1

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

moms,,,
yang sdh pengalaman,,,
usia berapa ya sebaiknya anak belajar membaca

2

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Sebelum masuk SD. Karena tes penerimaan SD atau pemetaan atau apapun lah namanya sebagian besar ada bagian membacanya.

Kesyukuran tak terhingga

3

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Kalo yang pernah gue baca, anak-anak itu belajar membaca, berhitung dll pada usianya 7 tahun. CMIIW
Tapi di Indo sekarang kan kalo mau masuk SD aja harus dah bisa CALISTUNG :( .
Jadi kalaupun mau ajarin baca, mulainya dari bermain aja dulu. kan buku bacaan anak2 sekarang banyak.., mulai dari sana, nanti anak-anak mulai tertarik, lama-lama bakalan bisa juga. Toh anak-anak muali dari 3tahunan dah mulai banyak yang dikenalin huruf dan angka.
Winona dari 12mos udah ikut2an PAUD gitu. Kalo dirumah udah sering denger dia melafalkan A, I U E O.. tapi ya cuma ikut2an denger dari temen2nya aja. masih belum ngerti kali ya mana huruf A, mana O :D
sekarang sedang rajin-rajinnya mengeja.. W-i = Wi, N-o = No, N-a = Na...
dibaca.... : " Wiiiiiiiiiiiinnnndaaaaaaaaaaaaaaaaa.. aahahaahhaaaa...

happiest mimi in d world with two amazing babies.. kaka n babang are all i really want in this world.. luv 'em so much...

4

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

bunda azzam azmi wrote:
moms,,,
yang sdh pengalaman,,,
usia berapa ya sebaiknya anak belajar membaca



Saya pernah dapat sharing dari seorang praktisi peduli anak, bahwa selama anak normal bicara dan verbalnya, anak akan bisa membaca di usia 7 tahun. Kecuali anak disleksia butuh penanganan khusus. Untuk itu bagi yg anaknya belum bisa membaca di usia 5 tahun mungkin, tdk perlu khawatir. Yang diperlukan justru bagaimana menimbulkan minat baca. Menyediakan buku2 bacaan atau membacakan cerita. Ketika sudah waktunya bisa membaca, anak akan tertarik terus untuk membaca dan membaca, jadi suka buku. Begitu kira2 mam. Smoga membantu :)

5

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

bunda azzam azmi
Ini ada artikel tentang reading milestones yang sebenernya udah bisa dimulai dari bayi.
Linknya : http://kidshealth.org/parent/positive/all_reading/milestones.html
Kalo konteksnya membaca sendiri dengan huruf, bisa dimulai umur 3 tahun dengan pengenalan alfabet :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

6

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Aku belum berpengalaman punya anak yg belajar membaca mba. Anakku msh 2thn11bln soalnya.
Tapi kalo ditanya kapan tepatnya anak mulai bljr membaca, yaitu di usia 6-7thn ketika seluruh kemampuan motoriknya berkembang sempurna.
Kecuali jika anak memang menunjukkan ketertarikan, silakan diajari dengan cara yg menarik dan tanpa paksaan

7

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

bunda azzam azmi - kalau dari pengalamanku, aina bisa baca pas umur 5-6 tahun.... sekarang (umur 6, ampir 7), udah mayan lancar bacanya, jadi bisa baca buku yang ga ada gambarnya.

ada temennya yang bisa baca dari 4 tahun, ada yang 6 tahun ini pun masih belum lancar.

tapi proses belajarnya memang lama. awalnya, dari masih toddler rajin dibacain buku aja. kayaknya, selama anaknya tertarik ama buku, suatu hari nanti, dia akan pengen bisa baca. nanti ada saatnya tiba2 anaknya tertarik ama huruf... kalo liat dari temen2 aina, saatnya beda2. ada yang duluan, ada yang belakangan...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

thalia,
setuju prosesnya memang lama dan menurutku ketika anak mulai suka dengan huruf dan angka, Ruby dah bisa baca umur 3 tahun tapi 2 suku kata seperti "bu-ku" "sa-te" dll dia bisa baca pada posisi terbalik.
soalnya pas beli sate ayam di deket rumah waktu itu dia nyimak tulisan "sate ayam madura" pada posisi terbalik, terus dia sambil terbata bata bilang "sa-te-a-y-a-m"

sekarang ruby dah bisa ngaji iqra 2, saat ini usianya 4 tahun 3 bulan

9

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

hahaha elzahra, ruby persis sama si abang waktu baru bisa baca. pas kami lg beli bubur tau2 dia ngomong sendiri: rubub arudam. smua org ngliatin dia dan tiba2 ketawa krn baru ngeh kalo dia lg baca tulisan di spanduk kain di tukang bubur madura itu ;p

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

10

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Anak 1st sy (3.5 thn) sudah bisa membaca (otodidak) kata dgn 3 suku kata/lebih (contoh: ke-pa-la), baik kata2 bhs indonesia & inggris. Sayangnya, anak sy termasuk telat bicara (kadang ngasih respon kl diajak ngobrol & kadang tidak).

11

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

kalo pengalaman pribadi, bs baca usia 5 tahun, tidak diajari secara khusus sm orangtua, bs karena sering dibacain buku (bukunya di liatin juga), didongengin, liat kakak2 yang diajarin alphabet sambil baca keras2. nah aku disuruh minggir ga boleh ikut2an, katanya masih kecil. ga tau, tiba2 aja udah bisa alphabet, bs baca juga. mungkin mengalir dengan sendirinya ya.., apalagi punya kakak yg sekolah duluan.

tapi kalo mau diajarin sealami mungkin sepertinya karena baru punya 1 anak, rasanya ga mungkin, cuman dibuat sealami mungkin alias ga dipaksa. ajak baca bareng2. nih sudah suka buka2 buku sendiri. lemari bukunya mudah dijangkau sama dia. buku yang mau dibaca, dipilih sama dia, beberapa kali baca udah hapal aja ceritanya. jadi untuk ajari alphabet secara khusus, sprtinya akan mengalir dengan sendirinya ;)

i love family, book, and everything is beautiful :)

12

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Dari albert bayi dia sdh mulai diperkenalkan dgn buku sampai suka bgt kalau dibacakan cerita. Pas umur 5 thn dia mulai dikenalin huruf2 di di sekolah dan tiba2 minta diajarin baca. Gw pakai buku pandai membaca aiueo sbg alat bantu. Krn kemauan dtg dari Albert sendiri, proses belajar baca ini cepet bgt... sebulan udah lancar dan sekarang udah baca teruuuus kerjaannya. Padahal sebelum dia mutusin u mau belajar baca, kemampuan mengenal hurufnya termasuk agak ketinggalan dibandingkan teman2 sekelasnya.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

13

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

gabriella - iya, bener la... kalo anaknya mendadak mau, yang tadinya ketinggalan, malah bisa nyusul ya...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Tiap sekolah pastinya punya kurikulum sendiri-sendiri ya sis. Kalo di sekolah anakku, sekarang dia umur 2,5thn udah diperkenalkan alphabet. Karena nanti di TK (umur 4-5thn) sudah mulai belajar membaca. Tapi kalo ditanya sebaiknya kapan, menurut psikolog anak di negeri kita sih di umur 7thn (SD). Tapi ini dari sudut pandang psikologis anak lho ya. Nyatanya sekarang kan banyak sekolah yg mensyaratkan anak harus sudah bisa calistung pas masuk SD. Ga bisa dipungkiri, anak-anak jaman sekarang dituntut untuk belajar lebih keras.

15

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

gabriella
Ella, photoin bukunya albert dunk. Aku bingung, Kira minta ajarin baca mulu. Tapi gak tahu pake metode yang gimana?? Share dunk laa... TIA

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Gabriella setuju sama mbak wiwit.. Mau liat contoh buku yang dipake Albert buat latihan baca dong ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

17

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

wiwit dan cindy, kalau untuk aktivitas2 memperkenalkan huruf, gw banyak ambil dari sini dan suka print juga dari sini. Nah baru pas Albert TKB dan dia minta belajar baca, baru gw pakai buku Pandai Membaca aiueo dari Esti Nugraheni.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

18

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

gabriella aahh,terimakasih mama Ellaa :*

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

19

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

mungkin kalo memperkenalkan huruf dan angka bisa dari usia kapan aja kali ya moms...tapi buat belajar membaca aku prefer nunggu dia sendiri yang minta ato minimal usia 5tahun laaah..

setuju bgt moms, klo dia sendiri yang minta malah jd cepet ya progressnya...

20

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Saya termasuk yang ga setuju anak diajarin calistung terlalu dini. Saat masih toddler seharusnya mereka puas-puasin main di luar, lari, joget, loncat, guling-guling dll karena masih dalam tahap pelatihan motorik kasar. Setelah 5 tahun baru saatnya belajar duduk anteng dan latih motorik halus dengan cara menulis dan menggambar yang detail.

Tetapi bukan berarti ga boleh belajar ya kalau anaknya memang mau! Sejak Jojo usia 3 tahun, saya mulai meletakkan magnet alfabet di kulkas. Dia aktif bertanya-tanya ini huruf apa, ini apa. Saya jawab aja kalau ditanya, tapi ga pernah bikin sesi khusus untuk belajar. Mengalir aja sesuai dengan minat dan batas attention span Jojo. Makin gede dia makin hafal huruf A- Z, mulai saya tambah magnetnya pakai alfabet huruf kecil. Ohya saya kenalinnya alfabet pakai sistem phonics, jadi langsung bunyi hurufnya kayak apa (dalam bahasa Inggris). Bukan kayak alphabet song Ay Bee Cee Dee, tapi Ah Buh Kuh Duh - jelas ya ga? Susah juga membahas dengan tulisan hihihi ;) Terus saya beliin dvd Alphablocks, lucu banget masing2 huruf gandengan untuk membentuk kata. Saya buatin mainan huruf2 untuk merangkai kata, juga dengan tema Alphablocks (dari mbah google). Nah sekarang Jojo udah hampir 4 tahun, udah tau semua huruf dan pengucapan phonicsnya. Baru-baru ini dia mulai membaca kata2 sederhana seperti FF-OH-ECKS FOX! DUH OH GEH DOG! SSS HUH OH PUH SHOP! Karena pakai sistem phonics, lebih gampang buat Jojo untuk bertransisi dari mengeja huruf ke membaca kata. Dan selama ini saya belum pernah sekalipun mengajak dia duduk belajar membaca. Semua dengan cara dia sendiri, dalam waktu dia sendiri, sambil bermain. Sampai sekarang belum nambah kata2 baru lagi, tapi ya tidak masalah, pelan-pelan saja. Dan belajar menulis apalagi berhitung, saya belum mau perkenalkan sama sekali.

learning something new every day...

21

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

7 tahun. Saat SD. Sayang kebanyakan sekolah sekarang berlomba-lomba meminta syarat masuk SD bisa calistung.

22

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

sepakat dengan clueless mom, mengalir saja sesuai minat anak, ada beberapa alphabet songs yang lengkap dg sistem phonics juga (baru tau namanya sistem phonics, hehe..), ternyata mempermudah transisi dari mengeja ke membaca ya

23

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Saya percaya tiap anak punya minat dan kemampuan beda2, gak ada batasan umur kapan anak mulai belajar membaca.
Ada yang sudah siap sejak dia mulai bisa bicara tapi banyak yang baru siap lebih lama. Adik-kakak yang gennya sama pun bisa saja memiliki kesiapan yang berbeda. tugas kita sebagai orang tua memberikan stimulasi yang sesuai dengan minat mereka.

24

Topic: Anak Mulai Belajar Membaca

Dari ajaran baru tahun ini,Wilson mulai belajar baca,progressnya sih lumayan oke. Sekarang mulai bisa lancar baca 2 suku kata,nah sekarang naik tingkat ke 3 suku kata,tapi masih belum lancar sih,masih suka ngebayangin kalimatnya.
Jadi kalo harusnya dia baca be-ri-ta nah si wilson bacanya ce-ri-ta. Tapi kalo pas ditanya bagian depan bacanya apa dia tau :/

Ngajarin anak baca dan tulis itu memang sumbu sabarnya harus lebih panjang yaa. Soalnya selain bisa bikin kesel,kadang bikin ketawa juga :lol:

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/