1

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

Halo mamas,
Maaf kl sudah pernah dibahas sebelumnya (kl ketemu thread yg serupa tolong di-merged ya mamods). Mau minta share pendapat dan pengalaman mamas.

Sebenernya aku berniat awal mulai sekolahin anakku di umur 2th, dan disekolah berbahasa indonesia. Tapi ternyata, di dekat rumah buka sekolahan baru. Jadi tergodalah aku untuk mencoba trial, dan anakku suka. Dia hepi di kelasnya, mau ikutan biarpun umurnya baru 16bln. Guru2nya juga baik, sabar, n bisa handle anakku.

Sekarang aku bingung nih, preschool baru itu berbahasa inggris.

Minta sharingnya dong mama2 semua, kalau anak disekolahin yg berbahasa inggris, jadi bingung nggak sih? Maksudnya....jadi berantakan nggak bahasa indonesianya? Aku nggak mau anakku bahasa indonesianya berantakan, bahasa inggrisnya juga kacau balau.

Tapi aku lihat preschool yg bahasa indonesia yg di dekat rumah kok nggak sreg yah?

Ditunggu sharingnya mama2 yg baik.
Thanks.

2

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

mboke.era sebenernya bahasan ttg memilih pre-school udah ada, tapi itu emang bahasan review in general. untuk bahasan ttg bahasa, mengajarkan multi-bahasa pada anak, ada juga di thread INI, mungkin bisa dilihat2, apa impact multi-bahasa pada anak.

on the other hand, topic ini juga gue rasa belom ada yang mirip banget, jadi gapapa dibuka untuk diskusi.

pada intinya, tiap orang tua punya preference masing2. ada yang di indonesia itu lebih prefer anaknya full english di sekolah, dan gak masalah kalo bahasa indonesia nya ngaco, ada yang maunya tetap bahasa indonesia aja dari kecil. tentunya mereka punya alesan masing2 dan gak ada yang bener ato salah sih, karena ya balik ke masing2 aja.

tapi, yang gue tau pasti, anak itu cepat sekali menangkap bahasa asing. tapi selama kita tetap berbicara dengan satu bahasa ke dia, gak campur2, gak bakal berantakan kok.

anak gue dari kecil selalu gue ajak ngomong pake bahasa indonesia. jaraang banget gue ajak dia ngomong pake bahasa inggris, sampe akhirnya dia mulai sekolah (pre-school, di umur 2thn). karena di singapore ya tentunya dia mesti ngomong dan ngerti english, ternyata, dia malah bengong dan gak mau ngomong 6bln di sekolah krn dia ga ngerasa bisa ngomong bahasa itu. dia lebih comfortable ngomong pake bahasa indonesia, dan cerewet banget.

fast forward ke setahun kemudian, ternyata dia bisa pick up bhs inggris dengan baik di sekolah, dan justru malah jadi kayak tambahan. gue sesekali ngomong ama dia pake bahasa inggris untuk tau seberapa banyak vocabnya dan juga untuk ngebenerin pronounciationnya, grammarnya, etc. malah ternyata dia juga mulai ngerti mandarin karena di sekolahnya ada pelajaran mandarin juga, dan emang ada guru2 yang khusus untuk ngajar mandarin.

tapi di rumah gue tetap ngomong bhs indonesia full ke dia. gue ngomong bhs inggris hanya kalo lagi di luar rumah, biar dia ga ngerasa fit in di antara orang2 yang berbahasa inggris. selain itu, gue ngomong ama dia pake bahasa indonesia. kalo gue liat, dia tetap lebih comfortable ngomong pake bhs indonesia, dan bisa cerewet banget, tapi sekarang it goes both ways also kalo dia ngomong in english, bisa panjang lebar dan bawel.

jadi kalo takut bakal bhs indonesianya berantakan sih, gue rasa gak perlu, selama kita tetap ngomong dan mengajarkan bahasa tsb dengan benar. same goes with english, kalo emang akan terexpose english, tetap diajarkan juga yang benar, jd gak tanggung2.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

mboke.era Udah bener tuh penjelasannya slesta, semua balik ke preference masing2 dan kalo emang mau ngajarin bahasa Inggris ya yang konsisten dan bener. Gue beberapa kali denger ada ibu-anak di mall ngomong pake bahasa Inggris, mungkin maksudnya baik ya supaya si anak juga bisa bahasa asing tapi sayangnya yang diajarin itu kurang bener. Bukannya gue mau jadi grammar nazi, tapi ya gimana dong kalo dasarnya aja udah salah, anak itu jadi ngikutin yang salah.

Gue sendiri lebih seneng Nara masuk ke pre school yang pake bahasa Indonesia, bahasa Inggris oke lah buat pelajaran tambahan tapi bukan jadi bahasa pengantar resmi di sekolah itu. Dulu pernah masukin Nara ke Tumble Tots karena kebetulan cuma itu yang deket rumah, bahasa pengantarnya bahasa Inggris dan ya... kemampuan bahasa Inggris guru2nya kurang oke sih. Jadi gue juga males2an nganterin Nara ke sana, dan akhirnya anaknya sendiri yang males :p Tapi dari pengalaman, bahasa Inggris yang dipake di TT ga ngaruh ke Nara (ga ngebuat bahasa Indonesianya jadi kacau apa gimana), dulu dia emang belum lancar ngomong juga.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

4

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

otty n slesta
Wah, thanks banget sharing dan penjelasannya. Sebenarnya pada awalnya aku maunya ke preschool bahasa indonesia nih. Tapi anakku jatuh cinta sama sekolah ini. Aku pun suka banget liat cara guru2nya treat Era. Kalau gitu, sebenernya nggak apa2 juga ya kalau sekolahnya bahasa inggris.

Hari ini Era malah rewel terus nih ngajakin sekolah.... Maaa.... Gi.... Koah....
Halahh....

5

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

mbok e era,
Setuju sama shinta & otty,
Imo kalo anaknya keliatan seneng sekolah di situ, gpp.
Tapi ttp orang tuanya konsisten buat ngebiasain anak berbahasa yg baik & bener, bahasa apapun itu :)

Gw sendiri lebih nyaman nyekolahin anak2 di sekolah yg berbahasa pengantar bahasa indonesia. Krn di rumah jg pake bahasa indonesia. Bahasa inggris, mandarin, arab atau jepang penting jg sbg tambahan :) aja.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

Eka
Sama sih, sejujurnya gue juga maunya begitu. Hidup Bahasa Indonesia!
Tapi anak gua kok hepi banget ya di situ? Jadi bingung.... Padahal di rumah kita biasa berbahasa indonesia en jawa nih. Wkkwkw...

Mungkin gua biarin aja dia disitu kali ya? Terus di rumah bahasa Indo, di sekolah English, sambil emaknya dipantau....

Btw, jadi kepengen baca buku Anak-anak multibahasa itu deh, sayang udah out of print. Sudah kontak penerbitnya pula, tapi email penerbitnya pun udah nggak aktif....
Ada mamas yg punya?

7

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

Mbok'e era,
kalo ga salah Erlangga juga ngeluarin buku bilingual inggris-indonesia deh, harganya juga cukup terjangkau 25 rb/buku, aku udah ngenalin ke anakku juga walo baru 2y umurnya

So far, anakku baru 3 bulan ikut pre-school di warna warni (sekalian daycare jg di sana), program sekolahnya senin-jumat @ 2 jam, bahasa pengantar indonesia, khusus hari jumat ada pelajaran bhs inggris & agama (berdasarkan agama anak masing2, dipisah u/ yg beda agama) @ 1 jam

Sebetulnya sabtu juga masuk, untuk kelas seni 1 jam, tapi ga pernah kuambil krn senin-jumat dah ga ketemu ayah bundanya, kangen juga weekend bareng anak. Perkembangan yg kudapat, skrg anakku lbh lancar & baku bahasanya, misal di rumah diajari kalo makan=maem & minum=mik, nah, dia menyebutkannya makan & minum, ga pake bhs rumahan lagi, hehehe...
Cuman ya itu, kalo lagi marah, dia sering bilang "no..no..ga mau..emoh" 3 bahasa sekaligus : inggris, indo, jawa :D

8

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

setuju sama Slesta, Darren juga di rumah selalu pakai bahasa Indonesia.

mulai pre school, masuk ke sekolah yg pakai bahasa Inggris karena suami gue prefer begitu.

awal sekolah dia masih pake bahasa Indonesia, makin kesini kadang ngomong ke gue pake bahasa Inggris.

Ini ga menurunkan kadar nasionalisme anak koq sepanjang kita mulai mengenalkan nasionalisme itu sendiri ke anak. Nasionalisme ga cuma dari segi bahasa tapi bagaimana dia memiliki Indonesia itu sendiri.

di rumah sekarang Darren bilang "ma , ceritanya pakai bahasa Indonesia aja" *walopun itu buku pakai bahasa Inggris*

jadi semua kembali ke mama dan pasangan, mau mendidik anak dengan cara apa :)

hope it helps ya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

9

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

Hi mamas,

Akhirnya aku daftarin Era ke sekolah itu walaupun bahasanya Inggris.
So far sih, dia suka2 aja, ngomongnya sih kadang indonesia, kadang inggris gitu deh. Tapi sekarang nggak tahu kenapa di sekolah ditambah muatan berbahasa indonesia juga. Jadi ya oke lah.

Saat ini dirumah suka aku kenalin istilah2 inggris untuk beberapa hal sih, biar dia nggak terlalu bengong di sekolah.

O iya, mamas yg punya buku anak2 multibahasa, boleh pinjem nggak? Aku cari beli kemana2 sudah nggak ada nih. Aku bersedia nanggung ongkir+ongkir utk ngembaliin.

Thanks....

10

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

mboke.era......aku sih setuju-setuju aja masukin anak ke sekolah yang pakai bahasa asing. karena yang aku tahu anak dengan kemampuan dua bahasa bisa memaksimalkan kinerja otaknya,otomatis dengan dia bisa menguasai 2 bahasa secara tidak disadari perkembangan pola pikirnya bisa bertambah. Boleh juga masukin anak kesekolah bertaraf international. ya,memang perlu banyak pertimbangan untuk memasukan anak ke sekolah yg bertaraf international. Tapi dari pengalaman teman-teman ku yang anaknya sekolah di international school,, si anak jadi berani klo ketemu orang asing (bule) :p


Maybe, parents bisa sambil menyeimbangi pemakaian bahasa indonesia dirumah. Karena kalau si anak sudah terbiasa dengan bahasa asing dan kemampuan berbahasa asingnya lebih jago dari parents,,urusannya bisa gawat tuh hehehehehe...ya kalu bisa sih dijadikan bilingual aja dalam percakapan sehari-hari baik dirumah maupun di luar rumah. Biar anak juga mengetahui klo kita tinggal dan orang Indonesia.

Semoga bermanfaat. ;p

11

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

Hi moms, mohon izin melanjutkan thread ini lagi.
Anakku sekarang usia 10 bulan tapi aku udah kepikiran untuk masukkin dia pre-school di usia 1,5-2 tahun. Kebetulan aku pengen banget masukin dia di pre-school montessori dan yang paling dekat dengan rumah bahasa pengantarnya Bahasa Inggris. Sedikit bimbang karrna aku takut anakku jadi bingung bahasa (di rumah full bahasa indonesia).

Aku udah nemuin beberapa anak yang bingung bahasa karena di sekolah pengantarnya inggris, di rumah bahasa indonesia sih.

Apakah ada moms yang masukkin anaknya ke preschool berbahasa inggris di usia 1,5-2 tahun sementara di rumah full bahasa indonesia? Kalau khawatir, amannya anak disekolahkan ke pre-school berbahasa inggris di usia berapa ya? Makasih, moms :)

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

12

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

febifebi,
di rumah full bahasa indonesia kan? di sekolah kalau pakai bahasa inggris, ngga apa-apa sih. awalnya pasti akan bingung karena ngga familiar. pasti menyerap dulu. wait and see. tapi berdasarkan pengalaman, anak-anak itu cepet banget. anakku juga dulu gitu, waktu kami masih tinggal di spore.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

13

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

Mom feby,

speech delay biasa terjadi jika anak tinggal di lingkungan bilingual sejak lahir, tapi ketika si anak mulai bisa berbicara biasanya dia mahir menggunakan kedua bahasanya sekaligus. kayak yang mom ninit bilang, biasanya anak akan menyerap dulu, menyaring, baru menggunakannya.

Terkait masalah nasionalisme, bahasa merupakan identitas bangsa yang berarti kalau bahasa kita hilang berkuranglah satu identitas Indonesia. Hal inilah yang banyak dikhawatirkan oleh sejarawan dan ahli bahasa. Sebenernya, masalah ini bisa ditanggulangi jika orang tua menerapkan metode yang tepat untuk anak bilingual, bisa pilih antara one person speaks one language, one language at one place, atau one language at one time.

Untuk anak mom yang mendapat treatment bilingual disaat sudah mahir dengan 1 bahasa, bisa diterapkan metode one language at one place. Anak hanya menggunakan bahasa Inggris di sekolah sementara di rumah dan tempat lainnya anak tetap menggunakan bahasa Indonesia. Seiring berjalannya waktu, pasti ada sedikit alih bahasa (code switching) atau campur bahasa (code mixing) yang dilakukan anak, hal ini lumrah dan boleh saja terjadi karena tidak mungkin seseorang bisa menggunakan bahasa baku dengan baik dan benar sepanjang hidupnya. Selama orang tua mampu konsisten untuk menggunakan Bahasa Indonesia dengan anak, saya rasa anak akan mampu menggunakan 2 bahasa sekaligus dengan baik dan benar.

14

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

ninit wrote:
febifebi,
di rumah full bahasa indonesia kan? di sekolah kalau pakai bahasa inggris, ngga apa-apa sih. awalnya pasti akan bingung karena ngga familiar. pasti menyerap dulu. wait and see. tapi berdasarkan pengalaman, anak-anak itu cepet banget. anakku juga dulu gitu, waktu kami masih tinggal di spore.


Oh begitu ya, teh. Kalau dulu teh Ninit masukkan anak-anak ke preschool di usia berapa kah dan apa saja pertimbangannya?

Terima kasih sudah sharing :)

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

15

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

tetehasti wrote:
Untuk anak mom yang mendapat treatment bilingual disaat sudah mahir dengan 1 bahasa, bisa diterapkan metode one language at one place.


Noted. Apakah anak akan terbiasa menempatkan diri berdasarkan bahasa yang digunakannya seiring pertumbuhannya? Kira-kira di usia berapa ia mampu, teh? TFS :)

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

16

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

sama seperti para mommy yg lain sy ingin sekali demya sekolah dengan pengantar bahasa indonesia. namun karna pengalaman buruk dengan salah satu sekolah lokal. akhirnya demya saya libatkan dalam mencari sekolah (sungguh menyesal demya jadi trauma).

dari semua sekolah demya jatuh cinta dengan salah satu sekolah yang pengantarnya bahasa inggris. sebenernya saya ga terlalu kuatir karna waktu demya mogok sekolah karna trauma demya sudah pandai bahasa inggris karna menyerap dari baby tv, disney junior, dan buku2 e-learning yg ada bahasa inggrisnya (dengan mendengarkan suara).

ditambah demya pernah ikut test baca wajah dan telapak tangan yang pernah di selenggarakan oleh Universitas sampoerna di KOKAS dan hasilnya 97% demya bagus di komunikasi (sy ga tau ini hasil akurat apa tidak) dan sempet konsultasi hasilnya dengan salah satu psikolog yg disediakan disana. ternyata demya memang memiliki kemampuan komunikasi yang baik tapi waktu itu saya agak ragu karna saya lihat terkadang demya sangat pemalu terutama apabila dia tidak confy dengan orang atau suatu keadaan. namun saya mendapat penjelasan yang cukup mencerahkan dari psikolog. kemampuan komunikasi ternyata tidak terbatas percaya diri tampil dan berbicara seperti menjdai MC, speaker dll. tapi komunikasi disini benar2 dalam artian luas dalam artian komunikasi dengan menggunakan media yang berbrda misalanya pintar bikin puisi dan lagu itu adalah cara berkomunikasi dengan media berbeda dan satu lagi adalah memiliki penguasaan bahasa yang berbeda dengan cepat.

dari situ saya baru mengerti mengapa demya cepat menyerap bahasa inggris dari media2 televisi, buku e learning karna saya full bahasa Indonesia di rumah. jadi saya tidak kuatir waktu demya memilih sekolah yang pengantarnya bahasa inggris. karna kemampuan masing2 anak berbeda,

itulah pengalaman saya semoga sharingnya berguna

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

17

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

febifebi,
dulu kid#1 ikut pre-school umur 2 tahun... pertimbangannya karena masih tinggal di spore, jadi untuk main aja sih sebenernya. kalo kid#2 justru langsung TK aja karena kami merasa ngga perlu masuk pre-school. kid#2 sekarang lagi sering ngomong ada bahasa inggrisnya... cepet juga sih pick up dari kakaknya plus di sekolah juga udah diajarkan bahasa inggris.

bener banget nih, kalo nonton tv kayak national geographic atau kartun yang berbahasa inggris... anak-anak memperluas vocab dgn cepat.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

Raffi termasuk yang nyampur ngomongnya, jadi a-z 1-20 dia bhs inggris ama bagian2 lain juga inggris kadanng. tapi semakin banyak dia interaksi org trus kita nyebutin benda2 dia mulai bhs indonesia juga.

kalau kemaren ikut seminar parenting saya dapat info bukan karena billingual aja yg bikin speech delay tapi bahasa indonesia yang diingris2in atau inggris yang diindonesia2in atau dijawa2in. pokoknya yang pengucapannya gitu dah. entah bener atau nggak *just sharing

kalau terlambat ngomong emang lebih enak anak sering interaksi dengan anak seusianya. liat deh anak2 yang di day care bicaranya cepet rata-rata karena sering interaksi. saya ngakalinnya juga gt seh walau bukan daycare tapi masukin sekolah dulu waktu itu ben iso ngomong lancar *emak males *pecutin

happy to be a wife and mommy
http://www.echaimutenan.com

19

Topic: Pre-School: Bahasa Apa?

Numpang share juga ya bun...

Baby ku juga uda saya sekolahin mulai dari umur 16 bulan..
english school juga..
deket rumah ada sekolah yg non english full.. tapi saya kurang sreg karena lingkungan teman atau sekolah situ pake bahasa campuran indo n jawa..terlebih kalau kena jawa kasar...
alhasil saya sengaja pilih english school mulai dari babyclass...

kemajuannya lumayan...belum 2thn sudah bisa berhitung 1-10 dalam english... dia paham kata per kata english walaupun kita yg bicara dia paham...
dirumah yang pasti juga saya ajarkan atau ulangi yg diberi oleh school.. jdi baby lebih cepat nangkap..
bahasa indonesia dia tetap paham karena dirumah nenek kakeknya pakai bhs indo.

school untuk balita gak akan jenuh.. krn di school pengajarannya sambil bermain,bernyanyi,outing di alam, berbagai macam cara dan melatih motorskill nya...

anakapun gak merasa canggung.. dia malah mempelajari..

sampai skrg di PGA dia happy di school....

itu sekilas pengalaman anak saya yg sekolah full english.trimakasih.