1

Topic: Let Down Reflect atau LDR

dear moms, mods, dkk

sy search ttg topic ini di forum,tp tidak menemukan, apakah bisa tolong bantu. Sy perlu pencerahan ttg hal yg satu ini.

Skrg sy menyusui anak kdua, umurnya baru 3mgu, thanks God, ASI sy cukup utk Gemma, setiap dia butuh,sy layani saja.

Sy jg workingmom, msh lama sih masuk lg,nti Feb, tp sekarang,saat PD sedang kencang banget, sy pompa deh. Nah dr awal sampai tadi pagi,br sy rasakan pertama kalinya LDR ini, tiba2 mancur aja, sy ampe seneng bgt. Tp buat mancingnya,setiap kali LDR gimana ya?
Tadi tuh tiba2 aja. Td sy mixed perah pake pump electric dan pake tangan.

Pls share, bagi tips dan trik nya ya...

Salam, EKA.

i'm a blessed and happy wife & mother of two

2

Topic: Let Down Reflect atau LDR

hello, eka.
Nama kita sama :)

Di thread Breastfeeding & Pumping sih beberapa member ada yg sedikit membahas ttg LDR ini.
Tapi gpp deh thread LDR ini dibuka dulu biar diskusinya lbh fokus ke LDR ya :)

Gw sendiri awal2 menyusui sering bgt LDR, apalagi saat Pd yg satu sedang disusuin dan bayinya main2in Pd yg satunya :)
Kalo lg pumping jg gitu, kalo Pd yg 1 lg dipompa, Pd yg satunya malah LDR.
kalo lagi LDR, biasanya alirannya lbh deres, jd bayinya suka keselek & nangis :)
Tapi gw seneng kalo dpt LDR pas lg pumping :)

kalo tmn2 gw dapetin LDR dgn cara dikilik2 gitu daerah areolanya, tapi kalo gw kalo sengaja gitu malah jd gak dpt LDRnya.

Gw sendiri bakal LDR kalo ga mikirin LDR tuh, jd pas pumping hrs senderan, trus dengerin musik, ya
pokonya santai2 gitu malah sering dpt LDRnya :)
Ehm namanya juga Reflect ya.. Jadi kalo disengaja2 gt malah jd kepikiran dan gak muncul2 tuh LDRnya..

Ada jg yg sambil bayangin bayinya, atau bayangin hal2 yg menyenangkan kayak jalan2 di taman, liat air sungai, atau liat gambar2/photo2 bayi atau pemandangan.
Kalo gw sambil bayangin bayi lg pumping di kantor malah sedih pengen pulang hehehe..

Tapi emang gw rada aneh sih, pernah LDR pas lg ketawa2 becanda ma temen2 (untung pake breastpad), dan sesudah makan pas makan makanan yg gw pengen saat itu. Waktu itu gw lg pengeeeen banget makan tongseng iga, trus beberapa saat setelah makan, dapet deh si LDR. kayaknya krn hatinya seneng ya :) dan mungkin krn banyak kuahnya jg..gak tau jg ya..

Err..kayaknya tiap org beda2 ya cara dapetin LDRnya.
Kalo tips dr gw sih yg penting hatinya tenang dan senang, pasti deh LDRnya kencang :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Let Down Reflect atau LDR

pas awal nyusuin dl sering banget LDR sampe netes netes sendiri padahal g di apa apain
sekarang baby ku 1m19d malah jarang bgt LDR
kenapa ya?
sori bukanny jawab malah balik nanya :)

4

Topic: Let Down Reflect atau LDR

Halooo..
Iyaa,kalo pas awal2 menyusui emang seriiing banget LDR.. Tiba2 LDR, pas menyusui ato pumping satu PD, tiba2 PD yg lain LDR..paling males kalo LDR pas mandi hiks
Skg yama 8 bulan, alhamdulillah masih asi.. Kalo pengalamanku buat micu LDR ya kayak mbak Eka bilang, relax aja.. Pluuus, makan minum banyak en ngliatin ekspresi yama pas nenen hehe..

5

Topic: Let Down Reflect atau LDR

Ampe skrg B 5mo msh tiap nyusuin pasti LDR. Walau ga bs bantu gimana caranya supaya LDR, yg ada aku cuma nungguin tuh. Pasti LDR aja kl udah waktunya. Di luar menyusui / pumping aku ga pernah ngerasain LDR nih

6

Topic: Let Down Reflect atau LDR

Dulu pas randi masih sebulan sering banget LDR yang netes netes. Sekarang udah hampir 7bulan netes paling cuma sekali seminggu, tapi rasanya krenyeng2 di payudara, sekitar 5-10 menit after payudara kosong disusuin, gak pernah netes, gak pernah kenceng....tapi krenyeng2 geli geli gitu .... Itu LDR juga kah?

The greatest gift from God....my Randi

7

Topic: Let Down Reflect atau LDR

sebulan pertama krenyeng2 mpe netes..
slanjutnya mpe 6 bulan krenyeng2 aja..
6- sekarang (13months) nyuuuuttt sekali aja.. n itupun jarang2..

8

Topic: Let Down Reflect atau LDR

Kalau aku perhatiin di aku sampe sekarang 3 months, waktu baby nya latch on pertama nya kan dia akan pancing ASI nya keluar dengan sedotan yang agak cepet. Nah beberapa saat kemudian PD akan mengencang dan kejadian lah si LDR ini, dia akan nyedot agak lambat tapi panjang.

Sewaktu mompa aku coba copy in caranya itu. Kebetulan punya dua BP. Kalau yang Medela Swing memang sudah seperti itu metodanya. Nah yang satunya kan manual (Avent), gw coba awalnya pompa pendek2 tapi cepet setelah LDR dapet barulah diteken dan panjang panjang :)

Sampe sekarang sih lumayan berhasil bisa mancing 2 kali LDR setiap PD.
Memang bervariasi jadinya, dulu awal awal dalam 15 menit dapat 2 kali LDR, terus sempet drop jadi setengah jam, sekarang bervariasi. Kalau lagi cape banget (sewaktu kena flu) setengah jam mompa LDR cuman sekali aja pas di awal mompa.

9

Topic: Let Down Reflect atau LDR

mamas, klo aku ya sblom LDR itu kok ya muaall bgt, sampe mau muntah gitu. dan itu pasti. setelah mual baru deh sengkring2 di PYD ku trus, cuuurrr..LDR..
jd berasa ngidam lg saya..hehehe..
waktu awal2 menyusui sih bingung itu kenapa bisa mual sblom LDR, eh kmrn akhirnya terjawab deh setelah saya baca disebuah majalah.
Hormon oksitosin yg tugasnya ngeluarin ASI dan bikin LDR itu, ternyata buat sebagian orang bisa menimbulkan rasa mual, terlebih lagi pada saat babynya sedang dalam masa growth spurt.

ada yg sama seperti saya?

If Better is Possible, Good is not Enough

10

Topic: Let Down Reflect atau LDR

sampe skrg babyku 2mos3wks, kayanya blm pernah ngalamin LDR hiks hiks
Ada tips buat bikin ldr ga sih? sampe sedih dibilangin klo asi-nya kering, gara2 ga ngalamin ldr..

11

Topic: Let Down Reflect atau LDR

JXMom jangan dipikirin ya bu klo dibilang asi nya kering, klo dipikirin jadi stress ntar dan ngaruh ke asi.

Pengalaman saya dapat LDR itu klo :
1. Pake BP klo PD lagi penuh dan kitanya rileks
2. Menyusui dan Alhamdulillah selalu LDR, mungkin kebawa seneng liat bayi kita dan rileks juga
3. Kalo udah waktunya menyusui tapi kitanya telat, ASI muncrat kayak LDR gitu, atau itu beda lagi istilahnya ya mom?

:: mamanya Aishafty ::
blog : ournewpage.wordpress.com
Twitter : pompongdeh

12

Topic: Let Down Reflect atau LDR

JXmom - Ga usah didengerin orang lain yang bilang ASI-nya kering, mom *peluuukkk* Bukan mereka yang nyusuin, bukan mereka yang ngasuh anak, ngomongnya kok sembarangan. Ga usah didengerin ya :) Yang penting kan ASI tetep ada dan si bayi sehat :)

Aku beberapa kali ngalamin LDR, dan pernah sekali itu kenceng dan lama banget. Sampe bingung kenapa (waktu itu belum tau istilah LDR) dan ngira-ngira apa gara-gara seharian itu ngemil kacang, minum sari kacang ijo, minum jamu juga, plus lauk makan siang dan malam pake daun katuk ya, hihi. Terus malemnya suami beli donat yang emang aku lagi pengen banget. Tambah lah itu ASI netes terus. Jadi aku rasa mungkin LDR selain dipicu dari makanan/minuman yang emang berfungsi memperbanyak ASI juga dari mood si ibu kali ya? :) Lalu aku juga pernah dipijat PD-nya biar lebih lancar. Nah sejak itu deh, LDR sering banget.

Dapet LDR ini seneng-seneng bingung. Seneng, karena Alhamdulillah liat ASI Insya Allah cukup buat si bayi, tapi bingung karena kadang suka netes pas waktu yang ga asik; pas tidur, misalnya :| Jadi pas tidur pun aku tetep pake bra menyusui, jadinya sesak banget rasanya, huhuh.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

13

Topic: Let Down Reflect atau LDR

Mommy..
Sepertinya LDR itu nggak bisa direncanakan ya. Namanya juga reflect. Alhamdulillah pas nyusuin anak kedua LDR terus. Ampe kuyup bajunya. Untung gak masuk angin. Terus pernah gak sengaja pas LDR gtu pas lagi menyusui anakku nangis2 kayak gak sanggup gtu pas aku tarik PDnya ternyata itu susu lagi mancur, persis kayak air mancur. Pantesan aja anakku nangis. Hehehe. Trus klo lagi mompa pake BP aku bisa 2-3 kali LDR dan itu bikin nangih, pengen LDR terus biar dapet hasilnya banyak. Cuma aku gak tau gimana caranya bisa LDR krn itu alami aja. Saranku klo kita lagi mompa terus berasa asinya gak bakal keluar lagi coba tunggu beberapa saat mom, pasti langsung LDR. Ini kejadian di aku sih. Berasa hopeless mo udahan mompanya, tetiba LDR lagi dan PD sebelahnya bs nampung tetesan2 asi, lumayan buat nambah2. Sebenernya LDR atau nggak yg penting kita yakin asi kita cukup untuk bayi kita. Selalu positive thinking dan cari hal2 yg bikin kita happy ^_^

14

Topic: Let Down Reflect atau LDR

Huaaa.. Nyusuin trip ke2 ini jarang banget LDR.. Hasil pumping jd kurang maksimal.. Ada tips and trick nya ga ya biar bs sering dpt LDR.. Spy pumpingnya maksimal dan freezer cpt penuh.. Hehehe

15

Topic: Let Down Reflect atau LDR

haiii MJs mommy,
aku baca2 artikel dari TUMexpert monika ada tipsnya sbb:

Tips untuk memacu LDR: Gunakanlah seluruh indera Mama untuk memfasilitasi LDR. Tips secara umum, konsentrasikan indera Mama untuk melihat, mencium, menyentuh bayi. Makan dan minum yang disukai Mama, dengarkan hal disukai dll. Berikut ini adalah tips yang lebih detil untuk memacu LDR:

Sebelum mulai menyusui:

- Mandi air hangat, pakai shower bila ada, lanjutkan dengan memijat lembut payudara Mama.
- Apabila Mama sedang sakit, Mama bisa pertimbangkan untuk meminum obat pengurang sakit/ pain killer yang aman untuk Ibu menyusui, misalnya golongan Paracetamol. Rasa sakit menyebabkan stress dan menghambat LDR.
- Pilih tempat yang tenang dan nyaman.
- Perbanyak skin to skin contact dengan bayi.
- Minum/ makan yang disukai Mama.
- Minta bantuan suami/ orang terdekat untuk memijat punggung Mama/ yang disebut: Pijat Oksitosin. Bila tidak bisa maka pijat lembut saja untuk menyamankan.

lebih lengkapnya ini diaaa link artikel mama monika: http://theurbanmama.com/articles/hormon-prolaktin-dan-oksitosin.html

HTH yaaa MJs Mommy :*

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Let Down Reflect atau LDR

ninit
Waah tq ya infonya mom.. Ntar dicoba.. Mudah2an berhasil deh.. Hehehe..
Artikelnya bermanfaat bgt mom.. Tq y sharingnya..

17

Topic: Let Down Reflect atau LDR

MJs Mommy,
aamiin... semoga makin lancar yaaa. bisa dibaca2 nih MJs mommy all about ASI di TUM http://theurbanmama.com/breastfeeding :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Let Down Reflect atau LDR

bener tuh aku LDR kalau lagi:


  • mandi *satu-satunya me time di rumah*[/*]


  • makan makanan favorit[/*]


  • jalan jalan ke mall :)[/*]

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com