1

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

Dear all, mau sharing ada TK yang bagus banget di Jakarta. Sebelumnya saya gak tau apakah saya aja yang kurang wawasan akan kurikulum TK mahal jaman sekarang, atau memang TK Caspia yang satu-satunya memakai Montessori method.

Anyway, jadi ceritanya gini. Di Singapur ini, Pengajaran dengan metoda Montessori sangat populer. Di Singapur sendiri pertama kali diperkenalkan oleh expat2 Jepang yang memang udah 1 dekade yang lalu populer di sana.

Montessori method ini sendiri berasal dari Italia, dari seorang ibu bernama Maria Montessori yang bereksperimen dengan sebuah panti asuhan, pra perang dunia I.

Lengkapnya tentang montessori bisa dibaca di sini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Montessori_method

Anyway, di Singapur pun TK berkonsep montessori udah mahal. Tapi setelah gue dan istri liat, mahalnya memang worth it. Memang konsep montessori mahal karena harus memakai tool khusus. Kita malah sampai bikin toolsnya sendiri untuk ngajarin Aldebaran.

Contoh belajar matematika dengan memakai montessori method:
http://farm5.static.flickr.com/4061/4568555674_266cddd82b_m.jpg
Beberapa contoh mainan lain yang gue bikin sebaiknya gak gue pajang untuk menghindari penghinaan dari rekan-rekan huahahahah.

Yang gue liat dari TK Caspia adalah bahwa dia mengajarkan math dan phonemicnya dengan metoda montessori. Ya sudah, kita langsung jatuh hatri sama TK ini dan udah enroll Aldebaran untuk term Juli 2010 nanti.

Alamat:
Sudirman Park Tower A Lt 1 Jl Kyai Mas mansyur Kav 35 Jakarta Selatan

fee: 5.5 juta / term (3 bulan). Artinya nyaris 1.8-1.9 juta/bulan.

Again, gue gak tau apakah guenya aja yang kurang wawasan (mungkin semua TK udah memakai metode ini) atau baru caspia aja.

Pertimbangan lain milih TK ini: Cuman 400 meter dari kantor Jakarta.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

2

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

hallo adhit, salam kenal yah... ;)

di jakarta banyak kok yang menerapkan montessori method :) selain itu ada juga yg menerapkan multiple intelligence. mungkin sekolahnya ga mention aja kalo mereka menerapkan montessori dll... tapi ada juga yg bilang.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

hihihi salam kenal pak Adhit dan bu Ninit. Iya bener kata ninit, di Jakarta ada Indonesia Montessori, ada Amanda Montessori, apalagai ya ada beberapa kok. Bahkan kayaknya ada beberapa yayasan yang juga mendidik ortu juga. Mau ikutan pendidikannya tapi kok ya ngga inget di mana :p

And thelilsolder is back. Fire!

4

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

hm.. salam kenal pak adhit, bu ninit dan bu inga,

samaaa.. aku juga suka sama metode montessori ini.
waktu kuliah dulu sempet nyambi di montessori bandung, dan langsung jatuh cinta sama metode pengajarannya.
dan, sukanya karena metode ini sebenarnya mengasah kemampuan anak dengan tools sederhana yg ada di rumah.

setuju deh kalo sebenernya sekolah pertama anak adalah rumah dan guru yg paling oke itu adalah ibu/ orang tua.

salah satu contohnya adalah mengajak anak berkreasi dengan jepitan jemuran; yang bisa dilakukan saat si ibu mengerjakan pekerjaan rumah (menjemur pakaian), si anak tetap ikut bantuin tapi fun juga karena dia bisa berkreasi dengan jepitan jemuran.
dengan kegiatan menjemur pakaian itu selain si anak jadi terbiasa membantu pekerjaan rumah; anak juga belajar berhitung, warna, belajar bekerja sama (dengan ngasih2in pakaian yg akan di jemur ke ibu) belajar meng-arrange (pattern) pakaian kecil-pakaian besar, warna muda -warna tua.. yg jelas, ternyata pekerjaan rumah tetap bisa dilakukan dengan tetap mengawasi anak, dan anakpun fun belajar banyak dari melakukan kegiatan bersama orang tua di rumah.
manfaatnya kerasa pas si anak beranjak gede, dan orang tua bertambah tua, anak jadi terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah tanpa merasa terbebani.

sebenarnya metoda ini juga sama seperti yg diajarkan Nabi Muhammad SAW tentang mendidik anak.
I love this montessori method.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

mau nambahin juga...

caspia school
sudirman park apartment
connecting tower amarils (A) & bougenville (B) Lt 1 AB
jl kh mas mansyur kav 35 jakarta pusat
ph 021-5792782

fee structure
1. registration Rp 5.000.000, upon registration, one time only. include 3 sets of uniform.

2. annual development fee Rp 1.500.000, upon registration and renew per year.

3. tuition fee,
preschool (kiddy 1 A-D) Rp 3.000.000
preschool (kiddy E-2) Rp 4.500.000
kindergarten Rp 5.500.000
(upon registration and renew per term).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

hai teh Ninit,
Wuuiiih kita bisa ktemuan niy, Davina juga di caspia tp dia wiggle jiggle siy bukan yang nursery hehehehe..jadi cuma 3x seminggu dan cuma sejam doang tiap sessionnya.
Ntar Juli ngintip2 kelas nursery aahhh, pengen liat Aldebaran hehehehe

davina biggest fans

7

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

teh Ninit, boleh donk di update gmn perkembangan Alde sekolah di Caspia. skrg sih anakku baru aku enroll di Wiggle Jiggle, mo mulai liyat2 utk kiddy ma kindergarten classes-nya gmn, krn yg aku baca di atas dia gak full montessori jg (which is ok mnrtku krn aku jg gak yg montessori-minded), yg pengen aku tau apakah most students and parents enjoy/comfortable dgn metode/sistem di sana, secara utk level pre-k dan kdg tuition-nya lumayan jg. yg msh agak berat adalah premise-nya, lumayan mesti naik dulu, jd rada gimanaaaaaaaa gitu yah, klo keen kids di park royale meski jg judulnya dalam gedung/apartment tp dia di lt dasar dan dekat pintu keluar. butuh bbrp pertimbangan nih, mgkn klo ternyata memang dari segi perkembangan karakter, sosial, life skill dan independency anak yg bersekolah di situ jg bagus (akademis blm terlalu penting buatku di usia itu) pasti bisa jd nilai plus banget.

ditunggu ya sharingnya ...

mamanya davina, kapan yuk minta tour liyat2 fasil ma class-nya, klo sabtu kan gak ada class kiddy-kdg jd mgkn kita bebas liyat2 ke dlm, hehehe...

thank heavens for lil' girls

8

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

sabtu kmrn ikutan open house Kinderfield (ehm, ini sekolahnya udah ganti nama, judul threadnya bisa di-update ngga mamods? :) )

kalo soal kurikulum & montessorinya sih udah cukup dijelasin di post2 sblmnya ya.. aku review yg lain aja :)
kalo fasilitas, namanya sekolah franchise asing sih fasilitasnya oke lah. selain ruang kelas (kalo ga salah ada 4), dia ada ruang library include sekitar 8 unit PC yg bisa dipake sama anak2 KG, kalo kelas Kiddy blm pake PC. PCnya dipake buat main2 games edukatif. ada ruang montessori tersendiri dan toolsnya lengkap bgt, anak2 sih pasti betah beraktifitas di situ. ada ruang pretend-play dgn kostum2, miniatur supermarket, boneka, traktor2an little tikes, dll. ada ruang gym dan dining room juga. sayang ga sempet difoto ruangannya (& kayanya ga boleh sih).
ohya, kalo bukan resident di SudPark ternyata Kinderfield ini cuma bisa diakses dr tangga, naiknya dari kantin deket lobby. kalo pake lift harus pake passcard.

fee structure kurleb masih sama kaya yg dijelasin teh Ninit di atas.
academic year mulai Juli. 1 tahun 4 term, 1 term 3 bulanan.
Nay lahir bulan Oktober jadi ternyata dia blm bisa enroll di kelas Kiddy tahun ini krn blm 2 tahun pas kelasnya mulai. masuk pas term ke-2 setelah dia 2 tahun juga ngga bisa. jd harus masuk pas academic year thn depan.

cari sekolah bagus yg masuk budget aja susah... skrg dapet tambahan pe-er cari sekolah yg nerima anak umur nanggung :)

9

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

riri siipp.. diganti ya judulnya :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

@riri: Nay gak masuk Wiggle Jiggle dulu aja? anakku skrg dah 3yo, thn lalu enrolled ke Wiggle Jiggle aja, krn memang IMHO dia masih kemudaan utk enrolled ke nursery/prekindy, an hour session mnrtku utk anak <3yo dah cukup kok, sisanya bisa diterusin di rumah or anywhere. Sekalian aku mau observe apakah dia enjoy di sana, gimana environment-nya dll, krn mnrtku registration + tuition fees WJ ok lah, jd klo ternyata ma anak kurang pas mindahinnya pun gak berasa rugi2 bgt. fortunately dia enjoy & betah siiih ...

Nah baru tahun ajaran besok nih aku mau enroll ke Kiddy 2, yg 3x seminggu dulu, bertahap di observe per term-nya klo dia mau bisa jadi 5x seminggu, sekalian belajar adjustmen ke lingkungan sekolah sebelum harus masuk kindergarten :)

selama open house kinderfield sudirman park lagi kasih discount 50% utk registration fee (utk prekindy/kindergarten-nya).

thank heavens for lil' girls

11

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

sip! thanks sLesTa :)

adisty,
iyah, Wiggle Jiggle sbnernya udah diusulin juga ke papanya Nay. tp si papa udah keburu kecantol sama Rumah Main Cikal. jd spertinya mau ngabisin 1 program dulu di RMC skalian cari2 sekolah yg cocok & ada sekaligus PG ampe TK. kalo perlu SD skalian biar ga repot lg :lol:

12

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

hi hi...
anakku di kinderfield tebet sih bukan di caspia tapi ex - kepala sekolahnya caspia tadinya guru di SBGG (SD di daerah tebet). kmrn pas graduation bareng2 digabung untuk semua kinderfield.

so far sih aku puas yah... memang dia menekankan motorik halus sejak dari kelas playgroup, dimana mungkin di sekolah2 lain hal ini belum ada dan dia paling nggak 3x seminggu ada PR 1 halaman. Buatku nggak masalah juga sih soalnya anakku paling kecil sering minta2 PR/soal kalau kakak2nya belajar/ngerjain PR.
Untuk aktivitas after school nya juga lumayan banyak, dari mandarin, robotik, ngaji, gambar s.d taekwondo.
aktivitas2 lomba juga lumayan sering jadi anak2 bisa berani tampil di depan orang banyak.

kinderfield ini ada terusan sd dan smp-nya (highfield), sayangnya lokasinya jauh dari area yang aku inginkan...

13

Topic: Kinderfield (Caspia School) - Sudirman Park

Hai...

Ada yang tau ga sekarang uang pangkal dan uang sekolah di Kinderfield school Tebet untuk yang toddler berapa yah?