1

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

urban mamas & papas,

saya & suami emang pengen aldebaran menjadi anak yg pd. jadi kalo di mall kita biarin dia jalan sendiri. trus kalo makan udah pesen sendiri. ketemu orang juga ga malu. tapi ada efek sampingnya juga karena beberapa kali, dia suka ngilang.

misalnya, pas saya lagi nyusuin di baby's room vivo city, alde 'kabur' ke playground (solo karir, suami ngantor). trus pernah, dia ngilang pas kita lg belanja, ternyata sembunyi di tempat tidur yg di display di mall. duh! kan bikin lemes.

meski di singapur, low crime... tetep aja, ngga jadi santai. trus di rumah saya langsung bilang... kalo kemana2 harus tunggu mama, mama takut alde diculik. trus secara hiperbola saya bilang kalo penculik itu is a bad bad bad person.

salah ga ya nerangin kayak gini? karena pernah nonton changeling, serem banget jadinya kalo anak ngilang2.

ada yang punya ide? terima kasih ya sebelumnya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

nit,
coba pake ini deh
http://ep.yimg.com/ca/I/yhst-16119216108731_2083_1805288

gue juga pakein ke anak gue, secara dia ga mau diem. biarin deh dikatain 'kejam' karena 'ngiket' anak, tapi gue ga mau ngambil risk dia diculik. serem bo! apalagi di jakarta...

gue sih bener2 nakutin anak gue, kalo penculik itu suka jahat... suka bikin anak2 nangis... saking drama-nya gue nerangin, anak gue sampe nangis. tapi ga apa2 deh yang penting dia 'takut'. tapi tetep buat jaga2 gw pakein anak gue harness ini.

image courtesy of http://http://www.the-baby-boutique.com/harnessbuddy.html

[a mama who loves POCOYO]

3

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

hehe, gue ada tuh leash anak yang diusulin alin... ninit mo pinjem? tapi kayaknya alde bakal freaking out deh kalo dipakein itu...

gue sendiri sih blum pernah pake leash itu. soalnya, aina problemnya kebalikannya alde: takut ama orang. dia biasanya sih gue lepas dan jalan2 sendiri di mall atau di pertokoan... soalnya kalo dia dipegang orang yang dia ga kenal, dan gue ga deket situ, wah... alarm-nya bunyi... nangis lah dia.

tapi, ya gitu... ga berani apa2 sendiri. kalo alde, wah... emang hebat banget dan berani banget! salut dah...

btw, kalo aina punya peraturan jalan sendiri di mall/pertokoan:
- kalo dipanggil mesti langsung nyaut dan dateng.
- kalo mo ngelayap sendirian, aina mesti bisa liat mama. kalo mama ga keliatan, berarti aina udah terlalu jauh.

itu aja sih. ga pernah di warn soal orang, soalnya udah punya built-in alarm :P (for the better or worse).

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

naia kayaknya bakal sama kayak aina. liat orang ga dikenal aja dia udah takut.. dipegang trus diangkat.. langsung mewek! apalagi kalo dia ga liat mama.

tapi yah nit kalo berdasarkan serial tv kriminal yang sering gue tonton.. hihihi.. justru seringnya orang jahat itu adalah orang yang justru dikenal ama anak kita. jadi sebenernya sih kita nya sebagai orang tua yang emang mesti alert banget. kalo ada orang yang extra friendly ama anak kita, ya ati2 aja.. (asli ini akibat kebanyakan nonton criminal minds)

on the other hand, kalo lagi ke mall gitu mungkin emang mendingan dikasih tau aja sih, mesti deket dan kalo dipanggil mesti dateng. apa yang dikasih tau thalia ke aina itu mayan bantu. i guess dikasih pengertian aja apa yang terjadi kalo maen jauh2 dan akhirnya ilang.

personally, gue masih gak sreg pake leash kayak yang alin kasih liat. although i understand why you would wanna have your child wear it. after all it's for safety reasons sih.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Pertama kali yang aku ajarin ke Vira adalah: "Gak boleh ngomong sama orang yang tidak dikenal". Kalau ada orang yang tidak dikenal (belum dikenalkan oleh papa-mama atau keluarga) cukup bilang: "Maaf, aku gak tau" dan aku suruh lari secepatnya kerumah.

Kalau sampai ada orang yang tidak dikenal pegang atau angkat dia, aku ajarin dia supaya teriak nama orang yang ia kenal, seperti "Ibu Risna!!!" atau nama orang lain yang tinggal dekat situ, dengan harapan membuat si orang keder.

Hal ini diajarin sampai 6 kali sehingga Vira paham, termasuk role play. Hal ini perlu agar dia paham.

Aku juga ajarin basic self defence, seperti jika ia ditutup mulutnya aku suruh gigit atau meludah biar orang itu melepaskan, dan jika memaksa aku ajarin tehnik tendang tulang kering, dorong dan lari pulang.

Yang terakhir sedikit bermasalah dan saya tidak merekomendasikan setelah pengalaman saya, karena sewaktu Vira dinakalin kakak kelas cowok di playgroupnya, semua gerakkan yang aku ajarkan dia praktekkin yang berbuntut gue harus minta maaf ke orang tua si anak cowok kakak kelasnya, jadi untuk self defence jika ingin mengajarkan, harap diajarkan dengan penuh peringatan dan waspada (gak boleh digunakan ke orang lain kecuali terpaksa), dan make sure she/he understands dampaknya jika ia memukul teman.

Ada satu lagi sih yang berupa cerita, nanti aku share.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

6

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

nungguin cerita Urban Papa, keliatannya seru...

kalo ke Raka, setiap kali begitu sampai di tempat umum (mal, dll), aku selalu bilang 'ini tempat umum, Raka harus dekat mamah.'. Walaupun kadang2 suka lari-lari dan terpaksa harus dikejar, abis itu aku ulang lagi 'ini tempat umum, Raka harus dekat mamah'.

Kebetulan waktu itu Raka pernah ngeliat ada anak kecil kehilangan ortunya di mal (lagi nangis-nangis dan kemudian disamperin satpam). Aku kasih tau lagi, itu konsekuensinya kalau ngga deket-deket mamahnya, jadi terpisah dan nangis. Kasih tau juga, kalau sampai terpisah harus bilang ke satpam, kasih tau nama dan nama ortu.

Raka belum hafal nomor telpon, tapi paling tidak dia sudah hafal nama lengkap ortu dan alamat rumah.

mmm ninit, pernah bilangin sih tentang orang jahat seperti penculik, eh Raka malah mau ketemu ngajak berantem aja. hehehe... jadi kalo alasan penjahat ngga bisa dipake soalnya malah sok heroik dia

And thelilsolder is back. Fire!

7

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

thelilsoldier - hahaha, emang tiap anak caranya mesti lain2 ya ternyata. Raka ga bisa ditakut2in sih...

urban papa - wah, vira pinter dong kalo gitu... kan emangnya digangguin ama kakak kelas. btw, pengen denger juga nih cerita satu laginya, chan.

tapi bener juga sih, mungkin aina mesti gue ajarin untuk ngafalin nomor telpon kita. moga2 bisa. rada panjang soalnya ya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

...continued

Kita juga punya masalah kalo sedang di Mall atau tempat rame, seringkali Vira gak mau dipegang tangannya dan suka ngeloyor. Untung kita sekarang Vira ada mbaknya yang ngejagain, tapi pernah sekali saat kita sedang gak lihat tau-tau Vira hilang, untung baru hitungan menit ketemu gak jauh dari situ lagi lihat poster princess di mall.

Ok, warning dulu. Aku gak rekomendasikan cerita ini diceritakan pada anak anda apalagi kalau dibawah 4 tahun (mungkin?).

Saat pulang Vira bertanya soal anak-anak yang ada di lampu merah jalanan Jakarta. Ada yang seumur dia, bahkan ada yang masih bayi digendong oleh pengemis.

Sesampai dirumah dan saat ingin tidur, Vira bertanya kembali soal pengemis itu, dan out of the blue gue cerita kalau anak-anak yang dijalanan itu adalah anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena suka lari-lari di mall sendiri dan gak mau deket-deket orang tuanya. Akhirnya ada yang diculik dan disuruh jadi pengemis. Ada juga yang karena lari-lari terus jadi hilang, gak ketemu lagi sama Papa-Mamanya, diusir deh dari mall kalau sudah tutup, terpaksa tinggal di kolong jembatan dan mengemis untuk makanan. Gak bisa sekolah atau main lagi.

Lalu tiba2 Vira nangis kecil. Waduh, I think I shouldn't have told that story, bad Idea Chandra (panic mode). She was really scared. I had to calm her down. Tiba2 muncul diotak: gimana kalo jadi traumatis, waduh. Spent a few minutes calming her down to sleep.

Despite right or wrong, sejak cerita itu sampai kini kalau ke Mall Vira selalu pegangan tangan, pegang baju atau masukin tangan ke kantong belakang papa/mama/mbak.

Did the story work? Yes. Am I recommending it to you? Not really. Parenting is a series of trial and errors, I just hope I'm doing the right thing as best as I can. Mungkin anda bisa membuat cerita yang lebih tidak semenakutkan cerita saya.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

9

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Wuahhh Nit, bener banget.
Gue dan Aryo juga selalu mencooba nge raise Ben supaya dia mandiri. That's why now, he's so friendly to everyone. Kayaknya Ben yang lebih nenangga deh dibanding bonyoknya. Every morning kalo jalan pagi, bisa dia duluan yang nyapa org, ampe sering diajak masuk ke rumah Kakek Nenek yang tinggal 2 rumah dari kita.

Kebiasaan ini juga kebawa ke mana2. Kalo pas free trial sekul, dia duluan yang minta shake hand dan langsung Hi everybody

Gue juga belum berhasil ngajarin dia supaya mau deket2 mama atau papa kalo lagi ke mall. Dia asli nyelonong mulu. Gue dah mulai blgin dia sih kalo ada org gak kenal, jangan mau ya dikasih apa2...tapi utk nakut2in juga belum pengen..

Duh, inputs please heheh

10

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Duuh mulai umur brp nih anak diajarin bgini..
Jd panik bacanya

Selama ini, kl di tempat umum rasya kl mau main jauh2 hrs ada yg nemenin
Belum pernah dilepas sendiri.

Rasya tipenya kyk alde dan ben..
Pede jaya pergi kemana2 berani
Tp ya itu, aku tetep mantau banget2

Untungnya sih dia ga terlalu berani sm orang dewasa
Beraninya cuma sama anak2 yang kecil (sekedar nyapa/ngajak main)

Bener jg kt urbanpapa Parenting is a series of trial and errors
Tapi pengen tau aja apakah ada ada ilmu basic mengenai apa yang bs kita ajarin ke anak utk tau mengenai hal2 ttg bahaya penculik,dll supaya anak tidak trauma atau malah jd anak yg penakut
Kira2 baiknya gmn yaa?
Ada kah yg dr background psikolog nih?

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

11

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

saat naya udah mulai masuk SD, sekolahnya lumayan jauh dr rumah, aku kasih tau jangan pulang dulu kalo belum ada yg jemput, dan yang jemput juga harus orang2 rumah.

aku ganti kalung, gelang or something dengan yang warna-warni, pernah dia pengen pake lkalung emas seperti temannya, akhirnya aku jelasin kalo anak kecil belum boleh pake takut hilang

gak aku bolehin terima makanan/minuman/permen dari orang yang gak dikenal

karena dah mulai bisa baca, pernah aku kasih tau pengumuman di tiang listrik yang isinya warning ke ortu abaout penculikan

aku kasih liat juga berita di tivi kalo ada tentang penculikan

"hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita"

12

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

satu lagi, sejak TK aku mengharuskan Naya hapal nama ortu dan alamat rumah, ngajarin juga kalo kehilangan ibu/ayah di mall lapor ke pak satpam, kebetulan pelajaran sekolahnya ada yg membahas soal ini

"hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita"

13

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

waduh treat ini berguna banget, kebetulan anak saya lagi pada masa seneng banget jalan sendiri berasa udah gede :-D

selama ini Celia cuma tau kalo pergi sendiri nanti ada pemulung yang bawa dia masukin karung *aga kejam yaaa*, yg ini lama" jadi kebal dia cuek aja main melenggang keluar rumah dengan anak" tetangga. dan satu lagi [kalau ini bawaan waktu kita masih tinggal di rumah eyangnya dulu] "nanti di bawa Nasrul loooh *i know, gag mendidik bgt ya :))*, tapi yg ini masih sedikit pengaruh karna dia pernah liat orangnya dan emang aga serem.


tapi kalo di tempat umum seperti mall dll, saya tetep pesan sama dia "stay close with bubu" .. dia kadang bertanya "kenapa, bu?" .. "nanti kalo kamu sendiri, terpisah sama bubu kamu di ambil orang [yg ini pake deg"an ngomongnya].
tapi saya ajarin dia juga untuk hafal alamat rumahnya, buat jaga". anehnya dia lebih suka menghafal alamat rumah daripada no telp :)

tapi tetep masih cari cara yg baik untuk mengajarkan dia hal ini... need more input pls ...

? I'm so blessed! ?
@edhabe
~let all your things be done with ? ~

14

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Menerangkan hal kaya gini tuh umur berapa yah kira2?
atau tergantung anaknya kali ya? kalo lebih berani ngeluyur mesti lebih cepat dijelaskan?
Mia (2thn) juga termasuk sangat ramah sama orang gak dikenal. Dan berhubung keluarga kami besaarr dan gak semua orang sering ketemu, agak bingung ngajarin 'stranger danger' gtu. *pusing.. a whole new world of toddler life mulai terbentaaangg di matakuuuu!!*

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

15

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Sejak Ziezie uda bs jalan dan lbh sng jalan2 drpd duduk di stroller,,aq uda srg blg ke dia utk tidak jauh2 dr aq. Jd sktr umur 14bln lah,,kalo jalan2 ke mall dan dia bosen di strollernya,dia pst mnt jalan kaki. Kalo uda jalan gt,,dia sk tuh keliling di antara baju2 (kalo pas lg di dept store),trs say hello dg mbak2 SPGnya. Aq awasin dr jauh aja. Smp ada slh satu mbak yg tny,,mamanya mana? Dan dia lgs tunjuk aq. Oke,,berarti slm ini yg aq blg ke dia,,dia ngerti.
Smp saat ini aq msh di tahap, "Ziezie boleh jalan2 tp hrs bs keliatan mama yah". Ato "Ziezie boleh jalan tp jgn jauh2 yah. Ziezie ga mau ditinggal mama,kan?". Satu lg, "Kalo Ziezie ga liat mama,Ziezie panggil mama yah". Kalo yg ini kejadiannya,dia jalan sm utinya,aq msh di blkg mrk. Trs smpt ketinggalan agak jauh. Aq dgr Ziezie manggil aq, "Mama ia,,mama ia,,,". Maksudnya manggil aq, mama lia.. Pas dia uda liat aq,lgs ketawa2 nyengir deh,smbl jalan lg.
Aq ajak prg ke bank pun,,pnh ktm anak yg lbh bsr,,diajak ke main ke tempat yg deket ibunya,,Ziezie nolak,smbl ngoceh dan nunjuk aq. Mgk mksdnya,,Ziezie ga boleh jauh2 dr mama,kak...
Kalo ttg ditawarin sesuatu,,aq blm pnh ajarin. Tp dia ngerti,,pernah ditawarin orang sesuatu,,dia ga mau ambil mlh liat ke aq dl,spt mnt ijin ke aq. Kalo aq blg,tidak,responnya Ziezie (ke org itu) cm senyum dan jalan ke arahku.
Oya,,aq jg pny sh smcm harness tp dr kain. Wkt itu kupakein krn dia jalannya blm lancar bgt. Pas dia uda lancar,,yg ada dia mlh jatuh2 mulu krn tarik2an sm aq,,arahnya srg beda.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

16

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Akhirnya nangkring juga di page ini. Ceritanya lagi edukasi ki-ka tentang banyaknya berita penculikan akhir-akhir ini. Ki-Ka ini tipenya anak yang gampang banget dinasehati lewat cerita. Nah diceritainlah tentang berita anak yang diculik itu. Bagus sih si bocah jadi aware banget. Tapi kadang kebablasan. di teras sendirian cuma lewat aja juga gak berani. Atau hanya untuk ambil mainan yang ketinggalan di teras saja gak berani. Jadi galau deh. Gimana memberi batasannya ya? Ini aman, ini gak aman, nentuin batasannya gimana? help..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Kara sejak 2,5 tahun sudah fasih ttg area mana yang boleh dipegang dan siapa yang boleh pegang waktu lagi ngapain.
Tapi sampe sekarang masih gagal untuk ngajarin tentang hal hal ini.

sejauh ini aku sama suami selalu bilang kalau lagi di tempat ramai gak boleh jauh jauh dari ibu dan bapak.
Tapi masalah ke orang baru, Kara selalu ramah. jadinya malah mengkhawatirkan kata keluarga aku :'(

Sampai sekarang sih masih kami ulang terus, semoga suatu saat dia paham :p

Twitter & Instagram : @anastashaa
Blog : https://heywabbit.wordpress.com/

18

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Hai mamas n papas,

Baru2 ini baca artikel tentang safety, mungkin bisa berguna.
Menurut child safety educator, kebanyakan serangan atau penculikan terhadap anak kecil dilakukan oleh orang yang sudah dikenal. Karena itu, ajari anak untuk mengenali perilaku yang tidak aman. Ajari anak tentang "tricky people" (sorry, blm nemu bahasa indo yg pas nih).

"Tricky people" adalah orang yg mengajak anak untuk melakukan hal2 yg tidak seharusnya, misalnya orang yang:
- Meminta anak menyimpan rahasia
- Meminta tolong pada anak, misalnya mencari peliharaan yang hilang. Ajari anak bahwa orang dewasa akan meminta bantuan pada orang dewasa juga, bukan pada anak-anak.
- Meminta tolong anak dengan berpura-pura terluka
- Memancing anak dengan permen, uang, atau binatang
- Berbohong pada anak bahwa ada family emergency, dan meminta anak untuk segera ikut dengannya

Polisi juga menyarankan keluarga untuk membuat password rahasia(yang diganti secara berkala), agar anak mengetahui bahwa orang yang berinteraksi dengannya aman.

Ortu perlu mengobrol dgn orang yg akan menghabiskan waktu bersama anak, misalnya guru, pelatih, babysitter, sehingga ortu bisa mengenali seandainya ada potensi masalah.

Semoga membantu :)

19

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

jody,
bener bangettt!
duhhh asli deh tambah serem ya sekarang. apalagi kemarin lihat di tv, yang "penculikan" di depan umum. udah kuduga sih dilakukan oleh orang dekat (benar ya, ini oleh ayahnya karena masalah hak asuh anak)... still, menyeramkan lihatnya.

makasih ya jody tips-nya. aku mau terapkan ke anak-anak.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

Baca thread ini jadi inget duluu kalau ada info hilang anak langsung gue share ke socmed dengan harapan cepet nyebar infonya (viral) jd org2 lebih aware dan ketangkep.. tapi belakangan udah ga pernah lagi ikut nyebarin karena banyaknya kasus keluarga rebutan hak asuh atau sejenisnya :(

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

21

Topic: Menerangkan Penculik Pada Anak

chika,
sama chik! terakhir-terakhir memang kebanyakan kasus "penculikan" itu karena masalah internal ya, perebutan hak asuh anak.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita