1

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Dear mama semua,
Pengen sharing tentang pengaruh tidur di bawah/lantai untuk batita ataupun anak-anak.. Apakah benar bisa menyebabkan paru - paru basah? Trus bolehnya sampai berapa lama ya? Soalnya dari umur 8 bulan dzikri tidurnya di bawah cuma pakai spring bed aja tanpa ranjang. Emaknya ini parno pake ranjang, soalnya dzikri pernah terjun bebas 2 kali. Makin kesini makin kepikiran untuk pake ranjang lagi, tapi kok sang anak masih pecicilan jg. Takut kejadian jatuh lagi.. Please share ya moms,.
Untuk ibu moderator silahkan diedit atau ditutup ya kalo udah pernah dibahas.. Thanks all...

2

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Ayuseka..mom, sejak umur 1,5 bulan, anakku juga tidur di spring bed tanpa ranjangnya. Krn sejak new born memang dia ga kubeliin ranjang bayi sendiri, maunya kita tidur bertiga :). Memang dr awal sengaja dibuang ranjangnya, soalnya kalau pakai ranjang tingginya lumayan, bisa 60an cm lebih, takut aja kalau jatuh dr ranjang setinggi itu. Oya, spring bedku tingginya 30 cm-an. Itupun, waktu anakku 8 bulan pernah jatuh dr kasur dan kepala belakangnya kena lantai, jadi malemnya anget gitu badannya. Duh deg-degan waktu itu, untung cuma 1 malam saja dia demam.

Sempat kawatir ga aman juga sih untuk paru2nya. Tapi pernah tanya ke dokter, kalau untuk bed segitu tingginya dan dibawahnya dilapisi lapisan yang daya hantar panasnya jelek aman kok, soalnya dinginnya lantai ga akan terasa sampai ke atas kasur.

Skrg anakku sudah hampir 2,5 tahun mom, sudah sejak usia 2 tahun kusapih tidur sendiri di spring bed yang tanpa ranjang juga, dan alhamdulillah sehat2 saja, batuk pilek juga relatif jarang sejak masuk usia 1,5 tahun.

Untuk lapisan sebelum kasurnya, aku alasi dengan alas seperti ini mom *maaf gaptek ga tahu namanya :)*

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/13344_1265965446237_1142803374_797179_6686846_n.jpg

Btw aku berani pakai kasur tanpa ranjang krn aku tinggal di daerah yang panas dan kelembaban udaranya tidak tinggi mom. Dulu di jakarta, skrg balikpapan, sama2 daerah panas. Kalau aku tinggal di Bandung yang kelembaban udaranya tinggi (yg katanya gampang bikin paru2 basah), kayaknya aku juga mau pakai ranjang, tp pesen yang kakinya ga tinggi, 10 cm aja dari lantai gitu. Ya, pokoknya ga nempel lantailah :)

3

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Ayuseka,
gw jg sekarang melantai. dulu waktu di bandung sih pake ranjang tinggi gitu, enzo & dante juga sempet terjun bebas tapi alhamdulillah gpp sih. pinggir2nya aku halangin pake bantal2 & boneka2, jd kayak benteng bantal gitu. trus bawahnya aku alasin kasur tipis juga.. (kasur palembang orang2 bilang)
kalo sekarang gw di jkt jadi emang panas dan tidurnya melantai gitu asyik koq gada masalah. bawahnya dialasin pake rubbermat yg kayak punya indriani. kalo indriani punya itu kan bentuknya kotak2 kayak puzzle, nah pny gw sih rubbermat yg selembar aja gitu. lebih ringan & tipis. jadi mudah dibersihkan. tiap pagi divacuum & dipel.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

wah, ini ga tau bener apa engga, tapi lebih kearah "omongan orang tua" (kata mamaku, nenekku, dan orang yang tua2 gitu deh)... katanya sih, kalo tidurnya di lantai 2, pake kasur di lantai gapapa. cuma pake alas selimut juga gapapa. yang ga baik itu adalah "hawa dari tanah". makanya kalo dulu, mesti pake bedframe kalo bobo, biar ada jarak dari alas tidur ama tanah.

nah, tapi dulu kan blum ada alas yang "daya hantar panas"nya (minjem istilah indriani) jelek... jadi mungkin sebenernya pake rubbermat gitu bisa kali ya?

yang pasti sih, kalo di lantai dua, katanya ga papa.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

eka..oh namanya rubbermat ya..catet. Kmrn sempat mikir playmat, tp biasanya itu kan mengacu ke alas buat baby.

thalia..kalau di lantai 2 dinginnya memang beda, suhunya lebih hangat, lantainya ga terlalu dingin seperti di lantai yang langsung berbatasan dengan tanah. Jadi inget dulu waktu kuliah di jogja aku kost di lantai bawah, krn ga kuat dg hawa dinginnya kamar aku minta pindah ke lantai 2. Ternyata di lantai 2 panas bo, apalagi kalau Merapi lagi mau meletus *info nggak penting hehe* akhirnya setelah ke lantai 2 aku malah sering tidur melantai. Teman2yang di lantai 2 juga begitu, banyak yang memilih tidur melantai.

6

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

aduh,baca tret ini lgsg deg2an..kasur dilantai semua euy..tadinya bermaksud meminimalisir "kecelakaan" jatuh dr tmpt tidur..ehh,tnyt ada akibat yg sama buruknya ya..

duh,mana rumah di gunung begini pulak.. *kebatkebit*

7

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Hai Ayuseka, yep, sama banget, sekarang juga yofel (16 mos) tidurnya di kasur (bukan tempat tidur). so far setelah googling (belum pernah nanya dokter sih hehe), sepertinya sih nggak ada masalah serius ya, selama mattressnya bagus (nggak bikin sakit punggung), dan nggak tipis, jadi anak nggak merasakan langsung lantai di bawahnya...

kayaknya di beberapa negara (misal Jepang), tidur di lantai adalah sesuatu yang common yah, dan belum pernah denger banyak kasus paru2 basah gara2 ini..

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

8

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Sip-sip thanks buat smart moms semua, udah agak lega sekarang berarti masang ranjangnya masih bisa dipending.. Indriani, dulu pernah aku alasin sama karpet tapi debunya itu nggak nahan,. Berarti bisa ya pake rubbermat..
Superpipo, bukannya kalo di jepang kebanyakan lantainya kayu ya trus pake tatami CMIIW.. Hehehe yang kayak di tv2 gitu. Kata ibuku orang jaman dulu (terutama yang tinggal di pedesaan) memang kebanyakan tidur melantai (minjem istilahnya eka). Tapi karena lantai mereka tanah, tanpa ditambah semen atau apapun ya nggak apa2. Malah lebih hangat katanya..
Bunda Aidan, ada temen bilang salah satu cara mengurangi kelembaban kasurnya bisa sering - sering diberdirikan/disandarkan ke tembok, maksudnya biar uap air yang bikin lembab nggak ngumpul di bawah kasur. Tapi siap-siap capek ya mom, apalagi kalo tiap hari dan kasurnya tebal :)

9

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

superpippo - iya, trid, kayak kata ayuseka, rumah jepang soalnya ga nyentuh tanah lantainya... ada jarak dari tanah ke lantai kayunya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Ayuseka dan Thalia, hmm iya ya, lantainya nggak langsung nyentuh tanah...dan itu emang ngaruh sih =) my bad!

berarti solusinya adalah memastikan supaya si kasur nggak nempel langsung sama tanah ya? at least kalo emang daerahnya lembab lah. kalau utk daerah panas seperti jakarta (apalagi tinggal di lantai 2, 3 dan seterusnya), sepertinya nggak masalah ya.

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

11

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Kayu memang daya hantar panasnya jelek, jadi sepertinya itu yang bikin orang jepang merasa aman2 saja tidur di lantai beralas kayu.

bunda aidan..mom, mertuaku juga di Bandung, waktu anaknya masih kecil2, mereka pakai ranjang yang kakinya rendah sekitar 10 cm gitu, bisa pesen atau beli ranjang yang sudah jadi tapi terus kakinya dipotong sendiri. Sekarang masih ada tuh ranjangnya, bahkan masih di pakai tidur kakak iparku.

12

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

mamas, nanya dong.. Klo tidur dilantai cm dlapisi karpet aza ga blh jg ya? ;) soalna kadang klo lagi nonton tv,suka ketiduran gt.. Thx ya

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

13

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Sama dgn beberapa mamas di atas, saya & anak2 jg tidur di kasur tanpa ranjang, tp ponakan2 saya ada yg tidurnya melantai,bahkan tanpa baju cuma pake kaos & celana dalam, klo yg seperti itu gmn yah Mamas?
walo ga yakin jikalau pun ada dampaknya akan ngerubah kakak ipar saya akan kelakuan tidur anak2nya, soalnya ponakan2 saya itu ga tahan gerah, tp saya pen tahu aja..mungkin para mamas bisa sharing
TIA :)

A Mother Always Bring Extra Love...

14

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

citRa ah iya, aku juga penasaran tuh. Sarah sering banget tidur di karpet doang (ga pake alas lain). Bahkan malah dia suka pindah lagi ke lantai, tapi cuma bentar aja udah aku pindahin sih, takut juga. Emang sih, meskipun ga gendut, tapi Sarah sering kepanasan gitu karena geraknya lumayan banyak. Jadi dia seneng ngadem di lantai gitu.

Trus juga dia juga suka tidur siang di ruang tengah, soalnya lebih adem, dan aku juga ga kuatir dia tiba2 jatuh dari kasur. Sampe saat ini sih alhamdulillah dia sehat2 aja, ga pernah sakit gara2 tidur di lantai, jadi masih aku biarin aja. Tapi ga tau juga sih ada efek jangka panjangnya apa ngga.

15

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

hai anin..pa kabar?*OOT*..kalau Mare sih ga pernah tiduran di lantai paling cuma sambil main tengkurep di lantai ya cuman hitungan menit aja trus kembali moving.. Kalau tidur beneran sih ya di tempat tidur, tapi ga pake divannya alias beralas kasur aja..nih karena di umurnya 5 bulan dia jatuh dari ranjang kami..hiks..jadi tuh divan ditaruh di gudang deh.
menurutku sih gapapa ya tidur di bawah asalkan alasnya ga lembab dan pake baju yang nyaman n sesuai cuaca...

16

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

*manggut2 sambil nyimak* Sebenernya pada dasarnya emak2 dsini nurunin kasur karena takut jatuh ya... Sama jg ma aku, saking parnonya, udah dialasain rubbermat utk alas dan sekell kasur, ditambah pakai javan canopy, masih aja tuy Athar guling2 d kasur.... Terkadang waktu Athar nangis, mamanya sampai heboh nyarinya, eeh.. ternyata nyangkut di javan canopy dan sdh sampai di alas rubbermat *tepokjidat*. Pasang dipannya nunggu Athar sdh pinter turun dr kasur eyangnya dl yg pakai dipan :)

Working mom who wants to do it exclusively, especially for my 'Athar"
Tweet me on : @Anggie_mamAthar l My world on : http://maylav.blogspot.com/

17

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

share dikit juga moms :)

dulu planning mau pake kasur juga lepasin ranjang
karna dikamar pake ac, jadi ga dikasih
selama tidur sejauh ini sih ga pernah kenapa2 (jgn sampe)
akhirnya setelah 1,5thn ketemu sama playmat
pernah sih ketiduran di playmat
malah suami juga sering ketiduran di playmat
kalo pake rubbermat suka dicopotin terus sama si kecil >.<

18

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

mau sharing aja..
sepupuku udah sejak kecil sering tidur di lantai (tanpa alas sama sekali) sampe sekarang (udah umur 30 taun lebih) alhamdulillah sehat2 aja.

adik kandungku (sekarang 10 taun umurnya) sejak toddler kalo bobok sering turun dr ranjang dan malah bobok di lantai tanpa alas. sampe skrg alhamdulillah baik2 aja. malah dia yg ngga kena flek sendiri, padahal 2 kakaknya kena flek.

jd kalo emang si anak yg sejak awal milih tidur sendiri di lantai, kalo dipindahin ke ranjang dia balik lagi ke lantai, kayaknya emang udah dari sononya kecenderungannya begitu dan insya Allah tubuhnya memang di-desain utk kuat tidur di lantai. mungkin yaaa.. :D

19

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

aiiih ternyata saya tidak sendirian yaa..
Tempat tidur Ki-KA juga melantai, alias tanpa ranjang. Dan bener banget, alasannya diturunin karena sering jatuh, meskipun sudah dibarikade dengan susunan bantal guling dipinggir. Bahkan pernah emak-bapaknya tidur di pinggir si bocah masih bisa jatuh.. Hingga akhirnya si kasur jadi melantai. Tapi antara kasur dan lantai ada perlak meteran gitu, dan antara kasur dengan sprei juga ada perlak meteran lagi.. Pake perlak meteran dulu karena kalo pake perlak biasa untuk 2 anak suka gak mempan. Perlaknya dimana 2 bocah dimana.. tetep aja kasur basah kuyup. AKhirnya dikasih lah perlak meteran.. Dan Alhamdulillah juga jarang pilek. Semoga mereka sehat-sehat terus yaaa...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

20

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

waduh, lega deh gak sendirian ternyata saya :p liffa dari bulan des kemarin suka banget tidur di karpet dialasin kasur tipis ( tapi bobonya harus di luar kamar) nanti kalo udah nyenyak baru dipindah ke kamar, kadang kalo kebangun suka minta pindah ngampar lagi. dulu sih stress kenapa nih anak tapi lama-lama ya biarin aja deh yang penting dia bobonya nyenyak dulu,
efek ke anaknya sih belom keliatan (dan mudah-mudahan gak ada ya) tapi ke emaknya nih.. sakit punggung ciin :p

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

21

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Ahh, ini udah dari anak pertama dulu sampe sekarang tidurnya di kasur (tanpa ranjang) dan gak pake alas apa-apa di lantainya alias kasur nempel tanah...ketinggian kasurnya 30cm.

Trus anak bayiku juga suka ditaro di playmat gitu di lantai, kalo tetangga liat sih suka ditanya "gak masuk angin ya?" yaa gimana, masa playmat mau ditaro di kasur terus? kan aktivitasnya gak di kamar melulu.

Sebenernya sih, gak ada efek buruk apa2, paru-paru kan alaminya memang basah hehe..mungkin maksudnya exposure thd ketinggian debu lebih besar kali yah, kalo anaknya gak alergi debu gak masalah..tapi saya, yang alergi debu dan dingin, gak kenapa2 juga..kalo memang waktunya kena serangan asma ya asma aja, eventhough tidur di atas ranjang.

Intinya sih jaga kebersihan aja, sering2 dipel lantainya, diangkat kasurnya trus dikibas2 pake sapu lidi. Sesekali dijemur untuk menghindari jamur.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

22

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Gw dr mulai nikah blm pernah punya ranjang. Melantai terusss heeehehehe.
Di bawah kasur gw alasin karpet. Satu kasur lagi dialasin evamat. Ga ada pengaruhnya sepertinya.
Tp ini kondisinya gw d cibubur. Walaupun pake ac, lantai ga akan dingin2 amat. Kl pas lg nginep d bandung dan terpaksa melantai biasanya gw taro karpet tebel dl sblm kasur. Krn dinginnya lantai kerasa aja gitu kl ga pake alas.
Setau gw kl yg mempengaruhi pernafasan/jadi sakit paru itu kl dinding yg basah/rembes air/ lembab, sirkulasi udara yg kurang baik jg. Jd kl harus melantai ya dirasain aja, kl kita orang dewasa ga nyaman....kemungkinan besae anak2 juga.

Bussy life...happy life...

23

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

Ni kesimpulannya berarti ngga masalah ya kalau tidur dikasur ngga pake ranjang :)
selama ini tidur dikasur aja, kepikiran mau pake ranjang, inget cerita temen yang baby'nya meninggal karena paru paru basah katanya karena tidurnya dibawah ngga pake ranjang.

Try to be Best Mom

24

Topic: Pengaruh Tidur di Bawah/Lantai

udah 2 malam ini zaidan (19 bulan) rewel minta bobo di depan tv. alasnya cuma pake tiker trus kasur lantai yang tipis. setiap dia ngelilir selalu dibalurin minyak telon sebadan. semoga ga masuk angin deh ya..

Menjadi perpustakaan dan sekolahan pertama buat #zaidan | @zulaekhah_chan