1

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Salam kenal semuanya,
Aq baru joint kemarin, Aq jg PCO dengan ukuran sel telur di bawah 7 mm ovari kiri dan ovari kanan di bawah 10 mm. terakhir check ovari kanan gak terlihat sel telurnya...
ada gak yang sama kasusnya seperti aq?
terapi hormon itu seperti apa mom? dan berapa lama waktunya untuk terapi hormon sampai bisa ke ukuran normal/dikatakan sembuh PCO?
Thanks...

2

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

emerald wrote:
Untuk Dr. SPOG yg recommended menangani PCOS :
dr. Andon Hestiantoro.
Beliau dokter senior, dan kita bisa konsultasi dg enjoy, dokternya mau melayani pertanyaan2 kita dg sabar.

Praktek di:
RSCM Kencana (Senin, Kamis-Sabtu)
RSIA YPK (Selasa sore)
RSIA Hermina Jatinegara (Rabu-Kamis sore)

Hope that helps


thank you tips nya mama emerald,

pls info untuk yang lain juga kalau tahu yah..

ada dokter kandungan wanita yang bagus gk ya utk kesuburan di Hermina Jatinegara?

Aku sudah hampir setahun berhenti check up, krn urusan kerjaan dan merasa kurang cocok dengan dokter sebelumnya. Lagi mencari dokter kandungan wanita yang komunikatif, enak, dan tokcer, maksudnya bisa bikin cepat hamil, hehehe..

Thanks yah.. :)

Waiting and trying.. Insya Allah dimudahkan. Amiin

3

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Hei dear all,

Baru buka TUM lagi nih, dokter untuk fertilitas terutama yang ngurusin PCOS yang aku tau bagus di RS Family dan RSPI, namanya dokter yuslam ferdianto.
dokternya komunikatif banget, nanya apa aja dijawab detail hehe seneng deh. Aku positive PCOS dan waktu itu berobat ke dia.. banyak kok yang berhasil.
Tapi aku belum sih, soalnya sebulan berobat, aku mesti pindah ke US, jadi ya berhenti treatment sama dia. Sampe sini treatment baru lagi dengan dr baru.

4

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Mama's, infonya berharga sekali. Aku juga ngalamin hal yg sama, telur kecil2, tidak terjadi ovulasi saat haid. Nikah 2004, 2005 kuretase, 2005 & 2006 melahirkan anak 1&2. Ceritanya pingin punya anak cewek, program lah kami. Tahun lalu ke seorang dr spog, di usg katanya ada kista di kiri. 2nd opinion ke dr di Permata Cibubur, gak ada kista, tapi ukuran telurnya kecil2. Dikasih obat2an, pas saat subur dan telur cukup besar, disuntik untuk mecahin telur2 itu. Gak berhasil hamdun juga :( lagi berusaha upaya terakhir sepertinya nih (mengingat usia yg udah kepala 4 :0) utk konsultasi ke dr spog ahli reproduksi. Doakan aku teman2 ...

5

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

eveline_rose wrote:
Ibu Indah,
Anda beruntung sekali bisa mudah hamil meskipun PCOS. Bahkan 2 anak. Anda 1 diantara sekian ribu wanita yg menderita pcos dan susah hamil. Bisa dikatakan keajaiban. Semoga amal ibadah ditingkatkan.
Untuk teman2 yg sedang berjuang mendapatkan buah hati dengan pcos, saya sarankan untuk ke dokter khusus infertility. Jangan buang waktu.
Saya juga pcos. Setelah 3,5 thn menikah baru mendapatkan buah hati dengan jalan yg berliku2...
Salam.


exactly.. aku 2 tahun ditangani obgyn biasa, jawabannya.. "sabar ajaa, ga usah buru-buru".. ampe ganti 2 dokter. capek deh dok !
well, i actually realized ada yg salah dgn siklus dll, ya dikasih obat setaunya mereka aja, biar aku bisa mens rutin, tapi terapi kan bukan cuma bikin mens aja, tp gimana bikin hamil.
(maap ya rada emosi, kalo diinget emg bikin emosi sih tu dokter hahaha)
akhirnya pindah ke dokter fertilitas, dijelaskan gamblang.. feel better and more positive to have babies, not only baby but babies :D

Semangat terus yang kena PCOS yah.. makin susah jalannya, makin berkah usahanya, makin beda rasanya saat udah dikasih anak.. we appreciate better than others krn kita tau rasanya 'nunggu' :D

6

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

btw aku domisili di surabaya, aku promil pas 4 bulan usia pernikahan di RS Siloam dgn dr. Aucky. pas masa subur di cek sel telurku paling besar ukuran 18mm. trs dibilang PCO. jadi disuruh tes hormon pas haid berikutnya. nah dr hasil tes hormon, katanya LH-ku agak rendah. jadilah dikasih glucophage XR + diphten yg diminum sejak haid. Alhamdulillah, bulan berikutnya test pack + :D

Bu Galant, Mamanya Fidis

7

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Mau sharing ne moms, aku juga PCO kemungkinan penyebabnya karena Obesitas. Dibulan ke-3 pernikahan mulai berobat di DSOG Aspian Noor RS Restu Ibu BPP selama 8 bulan gak ada hasil tiap datang cuma terapi meperbaiki siklus haid sampe akhirnya hopeless en gak mikirin lg mau punya anak gara2 sibuk skripsi juga. Sampe akhirnya suatu hari tetangga aku nyaranin konsul ke DSOG Djaja Santosa Samarinda kebetulan karena emang ak tinggal di Samarinda. Sama dokter Djaja diterapi hormon resisten Insulin gitu namanya Eraphage (CMIIW...:P) cek kedua sama dokter ini aku dibilang sel telur nya kecil. tp dokter ini sangat tenang en kata2nya memotivasi banget. katanya "sel telur kamu kecil tp bisa kok " sampe akhirnya ak gak haid lag bulan depannya tp ak cuek aj karena bener2 sibuk banget sama seminar en ujian. pas di hari aku pendadaran tiba2 suami ngingetin kalo ak belum haid en belum konsul ke dokter Djaja lagi, disuruh test pack sapa tau hamil. Akhirnya setelah struggling selama 1 minggu krn trauma banget sama test pack (soalnya dah ga kehitung berapa kali test pack negatif mulu) Pas di tanggal 1 nov 2012 ak test pack sekitar jam 1 pagi.. karena ga nyadar kirain dah subuh taunya msh jam 1 pagi hehehe... hasilnya positif. Surprise banget gak berani ke dokter hr itu karena tkt jadi negatif. Akhirnya besoknya suami yang dinas di luar kota langsung datang nemenin ke dokter, itu pas konsul yg ke 3 sejak mulai terapi. hasilnya Puji Tuhan Positif hamil 6w. Selama hamil gejala pre eklampsi sampe sempet bed rest sebulan en msk RS 3 hr karenan tekanan tinggi en protein urine +3. Bener2 mukjizat rasanya sekarang Baby Obie udh genap 4mo.

8

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

hai Mamas, gw mau sharing juga nih tentang PCOS. Sebelum married gw juga divonis Suspect PCO, karena Siklus menstruasinya cukup panjang sekitar 50-60 hari dan setelah dites hormon, hasilnya ada ketidakseimbangan hormon. Saat itu gw disarankan untuk terapi minum Metformin selama 4 bulan dan berolahraga, akhirnya gw berhenti karena ga ada perubahan. Gw biarin aja, karena gw yakin penyebabnya adalah lifestyle dan waktu akan mengubahnya. Akhirnya pas menikah di April 2012, gw berharap segera hamil, karena nyokap uda pingin banget dapet cucu. Ternyata pikiran gw salah berat, PCOS itu ternyata harus diobati dan didampingi dengan mngubah lifestyle. Setelah gonta-ganti dokter SPOG selama 1.5 tahun dan banyak terapi yang gw lakukan. Yang paling signifikan adalah mengubah pola makan, tidak pernah makan indomie, kfc, mcd dan junkfood lainnya. Berusaha Gym seminggu 2 kali. Banyak berdoa dan beribadah, puasa senin kamis, banyak sholat sunnah dan sedekah. Pada bulan Oktober 2013 akhirnya gw hamil secara alami.

So semangat Mamas, Kita harus yakin bahwa setiap usaha kita pasti ada efeknya terhadap kehendak Tuhan. Harus Ikhlas dan percaya pada diri sendiri :D

A grand adventure is about to begin
-Winnie The Pooh-

9

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

gue juga PCO,.sebulanan ini gue terapi metformin..mens hari ke-2 (setelah 3 bulan nggak mens..hemph) gue dikasih blesifen..gue juga semingguan ini minum madu penyubur buat suami-istri..

semangat terus yaaaa...semoga kita segera diberi rezeki sama Alloh..

pco fighter

10

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Hallo mamas,
saya baru join dan baca thread ini. mau sharing tentang PCOS yang saya alami.

Enam bulan sebelum menikah saya sudah periksakan diri k dokter, rumah saya di Bekasi, rs yang dipilih dekat dengan rumah yaitu RS Mitra Keluarga Bekasi, dokter yang ada pun dipilih karena memang sedang praktek, tidak direkomendasi oleh siapapun.

Saat itu saya hanya mikir kalau saya harus tahu penyebab saya menstruasi saya kurang lancar, 2-3 bulan sekali bahkan pernah sampai 6 bulan saya tidak menstruasi. Tapi tidak pernah saya periksakan. Baru ketika akan menikah saya berniat mengobati.

Dokter yang saya temui dr Herman Trisdiantono Spog di RS Mitra Keluarga Bekasi. Pertemuan pertama hanya USG lewat perut memastikan tidak ada kista di rahim (alhamdulillah memang tidak ada). Dokter tidak mau memberi tindakan apa-apa sebelum saya cek hormon. Seminggu kemudian hasil cek lab saya keluar, hormon pria saya tinggi sekali sedangkan hormon wanita kecil. Dokter sempat bingung karena badan saya kurus. PCOS ini biasanya disebabkan kelebihan berat badan atau Obesitas. Tapi untuk khasus saya, saya hanya diindikasikan kelebihan hormon LH (pria/androgen), kalau secara fisik dapat dikenali lewat pertumbuhan bulu-bulu halus di atas bibir, lengan, kaki dan bagian tubuh lainnya layaknya pria.

Saya diberi obat Diane 35 dan Profertil diminum masing2 sehari sekali selama 14 hari. Saya disuruh datang lagi setelah menstruasi hari ketiga atau empat. Obat itu berguna untuk menyeimbangkan hormon, walaupun sebenarnya itu Pil KB. Tapi saya nurut aja demi kesembuhan.

Pertemuan ketiga, saat menstruasi hari ketiga, saya kembali diberi Diane 35 satu strip (isi 21 buah) diminum sehari sekali sampai habis (21 hari). Bulan depan saat menstruasi lagi, disarankan kembali minum obat itu satu strip lagi. Saya terapi lewat obat ini kurang lebih 6 bulan, setiap bulan mengkonsumsi Diane 35 satu strip. Siklus menstruasi saya lancar sekali 28 hari dan tidak pernah telat.

Saat itu target saya menikah di bulan Desember 2013, saya mulai terapi di bulan Mei, berakhir di Oktober. Dokter menyarankan setelah saya menikah, saya tidak disarankan minum obat lagi. Gunanya untuk melihat siklus menstruasi saya setelah lepas obat. Saya disarankan untuk berusaha hidup sehat dulu dengan makan sayur, buah dan olahraga.

Bulan Nov-Des siklus saya 15 hari tepat dimana awal Desember saya menikah, Des-Jan 46 hari, sedangkan bulan Jan-Feb saya belum menstruasi, saat itu saya khawatir dan meyalahkan penyakit PCOS ini dan berpikiran untuk kembali mengkonsumsi Diane 35 lagi lalu konsultasi ke dokter, tapi suami saya malah menyarankan testpack, antara percaya dan nggak percaya, alhamdulillah positif :)

Kemudian kami cek ke dokter dan memang benar saya sudah hamil 6 minggu, saya diberi obat penguat selama trimester pertama. Melihat riwayat PCOS saya yang katanya rawan keguguran.

Sekarang, usia kandungan saya sudah 5bulan (20minggu), semuanya alhamdulillah sehat dan berjalan normal.

Jadi, penderita PCOS bukan berarti tidak bisa punya anak. Intinya harus pantang menyerah, berusaha mengobati, hidup sehat dan berdoa :)

Cheers,
L

11

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Halo,
Saya punya PCO dan pujii Tuhan anak saya sekarang umur 6 bulan.
Siklus menstruasi saya sejak pertama kali tidak teratur, bahkan pernah selama 6 bulan tidak mens. Sampai akhirnya memutuskan untuk promil setelah satu tahun menikah kami mulai konsul ke beberapa obgyn. Vonis dan tindakan sama. Saya pernah konsumsi metformin selama 4 bulan, yang ada saya mual2. Alhirnya memutuskan untuk cari dokter fertilitas, setelah cek darah dan HSG, masalah saya memang pada hormon. Akhirnya diberi obat untuk memicu mens dan diberi obat penyubur. Setelah itu langsung hamil. Puji Tuhan. Keep on trying yah

12

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Ceritaku:
Aku udah nikah 3thn, tapi 1th aku n suami sempet nunda punya anak dl. Brati ud 2thn-an ini aku n suami nunggu baby.. Waktu th2012 sempet cek up kdokter tapi semuanya baik-baik aja. Nah, bln april 2014 kemarin,karena penasaran aku n suami cek lg kdokter. Dokter ke1 bilang aku kista endometriosis 6cm,20 hr kemudian hrus operasi..1thn hrus program suntik hormon klo blum hamil juga dokter blg kemungkinan kista tumbuh lagi kemudian operasi lg.. Jujur aku shock bgt wktu itu. Mana dokternya terang2an bilang "Kamu 90% ga akan bs punya anak!!"

Aku n suami ahirny milih 2nd opinion kdokter lain. Nah anehny didokter ke2 ini ga dibilang ad kista endometriosis..tpi pcos. Dokter jg ga kasi obat, d cm saranin jangan stress,healthy life (ada bbrp saran makanan yg boleh dan engga),sama olahraga. Hasil usg aku juga engga berongga titik2 yg menjijikan kaya di internet sii..Mens aku jg teratur, ga gemuk,jerawatan c dikit ad di wajah n punggung. Tapi saat ini aku milih ga 3rd opinion..Karena s dokter baiknya ga ktulungan,d bs bikin aku yg down semangat lg buat jlanin ini smw.

Toh..Aku percaya pada waktuNy, Dia akan kasi baby buat aku n suami.Keep pray n believe!!
Buat sis sis pcos..Ada yg ngalamin kdokter tp ga dikasi obat jg?

13

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Haii.. Aku juga divonis PCO dari sejak pertama kali memulai program hamil. Gejalanya siklus haid aku sangat gak teratur dan sulit diprediksi. Sudah sempat cek darah untuk gula darah dan insulin menurut dokter hasilnya normal tidak ada gula. Berat badan saya pun tidak berlebihan (49kg/158cm). Setiap ke dokter hanya diberi Profertil 50mg yg harus diminum 2 tablet pada hari ke-2 saat haid. Dan pada hari ke-14 setelah haid konsul ke dokter untuk cek telur apakah sudah matang. Dan apabila sudah ada telur yang besar disarankan untuk berhubungan 2 hari sekali.

Aku lagi penasaran ingin coba alternatif lain, katanya akupuntur juga bisa mengobati PCO. Ada yang pernah coba? Penasaran juga sih..

14

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

ronajingga wrote:
Buat sis sis pcos..Ada yg ngalamin kdokter tp ga dikasi obat jg?


Aku nggak dikasih obat. Cuma disuruh memperbaiki pola makan, sama nurunin berat badan, hahaha. Duh yg terakhir itu berat amat ya Dok. Tapi akhirnya berhasil turun hampir 7 kg selama setahun.

15

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

PCOS kayanya obatnya yang paling ampuh itu perubahan gaya hidup ya.. Baik dari pola makan sama olahraga.. Padahal dua itu yang paling berat.. Hahaha.. Alhamdulillah aku berhasil hamil setelah didiagnosa PCOS dengan rutin-in olahraga (ga harus banyak ternyata, yang penting rutin), kurangin makan karbo, banyakin makan ikan dan sayur, kurangin makan makanan manis.. Ditambah aku minum obat metformin yang dikasih dokter..

16

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

ndutyke wrote:
[quote=ronajingga]Buat sis sis pcos..Ada yg ngalamin kdokter tp ga dikasi obat jg?


Aku nggak dikasih obat. Cuma disuruh memperbaiki pola makan, sama nurunin berat badan, hahaha. Duh yg terakhir itu berat amat ya Dok. Tapi akhirnya berhasil turun hampir 7 kg selama setahun.[/quote]


haiiiyy momiies smuaa salam kenal...aku juga pcos diagnosa valid Agustus 2013. Sama bangettt...setelah rangkaian tes yang direkomendasi dokter ketahuan aku pcos. Pcos itu penyebab utamanya hormon. dan hormon apa yang kurang di kita masing-masing orang berbeda. Untuk kasus di aku, aku kelebihan insulin yang menyebabkan hormon fsh (follicle stimulating hormone) nya gak seimbang jadi ovulasinya gak teratur, ujung-ujungnya mens nya gak teratur dan sulit menentukan masa subur.

Dokter juga cuma menyarankan menurunkan berat badan, olahraga sama minum asam folat (folamil) yang diminum aku dan suami satu hari satu kapsul. Waktu itu trus aku belajar lagi, beli buku buku tentang pcos dan join group gitu tentang pcos, akhirnya mempelajari nutrisi diet untuk pcos. Kalo untuk aku aku menerapkan Low GI diet. GI=Glycemic Index, yaitu indeks yang menunjukkan glukosa alami di tiap makanan. Karna aku kelebihan insulin maka aku mengurangi glukosa intake. Praktisnya aku gak makan makanan yang secara alamiah punya indeks glikemi yang tinggi, contohnya: nasi (beraaattt...haha), mi, roti putih, segala macam tepung tepungan, gula pasir (of course), buah semangka dll. Ribet? ya sedikit effort si. Tapi karna aku waktu itu udah amat sangat pingin punya anak maka diet macam ini aku tekadkan. Karbo aku makan kentang goreng yang digoreng sendiri pake olive oil, buah sayur buah sayur gitu aja makanku asal laper makan buah. Gak nyemil2 yang lain lain kecuali satu: kacang mede. that's it. Olahraga nya karena aku suka lari and yoga pilates maka aku lakukan dua ini.

ALhamdulillah sekitar dua bulan aja mejalani ini daur mensku normal, berat turun 3 kg dan Alhamdulillah di November aku hamil. PAs udah hamil ya aku makan smua karbo, sayur, protein, buah dsb. Sekarang anakku dah umur 15months, sehat, cerdas, menggemaskan.

Aku mulai hamil di berat 59,5...sekarang aku masi menyusui dan beratku lebih turun lagi 56,,, belom ideal by BMI tapi Alhamdulillah...makanya aku jaga sampe saat ini persiapan buat anak kedua dst, biar tetep sehat.

Sooo...keep fight yaahh...konsisten itu kuncinya...kalo hati dah siap mau punya anak InsyaAllah effort itu gak susah...malah jadi positif banget punya lifestyle bagus.

Aku juga slalu smangatin dan sharing sama temen kantor yang ngalamin hal yang sama. Aku rujuk ke dokterku, Alhamdulillah dua orang yang ditangani dokter ku hamil. Bukan soal dokternya siii...tapi effortnya aku rasa.

dokterku: dr. Prima Progestian (dr.prima.com), praktek di rsia Muhammadiyah taman Puring, Brawijaya Women n Children Hospital sama Pemata Hati Bintaro.

nia
Bundanya Narend

17

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

ida.amalia wrote:
rutin-in olahraga (ga harus banyak ternyata, yang penting rutin), kurangin makan karbo.


True. Aku berhasil turun 7 kg dalam setahun, krn olahraga yg ringan ajah (cari video aerobik super low impact di YouTube) tp harus teratur. Sama diet karbo skitar 2 bulan. Setelah males diet karbo, ganti nasi putih ke nasi hitam :)

18

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

ida.amalia wrote:
PCOS kayanya obatnya yang paling ampuh itu perubahan gaya hidup ya.. Baik dari pola makan sama olahraga.. Padahal dua itu yang paling berat.. Hahaha.. Alhamdulillah aku berhasil hamil setelah didiagnosa PCOS dengan rutin-in olahraga (ga harus banyak ternyata, yang penting rutin), kurangin makan karbo, banyakin makan ikan dan sayur, kurangin makan makanan manis.. Ditambah aku minum obat metformin yang dikasih dokter..


mbak, saya juga suspect PCO nih, ampe dimarah2in dsog nya "km nih kelebihan 24kg, kalo mau cpt hamil tolong bantu saya cmn dg diet & olahraga rutin tiaphari selama 3o menit, ya!"
huhuhu.. susaaaaaah, mbak, saya masih di tahap perjuangan (melawan hawa nafsu nih) hiksss.. btw, ama dsog yg ini saya ga disuruh konsumsi obt apa2 kecuali regumen biar haid, saat itu 3 bln saya ga haid.
tapi, dsog saya yang pertama, selain wejangan olahraga & diet juga ngasih resep Forbetes (sama kan ya, semacam metformin)?
nah, masalahnya, tiap konsumsi Forbetes ini saya suka kerasa ga enak lambung gitu & mual (tp ga ampe muntah). nah, mbak ada keluhan seperti itu ngg ketika konsumsi metformin?

19

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

adwiasti
Kalau dari hasil googling, metformin sama forbetes obat yang sama.. cuma beda merk aja.. Metformin ini merk generiknya hehe..
waaaaakk,, banyak bener ya mbak yang harus dikurangin >.< kalau susah mengalokasikan waktu untuk olahraga, banyakin porsi jalan kaki aja.. kan olahraga juga tuh.. hehehe..
waktu minum metformin emang sering kembung perutnya, tapi ga sampai mual..

20

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

halooo buibuuu.. aku juga PCO diagnosis dokter di bulan agustus 2015. Gak kaget siihhh kebetulan Kakakku juga PCO. Kalau aku karena keturunan diabetes dari ayah. Jadinya nurun ke anak perempuan bentuk nya ya PCO ini, di bandung aku treatmen sama dr Tono Djuwantono di Limijati, kalau kakaku sama dr Yuslam di RS Pondok Indah.
Kalau kata dr, PCO obatnya cuma olah raga terutama olah raga cardio kayak jalan cepat, lari atau olahraga lainnya yang bias bikin naikin detak jantung. sama dikasih forbetes dan inlacin.
Alhamdulillah setelah 7 bulan penantian aku hamil dan sekarang anakku udah 4 bulan. soo semangat buibuuu!!

21

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Saya juga divonis PCO Januari 2015. Gak kaget karena emang dari SMA gejalanya udah keliatan dan banyak nyari2 jurnal ilmiah sendiri untuk jawab saya ini kenapa? Karena belum ada dokter yg bilang saya PCO sampai Januari 2015. Akhirnya setelah penantian 5 tahun, hamil juga. Tapi emang saya olahraga sama memperbaiki pola hidup ke yang lebih sehat selama kurang lebih 3 bulan.

22

Topic: Sindrom Ovarium Polikistik

Halo moms.
Aku juga divonis PCOS setelah setahun menikah (sekitar pertengahan bulan februari 2016), gejalanya memang mens tidak teratur dan kelebihan berat badan 10 kg dari berat badan normal. Dari nikah sampai setaun kemudian berat badanku memang naik 14 kg :D
Aku tinggal di Bandung dan periksa ke Dr Ruswana Anwar SpOG Kfer di RS hermina Pasteur. Aku langsung di kasih obat femera untuk kesuburan dan forbetes untuk menekan gula dalam darah, dan disuruh diet plus olahraga tiap hari. Kebetulan aku memang baru memulai diet juga dengan memilih olahraga jalan pagi dan zumba seminggu 2x.
2 minggu kemudian aku kontrol lagi dan ovum aku sudah membesar dari yang asalnya 0,5cm jadi 1,7cm. Dokternya optimis ini bisa dibuahi. Aku dikasih obat Inlacin dan disuruh untuk berhubungan 2 hari kemudian.
Lalu sekitar 2mnggu berikutnya aku iseng tespek dan Alhamdulillah langsung positif.
Aku langsung ke dokter lagi dan sekarang kehamilanku sudah jalan 7minggu.
Dokternya bilang, kehamilan bagi penderita PCOS itu beresiko abortus, jadi harus dijaga baik-baik juga selain memang dikasih obat penguat kandungan dan disuntik juga.
Semangat ya moms semua, semoga segera dikaruniai anak juga. :)