1

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

hi mommies..
mau sharing atas todongan ninit niiy.. hehehe
ada contoh soal ttg pentingnya ajarin anak benar/salah sedini mungkin.
ceritanya sih mungkin gak seakurat dulu. tapi kira2 garis besarnya sama.

Waktu itu anak gue masih umur 2,5 tahunan kalo ga salah, kita lagi ada di acara kumpul2 keluarga di salah satu tempat teman. Meskipun ada anak2 lain sebaya, anak gue asik main sendiri. Sebab waktu itu kami termasuk 'anggota baru' di situ. (ibunya blm gaul) :p
Dia sedang main2 dengan daun yg dia pungut dari tanah, tau2 ada anak sebaya yg ngeliat langsung samber aja ngambil daunnya dari tangan dia. Sontak dia kaget lalu nangis. Nah ibunya si anak tadi ada disitu juga dan ngeliat kejadian itu. Dia ambil lagi daun itu dari anaknya sambil bilang "eh, jangan gitu dong. sini kembaliin".
Trus dikasih ke gue sambil bilang "maklum deh masih anak2.. dia belom ngerti, suka main rebut aja".
lalu anaknya lari lagi main dengan temannya yg lain dan ibunya asik balik ngobrol lagi.

wah... ada yg salah nih..
1. anaknya dibiarin aja ngeloyor kayak gitu tanpa ditegur dan diberi pengertian.
2. anaknya malah dibela dengan bilang 'maklum masih anak2'
3. anaknya nggak diajarin minta maaf

dongkol bener rasanya!
oh well.... ternyata setelah bbrp taun kemudian pun... tabiat anaknya masih kayak gitu aja.
main rebut, main tarik barang orang lain tanpa ada perasaan salah ato sungkan. bertingkah semau2nya...
Aneh? Nggak. Krn anaknya emang nggak diajarin dari awal sama orang tuanya.

sebisanya ajarin anak kita sopan (well behaved) sedini mungkin. gue juga nggak ngerti sedini mungkin itu dari mulai umur berapa harusnya, tapi gue yakin, begitu anak kita udah bisa memperhatikan kita bicara (mendengarkan) dia udah bisa menangkap sesuatu dari apa yg kita omongin. maybe as early as 5 mths? paling nggak.. umur2 batita lah.
salah satunya yg bisa kita ajarin yaitu ttg "the magic words" (sorry, thank you, please, etc).
- kalo salah, minta maaf. (meskipun pastinya mrk belom ngerti apa itu maaf/sorry)
- kalo dikasih sesuatu, bilang terima kasih (apresiasi)
- kalo mau sesuatu, minta ijin/permission ---> lebih sopan lagi kalo tambahin 'please'
ketika hal ini diulang2 terus sama kita.. gue yakin lama2 mereka akan ngerti sendiri deh.
sambil kita juga kasih pengertian.
misalkan : kenapa dia salah dan harus minta maaf ---> karena ngerebut mainan teman.

jadi... sebaiknya hindari kata2 "ah, kan masih anak2" kepada anak kalo mereka sedang/telah berbuat salah. melainkan beri pengertian. anak ga akan ngerti dibilangin sekali... perlu berkali2 diberi contoh. lama2 juga bisa ngerti.
gak perlu dimarah2in juga. malah kalo bisa dibisikin pelan2 biar si anak nggak malu kalo dia udah berbuat salah di depan org banyak.

gimana... setuju nggak? mommies kalo ada yg mau di-share atau ada yg mau nambahin ato nggak setuju tentang ini silakan yaaa...

2

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

Pernah baca juga di buku Nanny 911 tentang hal ini. Ilustrasinya adalah bayi usia 6 bulan yang suka memukul wajah orang lain. Oleh ortu aktivitas memukul wajah ini dibiarkan karena dianggap biasa 'namanya juga bayi'. Namun ketika sang bayi memukul wajah nanny (entah siapa namanya), oleh nanny diberitahu dengan cara menurunkan tangan bayi dan mengatakan tidak boleh memukul.

Ketika sang bayi beranjak balita, ia masih suka memukul orang lain kecuali nanny.

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

setuju banget ama chint13 kalau kita harus biasain dari sedini mungkin ngajarin anak yg benar dan salah.....

itu aku coba terapin ama Diba juga, kalau dia melakukan kesalahan dikasi tau salahnya di mana dan harus bilang "maaf" atau "sorry".....
kalau dikasih sesuatu Diba udah ngerti juga bilang "makasi" atau "thank you"
paling lancar sih kalo mau sesuatu Diba pasti pake embel2 "pissss bunda, lappu bunda" (translation: please bunda, i love you bunda) hehehehhe

suka bete aja kalau liat ortu lain pake label "ah masih anak2...gapapa", padahal harusnya kan ngga gitu ya...harus dikasi pengertian ke anak kalau itu salah. contohnya waktu itu ada acara ultah temannya Diba, nah salah satu temannya itu memang terkenal sebagai anak yg "bandelllllllllll"....namanya katakanlah si "R" dan ibunya cuek beibeh liat kelakuan anaknya, ga pernah ditegor, malah asik sendiri. trus, tiba2 dia pas main sama anak lainnya, krn memang R bawaannya mainnya kasar dan egois, temannya itu didorong sampai kepalanya kejedot ujung meja, dan nangis hebohhhhhh.....ibunya R cueknya cuma ketawa2 liat anaknya melakukan kesalahan yg parah menurut saya ya, malah sibuk ngerumpi dengan ibu2 lain...sementara ibunya yg didorong udah bete abis. kejadian ini tuh di tempat yg rame, dan ibu2nya masing2 anak ada lho di situ. dan di sekolah juga kelakuannya R sama aja, udah terkenal satu sekolah kalo dia kakak kelas yg nakal dan ganas. sebenarnya kasian juga ama si R ini, tapi kalau ibunya aja cuek, kita mesti gimana dong? Diba aja yg liat kejadian waktu R dorong temannya itu bisa berkomentar : kasian kakak jatuh bunda, R nakal, tidak boleh.......

sampai saat ini masih suka bete kalo ketemu si R dan ibunya hehehhee....

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

4

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

aku juga setuju banget sama mbak chint13. anak itu adalah produk dari kebiasaan. jadi kalo kita membiasakan dia dari kecil untuk well behaved, dia akan tumbuh dengan well-behaved manners. as hard as it can be, mesti consistent.

contohnya anakku sekarang baru 20bulan, tapi dia udah ngerti kalo mau masuk rumah dia duluan yang bakal bilang.. "..kuummm.. " (assalamualaikum maksudnya) .. trus walopun dia masih blom bisa ngomong "thank you" dan "sorry" dengan jelas, udah diajarin. kalo minta sesuatu trus dikasih harus ngomong thank you. kalo dia nakal (suka mukul mbaknya... maksudnya sih karena dia ngajak maen, tapi kadang mukulnya jadi beneran) dia mesti ngomong "sorry". dan kalo dia mau minta sesuatu (biasanya minta mimik yang bisa diulang2 berkali2.. ) dia mesti ngomong "please".

ya emang sih belom ngerti sekarang, tapi gue berharap gedenya dia ngerti kata2 itu dan jadi kebiasaan nya. seperti kebiasaan dia mengucapkan salam setiap masuk ke rumah.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

setuju mbak shin!
langit juga pernah jadi 'korban' pukulan anaknya temenku. kebetulan seumur, dan gw akrab sama ibunya. lagi asik2 main, alhamdulillah Langit kalo main jarang banget yang ngerebut main anak lain, paling dia hanya suka tunjuk2 mainan anak lain dan bilang "bu, mau" kalo dia mau itu ga pernah ujuk2 ngerebut. nah suatu kali langit lagi asik main sendiri, tapi2 analknya temen gw nyamperin, narik2 mainan dan "plaakk.." langit dikeplak dong mukanya! Langit kaget tapi ga nangis. gw mo marah tapi ga enak sama temen gw, temen gw juga kayanya jadi ga enak sama gw. marahin anaknya, eh anaknya malah ngamuk.
belakangan gw baru ngeh, anaknya temen gw ini karena keseringan dirumah cuma sama bundanya dan pengasuhnya aja, makanya suka jadi agak apa ya disebutnya, kalo ke tempat baru/ ketemu anak sebayanya. bahkan kalo gw berkunjung kerumahnya pun, langit ga boleh megang mainannya! pernah langit megang mainan yang kebetulan langit nggak punya, jadi langit excited dong, eh mainan itu direbut terus dibanting2 sambil teriak2.

nah, kalo ibu2 sekalian ada di posisi gw, gimana yah enaknya? karena gw sama ibunya deket..dan kita lumayan sering pergi bareng..

6

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

nenglita, my Lil Soldier juga pernah tuh berada di posisi Langit. The first and foremost: tell Langit that it's not her fault and what her friend did is not right. Our kids should understand their rights (and of course the right / wrong). Then deal with your friend's kid. Kasih tau aja, memukul itu menyakitkan, kalau main bergiliran, dsb.

Sekarang sih aku percaya anakku ngga akan jadi korban lagi. Malah rada ngeri anakku terlalu lebay pengen jadi tentaranya.. :lol:

And thelilsolder is back. Fire!

7

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

bundadiba, nenglita , i feel youuuuuu...
anak gue juga tiap ketemu ama si anak tersebut juga pasti jadi korban. meskipun keknya in time, dia udah 'biasa' ama kelakuan main rebut si anak itu skrg. udah ga nangis lagi. kadang bisa ngelawan balik, kadang dia cuek. (guenya yg lebih gemes liatnya deh!!)
gue bete bener kalo mesti ada ketemuan yg pasti bakal ketemu anak itu. bukan anak gue aja yg jadi korban sih. anak2 lain juga kena. ada yg sampe berdarah lagi main2 kepentok ama apa gitu gara2 mainnya kasar.. tapi yg heran ya ibunya tuh gak marahin anaknya (udah cukup umur u/ dimarahin deh skrg). ga suruh anaknya minta maaf. malah dia yg minta maaf buat anaknya. trus disuruh main lagi. ha!
kalo menurut gue meski itu lagi main2, tidak sengaja, atau gak maksud.. tapi kalo bikin sakit orang lain ya tetep harus minta maaf.

bumods.. kalo dianggap ini lebih masuk ke general parenting, dipindah aja kalo bisa?

8

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

chint13 - yak, udah dipindahin...

pengen ikutan diskusi, cuma si kecil baru bangun dan lagi pengen manja2an (lho, kok curcol?)... jadi ntar deh ditulis dulu ntar malem :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

mbak shin,
setuju banget! justru karena masih anak-anak jadi sebaiknya parents memberi tahu pada anak bahwa kalo salah, minta maaf. dan yang penting sih ngejelasin apa salahnya sama si anak. dimana letak salahnya. jadi dia mengerti.

kalo rebut2 mainan... alde kadang kayak gitu, tapi kita selalu menerangkan bahwa ngerebut mainan itu ngga baik. dan kita praktik di rumah, misalnya kalo alde lagi main dan tiba-tiba mainannya direbut, apa perasaannya? nah itu juga yang dirasakan temennya kalo mainan direbut alde.

yang pasti, jangan bosen untuk selalu ngasih tau anak... dan sabar.

sebenernya rani pernah ngimel gue tentang situational storytelling... mungkin nanti rani bisa jelasin. *waving to chaerani*.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

ikutan komen yah....
dari pengalaman aku yang sering terlibat sama anak2 pra remaja, ternyata aturan yang ditetapkan di keluarga sejak kecil termasuk perilaku yang benar dan salah efeknya besar banget sama kemampuan mereka bersosialisasi ketika udah besar nantinya.
beberapa anak yang terbiasa dimaklumi jadi nggak tahu batasan antara benar dan salah. memang nggak ekstrem sih, cuma kasian aja ketika dia berbenturan sama aturan sosial yang berlaku di masyarakat. dia nggak tahu bahwa kesalahan yang dia perbuat itu nggak boleh dilakukan.
yang sering ortu complain ato pusing gimana cara mengatasi perilaku anaknya tanpa sadar kalo itu tabungannya dari sejak anaknya kecil.

not yet wife & mom, trying to take advance start

11

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

jadi semakin yakin sama pemikiran aku ttg ini. thanks for sharing mom and dad. tinggal konsistensi nya aja nih..^^

12

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

setuju banget nih...
share aja, ada anak temen yang mungkin awalnya dianggap 'lucu' jadinya dia suka merebut dengan kasar, menendang, menarik rambut, di usia 3T..
ketika diprotes ke mamanya, jawaban mamanya bikin kaget hehe..katanya biasa anak-anak, dia emang ga suka sama anak kecil..nah loh...

dirumah chise kadang ga sengaja juga lagi maen kena mama atau papanya, udah kita ajarin sejak dini minta maaf sambil salaman..awalnya dia ga mau karena kaget liat ekspresi spontan kita yg kesakitan hehe..tp begitu maafan trus cium pipi gitu ih dia langsung peluk kita deh..indahnya :)

13

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

para mommy ada yg punya tips nggak, untuk menangani toddler yg mis-behave (bener ga yah istilahku ini hehehe ;0) ) ponakanku, sekarang lg diasuh sama kakek neneknya krn ibunya kerja di luar pulau, ayahnya jg sibuk bgt, jd praktis dia ini 'anak pembantu' deh... jdnya ya , seperti kurang diajari gt,, seneng banget menjerit2 kalau ingin sesuatu atau kalau lagi main dll. sejauh ini dibilang 'ssstttt' klo lg jerit2, tp dia malahan sengaja jerit2 supaya dibilang' ssttt' .... aduh.. x-O gimana ya?

*mama si unyil ganteng*

14

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

suka banget ada yang buka thread ini.. Hazel (11 mos) memang masih kecil, tapi sudah jadi korban tetangga sebelah rumahku (3 th). Dipukul, cakar, diremas, malah pernah dicolok..wlpn dah berusaha banget ngawasin kalau ada anak tetanggaku--meleng sekian detik aja dah kena anakku.

Memang harus diajarin manners dari kecil ya, kalo aku perhatiin ibu anak tetanggaku itu ya cuek aja. Aku mau bilangin juga malah takutnya dianggap sok tahu n ngguruin (umurku jauh lebih muda).

Lebih baik kita mulai dari mengajari anak sendiri dulu deh, kaya seumuran anakku sekarang biar ga nyontoh kebiasaan jelek temannya.

Ada masukan ga mamas biar Hazel ga terbawa sifat buruk lingkungannya, karena frekuensi ketemu krn tetangga ya setiap hari setiap saat...

@emaknyahazel

15

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

setuju banget... anak2 memang harus diberi peraturan dan batasan benar atau salah.

syasya aku tanamkan kalau mau minta sesuatu harus dengan kata "mommy/ayah/mama nin/dst syasya minta tolong....(yang dia inginkan)" dan diakhiri dengan "boleh?"
ex: "mommy, syasya minta tolong ambilkan minum boleh?"

walaupun ngomongnya belum terlalu lancar, tapi gw dan orang2 dirumah menekankan harus dgn sopan. kalau syasya ga sabaran dan merengek sambil marah2 bakal dicuekin aja. dan aku tambahin untuk pakai kata boleh diakhir kalimat agar syasya tidak memaksa jika yang dimintai tolong sedang tidk bisa menolong dia.

nah setelah keinginannya terpenuhi syasya diajarkan berkata jazakallah khair atau terima kasih..

kalau syasya berbuat salah, pelan-pelan aku beritahu kesalahannya dan aku minta dia minta maaf dengan menyebutkan kesalahannya.

misalnya syasya tumpah-tumpahin bedak dan setelah diberitahu ga nurut, aku biasanya langsung diem aja ga ngomong lagi. nah syasya kalau aku udah diem biasanya langsung tau kalau mommynya marah. kalau udah gitu dia langsung pasang wajah sedih trus bilang

"mommy, afwan (maaf) syasya ga nuyut mommy.. main-main bedak"

setelah minta maaf baru dh aku peluk syasya nya dan ajak membereskan bedaknya.

heuuu ga selalu lancar siy.. soalnya kan syasyanya juga masih dalam tahap belajar dan suka ada ga nurutnya. tapi qt sbg ortu tetap harus konsisten.

naaah kalau diluar rumah, pernah suatu sore dia diajak mamaku keluar rumah dan main di taman disebelah rumah. kalau sore taman di sebelah rumah penuh dengan anak2 seusia syasya karena ada tempat bermainnya. saat itu aq sedang duduk aja di teras. tiba-tiba syasya lari masuk kerumah sambil ketakutan. dan mengajak aku masuk kedalam rumah.
mamaku ga lama kemudian ikut masuk mengejar syasya, dan membujuk syasya untuk ikut main keluar lagi. syasya kekeuh menolak lalu berkata "syasya takut dengan A..syasya takut A.."

ga lama kemudian pengasuh anak yg bernama A datang kerumah dan meminta maaf karena si A telah memukul syasya. (fyi:A ini seumuran dgn syasya. dirumahnya ada kakak sepupunya yg memang kasar banget suka memukul dan merebut mainan dan seharian mereka dengan pengasuh karena ayah, ibu, nenek dan kakeknya bekerja n br pd pulang malam)

setelah beberapa hari kemudian, hingga sekarang setiap bertemu dengan anak itu syasya selalu ketakutan dan minta digendong atau ga mau dekat-dekat.

tapi syasya ga trauma keluar rumah siy..cuma dengan anak itu aja dia ga mau dekat-dekat lagi. kalau dengan anak lain dia mau main bareng, nah kalau si A ini datang, syasya langsung pergi menjauh. ujung-ujungnya minta pulang.

agak bingung juga harus gimana biar syasya ga takut lagi dengan anak itu???

lovely mommy with 2 lovely kids

16

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

Mommyummy
Menurut ku siih perlu waktu juga untuk anak bisa tidak takut lagi dengan teman sebayanya tersebut.

Setuju dengan mengajarkan benar dan salah sedari dini. karena dunia anak hanya dipenuhi hal yang menyenangkan atau tidak menyenangkan, suka dan tidak suka. Mereka belum tahu namanya aturan. Jadi pelan-pelan sebagai orangtua kita memperkenalkan dengan aturan yang berlaku di masy.

Yang ku tahuu siih anak anak selain diajarkan untuk bersikap sopan sedari kecil. Juga harus diberikan kekuatan bahwa di luar rumah toh akan ketemu dengan hal-hal yang tidak menyenangkan baginya. Karena hal itu juga mempersiapkan dirinya untuk hidup di dunia yang penuh dengan berbagai macam sikap dan karakter individu yang berbeda dengan lingkungannya di rumah.

learn to earn
memberi bahagia untuk mendapat bahagia

17

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

Setuju... setelah banyak membaca dari forum TUM dan metode parenting, saya juga mengajarkan KIRA - KARA tentang benar dan salah sedini mungkin. Memang tidak langsung membuat mereka mengerti, tapi pelan-pelan mereka mulai memahami. misal, kalau mau minta mainan adik, bilang "pinjam ya dik.." efeknya, tetep saja direbut dari tangan adiknya langsung sambil bilang "jem..." (maksudna pinjem...) hahaha... well, saya yg salah sepertinya cara penyampaiannya, atau mereka yang menelan bulat-bulat ajaran saya ya?? hahaha... semua melalui trial and error. Akhirnya ditambahi, kalo masih dipake maen, gak boleh direbut, tunggu adik selesai main yaa... hahaha...
Meskipun terkadang terasa ribet dan menjengkelkan, tapi lebih sering terasa menyenangkan. Apalagi ketika melihat mereka berlaku ajaib seperti tadi.. heuheu...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

18

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

setuju banget!

untungnya di komplek (terutama tetangga teman main hafidz) ibu-ibu dan beberapa mba nya satu pikiran untuk mengajarkan baik-buruk, salah-benar. memang masih ada aksi berebutan mainan kadang pukul2an, tapi diakhiri dengan HARUS minta maaf dan diberi pengertian; "kan tadi bilangnya mau main sama-sama. harusnya tidak boleh rebutan/ tdk boleh dorong2an/ tdk boleh memukul."

tapi ya memang kadang ortu/ pengasuh gak konsisten. jadi ya itu dia masih ada aksi rebut, dorong, pukul.

akhir2 ini hafidz lagi suka merengek. minta diambilkan atau diputarkan sesuatu di youtube jadinya teriak2 sampai nangis kalau gw gak segera dateng. ada beberapa kalimat yg manjur diantaranya:
"iya sabar tunggu, hitung sampai 5 (karena anak belum mengerti konsep kata sebentar), nanti bubun kesana."
atau
"iya nanti bubun selesaikan masak/ cuci piring dulu"
atau yang terakhir kalau masih merengek gw bakal bilang:
"kakak, anak kecil tidak boleh merengek. minta yang manis dan sopan sama bubun"

biasanya yg terakhir manjur hehehehehe

oya tadi pagi ada kejadian lucu sama hal ini. gini conversationnya:

Hafidz: bubuuuun mau yang iniiii yang iniiii aaaaaa bun yang mobiiiil!!! (teriak2 merengek)
Bubun: iya nanti diputar tapi bubun lagi masak dulu nanti gosong
Hafidz: yang ini buuuuuun (masih merengek)
Bubun: kakak, kalau minta yang manis dong sama bubun
Hafidz: (suaranya langsung manis) iyaaaa, tapi ini kakak lagi merengek.
:p
hihihihihihi dasar anak gw :D

Bussy life...happy life...

19

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

sepakat..

kendalanya klo org sekitar, misal ART menganggap biasa / benar apa yg kita anggap salah.

sebagai contoh klo anak meminta tolong dg nada memerintah bagi saya itu salah, yg benarnya minta tolongnya harus dg nada baik2.. jd klo anak minta tolong dg nada memerintah tidak saya ladeni sampai meminta dg lembut/baik2. klo si bibi, dg nada apapun akan menuruti kemauan anak. nah, ini akan menimbulkan kebingungan bg anak. berarti sama ibu ga boleh, sm yg lain boleh..

jd dlm pembelaran ttg benar-salah, ortu dan orang2 sekitarnya harus menyamakan persepsinya ttg benar dan salah itu sendiri.

:)

sprei murah berkualitas www.istanasprei99.blogspot.com
first step to be FTM :)

20

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

sebaiknya orang tua yang memberikan contoh untuk ART misalnya, klo perbuatan mana yang benar dan salah. Beberapa ajaran Nanny 911 di salah satu tv swasta, kadang saya terapkan untuk Aray. Tapi klo memang belum bisa, dicoba lagi dan dicoba lagi. Sampai akhirnya Aray ngerti.
Untuk sekarang ini masih belum ngefek banget tapi udah lumayan deh. Aray udah mulai tau klo beberapa hal yang dia lakukan salah atau benar.

Berjuang untuk masa depan Banyu dan Binar
my positive

21

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

huum..setuju banget. memang bener salah harus diajarkan sejak kecil. kurang suka deh misalnya nenej belain cucunya yg jelas2 salah. trus dimaklumin jg alesannya masih anak kecil. la kalo sejak kecil dijadiin yg selalu bener, gedenya bakal jd anak egois dong ya.

22

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

Hai moms..salam kenal yah

Skalian sharing juga, kan aku masih bingung soal parenting :)

Anakku, crystal umur 16 bulan, skarang lagi memasuki masa-masa uji mana yg boleh dan tdk boleh. Belakangan ini dia mulai agak agak kasar. Kalau lg semangat banget bisa sampai geplak (istilah bagusnya apa yah?) wajah orng. Sambil ketawa ketawa sih, tp kan tetep nggak bagus. Dan selalu diajarkan untuk bilang maaf dan jgn diulang lg, tp nanti dia akan mengulang hal itu lagi.

Ada saran gak moms?

Thanks sbelumnya

23

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

holybar,
ahhh crystal... lagi lucu2nya dehhh. kebayang masa-masa itu :)
menurutku sih apa yang dilakukan udah benar... ketika crystal melakukan itu, dikasih tahu baik-baik kalau itu kurang baik. memang sih lucu yaa sambil crystal ketawa... tapi kita sebaiknya jgn ikut ketawa atau senyum karena nanti bisa ngasih sinyal yang kurang tepat. "oh ini oke ya, jadi nanti kalo aku gini lagi... ngga apa-apa."

trus ke dua... bisa dengan role play. pake boneka misalnya. trus kalo abis nampar, minta maaf. terus diulang-ulang.

ke tiga... kalo crystal ngga ngegeplak, kasih pujian. misalnya sebelum tidur... bisa bilang... "wah mama seneng deh hari ini crystal bikin mama bangga, crystal udah ngga ngegeplak orang lagi. crystal hebat karena crystal sekarang udah tau kalo itu bikin sakit orang."

kalo aku, sambil menanamkan values juga seperti "di keluarga kita, kita ngga menyakiti orang."

semoga berkenan sarannya yaa mama. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

Hii teh ninit...

Thanks yah saran2nya. Hari ini ak mulai mencoba kasih beberapa pujian sih kalau nggak geplak2 aku, semoga berhasil yah, dan doakan semoga aku selalu sabar, hihihii.

Mungkin memang anak seusia crystal belum bisa mengotrol emosinya (kalau terlalu senang atau sedih) tp takut nanti akan keterusan sampe dewasa nya

Mksh bnyk sarannya teh, jgn kapok dengerin curhatan ku yah hahahaha

Salam kenal

25

Topic: Ajarkan Benar & Salah Sedini Mungkin

holybar,
aihhh dengan senang hati berbagi pengalaman. siapa tau cocok diterapkan. tinggal dipilih aja mana yang lebih pas dengan kondisi holybar :) aku lebih suka muji proses jadi biar si kecil semangat buat terus lebih baik.

betul, kebiasaan waktu kecil yang kurang baik kemungkinan akan berdampak kalau kita biarkan, jadi memang sebaiknya kita kasih tahu pelan-pelan.

salam kenal jugaaa... semoga senang yaaa bergabung di TUM. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita