1

Topic: Bayi & Genitals

Mamods.. maaf y klo uda ada thread-nya ..

Gini ..

Asa (11mos) beberapa hari ini punya mainan baru : tititnya. Jadi dia awalnya mungkin gak sengaja megang, terus geli, eh keterusan. Suka dikilik2 sendiri, terus dia ketawa2 .. tapi yang parah sudah mulai merambah tahap ditarik2 dan dipukul-pukul. Kadang gak bisa nahan ketawa lihatnya, tapi klo udah pukul2 gitu, ngeri ...

Ada yg bisa share gimana menghentikannya?

less ego, more heart

2

Topic: Bayi & Genitals

Sidta,

wah kalo udah ditarik2 gitu ngeri ya..
itu gimana ya bisa main2in gitu, gak pake celana?
kalo pas lagi digantiin, kayaknya musti cepet2 dialihkan deh perhatiannya.

saran gw sih:
- waktu gantiin celana/ popok lakukan dengan cepat
- kasih mainan agar tangannya gak megangin 'T'-nya
- coba jangan ketawa pas Asa mainin T-nya; pura2 lempeng gitu. kalo kita ketawa, anaknya tar ngerasa hal itu lucu dan 'boleh', nantinya dia akan mengulang hal tsb karena dia pikir itu emang lucu dan boleh.. gak ketawa dan gak bentak/marah. just sok lempeng aja..
- kalo tangannya udah merambah ke arah situ, pegang tangannya dan kasih mainan/botol minyak telon or apa lah..dan bilang "Asa, tolong pegangin ini ya.."
- alihkan perhatiannya dengan diajak ngobrol topik lain

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Bayi & Genitals

Sidta...itu emang masanya namanya masa anal... sebenernya lumrah aja anak maenin Mr.P nya...tapi kalo dah terlalu extreemm yah dialihkan..pake celana jangan yang ketat2..mungkin dijelasin, kalo itu sakit n nanti ga bisa pipis :)..
bener kata eka, harus dialihkan

4

Topic: Bayi & Genitals

iya benr sidta setuju sama eka dan mama L,kalo itu emang lagi masa mengeksplorasi,,termasuk mengeksplorasi badannya,,anakku juga (5th) lg baru2nya kaya gitu,kalo aku dulu bilang kalo dia pegang2 nanti bisa sakit,,hehe
mudah2an berhasil dialihkan atau di stop yah pukul2nya mom.. :)

5

Topic: Bayi & Genitals

nah, ini thread cocok banget :D
anak gw juga dah mulai tuh, megang2, apalagi kalo lagi dimandiin, mulai narik2 :p
karena masih 7bln, jadi masih bisa dialihkan ke maenan, tp kayaknya harus menyimak dengan seksama tips2 yg ada di thread ini :D

*menunggu postingan terbaru*

6

Topic: Bayi & Genitals

eka, mama L, cittacitta

Asa mulanya pas lagi mandi, ditatur or pijat gt. Tp keterusan. FYI, dia sehari2 mmg cm pake clana aja, tanpa diaper dsb. Jadi emang bs langsung 'pegang'. apalagi klo pas pake baju dsb skrg cepet bgt merangkak kabur. Yang bikin susah, adalah dia jg lg fase 'keras kepala', jadi susah bgt dialihkan. teriakannya, haduh. ini bwt hal2 lainnya jg sih, g cm urusan Mr. P

less ego, more heart

7

Topic: Bayi & Genitals

iyaa nalabunbun, anakku 6 buman dan mulai 'menemukan' tititnya. emang mulai suka pegang2 dan (agak) ditarik2 ya? normal ya?
seneng deh ada thread ini. tadinya udh mau deg2an kalo tititnya gatel alergi *hahah* ada ya reaksi gatel alergi sampe ke titit... maap malah jd OOT :D

*shakashakesmyworld*

8

Topic: Bayi & Genitals

Sidta - gue pernah save ringkasan yg dibikin Kak Seto, tp ga nyimpen linknya euy.. hth ya..

Menurut Freud dalam teori Perkembangan Psikoseksualnya, fase pertama dari perkembangan anak adalah fase pra-genital, yang terbagi atas masa-oral (0 –1,5 tahun)
dan masa-anal (1,5 – 3 tahun).
Dikatakan sebagai masa pra-genital, karena pada masa tersebut anak belum terlalu menyadari arti dan perbedaan alat kelaminnya.

Masa oral ditandai dengan kepuasan yang diperoleh melalui daerah oral ataumulut, dimana anak memperoleh pengertian mengenai dunia sekelilingnya melalui aktivitas lewat mulutnya. Hal ini dapat dilihat pada bayi-bayi yang cenderung memasukkan apa saja yang dilihat dan ingin diketahuinya ke dalam mulutnya.

Masa-anal ditandai dengan kepuasan yang diperoleh anak melalui daerah
anusnya, dimana anak memperoleh kenikmatan dengan aktivitas yang menyangkut proses pembuangan melalui anus, sehingga acap kali kita jumpai anak sering berlama-lama duduk di WC untuk menikmati aktivitas tersebut.

Mereka baru mulai menyadari akan adanya perbedaan seks, setelah usia mereka mencapai sekitar 3,5 tahun. Fase ini disebut sebagai masa phalik, yaitu fase dimana kesadaran akan perbedaan alat kelamin antara anak laki-laki dan anak perempuan memberikan arti yang besar kepada kepribadian mereka.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

9

Topic: Bayi & Genitals

Saran mama Eka boleh juga tuh dicobain..
secara Miguel udah 8,5mos dan seminggu ini udah mulai suka pegang2 pen*sna kalo pas dimandiin, dan selalu dialihkan perhatiannya dgn pake bebek2an buat mandi, dan dikasi pegangan pas gantiin popok lumayan efektif loh!

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

10

Topic: Bayi & Genitals

Waaa sama nih, Reyu jg gemar banget pegang2 dan tarik2 'burung'nya... yp emang kliatan bgt klo dia lg eksplorasi, gw sih selalu jelasin utk gak ditarik2 dll...tp gw mengalihkan nya gak total, biasanya klo pas lagi digantiin dia mulai pegang2 .. gw kasih wetwipes ditangan nya dan gw bilang k dia "bantuin ibu bersihin pipis Reyu ya" , dan berhasil instead of main2in dan narik2, dia akan ngelap2...trus jg tiap abis pipis di wc..dia gw kasih gayung utk nyiram sendiri 'burung' nya itu (tp tetep gw bersihin jg) ... lumayan sih dia jd gak terlalu narik2 banget (udah mulai 'menemukan' dan narik2 sejak 5 bln,,,srg dia 14bln).

oo iya, dan acara pegang2 burung itu jd cukup berguna, krn jd tanda2 sebelum dia pipis...dia pasti akan pegang2..jd mempermudah toilet training ;)

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

11

Topic: Bayi & Genitals

siska ..

wow, membantu sekali rangkumannya. jadi g usah khawatir y, cos tryt emg belum ngerti konsep seks. thx ya ...

sakirunS, eka

nanti kucoba y tipsnya .. walopun sepertinya akan syusah bgt .. huhu ...

less ego, more heart

12

Topic: Bayi & Genitals

wah anak gue perempuan sih, tapi mulai suka pegang2 daerah V-nya. jadi topik ini bisa gue baca2 juga. hehehe :)

Siska
chik, di artikelnya kak seto itu, ga dibedain kan perkembangan pada anak cewek atau cowok?

13

Topic: Bayi & Genitals

Sidta - sama2 mom :) glad to help
Sukie - ga dibedain beib... intinya sama2 ada masa eksplorasi buat anak cowo dan cewe.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

14

Topic: Bayi & Genitals

wah pas bgt ada thread ini y...skr Attila (8m) kl mandi suka megang n narik2 'burungnya' kayanya dia heran aja ada benda yg bs ditarik2 hehe...kadang lucu ngeliatnya trus aku alihin aj tangannya, ternyata normal y mom...tfs urbanmama :)

My Attila...My Soldier... ;)

15

Topic: Bayi & Genitals

sidta ini judul thread nya gue ganti ya. jadi gak harus ngebahas ttg anak cowok aja. karena menurut gue, ini pun berlaku ke anak cewek, walopun ya kalo anak cewek ga pake ditarik2.

dari umur 2thn, gue mulai merhatiin, naia juga seneng gitu megang2 kelaminnya, apalagi kalo abis pipis, pengen dia yang bersiin sendiri, trus pegang2. dan bener kata chika emang ini fasenya sih. dan gue pun biasanya hanya mengalihkan aja. kebetulan di umur2 segitu kan dia juga belajar ttg organ2 tubuhnya di sekolah, jadi kayak eksplorasi juga.

sekarang di umur 3.5thn sih udah ga terlalu yah kayak megang2 gitu, tapi udah aware banget kalo dia cewek, not sure if she'd seen genitalia nya anak cowok, karena di sekolah sebenernya dia mandi bareng temen2nya, tapi setau gue sih dipisah antara cowok dan cewek. jadi belom nanya2 sih..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Bayi & Genitals

*ngacung pernah stress dg problem serupa bbrp bulan lalu :)*

Sidta..Asa umurnya 2 thn awal kan ya?. Dl aku juga gt, waktu ilyasa mulai umur 2 thn 2 bln, hobbynya mainin alat kelaminnya. Dinasehati-dimarahi-dialihkan perhatiannya-sd kupukul tangannya, ga ada yg mempan.

Akhirnya aku nelpon ke ibuku, dan aku dikasih tahu ibuku kalau mmg anak umur 2 thnan perkembangannya mmg begitu, apalagi anak cowok, relatif lebih intensif melakukannya ketimbang anak cewek :P. Ga usah dimarahi, nanti juga hilang sendiri, begitu kata ibuku.

Tapi karena ini pengalaman pertama (maklum kejadiannya pada anak pertama), aku ttp aja kepikiran. Sampai akhirnya waktu ilyasa umur 2,5 thn aku dikasih tahu MIL kalau pegang2 kelamin itu salah satu bahasa isyarat pada anak cowok kalau dia merasa pingin pipis, dan harus cepat2 disuruh ke kamar mandi supaya dia terbiasa selain untuk distract "hobby"nya itu. Waktu itu TTnya ilyasa mmg masih banyak "accident-nya" alias msh sering ngompol di celana. Dan beneran kupraktekkan. Awalnya mmg kadang pas kuanterin ke toilet ilyasa kadang mau pipis, kadang juga ngga mau. Tapi kuamati sebulan kemudian, kemajuan TTnya pesat. Dan dia mmg cuma pegang2 pipis kalau mau pipis saja.

Dan bener juga, makin lama kebiasaan itu akan hilang sendiri. Skrg ilyasa 3 yo, udah jarang banget melakukan itu, bahkan kalau mau pipispun. Sudah bosan tampaknya :D

17

Topic: Bayi & Genitals

Anakku (Ai, 4 yo) jg sama ni.. Mpe skrg lum ilang jg.. Aku si pake buat pertanda klo dia pengen pipis tp klo dtanya malah jawabnya gatel, g mau pipis.. Hal yang bikin kpikiran 2 tiba2 bbrp hari yg lalu tmn sekolahnya ai ( cewe dan tetangga pula ) maen krumah.. Dah sering main si.. Nah pas pd maen dkamar 2 ma2ku penasaran kok sepi amat pd ngapain dkira maian apa gt krn banyak mainan dkamar itu ternyata ai lg tiduran n tititnya lg dpegang2 ma 2 anak cew.. Otomatis ma2ku lsg teriak n anak cew itu lsg minta plg.. Mpe skrg dh jarang main lg.. Mungkin drumah dia pernah liat ortunya sdg berhubungan ya jd gt.. Jd was2 klo nglepas ai sendirian..

18

Topic: Bayi & Genitals

indriani, iya, ternyata berhenti sendiri ya. waktu buat thread ini udah setahun lebih yll. dan ternyata lama-lama memang berhenti sendiri :)

sLesTa, thanks !

less ego, more heart

19

Topic: Bayi & Genitals

Mommies, Alta (18mo) sekarang suka menggesek2an pen*isnya, kadang ke punggung kalau ibunya tengkurap, atau ke paha kalau ibunya lagi duduk. Apakah termasuk fase perkembangan seksualnya juga? Atau memang ada masalah yah? Soalnya kalau ditanya apakah tititnya sakit, dia cuma senyum2 aja. Emang belum ngerti juga sih. Di beberapa artikel sih kayanya ciri2 fase falik. Tapi biasanya baru mulai setelah umur 3tahun. Berarti kalau iya kecepetan banget nih Alta. Barangkali ada mommies yang punya pengalaman sama. Kalau OOT dipindahkan saja ya, Bu Mod.

A teacher, a mother, and a lifetime student. :-D

20

Topic: Bayi & Genitals

Arkan 8mo baru mulai menemukan tititnya belakangan ini. Karena mandi pake baby bather dgn posisi duduk jadi suka ditarik-tarik sampe aku yg ngeri sendiri. Tapi aku ngga terlalu khawatir sih, krn pernah baca artikel di AB/MB (lupa) kalo it was nothing sexual. Dia hanya bereksplorasi dgn salah satu bagian tubuhnya