1

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

https://farm8.staticflickr.com/7664/17120240759_1ba41703f5_z.jpg

Judul Foto : A Mom's Hug
Twitter/Instagram Acc : @rachanlie / @rachanlie
Alamat Email : rachanlie[@]yahoo[.]com

Sebagai seorang ibu, rasanya semua akan sangat peduli terhadap anaknya. Begitupun saya. Sebagai ibu, kita akan sebisa mungkin menjaga anak kita. Memberikan asupan yang sehat, memberikan pendidikan yang baik, menjaga kesehatannya, menjaga keselamatannya dan lain sebagainya. Namun kadangkala ada beberapa hal yang terjadi dan itu di luar kuasa kita seperti kesedihan, sakit, kekecewaan dan lain sebagainya. Dan disaat seperti itu, biasanya mereka akan mencari tempat yang ternyaman untuk mereka, dalam hal ini, itu adalah pelukan seorang ibu. Dari beberapa hasil riset di temukan bahwa sesorang manusia, membutuhkan minimal 8 pelukan dalam satu hari dan kebutuhannya akan menjadi lebih jika dalam keadaan tertentu. Oleh karena itu, saya memastikan kedua anak saya akan mendapatkan hak mereka tersebut.

Caring Mama, a modern Kartini menurut saya adalah seorang ibu yang walaupun dalam keadaan apapun, tetap bisa berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga & anaknya. Ibu yang walaupun hidup di era modern, tetap bisa menjaga dan menjunjung nilai tradisional. Dan walaupun kini hidup di era modern dan digital dimana semua menjadi lebih cepat, mudah dan dapat di digitalisasi, sentuhan langsung dan pelukan (terutama kepada anak) harus tetap ada karena pelukan adalah obat yang universal. Baik itu untuk suka, duka, sehat maupun sakit.

...A hug is an amazing thing
It's just the perfect way
To show the love we're feeling
But can't find the words to say....

~Johnny Ray Ryder, Jr.

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

2

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul foto : Kartini Modern, sebagai seorang Ibu sekaligus seorang Ayah

Instagram : Annisachaaputri
Facebook : Annisa Noor Arifin Putri
Alamat email : [email protected]


Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." - R.A Kartini.

Ya, kata mutiara dari Kartini diataslah yang membuat saya terus semangat untuk membangun dan menjaga keluarga. Pekerjaan suami yang mengharuskan dia jauh dari anak istrinya, memang membuat tugas saya sebagai seorang ibu jauh lebih berat. Awalnya saya berpikir mendidik anak adalah hal yang mudah yang dapat dilakukan sesuai berjalannya waktu. Namun, semakin anak beranjak besar, saya tidak bisa hanya mendidik anak dengan "cara" seorang ibu. Saya sadar anak pun harus diberi pendidikan dengan "cara" seorang ayah.

http://i723.photobucket.com/albums/ww240/annisachaaputri/20141013_152444_zps6fxpcpv3.jpg

Sebagai working mom, saya mempunyai waktu lebih sedikit dengan anak saya. itu berarti tugas saya untuk mendidik dan membimbing anak menjadi lebih berat karena keterbatasan waktu. Namun itu tidak membuat saya lelah. Bagaimanapun kepentingan anak adalah yang paling utama. Keberadaan suami yang jauh membuat tanggung jawab saya kepada anak lebih besar. Saya tidak boleh mengecewakan suami saya yang sudah rela pergi jauh demi keluarganya hanya untuk mencari nafkah.

Terkadang saya ingin hidup normal seperti keluarga lainnya yang mendidik anak secara bersama-sama setiap hari. Bisa berkomunikasi dengan suami bagaimana menjaga, mendidik, membimbing anak secara langsung setiap hari. Tapi saya tidak pernah patah semangat. Suatu saat nanti, kami akan berada pada situasi itu. Sekarang saya harus berkorban demi masa depan anak. Menabung sedikit demi sedikit untuk biaya masa depan anak.

http://i723.photobucket.com/albums/ww240/annisachaaputri/20141013_151526_zpslce9tlc9.jpg

Terkadang saya membawa anak ke tempat praktek dimana saya bekerja hanya untuk mendapatkan waktu lebih lama bersama2. Karena saya yakin, pelajaran bukan hanya ada di rumah, tapi di lingkungan sekitar. Dengan semakin sering dia bersosialisasi, semakin mudah juga kita untuk melihat karakter anak. Maka dari itu saya sering mengajak anak saya bepergian untuk mengenal bebagai macam situasi.

http://i723.photobucket.com/albums/ww240/annisachaaputri/20140612_093400_zps7sxosblv.jpg

Moms.. berjuanglah untuk anak kita. Sebagai perempuan kita jangan hanya terpaku di rumah. Sebagai seorang ibu kita harus percaya diri untuk mendidik anak kita. Tuhan memilih perempuan sebagai seorang Ibu karen Dia tahu bahwa perempuan adalah makhluk yang kuat.

Hidup para wanita-wanita Indonesia!

3

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul Foto : Kasih mamah dalam menciptakan masa kecil yang bahagia untuk mendukung tumbuh kembangnya
Twitter / IG : @sadhumedini
Facebook : Erlyn Sadhumedini
Email : [email protected]

Masih teringat masa kecilku dahulu, dimana mamahku selalu ada di rumah sepanjang hari. Menyiapkan kebutuhan anak-anak dan membereskan pekerjaan rumah dari kami mulai bangun tidur hingga siap untuk tidur kembali, mamah selalu ada dan mendampingi kami sepanjang waktu. Masa itu adalah hal yang biasa melihat para ibu berada di rumah sepanjang hari.

Tapi perkembangan teknologi modern dan emansipasi wanita yang begitu kuat dihembuskan oleh ibu RA Kartini membuat semua tak lagi sama. Yaa para kartini modern sekarang tak hanya "berpangkutangan" di rumah. Mereka ikut membantu membangun negeri mulai dr menjadi pegawai swasta, polisi hingga menduduki jabatan penting di pemerintahan.

Begitu juga denganku, menjadi seorang wanita karir merupakan jalan hidupku yang kujalani dengan dukungan penuh dari suami. Meski begitu aku tentu tak melupakan tugasku sebagai seorang istri dan ibu.

Meski sibuk bekerja seharian diluar rumah tapi aku selalu berusaha ada untuk mereka terutama si kecil nathan yang masih berusia balita, aku ingin dia mengerti bahwa meski mamahnya tidak selalu mendampinginya tapi mamah sangat sayang padanya dan akan selalu berusaha yang terbaik untuknya maka dari itu untuk semua hal yang nathan perlukan aku menyiapkan sendiri mulai dari hal sederhana seperti menyiapkan sarapan dan bekal makan siang untuknya ( sekaligus memastikan asupan gizinya pastinya), selalu meneleponnya saat siang untuk sekedar menanyakan apakah ia sudah makan dan bagaimana harinya di play group hingga membacakan dongeng menjelang tidur.

http://i1285.photobucket.com/albums/a600/sadhumedini/TUM%200_zpsclnthd32.jpg

Jika weekend tiba, tak ada yang boleh menggangu gugat. Seluruh waktu yang tersedia dicurahkan untuk si kecil Nathan, mulai sekedar menemaninya berolahraga, mengajaknya berbelanja ke pasar tradisiona, bermain permainan tradisional hingga berpetualang menjelajah kota dengan naik kereta api karena saya ingin ia menjalani masa kecilnya dengan penuh kebahagiaan dan agar ia merasa bahwa meski mamah tidak 24 jam berada disampingnya tapi ia akan selalu merasa aman, nyaman dan terlindungi.

http://i1285.photobucket.com/albums/a600/sadhumedini/TUM%201_zpsywptre2o.jpg

http://i1285.photobucket.com/albums/a600/sadhumedini/TUM%202_zpsttpviblr.jpg

4

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Parenting; never ending learning, never ending improvement and never ending story
oleh Eka Kusmayaningrum(FB)/@eka_kusmaya(Twitter)/[email protected] (E-mail)

https://farm9.staticflickr.com/8686/17299889112_1a74fd3b33_z_d.jpg
Banyak yang bilang bahwa menjadi orang tua dan hadirnya anak merubah hidup kita, itulah yang terjadi pada saya. Tak terhenti pada menaklukkan tantangan menyusui dan membangun bonding dengan Argie sehingga saya berani memutuskan untuk membawanya serta setiap kali mengajar, juga tantangan belajar memasak secara otodidak mengandalkan intenet dalam menyiapkan MPASI dimana saya yang telah lama piatu, ternyata perjalanan saya dalam menggali ilmu parenting justru belum lama dimulai.
Saat isu-isu kejahatan&penyimpangan perilaku anak merebak begitu heboh di berbagai media tahun lalu adalah kali pertama saya diundang hadir pada seminar parenting dengan nara sumber psikolog ternama Ibu Elly Risman, dan disana saya malah jadi sibuk menahan tangis seketika teringat masa kecil dulu, teringat masih jauh sekali dari sabar setiap menghadapi kerewelan Argie dan sangat ingin memeluk suami yang saya tahu telah dididik jauh lebih keras lagi.

https://farm8.staticflickr.com/7671/17103290748_40044bddd9_z_d.jpg
https://farm8.staticflickr.com/7703/17265091196_cd331247ce_z_d.jpg
Bagi saya, sebaik-baik ilmu seorang Ibu adalah yang bermanfaat bagi anak-anaknya, oleh karenanya saya berusaha mengejar ketertinggalan tersebut dengan mulai menekuni dunia parenting baik melalui berbagai buku bacaan maupun beberapa seminar parenting dengan tema tertentu, beruntungnya didukung penuh dan ditemani suami tercinta.

Perlahan, ilmu parenting membuat saya bertransformasi dari seorang pengajar yang kaku, pekerja yang perfeksionis, ibu yang serba rapi menjadi jauh lebih “berantakan” dan mentolerir banyak hal dalam 1 tahun terakhir ini. Tak lagi menulis dengan penggaris, tak lagi terfokus pada pencapaian milestone anak ataupun mengutamakan keteraturan, saya berusaha sedapat mungkin menjadi Ibu, guru dan dokter gigi yang menyenangkan terutama bagi Argie, juga bagi murid-murid serta para pasien. Saya terus berusaha berilmu, bagaimana agar tak lagi memaksa, tidak pula menyogok namun tetap melatih dan mengajarkan disiplin dengan penuh kasih sayang.

https://farm4.staticflickr.com/3686/13865028785_076303fe9c_z_d.jpg

Nah, untuk peduli dan mau berbagi?
Tentu sangat sulit bagi saya yang sendirinya masih perlu banyak belajar dan tak pernah memiliki gelar apapun terkait bidang psikologi untuk berbicara banyak. Pola parenting yang diturunkan, tak ada sekolah formal parenting bagi para orang tua, melawan kelaziman dan beratnya tekanan ekonomi untuk sebagian besar keluarga muda membuat saya tidak bisa serta merta ikut campur pada keputusan orang tua lain dalam pengasuhan anaknya, sekalipun itu kerabat, sahabat ataupun tetangga dekat.
Tapi apakah cukup dengan berdiam diri saja tanpa perlu melakukan sesuatu?
Nah,ruangan inilah jawabannya. Ruang tamu ini menjadi media "silent campaign" saya untuk menularkan insight bahwa "parenting, it's supposed to be fun".
https://farm9.staticflickr.com/8717/17307364602_a91562261a_z_d.jpg
https://farm8.staticflickr.com/7718/17101777167_ced5100f19_z_d.jpg
Di tempat Papa sang Pak RT sering menerima warga dengan berbagai keperluan, saya tambahkan fungsi ruang bermain anak dengan banyak majalah, buku, beberapa poster serta print-out seminar parenting yang boleh dibaca oleh siapa saja. Ibu-ibu tetangga yang menjemput anaknya setelah bermain bersama Argie, warga yang meminta kelengkapan administratif kependudukan, teman atau saudara yang suatu ketika berkunjung, hingga mereka yang sejenak mengungsi saat menanti banjir di gang kami dan di rumahnya surut, akan tergerak untuk membaca sambil mengisi waktu menunggu. Memang belum apa-apa, tapi semoga menjadi media nyaman membagi ilmu, tanpa kesan menggurui.
Semoga kelak tak ada lagi anak tetangga yang dimarahi lalu dipukuli, kian tereduksi murid-murid yang harus tertatih-tatih tuk menuruti segala pilihan kedua orang tuanya sedang itu berlawanan dengan kehendak hatinya, juga tak perlu lagi pasien anak-anak yang diancam&dipegangi ramai-ramai oleh kedua Ayah Ibu agar mau buka mulut menerima perawatan gigi.

Caring Mama, Modern Kartini selayaknya meneladani semangat Ibu Kartini dalam menimba ilmu tanpa henti. Berkat perjuangan emansipasi Beliau-lah, kita para Caring Mama-Modern Kartini telah memiliki kesempatan&kemudahan yang begitu luas untuk ikut "melek tekhnologi" dan memanfaatkannya secara maksimal. Kalaupun masih sangat sedikit, tanpa ragu tuk berbagi, tanpa surut langkah melakoni, selalu berbesar hati menerima koreksi, kita tak pernah berhenti belajar, berusaha, dan memperbaiki pola pengasuhan dalam mendidik generasi penerus, nyaman sekaligus bangga secara kodrati menerima titipan terbaik langsung dari-Nya.
Tidak ada orang tua yang sempurna, namun perjuangan kita sebagai Caring Mama-Modern Kartini untuk memberikan yang terbaik adalah segalanya, sempurna bagi anak-anak kita. Bersama untuk terus saling mengingatkan, menguatkan, juga mendoakan saya yakin kita semua mampu menaklukkan tantangan pengasuhan di era globalisasi ini. Caring Mama-Modern Kartini, menikmati indahnya mengasuh, tanpa pernah menanggalkan cinta.

Selamat Hari Kartini para Urban Mama, terus meneladani, terus belajar, terus melakoni dan terus berbagi karena kita peduli:)

5

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

https://farm9.staticflickr.com/8772/16686159714_e03e315c08_z_d.jpg

Judul Photo: Kid will follow examples
Acc Instagram/twitter/FB : @restya07/@restya07/restya milan
Alamat email : [email protected]

Menjadi orang tua di jaman sekarang, apalagi tinggal di Indonesia di mana kita sangat ditunjang oleh support sistem yang sangat banyak, terkadang kita cenderung untuk menggampangkan dan meletakkan sebagian tugas kita kepada orang lain.

Dan melalui tweet dari Najelaa Shihab yang saya favoritkan bertahun2 lalu di account twitter saya, saya belajar versi yang lebih baik lagi, Insya Allah..

" Anak gak bisa baca-> daily read aloud before bed
Anak gak bisa naik sepeda-> sunday ride with family
Anak gak bisa ngaji-> 5 ayat setiap habis shalat jamaah"

berusaha menjalankan hal tersebut tidaklah mudah jika kita hanya memberi perintah dan nasihat saja tanpa bener2 niat untuk menjalankannya sendiri, karena satu yang pasti anak2 akan sll melihat sebuah contoh dan teladan.

Sebelum rutin membacakan cerita, saya harus terlebih dahulu suka membaca. Dan sebelum memulai untuk mengenalkan huruf hijaiyah, saya harus terlebih dahulu mengaji setiap habis selesai shalat.

Rasa ingin tahu yang tinggi akan hal baru, ditambah dengan adanya keteladanan dan tanpa keterpaksaan akan membuat hati mereka lebih mudah untuk diajak ikut serta.

karenanya buat saya, seorang #caringmama - A modern kartini adalah sebisa mungkin menjadi contoh dan teladan bagi anak dan sebisa mungkin kita sendiri yang terlibat langsung dalam setiap pelajaran hidup mereka dan tidak semerta-merta menyerahkan emban tugas ini kepada guru2 sekolah atau guru ngaji di luar rumah.

semoga keterlibatan ini akan mewarnai perjalanan masa kecil mereka untuk kemudian mereka bawa ke dalam perjalanan hidup mereka nantinya.

A Mother Always Bring Extra Love...

6

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul foto : Healthy Mom, Healthy Family
Instagram/Twitter/Facebook: hananafajar/hananafajar/hananafajar
Alamat email : [email protected]


https://farm8.staticflickr.com/7686/17305316462_f785f2dcfa.jpg


Ibu sehat, keluargapun sehat. Sebagai seorang Ibu pasti kesehatanlah yang menjadi perhatiannya dalam keluarga. Jika tidak sehat, bagaimana bisa melakukan segudang aktifitas untuk suami dan anak-anaknya.

Saya peduli dengan kesehatan mereka. Selain memberi asupan makanan yang sehat dan bergizi, saya selalu meluangkan waktu untuk berolahraga. Weekend adalah waktu dimana saya dan suami bisa mempunyai waktu yang full untuk putri kecil kami, Azani. Tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk sehat. Cukup dengan jalan dan lari pagi di taman dekat rumah kami.

Salah satu tekad saya adalah membuat sehat orang-orang yang saya cintai, terutama keluarga. Dan menurut saya seorang modern Kartini salah satunya harus peduli akan kesehatan dirinya sendiri dan keluarga yang ia cintai. Jika jiwa dan raga sehat, maka seorang Ibu pun akan menjadi fondasi yang kuat untuk mendukung aktifitas suami dan anak-anaknya.

Caring Mama, a modern Kartini.

Selamat Hari Kartini untuk semua Urban Mama dimanapun berada dan mari menjadi Modern Kartini yang selalu sehat dan aktif.

With love,

Ibu Azani

Ibunya Azani
Instagram: @hananafajar
Email: [email protected]

7

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul : Mencintai Indonesia Melalui Sejarah
Twitter : @fr33ta
Facebook : Rahma Fitriasih
Instagram : @RAHMA_FRITA
Email : [email protected]

https://farm8.staticflickr.com/7660/16684941714_2f63ec4047.jpg
Tentunya kita ingat perkataan Bunga Karno bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.” Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali sejarah, dari zaman pra-sejarah hingga zaman reformasi sekarang. Sejarah memiliki nilai yang sangat penting dan berharga di kehidupan masa depan, karena anak cucu kita nanti akan mengetahui bagaimana bangsa ini berdiri, bagaimana perjuangan untuk mempertahankan bangsa ini, dan bagaimana kehidupan masyarakatnya. Apabila sejarah itu kita musnahkan atau kita hilangkan maka generasi masa depan tidak akan merasa bangsa ini miliknya, mereka tidak akan merasakan bagaimana perjuangan pahlawan-pahlawan kita, dan yang lebih parahnya mereka tidak akan menghargai bangsanya sehingga tidak menutup kemungkinan generasi masa depan tidak memiliki nasionalisme lagi pada bangsa ini.

https://farm9.staticflickr.com/8743/17130494290_85036f07ed.jpg
Caring mama, A modern kartini merupakan Mama yang peduli dan sadar akan pentingnya nilai sejarah bagi suatu bangsa. Dimana saya dan suami tentunya selalu berusaha untuk mengajarkan Azzam selalu mencintai negara Indonesia dengan mengajak putra kecil saya ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah dan budaya yaitu berkunjung ke museum-museum nasional serta ke monumen-monumen bersejarah seperti museum kereta api, candi Borobudur dan tempat-tempat lainnya. Saya ingin menumbuhkan nasionalisme si kecil sejak dini sehingga Azzam nantinya tetap menghargai bangsa ini dan mengetahui bagaimana sejarah bangsa Indonesia dulunya sehingga Azzam mengerti dan bangga betapa hebatnya negara ini. Dan anak cucu kita dapat ikut serta dalam menjaga peninggalan negara ini seperti yang dilakukan para pahlawan-pahlawan terdahulu.

https://farm8.staticflickr.com/7781/17110653007_831d48e718.jpg

JADILAH BANGSA YANG MENGHARGAI SEJARAH BANGSANYA

Peluk hangat buat mama-mama hebat semua :)

8

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul foto : Caring "Biker" Mama
Instagram : @sukasukasukie
Twitter : @sukiesukie_
facebook : Sukma Pertiwi
email : sukma dot pertiwi at yahoo dot com

http://4.bp.blogspot.com/-mddqLQxZ840/VTSJNXQXE3I/AAAAAAAAERM/Wc4wseEc9S0/s1600/photo.JPG

Sewaktu tinggal di Jogja, kendaraan yang saya gunakan sehari-hari adalah motor. Hari ini, motor jumlahnya (mungkin) sudah ribuan, dan makin banyak pengendara yang tidak mempedulikan keselamatan dirinya sendiri. Contoh paling simpel adalah tidak menggunakan helm.

Pun, jika ada yang sudah pakai kadang semata-mata karena takut ditangkap Polisi. Atau ada juga yang beralasan jarak tempuh dekat. Atau melihat polisinya cuek cuek saja. Saya ingin anak-anak saya menjadi pribadi yang taat hukum, bahkan dari hal yang kecil.

Saya berusaha memberikan teladan walaupun mungkin tidak sempurna. Persoalan menggunakan helm ini setara dengan mengajarkan prinsip hidup, bahwa tidak selamanya mayoritas itu benar. Tentu saja banyak pro dan kontra tentang hal ini yah. Tapi...caring is also emphaty, maka sebagai Caring Mama yang peduli terhadap keselamatan anak dan keselamatan generasi masa depan (sebenarnya, ini terbaca lebay...namun, its true!), start with us, and our children.

Yuk, gunakan helm saat naik motor!

9

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul foto : Happiness is US
Instagram : @novretta
Alamat email : [email protected]

Sebagai ibu pekerja yang hanya punya sedikiiiiit waktu bersama Akino (2 yo) di hari weekdays, saya menyiasatinya dengan memaksimalkan waktu yang ada. Pagi sebelum berangkat kerja, saya menyiapkan sarapan dan jus dibantu Akino (karena dia senang dengan adegan memeras jeruknya). Sore menjelang malam ketika saya pulang, sebisa mungkin saya menemaninya bermain dan terkadang menyuapinya jika memang belum makan malam. Main apapun kami lakukan bersama, dari main baris berbaris hingga main air pun, yang penting dia senang.

Akino cukup kooperatif setiap saya dan ayahnya pergi bekerja, tidak ada rewelan atau tangisan dan hanya dadah hingga saya belok di ujung jalan. Begitupun ketika saya tinggal beberapa hari untuk pergi dinas. Tidak jarang ia bangun pagi sekali hanya untuk mengantarkan ibunya naik taksi. Sayapun berusaha untuk tenang setiap kali meninggalkannya kerja atau dinas, karena saya percaya ketika saya tenang maka Akino turut merasakan hal serupa. Namun apabila ada kabar dari rumah Akino sakit, maka tanpa pikir panjang saya langsung spontan pulang (meski dalam meetin sekalipun). Kalau sudah begitu segalanya menjadi nomer kesekian.

Bicara soal waktu, lain lagi kalau weekend. Semakin kesini Akino semakin sadar bahwa weekend adalah waktunya ia bersama Ibu dan Ayahnya full time! Hehe...biasanya kalau sudah begini, Ibunya ke dapur pun dia ngikutin atau manggil-manggil. Weekend adalah waktu dimana saya bisa memaksimalkan segala sesuatunya bersama Akino, dari mulai bangung pagi, hingga tidur lagi semua kami lakukan bersama. Jalan-jalan pun tidak membawa serta art, ya semata-mata saya ingin waktu yang 'terbuang' di weekdays bisa diseimbangkan ketika weekend. Jadi apapun pilihan aktifitasnya, saya tetap mengusahakan untuk mendampinginya.

Alhamdulillah, meski bekerja, saya tetap menjadi orang nomer satu yang menyaksikan perkembangan milestonenya Akino. Entah mungkin memang kebetulan, atau karena memang anaknya yang 'ingin' Ibunya menjadi saksi pertama.

Bagi saya kebahagiaan itu bukan soal "I" atau "U", tapi "US". Ya, melihat Akino bahagia saya pasti juga bahagia, pun dengan Akino melihat saya bahagia, tentunya ia juga bahagia.

https://farm8.staticflickr.com/7705/17122770500_2d1a4446da_z_d.jpg

Dan saya percaya para modern kartini pasti punya cara masing-masing untuk menjadi caring mama dan happy mama :)

Akino's Best Friend in Life
https://etta0211.wordpress.com/

10

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Suka fotonya Sukie. Caring biker mama, like that

And thelilsolder is back. Fire!

11

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul Foto: Berangkat Ngaji Yuk
Instagram: @anna.reya
Email: [email protected]

http://farm8.staticflickr.com/7714/16691331583_7ae7d576e7_b.jpg

http://farm8.staticflickr.com/7656/17125384679_eb38852375_b.jpg


Pendidikan agama buat saya dan suami adalah salah satu pondasi yang perlu kami tanamkan ke Reya sejak dini. Selain contoh sehari-hari yang kami lakukan dirumah seperti mengajak sholat berjamaah dan mengucapkan doa dalam berbagai kegiatan, saya juga rutin mengantarkan Reya untuk mengaji di TPA dekat rumah.

Mengaji di TPA buat saya tidak hanya bermanfaat untuk si anak, tapi terlebih untuk saya sendiri juga. Dengan saya selalu mendampingi Reya, Alhamdulillah saya mempunyai kesempatan untuk meng-upgrade pengetahuan agama saya dengan adanya kesempatan untuk diskusi dan belajar lagi dari Sang Guru Ngaji. Dengan bekal tersebut saya dapat mengulang dan menerapkan kembali pelajaran agama tersebut tidak hanya ketika dirumah tapi dimanapun kamu berada seperti ketika sedang liburan atau bepergian.

Selain itu, momen berangkat mengaji dengan sepeda buat kami berdua adalah momen yang selalu dinantikan setiap sore sebagai "our time" karena Reya pasti akan bercerita apa saja kepada saya dan saya hanya cukup menyediakan hati dan telinga saya untuk mendengar celotehnya sebagai wujud landasan "trust" yang dapat saya berikan kepada Reya hingga kelak sampai dia dewasa nanti

12

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul: Ia ada untuk mereka
Instagram: @resskhaa
Twitter: @resskhaa
email: [email protected]

Masa saat mengandung bayi kembar berjalan tak terasa bersama mereka yang belum nampak, namun tetap terasa nyata. 2 Desember 2014, kedua putri kami lahir ke dunia, menghias hidup kami dengan bahagia.

https://farm8.staticflickr.com/7688/17310798495_9aa29ce6cd.jpg

Momen menyusui pun tiba. Teringat para sejawat petugas medis lainnya berkata, ah ASImu tidak akan cukup! Sedikit gentar, tapi kami tegar dan percaya, kami pasti bisa!

https://farm8.staticflickr.com/7722/17122839758_63d40b299e.jpg

https://farm8.staticflickr.com/7721/17103172847_3fc726be1e.jpg

Yah, ternyata memang bukan hal yang mudah. Betapa tidak, kami harus mengurus mereka berdua saja, dan tentu membutuhkan usaha lipat dua. Namun betapa kami tidak bersukacita, kami dikaruniai anak-anak yang luar biasa. Memahami bahwa orangtuanya berjuang untuk mereka, dibalaslah dengan perjuangan yang tak kalah hebatnya. Mereka berjuang untuk belajar menyusu bersama, berjuang tatkala harus menunggu dan mendahulukan saudara, berjuang minum ASIP dengan sabarnya, dan terlebih mereka berjuang untuk tidak menyulitkan orangtuanya, memberi kami tawa, dan membuat lelah kami entah kemana.

https://farm9.staticflickr.com/8700/17103536447_56db37f13c.jpg

Sebagai seorang working mom dgn jam kerja yang padat, semangat ASIx tetap bergelora. Menyempatkan waktu untuk rutin memompa dan berbekal dukungan suami yang selalu ada adalah energi utama. Tiap tetasan keringat digantikan semangat tatkala melihat tubuh mereka senantiasa sehat.

https://farm9.staticflickr.com/8748/17123037208_42f70aac2a.jpg

Menjadi Kartini masa kini bukan berarti meninggikan ego dan merasa diri lebih hebat dibanding pria, karena toh kita tidaklah sama. Alih-alih merasa diri utama, ia mengutamakan keluarganya. Caring Mama, a modern Kartini, adalah momen untuk menyadari bahwa wanita itu berharga, karena ia tetap bisa melihat dari sisi yang berbeda dalam setiap langkahnya. Ia melihat bagaimana sang suami adalah pahlawannya, yang bersedia memasuki babak baru dalam pernikahan mereka: menjadi orang tua. Ia melihat bagaimana perjuangan anak-anaknya untuk tetap ceria, meluruhkan duka saat harus meninggalkan mereka bekerja, seraya menjadi sumber kekuatan yang tak kunjung sirna. Ia tetap mampu tersenyum dan kuat dalam segala sakitnya, karena ia tahu, segala perjuangannya tidak akan pernah sia-sia...

https://farm8.staticflickr.com/7702/17308977312_d0c17cf2be.jpg

https://farm9.staticflickr.com/8775/16690558923_8194fb376b.jpg

13

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul foto : "Your Child will follow your example, not your advice"
Email : citraria at gmail dot com
Instagram : @citraria

https://farm9.staticflickr.com/8751/17310537641_45fc18e678_h.jpg

"Anak itu 90% akan meniru Bapak Ibunya" begitu bunyi sebuah quote yang muncul di share post milik seorang selebgram yang akunnya saya follow.
Yup, ungkapan tersebut benar adanya. Tanpa disadari bahwa anak-anak suka meniru perilaku kedua orang tuanya.

Saya adalah seorang Ibu pekerja dimana pekerjaan saya berkaitan dengan "cuap-cuap"atau istilah kerennya public speaking. Tak jarang, saat mereka libur saya mengajak mereka turut serta menemani bekerja.

Rupanya, kedua buah hati saya menyerap perilaku Ibunya dengan 2 hal yang berbeda:

Putri saya yang pertama berusia 8 tahun sangat suka menulis. Buku hariannya penuh dengan tulisan tangan berisi kegiatan sehari-hari dan cerita teman-temannya. Seringkali ketika putri saya kesal atau bahagia ia akan menulis sesuatu di secarik kertas dan memberikannya kepada saya. Cara ini membuat saya mudah memahami perasaannya.
Untuk menunjang hobinya saya belikan sebuah binder agar ia bisa mengumpulkan semua hasil tulisannya dan saya belikan buku bacaan yang banyak agar menambah perbendaharaan kata serta imajinasinya.

Sebaliknya yang ke-2 adalah putra berusia 5 tahun memiliki sifat yang ekspresif dan suka tampil di depan kamera. Setiap kali dan disaat kapan pun kegemarannya adalah selfie
Saya belikan dia kamera pocket biasa yang tidak terlalu mahal agar bisa sepuasnya berfoto. Kemudian, di akhir bulan saya akan memintanya memilih 2 foto terbaik untuk dicetak dan disimpan dalam album foto khusus miliknya.

Begitulah cara saya untuk mensupport ketertarikan 2 buah hati saya. Memahami bahwa setiap anak membutuhkan ruang untuk mengekspresikan dirinya sendiri secara berbeda. Sebagai caring mama satu yang terpenting adalah tetap mawas diri untuk menjadi panutan yang baik bagi kedua buah hati saya.

14

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Judul Foto : Sharing Is Caring From A Special Need Kid's Mommy
Twitter : @gesgeesges
Facebook : Grace Melia
Instagram Acc : @grace.melia
Alamat Email : [email protected]

Ini anakku. Namanya Aubrey. Aubrey akan berusia 3 tahun bulan depan. Tapi, kemampuan motorik, kognisi, dll nya masih seperti bayi berusia 6 bulan saja. Aubrey punya Global Developmental Delay, makanya semua terlambat deh. Selain itu, Aubrey juga punya gangguan pendengaran sangat berat. Progress Aubrey lambat padahal aku rutin membawanya fisioterapi 3x seminggu. Ternyata itu karena ia mengalami encephalitis (peradangan otak) dan kalsifikasi (pengapuran otak). Mau tau nggak kenapa Aubrey bisa ketempuhan 'kado-kado' itu? :)

http://3.bp.blogspot.com/-3tVLiaSY5Ck/VGsB3NFelQI/AAAAAAAAMII/tbUlccPatGc/s1600/Untitled-2%2Bcopy.jpg

Saat aku hamil, aku terinfeksi virus Rubella di trimester pertama. Sudah kenal kan dengan virus bernama keren ini? Yes, Rubella adalah bagian dari TORCH - Toksoplasma, Rubella, CMV, dan Herpes Simplex - infeksi yang berbahaya jika menginfeksi ibu hamil. Dampaknya bisa ringan sampai sangat serius. Yang jelas, karena Congenital Rubella Syndrome nya, Aubrey menjadi anak berkebutuhan khusus. Sedihnya, belum semua calon ibu memahami apa itu TORCH, bagaimana mencegahnya, dan apa saja dampaknya.. :( Jadi, aku 'pakai' Aubrey untuk mengedukasi masyarakat.

https://z-1-scontent-ams.xx.fbcdn.net/hphotos-xpf1/v/t1.0-9/1526290_10201240880293430_2112717652_n.jpg?oh=bb26e01b64fe90d34f1bc37b51b55775&oe=55C6A76E

Makin ke sini, aku makin 'terbeban' untuk berbagi edukasi lebih lagi. Jadi aku bikin komunitas bernama Rumah Ramah Rubella. Komunitas kecil sih, masih di FB saja. Tapi anggotanya sudah hampir 5000 loh. Di sana aku mengajak orangtua yang punya anak berkebutuhan khusus akibat terinfeksi TORCH saat hamil untuk gencar berbagi edukasi. Motto komunitas kami adalah #SharingIsCaring. Kenapa? Karena kami sadar apa yang kami bagikan 'hanya' pengalaman. We are typical parents. We are not doctors. Tapi kami percaya, siapapun boleh dan harus berbagi, karena kami peduli.

http://4.bp.blogspot.com/-_82vbDTbvHk/VT4U4z6-I_I/AAAAAAAAOHM/qOLmPba05zg/s1600/BeraniLebih14.jpg

Pelan-pelan, aku mulai jadi aktivis kesehatan kecil-kecilan. Mulai butuh bikin event ini dan itu. Mulai menitipkan Aubrey ke eyang atau suami. Tapi, percaya nggak percaya, aku tetap jadi orang pertama yang tau tentang kemajuan Aubrey sekecil apapun itu. Tetap habiskan mayoritas waktu buat main-main dan kotor-kotor sama Aubrey.

http://2.bp.blogspot.com/-6FT_b15wagg/VT4WFV_gOqI/AAAAAAAAOHs/fh_6-nxN15A/s1600/BeraniLebih15.jpg

https://z-1-scontent-ams.xx.fbcdn.net/hphotos-xpa1/v/t1.0-9/11188317_10203949467566419_6403845710474219605_n.jpg?oh=e2156113a3773e8e94843a924ce6035c&oe=55C99A6A

http://1.bp.blogspot.com/-9qHIY0Fw3PU/U5OTJKlj_9I/AAAAAAAAKuk/V5z55_dO1Pk/s1600/10418848_10202061339244391_2424859133870375677_n.jpg

Menurutku, Caring Mama itu jelas family comes first. Tapi, bukan berarti dia nggak punya kehidupan lain selain keluarga. Caring Mama perlu tetap peduli sama hal lain dan orang lain. Kalau ia tau sesuatu lebih dari yang lain, ia punya kewajiban untuk membagikannya because she doesn't wait. She does something. She makes a difference.

Selamat Hari Kartini untuk semua Mama di TUM ;)

15

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

https://farm9.staticflickr.com/8811/17123587468_37cda97c56_z_d.jpg

Judul Foto : Pengorbanan untuk baby
Twitter : @Layazain
Facebook : Laya Zain
Instagram : @Layazain
Email :[email protected]

Foto ini diambil saat saya baru melahirkan baby Kenzie.Anugerah terindah yang Allah berikan ditengah kondisi saya yg saat itu sedang tdk berdaya.
Dalam masa kehamilan saya menginjak 7bulan, kondisi kesehatan saya memburuk (karena memang ada riwayat sakit sblm hamil). Saya harus masuk ke RS karena badan saya yg membengkak, bukan karena bayi saya yg besar tpi karena cairan ditubuh saya yg menumpuk. Bayi saya beratnya blm ada 2 kg saat itu :(. Hingga saat itu saya tdk bisa berjalan dan disarankan dirawat. Hingga ketuban saya ditengah perawatan pun bocor. Dan dokter tidak membolehkan sya utk turun dr tmp tidur.
Kondisi bengkak krn cairan dan ketuban bocor berlangsung sampai usia kehamilan 9 bulan. Dan selama itu saya hanya bisa tiduran di kasur.Bahkan mandi pun di tmp tidur. Setelah baby kenzie lahir,saya pun msh blm bisa bangun dr tmp tidur krn tubuh yg masih membengkak.
Total selama 5 bulan saya terbaring di tmp tidur. Hingga tubuh saya lemas dan tdk bisa berjalan,menaiki tangga,jongkok.
Bahkan menggendong anak saya disaat dia menangis pun saya tidak kuat.
Sakit dan hancur sekali rasanya hati ini.

Tapi sya tdk mau menyerah dan terpuruk dg sakit ini.Sya yakini bahwa harus sembuh dan bsa merawat anak sya spti mama2 yg lain.
Pengobatan yg sya lakukan selalu diiringi doa dan support dr suami dan keluarga.Hingga akhirnya saat usia anak saya 7bulan, baru saya bisa berjalan dg normal dan kuat untuk beraktivitas.
Sungguh bahagia yg tdk bsa digambarkan..saya bisa menggendong anak saya. Membuatkan makanan MPAsi untuknya. Dan bermain2 secara normal.

Caring Mama, kita sebagai wanita terlebih lagi seorang ibu. Harus selalu berjuang sekuat tenaga,sepenuh jiwa raga untuk anak kita. Anak adalah anugrah dari Allah yg dititipkan kepada kita. Apapun kondisi kita, terus berusaha untuk menjaga dan mendidiknya sebaik mungkin.
Happy Kartini's Day Mom.

16

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Bunga a.k.a Bu Inga, makasih :*

17

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Pengen posting lagi....dedicated for my husband :D

Judul foto : Us Time
Instagram : @sukasukasukie
Twitter : @sukiesukie_
facebook : Sukma Pertiwi
email : sukma dot pertiwi at yahoo dot com

http://4.bp.blogspot.com/-3t6nCsjgEfQ/VUDfxnFF_JI/AAAAAAAAERs/2Ba293B24Oo/s1600/IMG_3621%5B1%5D.JPG

Sebagai seorang modern mama - maksud saya adalah mama yang hidup di jaman modern - saya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga saya. Ada saat saat dimana saya merasa bangga karena saya mandiri dan bangga bisa bekerja serta membiayai kehidupan anak saya.

Tapi...sebagai seorang Caring Mama, saya juga seorang Wife. Teman hidup. Partner diskusi. Saingan berat juga iya. Saya juga tergantung padanya. Oleh karena itu, saya selalu berusaha memberikan waktu saya untuk suami (yang biasa kami sebut : us time :D). Perhatian saya saat ini bukan hanya milik anak-anak saja.

Us time ini membuat keluarga kami lebih solid, kami juga makin mengerti satu sama lain. Salah satu kegiatan yang saya lakukan untuk dia adalah mengajak olahraga bersama.

We're so happy until now, dan semoga saya selalu bisa memberi waktu dan perhatian saya untuk dia tanpa melupakan anak anak kami :)

18

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

https://scontent-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-xfp1/v/t1.0-9/11052544_10206276524815022_192824968242053623_n.jpg?oh=f00d24b07157caf1a2b379ba323565bb&oe=55E394CE

Judul foto: asyiknya main air
instagram: @the.ladyclown
email: [email protected]

arkanandra kenzie bagaskara. usianya sekarang 5 bulan dan menikmati sekali saat diajak berenang [lebih tepatnya berendam :D]...*aduh last minnute gataudeh mau nulis apalagi x_x

19

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

terima kasih urban mama yang sudah berpartisipasi di kontes foto #TUMModernMama 2015.

kami tutup yaaa :) nantikan pengumumannya besok.

20

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

Waa… ga sabar besok jadinya *jagoanku menang ga ya* hihihi..

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

21

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

selamat ya mama yang menangg :)
cerita mama yang disini inspiratif semua :))

22

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

hi mama,
pengumuman pemenang ada di artikel hari ini yaa...

http://theurbanmama.com/events/tummodernmama-2015-photo-contest-winners.html

para pemenang sila kirim alamatnya ya via email.

selamaaat semuanyaaa :)

23

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

waaa... sudah diumumkan!
selamat yaaa buat para pemenang... suka deh ceritanya oci ttg nanny... apalagi kemaren lagi rame tuh video ttg maid - working mama. :(

sukiiie! ahaha biker mama! sukaaa ceritanya!

bunda zamzelova... keren bgt bikin "playgroup" di rumah :) lengkap dengan kurikulumnya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

selamaaaat untuk para pemenaaaang. Buka kontes lagi dan udah pengumuman, hihi...

blog saya
instagram 2
-Bahagia itu sejajar dengan rasa syukur-
-One day (minimal) one activity for toddles-

25

Topic: [contest - 2015] TUM Modern Mama 2015

makasi TUM dan bunda rizma :)

teteeeeh, ahaha makasi teh.
oiya itu akupun suka cerita Oci..yang video maid vs working mom kmrn itu bikin sedih..:(