1

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Mamas, papas, anak nya sudah mulai belajar latihan puasa belum? Kira kira usia berapa ya efektif nya anak mulai belajar puasa?
Ponakanku 4thn msh susah disuruh blajar puasa. Tapi makan banyak juga enggak. Maunya jajan..
Mamas papas ada tips kah untung melatih anak berpuasa?
Share ya.. Mumpung mömen Romadhon.. :)

Rajuu is Rajwaa..
Corry is Bunda Adhya..
:)

2

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Raka juga 4 tahun, baru tahun ini diajak puasa. Tahun-tahun sebelumnya suka ikutan sahur dan berbuka tapi ngga pernah puasa. Ritual sahur dan buka bersama itu pengalaman unik buat anak loh, paling tidak dia jadi tau selama bulan puasa, ortunya makan malam-malam, lalu tidak makan sepanjang hari, lalu buka dengan es teler hihihi...

Sekarang dia sahur, puasa sampai jam 10 pagi (kemarin sukses karena libur dan abis sahur bangunnya siang). Hari ini sekolah ada pelajaran olahraga pula.

Di sekolah, gurunya juga menyebarkan semacam formulir, menanyakan apakah anaknya mau puasa/tidak, apabila iya mau sampai jam berapa. Gue isi iya puasa, bukanya bertahap dari jam 10-12. Nanti ketika snack time, gurunya akan mengajak Raka ke perpustakaan bersama teman kelas lain, sementara teman-teman yang tidak puasa tetap makan snack.

Kebetulan Raka selesai sekolah jam 12, jadi kalau nanti puasa sampai jam 12, bisa langsung buka dan lunch :)

Wish us luck ya! Raka yang puasa, gue yang deg-degan.

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Melatih Anak Berpuasa

kalau mama punya twitter account, jangan lupa follow twitternya TUM di @theurbanmama ya...

kebetulan kemaren baruuu aja kita kasih tips ttg melatih anak berpuasa. biasanya tiap hari kita ada tips2 kok..

ini gue tulis lagi rangkuman tips nya untuk melatih anak berpuasa


  • latihlah anak untuk makan di saat lapar & makan tidak sampai kekenyangan. tentunya proses ini dijalankan bertahap, pelan2 sampai anak ngerti ya..
    [/*]
  • beri motivasi, misalnya puasa selama tiap 3 jam atau setengah hari. jika anak tidak tahan di awal2, biarkan buka dulu lalu lanjut lagi. lama2 ditambahkan waktunya semakin panjang, sampai eventually jadi full.
    [/*]
  • berilah penghargaan jika anak berhasil menyelesaikan puasanya dalam sehari atau targetnya hari itu. misalnya, anak boleh memilih menu berbuka favoritnya. atau bisa juga dikasih uang saku tambahan.
    [/*]
  • beri makanan atau minuman yang mengandung gula saat berbuka. karena gula gampang dicerna tubuh dan bisa menjadi cadangan energi nya. minuman hangat lebih dianjurkan daripada dingin.
    [/*]
  • pada malah hari, ada baiknya anak makan lagi sebelum tidur atau pada saat senggang di malam hari.
    [/*]
  • untuk sahur, perbanyaklah makan dari jenis protein & lemak seperti ayam, daging, nasi, etc. makin besar konsumsinya terhadap makanan ini akan jadi cadangan energinya untuk berpuasa. tapi jangan konsumsi besar bukan berarti sampai kekenyangan ya.
    [/*]
  • beri zat gizi tambahan seperti vitamin atau kalsium dalam bentuk susu. tapi jangan dikasih vitamin penambah nafsu makan, karena justru akan jadi anak cepat lapar.[/*]

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Melatih Anak Berpuasa

mamas, share pengalamanku ya ...

sebagian besar sama ama rangkuman yg dibikin Slesta di atas.

yg penting jg menurutku adalah anak2 diberi alternatif kegiatan selama puasa.
dulu waktu anak2ku awal2 belajar (mulai usia 3-4th), aku selalu ambil cuti 2 hari diawal ramadhan utk mendampingi mereka puasa.
alhamdulillah, di TKnya anak2 syiar ramadhan sangat terasa, so lebih mudah lg memberi pengertian apa itu puasa, utk apa bla bla bla.

yg berat utk anak2 TK or awal2 SD yg baru belajar puasa, 3-5 hari pertama, biasanya bila sudah melewati hari2 ini akan lebih mudah lagi mereka berpuasa (mungkin sama jg ama orang dewasa ya ? :))

alternatif kegiatannya a.l :
- sblm puasa, aku udh prepare mainan2 spt ular tangga, monopoli, main kartu, catur, mobil2an dll
- print gambar2 utk mereka warnai
- maen game online dlm pengawasan ortu
- membuat prakarya sesuai keinginan mereka, sediakan bahan & alatnya, ga perlu mesti beli, bisa menggunakan bahan bekas rumah tangga (botol, dus, kertas bekas dll, go green plus ngirit :))
- bikin chart dan diisi sendiri apa aja kegiatan mereka, dipasang stiker dan dpt reward sesuai kesepakatan bersama.
- klo anak udh bener2 bosen, alternatifnya mandi berendam :)

tentang reward, ada pendapat nantinya anak jd 'nyandu', maksudnya puasa hanya utk mendpt reward saja. klo aku percaya insyaAllah dgn bertambah usianya, mereka akan mengerti bahwa puasa itu emang kewajiban umat muslim. dan alhamdulillah ini terbukti skr :)

dan sabar saja ya mamas yg baru mengajarkan puasa buat anak2nya, pd saatnya nanti anak akan mandiri dan bisa mengisi kegiatan ramadhan dgn inisiatif sendirinya. klo anakku yg gede alhamdulillah mulai tahun lalu (pas klas 3 SD) udh mulai mandiri, udah ngga merengek2 laper or minta buka lg.

alhamdulillah jg, adeknya Hafiz (7th) yg sejak tahun kemaren jg puasa penuh, hari pertama kemaren udah lebih 'ringan' rintangannya, sempet blg pusing bla bla, akhirnya dgn dialihkan ke kegiatan yg lain bisa sampe magrib.

repotnya, Hafiz ini klo moodnya ga bagus suka bilang begini ke adeknya yg masih baby "dek Reefa enak ya bun ga puasa" hehehe .....

gutlak ya mamas ...

bunda shafa-hafiz-reefa

5

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Mams, kmrn ponakan sukses puasa full sehari. Dimana hari pertama dn ke2 gagal, d hari ke3, SELAMAT!!!
:P
Tp ampun deh, seharian rengek2 gak jelas. Ngelékar gak kuat angkat kepala :P
Tp gpapa deh, awal yg bagus :)

Rajuu is Rajwaa..
Corry is Bunda Adhya..
:)

6

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Hai moms ikutan sharing yak..

Ramadhan ini pertama kalinya keira (4yrs) belajar berpuasa. Caranya jam sahur diganti pada saat sarapan, kemudian puasa sampai jam 12 siang (atau pas kedengeran adzan dzuhur) bolehlah dia makan dan minum sepuasnya. Trus jam 1 siang lanjut lagi puasanya sampai magrib.
Alhamdulillah hingga saat ini keira masih semangat puasanya :)

7

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Udah dua minggu puasa, baru mau share :-) anak2 gw, yg 10 thn udah full puasanya, tp yg cewe, 8 thn, msh setengah hari, soalnya dia gw banget, gak tahan laper dan doyan ngemil. Untuk bantu semangat dia puasa, biasanya gw dan suami akan ngajak dia ngabuburit trus untuk bikin dia lupa sama rasa lapernya, kami biasanya ngajak dia berkegiatan yg seru tp gak melelahkan, misalnya bntuin masak tapi cuma motong2 aja, atau blanja ke supermarket dan dia yg bikin catetannya dan milih2, dll, dll, pokoknya dibikin sibuk deh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Udah lewat sih ni ya? Mungkin sudah kejawab si atas oleh yang lainnya, tp saya mau menambahkan untuk terus mengajarkan puasa ke dia, misla puasa Senin-Kamis. Ya, pastinya ortunya juga puasa dan sesekali ajak dia juga puasa ;)

Masih calon mama ;) - Temenan di FB juga yuk! https://www.facebook.com/ochyi

9

Topic: Melatih Anak Berpuasa

sejak sd kelas satu udah full anak saya. yg tk 1/2 hari

Freelance Photographer | 3D Architecture Impressionist

10

Topic: Melatih Anak Berpuasa

mama-mama,
mau ikutan nimbrung disini aah. Kembarku, 5 tahun, tahun ini puasa pertamanya, meskipun masih belajar puasa 1/2 hari. Alhamdulillah semua hampir berjalan mulus. Kecuali 1 yang jadi kekhawatiran yaitu, Kira & Kara ini slow growth. Tipenya persis seperti bundanya. Naik BB nya susaaaah banget, tapi giliran turun BB gak kira-kira deh. Nah, aku khawatir BBnya yang sudah irit dan dekat garis merah ini merosot. Share tips nya dunk biar BB gak merosot saat puasa. terima kasih.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

11

Topic: Melatih Anak Berpuasa

wiwit,
wiii keren deh kira kara. udah mulai puasa 1/2 hari. wit... huhu asli gw ga bisa jawab. udah konsultasi ke dokter belum wit?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

12

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Teh ninit,
belum konsultasi ke DSA sih teh. Harusnya bulan Ini, mereka genap 5 tahun sekalian imunisasi juga.
Sebenarnya mengajarkan puasa ke Kira dan Kara bukan hal yang susah. Sejak umur 4 tahun mereka sudah minta, karena di sekolahnya dapat pengetahuan tentang apa itu puasa, bagaimana jika berpuasa, tapi karena waktu itu kita belum tega, jadi belum dikasih ijin.
Melatih Kira & Kara puasa 1/2 hari sebenarnya tidak terlalu susah, hanya proses memindahkan jam makan paginya, dan mendisiplinkan waktu makan cemilannya.
Waktu dulu terakhir ke DSA, "wejangan"nya sih tetep ya, makan makanan tinggi kalori. Diet tinggi kalori musti jalan terus.
Selama ini yang masih tetap dijaga ya itu, makan makanan tinggi kalori, dan tidak mengurangi jatah cemilan dan minum susu. Tapi namanya orang tua, ternyata was-was dan khawatir itu tetep ada yaa...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Melatih Anak Berpuasa

mau berbagi aja meski udah lewat.
tahun ini anak2 full puasa. arza yang mau 6 tahun baru pertama kali full. alhamdulillah sebulan penuh.

tahun ini "enak" nih puasanya karena kebantu libur. yang anak sulung kalo abis solat... tidur lagi jam 7 bangun2 pas sholat dzuhur. :D jadi cuma bentar puasanya ya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

14

Topic: Melatih Anak Berpuasa

ninit, waah arza keren.

kalau Lana puasa kemarin yg full cuma 3 hari, selebihnya puasa sampai dhuhur trus buka puasa (minum susu dan makan) dan lanjut puasa lagi sampai magrib. Tapi so far happy dengan kemajuannya, tahun kemarin soalnya hanya puasa sampai dhuhur aja. Semoga tahun depan bisa kaya Arza.

15

Topic: Melatih Anak Berpuasa

asa tahun ini lumayan tabah, ada hari-hari puasa full, ada yang setengah hari. udah tau kalau udah mulai lemes siang-siang, dipakai wudhu dan sholat, lalu tidur. kebantu karena sempet ada Ramadhan Camp juga.

nah pas mudik ke rumah mbah langsung buyar semua. capek di perjalanan dan sampai sana dimanja mbah ..
ada lah 4 harian tidak puasa sama sekali

less ego, more heart

16

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Sidta
haha... emang ya kalau urusan sama Mbah itu jadi gak mudah. Untung wakut mudik kemarin, jauh-jauh hari para mbah sudah di whisper. Serius ini Mbah-mbahnya yang di whisper, hihihi... daripada bubar jalan rencana. Alhamdulillah lancar puasa 1/2 hari selama 1 bulan penuh.
Kalau sudah lemes, diceritain tentang setan yang berusaha menggoda manusia, dan ditantangin mau menang lawan setan gak?! Lumayan bikin stock semangat terpompa kembali :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Melatih Anak Berpuasa

yuhuuu urban mama,
bagaimana sahur hari pertama?

alhamdulillah tadi kid #1 & #2 lancar. dibangunin gampang... tapi pas sahurnya meremmm! :D
ya sudah lah bonus disuapin aja sama mama-nya :). kangen juga nyuapin mereka.

gimana mama-mama yang lain?
semoga lancar yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Ahahaha sama teh ninit,
Disinipun si sulung bangunnya lumayan mudah. Krn dah bbrp bulan dia minta kl dibangunin suruh dia nyebutin doa bangun tidur. Jd alhamdulillah no more drama bangun2in.
Pas makan... merem hahahaha. Jadilah fisuapin. Abis shubuh langsung tidur ampe jam 10. Hihihiho.
Skrg jam 5 sore gak ada minta2 minum or bilang laper. Krn dari awal udah dikasih tau kl udah umur 7th diusahakan puasa penuh.
Mudah2an besok2 pas udah sekolah pun gak ada drama haus ataupun laper. Aamiiin.

Bussy life...happy life...

19

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Ninit, Alhamdulillah lancar teh, Lana dibangunin mudah, langsung melek. Habis makan langsung tidur lagi :p Ini hari pertama dan puasa pertama Lana full sampai Magrib. Kalau tahun kemarin puasanya sampai ashar :)

doakan supaya anaknya tetap semangat dan lancar.

20

Topic: Melatih Anak Berpuasa

alhamdulillah, senengnya ya liat anak-anak puasa full. :)
kemarin pkl 5 sore, yang bungsu udah bilang... "mama, aku haus banget." terus disemangati, sampai alhamdulillah full puasanya.

hari ke 2 pas sahur, kid #1 udah makan sendiri... yang bungsu, masih disuapin karena makannya lama sih kalo sendiri, bisa2 kena imsak. pas yg bungsu masih ngomel2... yg sulung bilang, "arza ayo semangat sahurnya." :) ummm nyes banget deh dengernya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

21

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Kemarin sekitaran jam 5 lewat dikit. Krn lg di bandung, neneknya anak2 udah masak. Ayam & tempe goreng sudah harum semerbak...

K: yangmam, piring kakak mana?
B: kak sayang, blm adzan magrib
K: tp diluar sudah gelap
B: iya kira2 1jam lg ya makan ayam n tempe nya
K: yaudah deh skrg roti dulu aja.

Bussy life...happy life...

22

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Kemarin sekitaran jam 5 lewat dikit. Krn lg di bandung, neneknya anak2 udah masak. Ayam & tempe goreng sudah harum semerbak...

K: yangmam, piring kakak mana?
B: kak sayang, blm adzan magrib
K: tp diluar sudah gelap
B: iya kira2 1jam lg ya makan ayam n tempe nya
K: yaudah deh skrg roti dulu aja.

Bussy life...happy life...

23

Topic: Melatih Anak Berpuasa

wah pinter pinter urban kids, semoga semangat sampai akhir ya :)

dewiamel hihihi nawar mamam roti tawar :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

24

Topic: Melatih Anak Berpuasa

dewi amel,
bwahahahaha... asli ngakak! :D
lucu banget yaaa anak-anak tuh.

hari ini hari pertema anak-anak sekolah di bulan ramadhan.
dianter ke sekolah, di mobil langsung tiduuur! :D

selain shaum, mulai bikin program menghafal juz amma nih buat anak2. semoga pada semangat. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

25

Topic: Melatih Anak Berpuasa

Ahahaha iya asli kl denger cerita2 yg baru pertama puasa itu sesuatu bgt.

Bener teh ninit, juz amma harus jalan. Hafalan doa2 & ayat2 surat tertentu jg. Liat buku panduan dari sekolah... yg mabok ibunya. Anaknya mah biasa.... nyantaiiiii. Hehehehehe

Semangat semuaaaa.

Bussy life...happy life...