1

Topic: Sleeping Arrangement

thelilsoldier
duuh kamarnya Raka keren bgt
Raka dr kapan tidur sendiri?
Oot nih, itu peta dunia nya beli dmn mauuuu :D

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

2

Topic: Sleeping Arrangement

fanny, thalia:
thank you (baru baca ke atas-atas). iya Raka bangga abis menghias-hias. Karena kamarnya keren dia jadi semangat tidur sendiri.

YSee:
baru seminggu lah. ada kasus tau-tau pas gue bangun pagi ada dia di sebelah gue hihihi.. gue ngga nyadar sama sekali.
wall sticker dikasih temen, waktu itu kepengenan punya peta dunia kayak ninit, tapi dibeliinnya wall sticker.

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Sleeping Arrangement

thelilsoldier
Hahaha raka diem2 dung pindahnya:p
Oh i see..wall sticker yaa.
Coba hunting deh
Tks yaa

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

4

Topic: Sleeping Arrangement

YSee:
katanya beli di cicistori (spellingnya tau bener/ ngga). beli online. belum bales bbm nih orangnya, takut ketauan harganya kali :lol:

And thelilsolder is back. Fire!

5

Topic: Sleeping Arrangement

thelilsoldier
Bener jg tuh..takut ketauan mahal nya hehehe
Sip..sip...tks alot yaw

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

6

Topic: Sleeping Arrangement

inga!
kamarnya raka kereeen banget :) lucuuu stiker peta dunia-nya :) kereeen! wah raka pasti betah deh di kamar... gw aja suka :) inga keren deh ngedekornya :). hebat mamah!

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Sleeping Arrangement

thelilsoldier,
thank you..semoga memang gitu..

nyanya,
iya, ibunya nyusuin bayinya sambil tiduran, trus dia ketiduran dan gak sengaja agak nutupin jalan nafas si bayi...

a mother of energizer bunnies

8

Topic: Sleeping Arrangement

Duh, seger deh baca2 pengalaman papas et mamas di atas. Bener banget tuh Urban Papa, di sini mirip juga, selalu si Papa yg dapat berkah kaki si kecil... ^_^ Untungnya ngga sering tidur bareng dan udah lewat masanya.

Inga, eike udah gatel pingin dekor kamar anak2 pakai sticker. Udah beli pas sale Januari lalu. Tp berhubung ada plan pindah, jd males deh. Nunggu di tempat baru ajah... Pingin kamarnya keren kayak Raka... ^_^

Sharing juga ya. Anak pertama saya sejak bayi sampai sekitar 6 thn selalu tidur bareng, entah dgn mama-nya atau dgn neneknya. Begitu kondisi hrs merubah semua, jauh2 hari udah saya sounding2 lah spy dia ngga kaget. Idem dgn bbrp mamas di atas, saya bilang bhw "Mama ada di sebelah, jd kalau ada apa2 bisa panggil". Bbrp hari pertama, dia suka ketuk2 kamar saya, minta bergabung di bed. Oke lah, namanya juga masih adaptasi. Tp di minggu kedua udah lancarrr...

Kl anak kedua, sejak bayi tidur terpisah di crib-nya yg diletakkan di sebelah bed saya. Jd setiap dia mau nyusu, tinggal angkat. Begitu selesai, dikembalikan lagi. Kadang saya terlalu ngantuk utk balikin ke crib, jd bablas sampai pagi di sebelah saya.

Usia 6 bulan, saatnya pisah kamar, gabung ke kamar kakaknya. Tiga hari pertama, sukses. Dia bisa tidur sampai pagi tanpa minum ASI. Namun krn saat itu juga periode awal MPASI dan mengalami konstipasi, hari keempat dia sudah susah utk tidur full sampai pagi. Saya ngga tega, saya ambil lagi ke bed saya. Itu masa2 yg cukup sulit krn konstipasinya panjang. Anaknya sendiri ngga sering nangis. Tp tidurnya jadi ngga enak, selalu cari mama-nya utk comforting herself. Menjelang usianya 8 bulan, everything was better in term of konstipasinya itu. Suami bilang, ini waktunya utk balikin dia ke kamar kakaknya. Wah, ngga gampang. Bolak balik dia bangun tengah malam cari saya. Tp papanya selalu handle dengan menggendong dan menenangkannya, kmdn meletakkan kembali ke crib. Dalam seminggu, semua udah membaik. Dia bisa tidur full lagi sampai pagi. Sempet sih kacau lagi pas liburan ke mertua di akhir thn. Tp berkat kerja keras suami (hehe... soalnya dia yg bangun2 malem buat nenangin si kecil), akhirnya sampai skrg semua baik2 aja. Suami jg yg sering bertugas utk nidurin kl saya sudah kelar nyusuin.

SunShine: Kebayang deh, pasti parno. Bbrp teman di sini juga ngga mau tidur bareng dgn bayinya. Takut dgn resiko spt yg kamu ceritakan itu.

9

Topic: Sleeping Arrangement

djemima wrote:
The smellier, the merrier.


Ahahahahayyy.. same here, djem.. semakin asyem semakin syedap.. :D

Can't stop falling in love with SABQI

10

Topic: Sleeping Arrangement

peta dunia skr bisa di beli di ACE. gw pernah liat. ada yang model kayak semacam karpet gitu, ada yang model puzle. harga 400~700k. :)

11

Topic: Sleeping Arrangement

Raka... kamarnya keren sekaliii...
kamar KI-KA dindingnya berhias pelangi, alias aneka warna coretan crayon si kembar... hihihihi.. parah deh.. emang dari awal ada 1 dinding yang sengaja dibiarkan kosong tanpa hiasan. hanya di cat warna biru. dan ternyata dijadikan buku gambar sama si kembar, alhasil, warna-warni disana-sini. Enaknya bisa memantau pertumbuhan TB si kembar. karena seiring semakin tinggi, coretan warna-warni itu juga makin naik keatas.. hehehe...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Sleeping Arrangement

mmmm...shanice sampe sekarang usia 22 m masih tidur ama kita. dulu sih kalau tidur siang, ada kamar dia sendiri (terpisah)..karna yang nidurin art-nya. tapi karna ganti art, dan yang baru gak bisa nidurin dia...bahkan sempet kosong beberapa saat..., so yang kudu nidurin siang dia harus aku...jadi dianya bobok siangnya pindah ke kamar tidur utama. (hehehe...mamanya gak bisa nidurin dia di kamar dia...., soalnya dianya jadi lebih liar..., lari sana lari sini)
Suami gw sih udah ngomongin dari jauh2 hari..., saat gw belum mengandung anak ke 2...kalau shanice harus dibiasakan tidur terpisah dengan ortunya.jadi shanice tidur di kamarnya sendiri ditemani art atau bsnya. karna kalau si dedek sudah lahir..., akan jadi masalah besar kalau digabungkan menjadi satu. Karna shanice anaknya periang dan suka loncat sana loncat sini, grusuk sana grusuk sini..., bahaya buat si dedek.
tapi gw antepin doang...karna hihihi memang menyenangkan tidur bersama dengan dia, dan juga malesss banget bergulat untuk membiasakan dia pindah kamar. (emang gw, mama yang mau enaknya aja..hehehe)

Sekarang si dedek dah mau lahir 1 bulanlagi..., en gw jadi bingung sendiri.. awalnya gw berpikir, gw dan si kecil yang pindah kamar..., ke "kmarnya shanice"...tapi aku kan cuti kerja hanya 3 bulan...., nanti kalau aku harus kembali kerja...siapakah yang akan mengawasi si kecil di kamar tersendiri itu. Masa kan hanya dibiarkan bersama bs saja.
Semestinya si kecil berada di kamar tidur utama, dan yang mengawasi suamiku (ia SAHD)..., dan mestinya shanice yang di kamar terpisah dengan bs...karna shanice sudah bisa ngomong kalau terjadi tindakan yang kurang berkenan oleh bs-nya. Karna gak mungkin suamiku masuk dan satu kamar bersama bs untuk mengawasin si kecil.
Duh...jadi dilema niy moms...., en bingung harus mulai dari mana...karna sudah sangat telat untuk memindahkan shanice ke kamarnya itu....karna dia sudah sangat attached dengan kamar kita, dan tidur bersama mama-papanya.

13

Topic: Sleeping Arrangement

Mamashanice,
Kamar shanice dan kamar tidur utama jaraknya jauh kah? Ada gak kamar tidur yang letaknya bersebelahan persis?
Kamar tidur yang bersebelahan rasanya akan lebih mengurangi tenaga wara-wiri, juga agar bisa saling mengawasi. Kamar tidur yang bersebelahan juga membanti shanice bisa tidur sendiri tanpa diawasi siapapun. Bisa setelah tidur ditinggal. Karena letaknya bersebelahan apabila shanice nangis/mimpi buruk lebih cepat dijangkau. Sehingga shanice juga tidak bergantung BSnya utk tidur sekamar. Khawatirnya kalo pas BSnya sakit/flu kan kasihan shanice nya.

awalnya Kamar saya dan kamar tidur KI-KA juga bersebelahan. Untuk membuat lebih praktis dan menghemat tenaga, tembok antar kamar saya jebol dan dikasih pintu bersekat. Dulu waktu masih ASIX saya biasa wara-wiri lewat pintu sekat ini. tidak jauh karena berasa masih 1 kamar. sekarang ki-ka sudah 22 bulan pintu kita tutup separuh (kita pake pintu geser model jepang gitu). seiring pertumbuhan usianya inginnya pelan-pelan pintu kita tutup sampai full tertutup permanen saat mereka siap. sekarang masih tertutup separuh, krn mereka masih sering mimpi nangis2 kalo tengah malam. jadi saya masih perlu jalan pintas untuk membantu mereka calm down waktu tengah malam.

Waktu dipindah kamarnya, temenin aja dulu sampe tertidur seperti biasanya. sambil dibisikin, mama ada di kamar sebelah. Nanti kalo shanice cari mama, panggil mama di kamar yaa.. Ajarkan juga ia bangun tanpa menangis, turun tempat tidur sendiri dan jalan ke kamar mamanya sendiri. Ini dulu juga yg saya terapkan ke KI-KA, sehingga mereka merasa nyaman ketika terbangun dan tahu saya tidak ada di tempat. Membantu mereka tetap merasa aman, karena mereka tahu kita ada dimana. They know that we still arround though they don't see us..

Maaf kalo tidak banyak membantu.. semoga segera menemukan solusi terbaik sebelum dedeknya lahir ya..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Sleeping Arrangement

Kira Kara,
Kamar tidur utama dan kamarnya shanice masalahnya letaknya mayan berjauhan. letaknya menyerong dibatasi ama ruang keluarga. Kamar yang bersebelahan di rumahku tidak ada...huhuhu sayang sekali. Karena belum menemukan solusi yang terbaik untuk memindahkan dia ke kamar satunya. Saya masih menidurkan dia barengan ama aku. Sekarang lagi berkutat dnegan jam tidur dia yang masih acak adut. Regularly dia tidur diatas jam 12 malam dan bangun minimal jam 11 siang. Tumben2an niy semalam dia tidur jam 9.30 malam, karna siangnya gk tidur sama sekali...gara2 maunya makaaan terus.. (hihih...tumbeeen banget, karna biasanya dia susaaaaah banget makan, maunya susu doanng). Td pagi melek jam 7..., langsung minta makan walaupun masih ngantuk. en bobok lagi jam 9.15 pagi. selesai menidurkan dia..., aku langsung ciao ngantor....semoga nanti sore tidur siangnya gak kesorean..., en ends up tidur malamnya gk lebih dari jam 11 malam...
hhihihi....maaph keenakan oot....

15

Topic: Sleeping Arrangement

Dilema ya misah bobo sama anak, sebagai ibu kerja, salah satu bonding time-nya pas waktu bobo bareng itu. Jadi jujur sih, rada ga rela kalo mesti misah cepet2. Sekarang Damar udah 1 taun, rencananya tar abis weaning asi, dan udah bisa provide kamar sendiri atau kalo punya ade lagi mau dilatih bobo sendiri. Sekarang masih numpang di rumah mertua, jadi masih sekamar. Trus tar mau pindahan tapi kamarnya cuman 2, 1 buat nanny-nya, meskipun masih sodara sendiri nannynya tapi ga rela kalo Damar bobo sama dia, apalagi nanny-nya demen banget dengerin dangdut sama nonton sinetron malem2 takutnya jadi ketularan.

Dan bener banget, bau asemnya itu justru yang ngangenin. Dan dia tipenya yang harus nemplok sambil nyusu sambil tidur, bakal kehilangan banget nih kalo udah saatnya bobo pisah

16

Topic: Sleeping Arrangement

Hai semua, aku member baru disini.. Mau share aja soal sleeping arrangement sama anak. Ghani (13 mo) udah tidur sendiri di kamarnya sejak umur 8 bulan. Dramanya awal2 ngebiasain dia tidur sendiri itu ya ampuuun hebohnyaaa.. Nggak cuma Ghani yang nangis2, mamanya juga hehehe..

Sebelum itu kita co-sleep. Tapi kemudian memutuskan untuk pisah kamar karena beberapa alasan:
1. Aku udah waktunya balik kerja lagi (jadi pengen beauty sleep hihihi)
2. Ghani mau dititipkan di daycare (disana tidur siang nya harus selalu di cot)
3. Dari informasi yg kita dapet, anak umur 4-5 bulanan sebetulnya udah nggak perlu lagi minum susu tiap bbrp jam sekali. Jadi seharusnya sih udah bisa sleep through the night. Dan ini akan lebih asik kalo pisah kamar.

Untuk transisi dari co-sleep ke tidur di cot aja udah susah kan ya, apa lagi pisah kamar. Beberapa minggu pertama masih aku temenin tidur di kamar yg sama, tapi entah kenapa kok tengah malem masih suka kebangun2 terus nyariin aku. Tangannya menggapai2 dari sela2 cot minta pegangan tangan mama, minta peluk mama, huhuhu.. Jadi seringnya tanganku aku masukin ke dalem cot sambil ngelus2 Ghani sampai dia bobo lagi.

Kemudian dicoba setelah Ghani bobo aku pindah ke kamarku. Lho kok malah nggak bangun2 sampe pagi. Jadi kayaknya dia nyium bau aku jadi kebangun minta peluk dsb.

Selama ini menjelang bobo selalu ada routine nya juga, jadi Ghani tau kalo itu waktunya tidur. Sewaktu2 dia kebangun malem karena nightmare dsb ya akhirnya udh bisa menidurkan dirinya sendiri. Setelah ganti nappy, ganti piyama, diajak baca buku sebentar, aku pakein sleeping bag, diminumin susu (aku udah nggak breastfeeding lagi), kasih dummy, matiin lampu kamar dan nyalain white noise, terus aku bisikin aja "goodnight ghani, bobo ya..." langsung aku taruh di cot nya dan dalam keadaan blum tidur aku tinggal.

Surprisingly dengan cara seperti itu dia nggak nangis sama sekali, nggak manggil2, nggak teriak2. Diliat dari monitor Ghani cuma bolak balik badan aja di cot nya berusaha cari posisi tidur yang enak. 2-3 menit kemudian dia pulees.. Sampai pagi. Itu kira2 10 jam deh, dari jam 9 malam sampai 10 pagi.

Beberapa kali dia nangis malem2, tapi nggak lama. Paling 1 menit trus tidur lagi. Kita selalu tunggu 5 menit sebelum masuk kamarnya kalo dia nangis, karena kalo liat kita dia malah bangun dan nggak mau bobo lagi. Kalau nangisnya lebih dari 5 menit baru kita masuk kamarnya, make sure dia nggak kepanasan/kedinginan/kesakitan dll..

Kalo menurutku mungkin proses ini jadi lebih mudah karena Ghani anak empeng banget kali yaa.. Jadi ketika dia kebangun, nangis2, dia pasang empengnya sendiri ya udah kembali lagi ke comfort zone nya dia, bisa tidur dengan tenang deh. Yang aku masih takut gimana ini sebentar lagi rencana nya kita mau wean dia dari dummy apa masih bisa tidur kayak sekarang? hmmmmmm