1

Topic: Waktu Nonton TV

dina.kusumadewi

memang ada hubungannya kok! Ada penelitian yang mneyebutkan menonton tivi bikin gendut. Pertama, karena ga gerak. kedua, ya itu sambil ngemil.

ga cuma buat anak nonton tivi itu ga bagus, buat orang dewasa juga.

Tapi, dilemanya sama nih kayak mamas dan papas, corby (hampir 5bln) suka liat sinar dari tivi, termasuk dari hape juga lho! Tivi emang senjata ampuh klo udah kehabisan suara nyanyiin bintang kecil dkk... *lagi puasa bo!*

2

Topic: Waktu Nonton TV

Dari Abang Dede masih rada kecil, gue udah batesin sehari cuma boleh nonton TV 1 jam. Masing2 boleh pilih 1 program yg durasinya masing2 setengah jam. Tapi kompensasinya mereka jadi gila baca dan alhasil sekarang dua2nya kacamataan.

Sejak pindah ke Singapur, peraturan 1 jam TV itu masih berlaku tapi kali ini lebih karena gue mau mereka main keluar rumah di playground bawah spy ada gerak fisik dan nggak hanya cari hiburan di TV aja. Dan berhubung matanya juga udah tinggi minusnya, gue juga membatasi mereka main komputer/hp dll yg ada screen/monitornya. Alhasil sekarang saban sore Abang Dede nonton TV 1 jam dilanjutkan dgn berenang atau main sepeda/sepatu roda/badminton atau kejar2an sama temen2 mereka di bawah :)

Love all, trust a few, do wrong to none. -- William Shakespeare

3

Topic: Waktu Nonton TV

anak gw dah lumayan gede, yg pertama hampir 8 tahun dan yang kedua hampir 6 tahun. Untungnya mreka ngga terlalu suka nonton TV, jadi ngga terlalu meresahkan dan ngga perlu dilarang2. Tapi kalo terkadang mereka nonton kelamaan, biasanya gw bakal ngurangin waktu nonton mreka di hari berikutnya..jadi fleksible aja sih..

Z

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

4

Topic: Waktu Nonton TV

Selama ini malah TV berjasa banget, karena memang kalo pagi sampe malem dirumah cuma berdua, ngga pake helper.
Jadinya kalo lagi siap siapin makan atau gw perlu ke kamar mandi TV yang nemenin Justin.
Untuk bayi umur 8 bln, Justin udah punya acara favorite dan juga udah bisa bosan dengan acara favoritenya dulu.
Walaupun TV bebas buat dia tapi dia ngga setiap saat liat ke TV, hanya waktu opening dan closing aja. Malah dengan adanya TV dari awal gw udah bisa nebak dia tertarik dengan music dan yang gw takjub dia malah gerak gerakin badan kayak ngikutin dance routine di acara TV favoritenya.
Dan gw setuju kalo bayi atau anak nonton sesuai dengan umur.
So far yang gw setel buat Justin cuma Playhouse Disney.
Acara Favorite dulu :
1. Dibo
2. Pocoyo (kecuali yg judul pocoyo dance smp sekarang msh jadi favorite smp akhirnya cari filmnya dan gw convert ke hape)
Acara Favorite sekarang :
1. OSO (yang ini spesial, Justin selalu serius liatnya kalo ada OSO)
2. Mickey Mouse Clubhouse
3. Animal Mechanical

I am a Heart Mama

5

Topic: Waktu Nonton TV

first of all, thanks to metariza for this info.

anakku, Raza (9mos) suka banged nonton babytv kalo pagi, ada lagu dan acara yang dia suka, jadi kalo nonton itu dia ketawa2 sendiri.
tapi cuma sebentar-bentar aja liatnya, abis itu dia main2 sendiri di depan tv.

selama ini gw bertanya-tanya, sebenernya boleh ga sih baby nontontv, kalo iya, berapa lama? tapi ternyata kalo di US bener2 dilarang ya..
baiklah, setelah ini perlu lebih mengawasi dan membatasi jam nonton tv nya raza, biar ga terus-terusan terpapar cahaya tv.

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

6

Topic: Waktu Nonton TV

ya ampuunn..bahaya juga ya...
aku pikir cuma disortir yang di nonton aja udah cukup...

7

Topic: Waktu Nonton TV

Dimas juga sebelum pergi sekolah kalo inget minta nonton tivi dulu..,drpd males mandi pagi ya uda disetelin aja tivinya. tapi begitu air panas untuk mandi sdh siap langsung acara mandi pagi dimulai :)

mama sayang dimas sekali pisan euy... :cool

8

Topic: Waktu Nonton TV

Anak pertama n keduaku lahir di USA. Karena di sana ga ada maid and aku juga ga punya ortu/sodara yang tinggal di kota yang sama, so I was left alone with those 2 small kids.

Jadinya kalo aku harus 'kerja' (masak, nyuci, dll), anak2 aku taruh di sofa dan pasang DVD-DVD "Baby Einsteins' karena aku banyak baca and blajar dari blog mami2 di sana, bahwa memang hal itulah yang moms do when they have to leave the kids unattended. Abisnya kita have no choice juga sih.

Sekarang anak2ku udah lumayan besar and aku udah balik Jkt. Aku liat pengaruhnya byk nonton TV positif aja utk mereka :)

Shoot for the moon. If you miss, you'll land among the stars.

9

Topic: Waktu Nonton TV

gue juga termasuk yang ngebebasin aysha nonton, tapi hanya acara anak2 seperti baby tv, cbeebies, atau playhouse disney..eh sama upin ipin di mnctv hihihi..tapi semua itu dengan syarat, harus ada yg nemenin, jangan sampe aysha bner2 khusyuk nontonnya. untungnya mbak-nya aysha orgnya aktif, sering ajak ngobrol. apapun yang ada di tv ditanyain "liat aysha itu apa?bagus ya?itu namanya gajah.." jadi emang aysha sekarang terbilang cepet nambah vocabnya karena dia ngeliat sesuatu yang baru dari tv dan dijelasin sama mbak-nya. kalo dia ga nonton tv kan mana bisa dia liat gajah kalo ga ke bonbin hehehe :D :D
sempet sih gue ketakutan gara2 tv nyala terus, dan gue bilang sama ART gue supaya tv dinyalain cuma sebentar aja, sisanya aysha diajak maen lego atau mewarnai. tapi ditengah2 aktivitas itu aysha biasanya langsung protes "mba, baby mba.." susah juga sih, anaknya ngerengek2 gitu, tapi setelah gue perhatiin ternyata aysha cuma seneng dengerin aja, jadi kalo menurut dia ga seru ya dia balik lagi mewarnai atau nyusun balok, nanti kalo udah bagian yang dia suka kaya nyanyi2, baru liat tv lagi plus nari2 :P
jadinya ya udah gue bebasin aja lagi hehehe..
oia, untuk antisipasi biar mata aysha ga rusak..dirumah gue pake tv kecil, jadi sesuai ama jarak pandang matanya..yang repot gue kalo nonton hahaha :D selain itu, kalo aysha udah maju ke depan (nah yang ini gr2 kekecilan kali ya tv nya hahaha), tv langsung dimatiin dan dia udah tau itu tandanya harus mundur hehehe...

~Aysha's mom~

10

Topic: Waktu Nonton TV

hehehe, seru juga baca sharingnya mommies disini.
Kalo buat gw, TV gak terlarang banget tapi juga tetap ada batasnya. So far Devan (3.3thn) hanya boleh ntn TV saat gw dirumah. Gw jelasin ke Devan kalo cahaya yang dikeluarkan TV bs merusak mata kalo kita sering2 nonton TV, dan so far dia ngerti. Dan memang udah jadi kebiasaan, setiap Devan ntn TV (playhouse, cbeebies, tayangan anak TV lokal) pasti harus didampingin, pesen jg ke mbaknya yg jagain dia di rumah.

Keuntungannya lagi, mbaknya Devan ga suka ntn TV, bersyukurrr banget, jd bs meminimalisasi efek TV ini ke Devannya :)

Tapi, so far gw lihat efek TV thd Devan masih positif, dia belajar banyak hal dr TV juga, ky acara Mr Maker itu, Devan jd suka ikut2an pengen bikin2 sesuatu (crafty) kalo habis lihat tayangan itu. Belum lagi lucu kalo liat dia niruin gaya dance nya Boogie beebies.

Menurut gw siy, ntn TV nggak papa asalkan tetep ada pendampingan dan diajakin ngobrol saat nonton, jadi gak membiarkan si anak fokus banget ntn TV nya, hehehe

Happy Mama wif a handsome boy ever ;p

11

Topic: Waktu Nonton TV

Waa sama kaya moms yang laen karena gue ga pake BS or ART, tv jadi alternatif buat ngaso2 sebentar deh hehehe Tapi maliq juga cuma nonton vcd2 anak seh kaya barney, brainy baby, baby genius...sehari maks 3 kali nonton (1 vcd kurleb 30 menit x 3 = 1,5 jam masih aman yaaa) hehehe tapi kalo selama gue ngantor kan maliq dirumah eyangnya, disana tv seh nyala teruus untungnya maliq ga doyan nonton selain vcd2nya paling dia seneng liat iklan yang ada anak2nya juga. Kalo menurut gue nonton tv ini juga banyak plusnya, sambil nonton kita juga bisa berinteraksi sambil nunjukin gambar2 yang ada di tv kaya huruf, bentuk, nyanyian, dll...so asal ga berlebihan menurut gue seh ok2 aja nonton tv ya....tapi kadang yang bikin parno ada beberapa artikel (kalo ga salah ada thread yang bahas ini juga tapi lupa namanya) yg bilang kalo tv bisa bikin anak males ngomong walopun banyak yg ga terbukti juga ya...soalnya maliq ampe sekarang (16 mos) belom bisa ngomong seh tapi gue juga ga worried seh hehehe udah ah takut OOT :)

kangen teyuuus sama maliq paha montoq :)
www.mypetitefamilia.blogspot.com

12

Topic: Waktu Nonton TV

TV bwt aq sbg mengalihkan perhatian zahwa biar ga ikut sibuk bantuin bersih2 rmh, khawatir jg seh slx lumayan lama d depan TV (dr jam 08.00 Am ampe 11.00 Am).mg aja gpp.tp ada untung jg zahwa (1thn) ngocehx dah mulai jls wlwpun sdkit cadel.

13

Topic: Waktu Nonton TV

Radit gak begitu suka nongkrongin tv..paling2 jg dia cuma tahan 1 jam..selebihnya dia lebih suka aktifitas fisik atau gambar2,atau dia cerita sendiri walopun masi pake bahasa planet hehehe...
mungkin ini krn sejak dulu aku jg bukan yg termasuk suka nongkrongin tv,jadi jgn tanya deh klo soal sinetron2an yg to be continued..halahh...pasti deh bengong hahahaha....
radit jg paling diputerin DVD2 fave nya macam upin&ipin,jim-jam&sunny,baby genius,baby einstein...oya klo siaran tv yg aman n recomended tuh c* channel..so far dari kartun2nya aman,gak ada iklan2 yg sarkas,sinetron or acara infotainment yg kurang aman buat anak2.. bisa dibilang gak ada samsek...n di chanel ini radit suka bgt ma kartun postman pat,sobat cilik n guess with jess..seru jg coz interaktif n ngajarin anak nebak2 hewan,huruf dll...
klo kedapetan aku muter chanel berita pasti deh dgn gak senonohnya dia lgsg matiin tv,padahal lg rame..huhu..jadilah aku tergusur nonton di kamar..

MamaSmurfyangselalurianggembira ^_^Y IG : @nika.susanti

14

Topic: Waktu Nonton TV

Raka baru 4 bulan.... secara emaknya kerja di TV Satelit. Agak sering tuh mantengin TV kalo dirumah. Raka ga pernah liat langsung kalo gue nyetel tivi. Cuman dipagi2 buta, kalo Raka uda ga mau tidur lagi ( jam 4 subuh ), dan emaknya belum ngumpul nyawanya.. suka gue agak tegakin duduknya, pasang playhouse, atau BabyFirst.. doi anteng, sementara gue peluk2 doi aja.
Emang ampuh sih buat nenangin bayi barang 15 menitan. -_-"

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

15

Topic: Waktu Nonton TV

Waktu dikamar ada Tv kabel,anak-anak hobiii banget nonton tv. Karena udah mulai "kebangetan" akhirnya tv kabel yg di kamar di stop.
Sekarang anak-anak udah gede,ya jadinya suka juga sama nonton kartun di tv biasa. tapiii memang lebih sering nyala dan mereka sambil main mobil,masakan,etc sih..

Terakhir lagi pada suka nonton dvd..ini yang harus mulai dibatesin,tapi gimana yaa.. beberapa saat ini mama harus temenan sama laptop dulu,jadi mau ga mau dvd jadi ART. Tapi sekarang,mereka setiap habis nonton itu pasti sibuk gambar-gambar,jadi masih maju mundur mau dikurangin jadi berapa lama :D

Kalo mama-mama yang lain,anaknya masih pada suka nonton tv/dvd ngga? biasanya nonton apa dan berapa lama?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

16

Topic: Waktu Nonton TV

cindy,
cin... di rumahku sih anak2 nonton tv :D tapi yg no 1 suka banget nat geo. jadi ngga apa2 sih, nambah pengetahuan. sesekali mereka nonton kartun. kalo udah waktunya dinner, di-stop deh.

kalo weekend lebih bebas :D karena kita pun ngga main tablet. jadi boleh2 aja kalo mau nonton kartun.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Waktu Nonton TV

Anak2 ku termasuk yg agak lama nonton TVnya, tapi sama kaya anak2nya Cindy, mata mereka ga yg fokus banget ke TV jadi biasanya sambil gambar dan sambil main. Alhamdulillah sejak mulai sekolah sudah mulai agak berkurang dengan sendirinya.

Karena di rumah gak langganan TV Kabel, jadi cuma nonton di TV biasa aja,anak2 sih sudah bisa milih tontonan mereka sendiri, biasanya mereka nonton tayangan anak di RTV macam Tatonka, Dodo dan Samil. Juga tayangan di MNC kaya Ipin dan Upin dan BoBoboy.
Kalau malam mereka nonton Global TV,tapi itupun kalo tayangan anak2 tapi kalau bukan, biasanya mereka langsung matiin TV. Pun begitu kalau sudah tidak ada yg menarik buat mereka, pasti langsung dimatiin TVnya.

Dulu sih mereka pernah nonton sapo Jarwo, dan Keluarga Somat di Indosiar, tapi pas saya ikut tonton ternyata menurut saya kurang ok untuk anak2, akhirnya saya beritahu mereka dan sejak saat itu langsung stop deh.

Nonton DVD biasanya pas hari libur, jadi mereka nonton DVD favorit mereka ganti2an

A Mother Always Bring Extra Love...

18

Topic: Waktu Nonton TV

teh ninit nah,anak-anak tuh suka males keluar buat nonton tv kabel,enak dikamar katanya.
Jadi yang paling fave itu laptop si unyil. kan suka pergi ke pabrik macem2 tuh..

restya Kartun-kartunnya yang ditonton dirumah juga kurang lebih sama. cuma ya buat suara-suara aja sih kalo mereka.
Kadang kalo ngga ngeh ya aku ganti dvd lagu-lagu gitu,hihi..

Kalo anak-anak weekend dibebasin juga mau ngapain..tapi biasanya malah asik main sama temen-temen disekitar rumah,pretend play gitu :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

19

Topic: Waktu Nonton TV

restya,
aku juga kurang begitu suka dgn sapo jarwo itu. kayaknya mau menandingi upin ipin ya? tapi imo kurang berhasil. padahal animasinya sih bagus... tapi dari segi cerita, aku kurang sreg.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Waktu Nonton TV

Anakku suka excited tuh kalau ada sopo jarwo,, sekarang masih tinggal di rumah mertua wich is dari ponakan sampai yang gede hobi nonton tv,, dari kartun, sinetron sampai drama turki ituu.. serba salah juga, gak mungkin anakku dikurung di kamar supaya gak nonton tv.. tapi makin ke sini kok ni anak dari yang cuek sama TV jadi bisa fokus sama satu acara tv,, akhirnya kalau udah sinetron2 gitu anaknya aku ajak jalan2.. kalau kartun masih okelah,, meskipun aku kurang sreg,, habis ini pindah ke rumah sendiri langsung di rukyah, wkwkwk untungnya aku gak hobi nonton tv jg, jd bisa lah gembleng anak buat batesin tontonannya..

Proud wife, happy mama, and coffee freak..

Banosflorales.blogspot.co.id

21

Topic: Waktu Nonton TV

meriskapw nah iyaa nih,kalo tinggal serumah sama banyak orang yg suka nonton sinetron suka susah yaa,ngebatasinnya. masa iya tiap hari ajak jalan-jalan? sementara sinetron dari sore-malem banget,hihi..

Sekarang anak-anak waktu nontonnya masih lumayan lama,sekitar 4-5 jam sehari. pengennya lebih sedikit lagi dari itu,well belum tahu juga deh nanti gimana

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

22

Topic: Waktu Nonton TV

meriskapw, iya nih, drama Turki lagi heboh banget ya, sampe anak2 juga suka karena ngeliat orang dewasa pada nonton semuanya..

aku juga lagi batesin anak2 nonton nih, terutama si kecil. Kebanyakan yang dibolehin pasti kartun untuk anak2 aja, tapi ada salah satu sinetron yang dia suka, judulnya go bmx, yasudahlah, kadang2 diijinin nonton juga sih karena kakak2nya pada nonton...

cindy, gw juga lagi berusaha ngurangin jam nonton anak nih...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

23

Topic: Waktu Nonton TV

zata nah iya,go bmx ini si herbie suka doongg! gara-garanya sodara dia di jakarta juga nonton dan sering ceritain..

Kalo di kasusku masih agak susah mengurangi jam nonton tv,soalnya kalo aku harus didepan komp. anak-anak udah paling anteng kalo nonton tv/dvd. ntar kalo dimatiin,mereka nyari komp,gadget gitu2..
Jadi kadang sambil nonton sambil aku sediain kertas/pensil warna buat sambilan :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

24

Topic: Waktu Nonton TV

Waa udah lama banget ga main ke thread ini, hmm agar sulit sih ya soul TV ini, satu sisi emang bantu banget anak anteng apalagi kalo udah nonton sejenis hi 5 gitu. anakku justru leibe sering non pas weekdays bangui tidur siang biasanya yg agak lama. soalnya kalo weekend udah pasti aku pilih kegiatan outdoor.

cindy - emang kalo online tuh anak2 ga bisa aja lihat ibunya depan laptop :D bawaannya pgn ikutan "keja" (kalo kata vino bilang kerja). mwihihi

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

25

Topic: Waktu Nonton TV

mommy nah iyaa,dulu maghma pas seumuran vino juga gitu masih nempel terus kalo mama depan komp,sampe kira2 usia.............2y8m *ups*
sekarang sih udah agak enak,bisa sambil nyanyi2 lagunya naura (yhaa,udah punya penyanyi lain selain hi5) atau gambar bareng..

btw,Wilson udah mulai addict sama satu acara tv. suka bete kalo di tv itu kan iklan2 yaa,trus ngomel2 minta disetel di yutub lah,hih

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/