1

Topic: HB rendah saat hamil

Dear Bunda dan calon Bunda..

Aku mau sharing sedikit soal masalah kehamilanku.
Sekarang usia kandunganku 31w. Sejak awal kehamilan aku periksa di RS JM* di bilangan Jakarta Selatan. Memasuki trimester ke-3 aku pindah periksa ke RS KM* dengan angan-angan bisa melahirkan di RS tersebut.
Pemeriksaan pertama di KM* usia kandunganku 26w, dokter pun menanyakan sudah pernah cek lab/belum. Aku bilang belum karena memang di RS sebelumnya tidak disuruh cek lab.
Dokter tersebut akhirnya menyarankan aku untuk cek darah dan urin. Dari hasil lab baru deh ketauan kalo HBku cuma 7.4 (katanya normal ibu hamil itu min. 10).
Agak aneh sih tau hasilnya, wong aku ngerasa sehat2 aja ga keliyengan ga kaya orang kurang darah.
Setelah dokter tau hasil lab-nya, dia langsung menyarankan aku untuk transfusi darah PRC sebanyak 600ml dan memberi surat pengantar untuk transfusi.
Malam harinya aku dihubungi pihak RS KM*, katanya persediaan darah A(+) di PMI kosong dan dianjurkan untuk mencari pendonor sendiri (sodara atau teman).
Awalnya sih ngerasa aneh, kok aku yang harus repot2 nyari darah ya, kayanya cerita temanku kemarin yg sempet transfusi darah dia tenang2 aja dan RS nya yg cari darah. Cuma ya udah lah ya, wong buat badan aku juga.
Besoknya aku ambil surat pengantar dari RS untuk ke PMI. Kebetulan ada 2 org teman satu kantor yg gol darahnya sama denganku, aku ajak ke PMI.
Sampai PMI apa yg terjadi?? Menurut petugas aku harus membawa sample darahku untuk dapat dicocokan dgn pendonor. Langsung lemes seketika. Kirain bisa segampang ngasih surat, bawa pendonor, ambil darahnya, bawa ke RS, transfusi deh. Ternyata engga ya.
Sempet marah2 sih ke pihak RS kenapa ga kasih tau aku untuk bawa sample darah dulu sbg syarat permintaan darah.

Yah, untuk sekarang ini aku kaya hopeless aja nih Bun mau transfusi darah karena persediaan yg emang susah dan udah sakit hati sama pihak RS nya.
Nungguin dikasih makan daging-dagingan sama buah bit aja deh hihihi..
Mudah-mudahan kalo digenjot pake makanan bisa naik cepet HB-nya.

Buat calon-calon Bunda, semoga sehat terus ya..

2

Topic: HB rendah saat hamil

@dyanmonica
tetep semangat ya Bun...apa transfusi itu cara satu2nya?
waktu hamil aq tergolong darah rendah sekitar 90/70,tiap bulan dokter kasih penambah darah sama2 vitamin2 tapi belio ga pernah suruh cek lab krn menurutnya kondisiku dan bayi OK, cuma emank gampang capek. Alhamdullilah, aq juga bisa melahirkan normal walopun setelah melahirkan aq kehilangan banyak darah, pusing, mau pingsan, dan ketika cek lab Hb 7.
setelah observasi 6jam aq baru melihat bayi aq lagi, rasa senengya ngalahin semuanya...langsung bisa jalan2 saat itu juga.
Stay positive ya