1

Topic: Anak Tersiram Air Panas

Dear mamas...
Pagi ini ada tragedi, mutiah (11mo) tersiram air panas dari tremos. Entah gimana awalnya, mutiah lagi sama abinya, aq lagi ganti baju mau ngantor. tiba2 denger mutiah nangis, begitu disamperin, kakinya dah melepuh kesiram air panas :(
Sebagian kulitnya dah mengelupas. Saya ma suami sama2 panik tapi bingung mau diapain ini anak. Mbahnya nyuruh kasih odol, saya gak mau krn pernah baca kalo luka bakar jangan dikasih odol. Akhirnya cuma digendong ma ditiup2 aja lukanya. Gak lama mutiah udah diem.

Nah begitu dia udah gak nangis, liat di kakinya ada yang aneh (kulit yg ngelupas td), mutiah jadi pengen pegang2 itu lukanya... hadeeeh... Akhirnya untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan, diperbanlah lukanya pake kasa kering, eh sebelumnya sempet dioles minyak sanghong.

Mamas... ada gak yang pernah punya pengalaman kayak gini, gimana treatmennya untuk anak yg kena luka bakar. Saya takut lukanya infeksi.

Makasih ya... (saya udah nyari2 kalo ada trit yg bahas masalah ini, tp gak nemu...cmiiw)

2

Topic: Anak Tersiram Air Panas

ummi mutiah haduuhh kasian. iya bener jangan dikasih odol, tapi sebenernya disarankan dikasih air es within 15 menit dari kejadian. lalu di oles antiseptik dan ditutup kasa kering. kasa kering itu mesti diganti2 tapi, min tiap 3 hari, atau kalau sudah kena basah, tiap hari dan jangan lupa di oles antiseptik karena takut infeksi.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Anak Tersiram Air Panas

Astaghfirullah.. ga dibawa ke dokter aja ummi mutiah? Biar dpt penanganan yg tepat gitu dari dokter..

-one kind word can change someone's entire day-

4

Topic: Anak Tersiram Air Panas

Makasih mbak slesta n bundanaisya
iya kayaknya ntar mau saya bawa ke dokter :)

5

Topic: Anak Tersiram Air Panas

Untuk luka bakar kulit luar. Biasanya saya siram dengan air mengalir pelan tapi cukup nutup luka(air ledeng atau mineral) yang adem, bukan dingin seperti air es, sampai rasa panas hilang. Lalu kasih salep luka bakar seperti 'betadine' salep.

6

Topic: Anak Tersiram Air Panas

oya, kalau saya luka tidak saya tutup sama sekali (waktu itu tidak melepuh parah), atau bisa juga pakai kasa Sofratulle bisa beli di apotik (kata temen biar bekasnya lebih cepat hilang, tapi karena tidak pernah stok di kulkas jadi luka sudah kering baru pakai kasa ini & tetap berbekas deh). Semoga cepat sembuh yah.

7

Topic: Anak Tersiram Air Panas

hi mom mau sharring..dulu anakku bukan tersiram air panas..usia 8 bulan air mendidihhhh baru selesai masak di taro baskom utk di tetesin minyak (rencananya utk taro di kamar terapi pilek hidung tersumbat).. krn omanya pengalaman sama cucu2 yg lain, di rumah sedia B**PLACENTON (maaf bumod kl g boleh bisa di hapus yaa), ini manjur bgt, setelah ketumpahan air panas lsg di guyur air dingin (air keran mengalir) atau air es (kompres) dan diolesin.. alhamdulillah ga berbekas.. kalo inget seremmm bgt... hiks..

di rumah utk p3k selalu sedia ini sama TR**BOPOP OINT kl luka memar / terbentur..

semoga membantu ya mama..

8

Topic: Anak Tersiram Air Panas

makasih mama...

9

Topic: Anak Tersiram Air Panas

ummi mutiah
anakku juga pernah mengalami hal serupa. bukan kena air panas, tapi kena wajan panas. ceritanya dia ikutan masak. kulitnya melepuh dan sebagian juga mengelupas. pertolongan pertama saat itu, kulit dialiri air mengalir suhu dingin kemudian diolesi madu. kenapa air dingin, supaya kulit lebih tenang. kenapa madu, karena madu bersifat antiseptik. kalau ada stok bioplacenton, lebih oke ya, karena memang bioplacenton ini mengurangi trauma luka bakar. tapi kl ngga ada, madu juga cukup.

sembuhnya sekitar seminggu. kulitnya aku biarin terbuka. tiap hari dibersihkan dan diolesi antiseptik. sabar ya, mama. semoga mutiah lekas pulih :)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

10

Topic: Anak Tersiram Air Panas

sharing ya mamas, pengalaman dari kerabat dekat buat pembelajaran..

saat itu Haikal belum genap berusia 1y (lupa berapa tepatnya usianya, kejadian ini terjadi bbrp tahun lalu). entah bagaimana detail kronologinya, singkat cerita Haikal tersiram air panas yg baru mendidih dan baru dimasukkan ke termos oleh ibunya. saat itu sang ibu memang belum menutup termosnya, baru saja meletakkan ceret dan hendak menutup termos, entah bagaimana tau2 Haikal sudah tersiram air panas dan mengenai sebelah wajahnya, perut hingga ke kakinya, kejadiannya berlangsung begitu cepat. Haikal langsung dibawa ke RS terdekat karena luka bakarnya cukup parah hingga kulitnya mengelupas. ketika datang menjenguk pun ga tega melihat bekas luka bakarnya yg belum juga mengering, Haikal pun terlihat tersiksa dgn luka bakar itu, menahan sakit & perihnya :(
akibatnya pun cukup fatal karena ternyata terjadi infeksi, setelah cukup lama dirawat secara intensif oleh dokter, Haikal akhirnya menyerah dan meninggal.
aku masih ingat betapa lucu dan menggemaskannya Haikal dgn badannya yg tambun padat berisi.

baca postingan ummi mutiah tadi aku langsung teringat peristiwa yg menimpa Haikal diatas. kita para ortu harus ekstra waspada, semoga anak-anak kita dijauhkan dari bahaya apapun.. senantiasa dalam lindungan Tuhan kapanpun dan dimanapun..

-one kind word can change someone's entire day-

11

Topic: Anak Tersiram Air Panas

Aamiin, makasih mrs doyi

Hmmm, iya kecelakaan pagi ini emang kesalahan abilorangtua. Kami naruh tremosnya di tempat yg kurang aman dari jangkauan mutiah. Beberapa kali mutiah memang udah tertarik mainin itu tremos tp yg kemaren2 masih bisa dicegah. Tapi pagi ini, pas abinya meleng, mutiah beraksi.

Baca ceritanya haikal, sediiih :(

12

Topic: Anak Tersiram Air Panas

*hug* ummi mutiah
Sharingnya mama-mama diatas mirip juga dengan yang pernah saya alami. Kara pernah kena knalpot panas. Treatmentnya dikasih air mengalir dan antiseptik. Lukanya gak diperban, karena anaknya sudah bisa dibilangin sih, untuk gak pegang-pegang atau garukin. Biasanya kalau mau mengering kan agak-agak gatal gitu.
Semoga mutiahnya cepet pulih ya lukanya.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Anak Tersiram Air Panas

Huaaa jd ingett kejadian beberapa bulan lalu,
Aku baru pulang n langsung menuju kamar mandi yg deket dapur, ngliat ada mbah utinya di tengah jadi gak terlalu aware anakku Firza (2yo) lari ngikutin aku daan ternyata mbah utiinya lagi nggoreng ayam dong *ditinggal* pas aku di kamar mandi dengerlah itu suara ayam digoreng yang meletup2, dorr! Duorr! hati udah *deg* eh bener ga lama firza nangis jejeritan... Langsung keluar aja nyamber anak, dia jejeritan nangis kesakitan sambil bilang "panaass mi..anaass.." Cuma bisa ngliatin n nyari apa yang kena manaa yang luka..tapi ga keliatan sama sekali dan firza nangis sambil megangin kepala..
Ya sudah langkah pertama yang penting nenangin anak dulu *meskipun panik* gendong, peluk, elus2 dan liat dia nangis ga berhenti2 *padahal ga pernah nangis lama* emaknya langsung mewek deh, eh firza langsung diem cep sambil bilang "ngan nangis mii...gapapaa...ga leh nangis mii.." Subhanallah.. *terharu*
Ternyata ga lama muncullah itu di kepalanya 3 titik melepuh kena minyak panas *hiks*
waktu itu langsung oles bioplacenton, dan malemnya ternyata dia demam *mungkin saking sakitnya ya* akhirnya tetesin eo lavender, juga dillute ke kaki n badannya supaya dia lebih rileks n tenang n bs tidur nyenyak...
Alhamdulillah..setelah treatment pake eo lavender langsung bs tidur nyenyak, kadang2 merintih oles lagi, nafsu makan hilang karena nahan sakit mungkin, treatment 3hari sembuh, dan kulit yang ngelupas juga udah sembuh..
Horror ya ngliat anak kena musibah, nglebihin kita sendiri yang kena, ke depannya jd lebih hati2 n mari selalu berdoa utk keselamatan dan kesehatan anak kita *hugs*

"The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

14

Topic: Anak Tersiram Air Panas

Hi moms,
apabila anak tersiram air panas atau kena something yang menyebabkan luka bakar, first thing to do adalah guyur dengan air mengalir selama kurang lebih 20 menit. Air biasa saja, jangan air dingin karena dapat menyebabkan neurogenic shock. Setelah itu bisa dikasih cream spt B**placenton dan tidak perlu ditutup kassa. Tapi kalau ada luka yang terbuka atau melepuhnya ada yg lepas, baiknya dioleskan juga topical antimicrobial ointment lalu ditutup dengan kassa lembab. Point is, untuk luka bakar yang penting adalah menjaga kelembapan daerah yang terluka itu karena pada kasus luka bakar, daerah yang terluka itu akan mengalami dehidrasi. Setelah mandi segera dioleskan ointmentnya ya untuk mencegah air keluar dari kulit.

untuk luka lepuhan, jangan dikupas ya moms.

Smoga membantu