1

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

Setelah seliweran di search ga nemu threadnya yang jelas, boleh ya moms bikin thread ini :)

Adakah bu ibu di sini yang mengalami keluhan penyakit kulit, gatal2, alergi dan sejenisnya selama menyusui? Biasanya penanganannya bgm?

Share aja, saya selama periode menyusui ini - sejak melahirkan, kena penyakit kulit yg didiagnosa alergi oleh dokter sp.kulit. Saya emang riwayat alergi sih sejak SD. Timbul bercak2 merah berbiji, kadang berair kadang agak bersisik juga. Sempat hilang sejak SMA, ga tau kenapa pas abis melahirkan kambuh lagi. Mungkin karena proses menyusuinya, saya jadi banyak makannya, hampir ga ada pantangannya, jadi kambuh deh penyakitnya.

Nah, si dokter ngasih resep obat antibiotik, antihistamin(alergi), sama salep. Masalahnya, obat2an itu kontraindikasi/ngaruh ke proses menyusui. Padahal saya kasih tau dokternya, saya masih menyusui. Dokternya nanya, "udah berapa bulan anaknya bu?" Saya jawab 15 bulan. "Wah, ga usah disusui lagi anaknya, bu. Dikasih makan bubur aja. Ato, seminggu ini ga usah disusui dulu aja." Saya sampai berkaca-kaca mau nangis dengernya. Sebel ih nih dokter, ga pernah nyusuin jadinya ga pernah ngerti betapa berharganya proses menyusui itu bagi anak dan ibunya (bahkan lingkungannya).

Saya sih pengennya gugling dulu ato cari second opinion ke dokter lain, cari obat alternatif lain at least buat antihistaminnya (nama obatnya cetirizine-yg saya tau itu kontraindikasi dengan proses menyusui). Trus, gimana caranya meyakinkan suami dan keluarga kalo saya punya alternatif pengobatan lain (mereka sangat mendukung diagnosa si dokter)? Apakah ada moms yg pernah ngalamin serupa, ato saran?

Thanks.

Mommy ? Superben

2

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

immaria ga bisa bantu banyak... cuma bisa mengusulkan apakah ndak sebaiknya dicari tau alergennya apa? krn kl mmg benar alergi kan ngga ada obatnya... yg terbaik adalah menghindari pencetusnya...
mungkin kl udah tau jenis makanan yg menyebabkan alergi, bisa dihindari khusus makanan itu aja... lalu dilihat perkembangan selanjutnya...

trus, saya bingung aja... diagnosis alergi kok obatnya ada antibiotik? apa sdh pasti ada infeksi bakteri (infeksi sekunder)?

cari second opinion aja ke spesialis kulit yg lain, mom...

3

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

oh ya mom avee, update setelah aku minum obat2annya (selain antihistaminnya) luka akibat gatal itu udah sembuh. jadi, sebenarnya awalnya memang itu alergi makanan esp.telur unggas, jadinya gatal dan kalo digaruk ya timbul lukanya, yg kalo ga diobati jadi membesar dan akhirnya jadi sarang kuman. makanya dikasih antibiotik, antihistamin sama salep. karena aku ga minum antihistaminnya, berusaha sepenuh hati aja untuk ga menggaruk kalo gatal, hehehe.

Mommy ? Superben

4

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

immaria

aku juga ngalamin alergi, awalnya pas hamil 3 jari di tangan kiri ku,
awalnya bentol bentol gatel banget,kayak ada airnya githu lama lama ngering trus menebal kulitnya, terus pecah pecah jadi perih banget. kadang kadang suka ngelotok kaya sisik ikan githu bentuknya.
seegitu ngelahirinmalah makin parah ngerambat jadi empat jari, aku sampe ke 3 dokter kulit, semuanya bilang alergi, ngasih obat krim dan minum, tapi gak ada yg aku tebus, soalnya mikirnya klo minum obat takut ngaruh ke asi, klo diolesin takut kena babyku.

akhirnya aku brosing brosing akhirnya aku mendiaknosa sendiri klo ini tuh bukan alergi tp echema or ezema githu, intinya sieh kulit kita kehilangan kelembapan aslinya, mungkin karena menyusui kalinya, kan badan kehilangan cairan.
jadinya aku perbanyak minum sama ku olesin minyak zaitun setiap mulai ngerasa kering gatel
eh jadinya mendingan banget loh kulitnya plus safety lg klo kena baby
cuma kadang-kadang aku suka lupa ngolesin klo dah mulai sembuh, jd kambuh lagi deh.

Housewife & Reyhan mommy =D

5

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

hm, baru aja kepikiran buat periksa ke Sp kulit. ditangan kanan bagian atas kadang terasa gatal, setelah digaruk jdai agak kasar dan bersisik gitu, baru seminggu ini sih. Biasanya saya olesin pake QV cream, tapi masih belon ngaruh juga, Apakah emang ada hubungannya dengan menyusui gitu yah?Belom sampai taraf menganggu sih, tapi kalo dari segi estetis, luamayan mengganggu juga.

6

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

Hi moms, ternyata ada juga yah yg ngalamin kaya aku..
aku juga mengalami bentol2 yang kalo digaruk makin menyebar..
dulu memang sempet alergi juga sih, eh setelah melahirkan kambuh lagi.
rencananya sih mau ke Sp kulit. Masalahnya aku juga masih menyusui, apalagi babyku masih 1m. Ada ngga yg bisa kasih referensi obat selain antihistamin itu?

7

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

Nah kaynya ini forum yang tepat buat masalah gw deh. Jadi gini, PD sebelah kanan gw itu sering banget leaking jd gw suka pake breastpad. Entah alergi atau apa lama-lama gatel terus mengelupas bagian areola nya jadi berubah warna agak pucat. Semakin lama jadi perih dan panas kaya ditusuk-tusuk. Nah kata dokter spesialis laktasi katanya gw kena jamur. Yang berarti anak gw juga kena karena nyusu langsung ke PD. tapi gaka ada tanda-tanda anak gw kena sih.. Udah dikasih obat oles tapi sepertinya gak membaik 3 hari ini.. Ada yang pernah ngalamin gak? Rencana mau ke dokter kulit sih besok.. Huhuhu menderita deh rasanya.

i ? you as big as the world, Alenka.

8

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

Duhhh.., masalah kulit selama hamil dan menyusui kayanya masalah gw banget deh..

anin0988
: gw juga pernah kaya gitu, dikasih salep sama dokter yang katanya gpp kalo pun sampe kena ke si baby. Tapi gw sih sebisa mungkin berusaha agar salep itu nggak banyak terpapar ke mulut si bayi, caranya gw pake saat anak gw lagi gak nyusu dan saat dia mau nyusu, gw lap ake aer anget dulu, sesudah selesai, pake lagi. Cape sih, tapi kalo telaten mudah2an cepet kelar masalahnya. Gw lupa apa nama obatnya karena makenya pas anak kedua kalo gak salah. Coba aja ke dokter langsung biar lbh jelas dan aman..

hanum_df, itu penyakit langganan gw kalo hamil, gak tau kenapa deh dan biasanya gw kena kaya gitu pas hamil muda. Jadi awalnya gw gak mau minum ato pake obat karena gw takut berpengaruh ke janin, tapi lama2 ujung2 jari yang bentol2 berair itu makin gatel, pecah, perih dan nyebar gitu, merah2 kayak borok, duhhh..nggak banget deh pokoknya, megang apa2 perih, sampe2 gw gak bisa buka tutup resleting karena ujung2 jari gw parah dan perih. Akhirnya ke dokter juga dan dokter setuju bahwa gw gak boleh minum antibiotik dan obat2 keras lainnya, akhirnya dia bikinin gw salep (diracik gitu) yang katanya aman buat orang hamil, alhamdulilah beberapa hari luka kering dan dalam dua minggu udah sembuh total..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

9

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

kalo istri gue sih jd item gt tp pas udh lahiran 1bln jd putih lg

10

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

Terima kasih infonya para mama semuanya,,

11

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

jadi inget lagi,
iya setelah melahirkan... warna kulit jadi agak ajaib... menghitam! :D
tapi bener kata papa sidiqpr, lama2 juga normal lagi. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

12

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

iya bener teh ninit, warna kulit seperti kusam dan cenderung kering tapi sekarang udah normal lagi :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

13

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

sidiqpr, kayaknya kebanyakan wanita saat hamil bermasalah sama kulit deh ya, aku pun begitu, tapi di bagian leher aja, kelihatannya kayak jarang mandi, huhuhu..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

14

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

Wahh ini mshlku juga. Setelah melahirkan seluruh badan suka gatal2, tapi ngak ada jayak cairan gitu, cuma spti gigitan nyamuk yg makin hari makin melebar, dan anehnya gatalnya tuh tiap malam aja.
Aku sih krn masoh menyusu, bayi msh 7 bln, jd ngak mau pake obat2an apapun. Kmrn gatal di perut, eeehh skrg gatal di ketiak sampe dikit ke panyudara. Gateeelll bangeet. Nah utk ilangin gatel aku cuma kompres pake alkohol sih, iseng aja coba tapi mmg enakan. Klo kena di luka yg kegores kuku sih pasti agak nyeri kena alkohol, tapi emang enakan setelah itu.
Apa moms lain ada cara lain pengobatan alami tanpa obat ?

15

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

wincha dulu aku juga ngalamin kayak gini. Lebih sering di payudara,duuuh bete banget.
Aku sih dulu ga pake obat,cuma jadinya deket2 sama yg dingin,kayak es batu atau kol dingin buat kompres untuk ngurangin gatal.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

16

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

kalau gatal karena alergi harus dicari penyebabnya apa dengan skin prick test supaya pencetus alerginya bisa dihindari.

kalau gatel karena kulitnya kering bisa coba pake minyak alami seperti minyak zaitun atau pakai essential oil.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

17

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

hai mom, salam kenal ya
aku kemarin sempet juga kena gatal gatal di area payudara. Kalo diingat" dulu pas nyusuin #1 juga pernah gatal gatal di area payudara. Cuman pas nyusuin yang #2 malah lebih parah. Gatalnya sampe ke tangan dan kaki, bahkan selangkangan (duh, ga nyaman banget). Sampe akhirnya aku bela belain mandi jam setengah sebelas malam pake air dingin, wkwkwk.

tapi alhamdulillah cuman sehari aja, besoknya pas kontrol pasca lahiran, aku minta obat buat ngatasin kalo gatelnya kumat, dan aku minum kalo lagi gatal. Alhamdulillah lagi gatalnya cuman sehari setelah ke dokter trus hilang, bintik"nya juga berkurang. Jadi kayaknya cuman sementara aja.

Btw, kalo baca di google, katanya memang ada biduren pasca lahiran, eheheh, jadi mari ditahanin, kecuali kalo parah banget, mending dokter saja ^^

18

Topic: Penyakit Kulit pada Ibu Menyusui

airachma akhirnya minta obat di dokter ya mba rachma? hmm, bisa sampai selangkangan juga ya ternyata? baru tau.

Tapi syukur deh kalo udah ngga gatal lagi sekarang. Semoga nggak perlu kambuh lagi yaa ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/