1

Topic: Tic (Repetitive movement)

Kayaknya belum ada topik tentang tic ya... Gw buka thread baru ya...
Mungkin ada yg pernah dengar tentang tic atau repetitive movement? Menurut website kidshealth, definisi tic adalah a sudden, repetitive movement or sound that can be difficult to control.

Jadi awalnya sekitar akhir 2011, Albert suka menggerakkan bibir kirinya ke arah bawah, berulang, dan ganggu banget deh ngeliatnya... makin ditegur makin menjadi. Akhirnya coba bawa ke dsa, dulu belum dibilang tic. Cuma disarankan ke THT karena telinganya kotor, mungkin karena ada rasa gak enak di telinga, Albert bergerak2 begitu. Setelah ke THT dan dibersihkan telinganya (ternyata memang tipe kotoran telinganya menempel, sulit keluar sendiri), memang gerakan2 itu berkurang. Sempat periksa gigi juga takutnya ada gigi yg berlubang sehingga menimbulkan rasa gak enak dan memicu Albert menggerakkan bibirnya. Ternyata saat itu kondisi gigi oke.

Setelah itu gerakan berulang pada Albert menghilang, kadang muncul dengan variasi lain, spt menggerakkan mata, leher, dagu, dll. Tapi secara umum akan menghilang dengan sendirinya kalau tidak ditegur2, ditanya2, dsb. Dari browsing2 gw tahu itu namanya tic.

Bulan lalu guru sekolah Albert sempat komplain dengan gerakan bahunya dan kepalanya. Sebenarnya sih menurut gw akan berkurang kalau tidak ditanya2 terus. Tapi saat gw bawa Albert ke dokter untuk periksa yang lain (Albert mengeluh sakit kalau pipis, jd gw pikir dia kena isk), dokter malah concern dengan gerakan berulangnya, dan curiga itu bentuk lain dari epilepsi. Menurut dokter, epilepsi tidak hanya keluar dalam bentuk kejang, tapi juga bengong, atau melakukan gerakan2 berulang.

Gw stres dong, dan dirujuk ke neurolog anak, kebetulan yang dekat rumah ada dr. Irawan. Gw bawa ke dr. Irawan dan diagnosisnya adalah tic. Ini sebenarnya cocok seperti dugaan gw sebelumnya. Penyebabnya bisa krn dia merasa enak, stres atau cari perhatian. Solusinya dicuekin, lihat dalam satu atau dua bulan, kalau gerakan2 sangat mengganggu, nantinya akan dikasih obat. Dan lebih banyak anak laki-laki yg mengalaminya dibandingkan anak perempuan.

Mungkin ada urban mama yang pernah punya pengalaman yang sama?

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

2

Topic: Tic (Repetitive movement)

ella,
beberapa tahun lalu al juga pernah mengalami ini.
bentuknya berupa ngedipin mata berkali2.
tapi setelah konsultasi ke mertua, dia bilang TIC itu wajar buat anak-anak dan sebaiknya dicuekin. soalnya semakin di tegur, takut makin parah.
dan bener sih, sekarang udah ilang.

kalau istilah bahasa indonya, sawan, bener gak?

anyway, semoga gejala TIC Albert beneran gak papa yah, nothing serious dan cepet hilang.

3

Topic: Tic (Repetitive movement)

Ella beberapa bulan lalu Herbie juga pernah ngalamin ini. (baru tau namanya tic)
Persis kayak neng Al nya Fanny . Jadi suka ngedipin mata terus2an.

Pertama gue sama Opa nya sih rada keganggu sama kebiasaanya itu,makanya suka dilarang2. Tapi malah makin jadi. Akhirnya didiemin aja sampe dia bosen sendiri. Kira2 1 setengah bulan deh Herbie kedip2 gitu terus. bokap gue sempet bilang jangan keterusan loh,nanti kalo gede dipikir ngegodain cewek *doooh*

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

4

Topic: Tic (Repetitive movement)

Gw sih skrg udah gak terlalu khawatir krn udah tahu ternyata itu tic, dan bukan epilepsi. Lagipula yg thn 2011 itu gerakan2nya s albert beneran hilang sendiri. Tapi ada gak sih yg mengalami tic sampe dewasa?

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

5

Topic: Tic (Repetitive movement)

Ella, kayaknya sih bisa aja...

6

Topic: Tic (Repetitive movement)

Dear Moms,

Baru menyadari juga kalau beberapa hari belakangan, Owen (5 tahun) suka mengernyit-ngeryitkan hidung. Sebelumnya, memang saya amati dia suka menggerakan atas bibir (seperti kalau ada yang nyangkut di gigi atas) kalau sedang malu, atau nervous. Tapi belaknagan malah mengernyitkan hidung, dan berlangsung saat dia sedang bermain santai, bukan sedang gugup.

Selain menyuekkan, ada solusi lain yang bisa dicoba ga moms?

Dan ohya, Mba Fanny, Mba Ella, Mba Cindy, apakah di anak-anaknya, gejala TIC ini berulang? Saya sempat googling, jadi parno, karena sering dikaitkan dengan Tourrette, dan menjadi kronik serta lebih kompleks.

Trims ya,

acen

7

Topic: Tic (Repetitive movement)

littleowen Herbie sekarang sudah nggak sering kedip-kedip kayak dulu lagi. Udah lumayan lama ilangnya. Cuma sekarang kalo lagi serius main/ngerjain sesuatu dia tuh kayak yg repot banget,kayak benerin kerah baju atau garuk2. Tapi kalo pas biasa ya udah gak gitu lagi.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

8

Topic: Tic (Repetitive movement)

mom,anakku Kellan (3 thn) udah 3 hari ini sering kedip2 sambil miringin kepalanya.aku khawatir banget dan senin ini mau nyoba bawa ke dsa. rata2 sembuh dengan sendirinya kah mom? aku udah panik banget kenapa ini anakku

9

Topic: Tic (Repetitive movement)

Hallo mommy2 semua kayanya forum ini udah lama ditinggalin ya...
Anak saya laki2 usia 3,5 tahun kayanya lagi kena gejala ini.
Sekitar 2 bln lalu mulai kedip2 matanya awalnya jarang2 makin kesini
Makin sering. Apakah benar tipsnya didiemin aja?

Boleh sharing gak sekarang anak2nya yang pernah kena apakah masih ada gejala ticsnya
Atau sembuh total?

10

Topic: Tic (Repetitive movement)

Mama Selvy,
Halo salam kenal ya ma. Saat ini sih Herbie udah nggak kedip2 lagi matanya.
Benar-benar ilang sendiri setelah di diemin itu. Nggak kumatan juga untungnya.

Kalau diperhatiin anaknya pas lagi apa kedip2nya? Masih wajar apa udah sering banget?

Btw ini yg semalam DM aku yaa?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/