1

Topic: Mendampingi Anak Belajar

Ipeh, setuju sama Ella, kebanyakan yang heboh itu ibunya, anak2nya mah santai tapi belajar (kan itu emang yang diperlukan)... gw pun kayak teh ninit, tergolong santai, paling cuma ngingetin aja dan nanya adakah mata pelajaran khusus yg perlu bantuan..

kalo di rumah, sebenernya gw malah nggak mau menforsir anak2 saat menjelang UAS karena belajar harusnya sudah menjadi keseharian mereka, bahkan kalo UAS jatuh pada hari Senin, hari Minggunya anak2 malah gw ajak jalan2 santai, tapi..., dengan catatan mereka sudah pede dng hasil belajar sebelumnya, kalo memang mereka bilang perlu bantuan misalnya di satu mata pelajaran yang sulit, ya biasanya minggu malam kami ulang sama2..

Intinya sih Peh, jaga kesehatan dan belajar secukupnya...

Semoga lancar buat Lana dan anak2 kita yang mau UAS yaaa... amiiiinnnnn....

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

2

Topic: Mendampingi Anak Belajar

minggu lalu anak-anak tes,nah udah heboh aja lah minta anak-anak belajar,tapiii aku mintanya sambil nyantai aja sih. tes nya sendiri masih yang mewarnai,menarik garis dan menebalkan garis. gitu-gitu aja tapi kan namanya anak kecil tetep yaah susah juga ngajarinnya.

anak-anak dirumah udah mulai enak sih belajarnya,ngga yang harus ditungguin sambil "ngoceh" lagi. biasanya kalo ada yang ga tau mereka minta bantuan dengan sendirinya ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

3

Topic: Mendampingi Anak Belajar

cindy,
biasanya kalo belajar dirumah, aku setting suasananya tetep seperti suasana bermain. Misalkan waktu belajar menarik garis, aku pakai media tepung. atau dulu pernah print gambar semut A dan semut B yang ada di tempat berbeda, lalu aku minta anak2 tarik garis buat bikin jembatan krn semutnya mau menyebrang, pengen ketemu temannya. yaa semacam itulah.
Sampai skrg pun masih seperti itu. Belajar menulis huruf, angka, aku pakai kapur warna warni itu, nulisnya di paving teras depan. Kalau mau hapus ya tinggal guyur air aja. belajar bikin bentuk2 geometri, bunga, orang, macem2. bikin fun aja. Jadi rasanya belajar itu bukan beban. mengingat 2 bocah kembar ini agak "unik". Kira sih mudah catch up semuanya. Tapi Kara agak susah karena daya imaginasi dia dominan sekali. jadi setiap belajar musti didampingi dan sambil bercerita. kalo gak gitu dia cepet bosan. :p

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Mendampingi Anak Belajar

Bude wit whaaa,makasih sudah share bude! soalnya memang beda banget nih cara belajarnya Wilson-Herbie dan Maghma. Jadi kalo Kara lebih sering belajar pake cara cerita yaa?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

5

Topic: Mendampingi Anak Belajar

cindy sami-sami.

Yang agak struggling itu ketika mendampingi belajar menyelesaikan PR. (duh TK juga sudah ada PR!) Karena PR itu kan harus nulisnya di buku sesuai petunjuk atau perintahnya. Nah itu yang agak menantang. Pernah dunk, Kara bosan dan gak ngerjain PRnya. Ya sudahlah, daripada dipaksa, diikutin saja maunya. Sekalian pengen tahu gimana sih reaksi sekolahnya ketika ada anak yang gak ngerjain PR. Ya meskipun PR ini belum tentu seminggu sekali dikasih dari sekolah, tapi biasanya ada. Dan sudah lebih kreatif lah isi PRnya bukan hanya melulu menirukan tulisan. Tapi ya tetep saja ketika ada PR yang menurut dia gak asik, itu luar biasa rasanya.
Ternyata ketika dia gak ngerjain PR, di sekolah dia diminta ngerjain di waktu istirahat. jadi ketika teman-temannya istirahat, dia masih ngerjain PRnya sambil kadang dilihatin teman-temannya. Malu dunk dia. Meskipun setelah itu bundanya sempat di cap salah satu ibu temannya katanya gak bantuin anak belajar, tapi ya sutralah... hahaha.. Namun akhirnya sejak saat itu dia tidak pernah skip untuk mengerjakan PRnya. Sebosan apapun isi PRnya selalu berusaha dikerjakan. Biasanya dia mulai belajar mengusir bosan dengan ngerjain PR sambil makan biskuit, atau ngerjain PR sambil bercerita tentang sesuatu.
Terkadang bentuk pendampingan itu bisa berupa pendampingan moral :D bukan hanya sekedar merepet suruh anak belajar. heuheu...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Mendampingi Anak Belajar

Di TKnya Wilson_Herbie juga setiap hari sudah ada PR *sigh* tapi anaknya sih oke-oke aja mengerjakannya. Cuma biasanya lamaaa banget karena seringnya pada tengak-tengokan berdua,hih.
Ternyata normal-normal aja ya kalo seusia TK gini mengerjakan PR nya sambil ngelakuin hal lain? hmm..

Tapi kalau mengajarkan konsentrasi pada anak gimana ya caranya? Yang tetap fun sih tentunya.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/