Iya mbak ga pa2 nyimak, siapa tau ntr bisa kasih ide biar alta sesekali bisa makan diluar tanpa bawa bekal masakan uminya.. ;)

-mbak cindy-
apa mungkin ya anakku sama dgn anak sodara mbak,biasa makan masakanku ga pake msg, jdnya klo berasa msg bisa ketauan ya sm dia? cuman klo masih di dalam kota, itu kan masih enak mbak, bisa bawa bekal sendiri (walopun kadang2 jd diliatin banyak orang, mungkin pikirannya nih ibunya pelit bgt ya..) cos belum ketemu tempat makan yang ga pake msg yng pastinya nyaman dilidahnya.

sementara aku ada rencana mau keluar kota dan kemungkinan nginep dihotel, apa iya aku mesti bawa kompor dan panci biar bisa masak sendiri? atau dibuat kondisi terpaksa ntr pasti dia bs makan juga? *bingung

sementara di tempat acara keluarga, dia bisa bertahan tidak lanjutin makan (padhl baru cicip 1 x), atau kalo lg jln2 ke mall (misalnya) aku ga bawa bekal terus kita makan di restoran (dia yang milih lauknya-liat gambar), pas dicicip sedikit udah ga mau lagi ujung2nya beli roti aja... :( yaah, jadinya memng keseringan bawa lauk sendiri pesen nasinya aja direstoran, baru dia mau makan sampe habis..

Jadi itu lebih ke masalah makanannya kan mbak?

Aku sih ga mau maksain dia makan masakan selain masakan aku, tp kalo kondisi di luar kota, nginep dihotel, aku jd kepikiran gimana ngakalinnya..
dapur ga bisa diajak ikut serta nih... :(

ada saran mbak?

i love family, book, and everything is beautiful :)

11

Topic: Terlalu cinta masakan buatan uminya?

wah hebat ni, berarti masakan uminya enak bangett ehehehe.. dulu aku juga kyk gt, tapi gak sampe berenti jajan siy.. tapi mmg masakan mama nomor 1 degh.. two thumbs up! tapi yang ada setiap kali kita ke resto..kita bandingin sama masakan mama hehehe, dan masakan mama tetep yang paling enakk..
Untuk suggestion sy, mgkn mba bisa bisa coba beli makanan luar tapi "ngaku" kalo itu masakan umi hehehe.. a bit white lie siy, tapi kan jadi dia nyobain tu..kadang2 hrs tricky ya sama anak2.. semoga berhasil!