1

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

waahh syukurlah mel kalo ubun2 akhtar ud kembali seperti biasa.. daku sudah cek ubun2 marsha msh lempeng aja n emg tenyata kepalanya masih ada yg lembutnya yaaa.. kyyyaaaaaa... kmn aja gue ga merhatiin :D oia pindah ke klinik bawah mel?

2

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

syukur ya kalo Akhtar udah membaik.
mel, berarti emang ubun-ubun Akhtar bisa jadi indikator ya. walopun sebelumnya dia ga kasih gejala keliatan yang meradang?

dulu cuman sempet tau perihal dehidrasi aja sih. pengetahuan baru nih, kalo bisa jadi indikator lainnya.

waktu jaman hamil dulu dokterku emang selalu rajin ngukur LK, nah semenjak lycka lahiran jadi jarang-jarang diukur. padahal dari rumah dah inget mau cek ukur LK.
semoga nanti bisa mulai rajin untuk cek si LK ini.

TFS moms

3

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

indah,, salam Akhtar! :D aminn..moga-moga si jawaban DSA saat next visit sama dengan diagnosa-ku ya..hehee..bahwa ubun-ubun nya menjendol karena anaknya mau sakit aja..

iyu,, iyah..gak ada tanda-tanda sakit sama sekali.. panas enggak, batuk2 juga enggak, nafsu makan juga masih sama, normal banget deh.. eh tiba2 aja ubun-ubunnya jendol..ternyata meradang tenggorokannya. Yang bikin tambah bingung, dokternya juga ikutan heran pas akhtar dateng dengan tonjolan di ubun-ubunnya..

ellen83,, semoga baik2 aja ya.. :) sama pengalamannya seperti anak temannya indriani..mungkin saja karena keturunan/genetik ya..

coffee_mix,, iya ca..jadinya pindah ke klinik bawah..*eh ini sih OOT,, :P lanjut diluar aja yuk*

4

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Mams, mau nanya, baby Alivia (49 days) ubun-ubunnya ga berdenyut-denyut. Kalo nginget2 dari pas lahir emang enggak berdenyut-denyut. Sebenernya ga terlalu dipikirin sih, hingga pagi ini mama mau ngasih bawang merah ke kepala Aliv (obat tradisional, lagi pilek) jadi bingung ubun-ubunnya dimana. Terus cerita kalo aku sama saudara-saudaraku semua ubun-ubunnya berdenyut-denyut

Kenapa-napa ga ya?

5

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Moms, ada yg tau ubun2 terlihat berdenyut sampe umur brapa yach? Ada yg bilang ga bagus kl masih berdenyut setelah di atas 1 tahun. Apa betul ya?

Please add: www.facebook.com/mamayayashop
We sell Local & Imported Baby + Kids Products

6

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

itssika,, diraba kepalanya ada bagian yang masih empuk ga? mungkin bisa ketauan dimana letaknya darisitu.. kalau anakku kadang keliahatan berdenyut juga kadang enggak..tapi kalau diraba masih kerasa denyut2 walau pelan..

mamayaya,, bukannya sampai di atas 1 tahun masi suka berdenyut ya.. Karena ubun-ubun ini sendiri katanya belum menutup sempurna sampai sekitar 1,5 - 2 tahun. Ini kata orangtuaku sih,, cmiiw,, soalnya anakku belom 1 tahun..hee

7

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

mom, mau share crta nih sepupuku umur 30 hari meninggal krn meningitis, smpai skrg belum tahu bagaimana bisa terinfeksi. tp sejak lahir kt ortunya ubun2nya kecil bgt yg berdenyut, biasanya setahuku ubun2 agak lebar. menurut ortunya juga mungkin dr ubun2 ini juga bisa dlht pertama kali ada ketidak beresan dikepalanya. lalu 1 hari sebelum meninggal di R.S, mnrt dokter sepupuku kena meningitis ktka itu ubun2nya mulai mengeras, dari situ deteksinya. dari forum ini aku jd tahu bahwa ubun2 bisa menjadi alat pendeteksi sehat dan tidak sehatnya bayi ya ternyata. makasih ya para mama

Be Best for My Kid

8

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

hi ibu semua
anak kedua saya Bram 8 bln laki-laki LK nya diatas normal menurut chart nya batas atas ngga nyampe 48, tp LK Bram sekitar 48,7cm. BB nya sih emg lumayan jg, sekitar 10kg-an (blm nimbang lg). perkembangan yg lain sih cukup normal, tdk nampak sesuatu yg aneh, cuma kepalanya itu saja klo diperhatikan agak besar. Sdh k dsa, disuruh observasi dl 3 bln ini. Ada niat mengunjungi dsa sub sp neurologi, perlukah? ada rekomendasi?
adakah ibu semua yg bisa share ttg hal ini?
trims sebelumnya

Brielle's Mom

9

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

zulfi zumala, turut berduka cita ya :( waktu anakku ubun-ubunnya mengeras, sempat googling dan ternyata salah satu gejala meningitis adalah ubun-ubun yang mengeras..selain itu pas lagi ubek-ubek forum TUM nemu pembahasan tentang salah satu gejala ubun-ubun yang menonjol pada topic inihttp://theurbanmama.com/forum/topic2213-exanthema-subitum-virus-yang-menyerupai-campak.html

jasminetea, semoga Bram gak knapa-napa ya.. semisal mau coba konsul ke dokter neurologi, aku pernah konsul ke dr hardiono, prakteknya di klinik anakku kelapa gading..agak jauh ya dari tempatmu..

10

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

hola mamas,

langsung menuju thread ini karena Jojo ntar sore mau di USG ubun2nya..
22 bulan dan belum menutup sempurna...semoga sih ga kenapa-kenapa ya..
Sebenarnya dari hasil cek perkembangan ga ada yang aneh-aneh, tapi buat jaga-jaga aja :)

Nanti dikabari ya kalau udah darisana...

Jasminetea jojo juga agak besar lingkar kepalanya, tapi aku belum pernah cek diatas range atau ga. Nanti aku juga mau cek ah...

btw,

TFS ya mamas soal ubun-ubunnya. ehehehe...

11

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Babyku 11w kalo dipegang ubun2 koq cekung ya? Apalagi kalo lagi nangis kejer tambah cekung padahal pipisnya banyak .. Kira2 penyebabnya apa ya mom?

12

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Hai mommies,

Bayiku 16 bln, sampai saat ini blm nutup. Sama DSA langganan, dibilang gpp krn biasa ubun ubun menutup sampai usia 2 th, LK nya masih dalam rentang normal. dah hampir setengah tahun lebih tidak ukur lingkar kepala. Omanya tetap khawatir krn lihat kepala anakku terlihat lbh besar, akhirnya saya cari second opinion ke DSA langganan kakaknya, sama beliau diukur katanya LK nya masih dalam rentang normal. hanya saja ubun-ubun yg terbuka masih cukup lebar.

Ketika ditanya apakah perlu CT Scan atau tidak, beliau tdk mau memberikan saran apa2, katanya keputusan ada ditangan orang tua. nah si dokter malah bikin bingung. wong mau minta pendapat scr medis, malah gak mau jawab.

Kalau liat perkembangan anaknya sih tidak ada keterlambatan , bahkan terlihat cukup cepat belajar dan smart. saat ini saya mengambil kesimpulan untuk tidak CT Scan dulu spy anak tidak trauma dan katanya kl ct scan, baby akan dibius. Kl dah urgent pasti dokter minta segara pemeriksaan lebih lanjut. sambil cari-cari info via googling.

Mgkn ada pengalaman mommies lain yang ubun-ubun baby nya lama nutupnya. Bisa mohon sharingnya. Jika ada referensi dokter boleh juga, buat 3rd opinion.
Terima kasih sebelumnya.

13

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Hai mrsdsy, seperti kata mommies yang lain, biasanya ubun- ubun akan tambah cekung kl dehidrasi. Kl pipisnya banyak, berarti musti diimbangin dengan asupan cairan yang masuk seperi asi dan jus ( kl dah dikasih jus).

Yang bahaya jika menonjol karena biasa ada tekanan dari kepala, bisa karena sakit atau cairan yang banyak.

Supaya tenang, saat konsul ke DSA bisa ditanyakan lagi. jgn spt saya yang baru concern dengan ubun2 anak di usia 16 bln.

14

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Baru ngeh ini tentang ubun2 dan lingkar kepala. Letak pengecekan ubun2 ini dimana yah. Kok saya kurang peka. Waktu raba2 kepala alula memang ada yg empuk tapi kecil..usia alula 2.5 bulan apakah itu wajar? Huhuhu..harus tanya dsa nih kalo waktunya imunisasi..

15

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Lama gak mampir kesini..

nioanio, wajar bangeeett kalau masih 2.5bln.. Ubun2 biasa nutup (mengecil atau mengeras) dalam rentang usia 18bln-2yr.

mamagabyraph, anakku termasuk lama nutup ubun2nya. Malah pas usia 2 tahun itu, daerah ubun2 masih cekung walaupun sudah keras jika ditekan.
Waktu nanya ke DSA katanya sih ubun2nya udah nutup (keras), tapi emang bentuknya masih cekung..Nanti juga rata sendiri.
Dan aku perhatiin juga lama2 merata sih..
So far anakku gak kenapa2 yah kayaknya, sama aja kayak anak sepantarannya. hehee..

16

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

amaliaputri : thanks atas sharing nya.

17

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

@ellen83.. Sekarang perkembangan snaknya gmn? Anakku jg lingkar kepalanya selalu di persentil 5. Selalu naik mengikuti kurva sih.. Tp rada khawatir jg karna berada di paling bawah. Sepertinya lingkar kepalaku jg kecil. Tp rada susah ngukurny karna rambutku tebel bgt. Sejauh ini perkembangannya bagus cm belum bisa tengkurap. Kemarin Tanya ke DSA lali dikasih vitamin apylus. Blm aku minumin. Soalnya masih 4,5 Bulan babynya dan BB nya selalu di at as persentil 50. Gendut bgt.

18

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Sama persis kayak anakku... sehari2 nya dr lahir ubun2 kadang cekung, kadang biasa... trus klo dia capek/ga enak badan/demam, ubun2nya cembung... udah tanya2 DSA juga.. insyaAllah baik2 saja...