1

Topic: Metode Glenn Doman

Kemarin di tumpukan buku nemu makalah tentang seminar Glenn Doman tentang mengajarkan matematika dan membaca sejak dini. Mau aku coba terapkan ke Teta (3 mos)...Mamas udah ada yang nerapin ke anaknya belum?sharing doong :)

2

Topic: Metode Glenn Doman

rika,
Sbnrnya topik ini ada di thread 'Flash Card'. Tapi gpp deh gw buka dulu buat fokus diskusi di metoda ini ya :)

gw sendiri pernah ngasih flash card ke enzo & dante wkt mrk msh bayi < 6bln. Flash cardnya yg hitam-putih bergambar doang. Tulisan & angka gak gw pake. Tujuan gw ngasih gambar hitam-putih itu buat ngelatih otot mata bayi aja biar fokus. Sedangkan buat pengenalan bentuk gw lbh milih bayi distimulasi langsung ke objeknya.


Misalnya gw mau nunjukin bentuk bunga, ya gw kasih liat bunga beneran. Gitu jg dgn bentuk yg lain. Langsung ke objeknya. Atau photo di dinding, buat nunjukin photo mama, papa, dan anggota keluarga lain. Stimulasinya jg gak melulu dr flash card sih, dari nyanyian, dongeng, diajak bicara.


Gw gak rajin sih ya, tau sendiri dulu gw msh kerja kantoran jadi waktunya jg terbatas. Jd ya hasilnya jg gak hebat2 amat sih :)
Tapi enzo bicaranya cepet bisa, dan betul (gak cadel2/ babbling gitu) mungkin krn sering diajak ngobrol 'biasa' dan dibacain buku cerita. Kalo baca & angka2 sih enzo blm bisa krn gw jg gak ngajarin.
Selain cepet bisa bicara, enzo jg cepet ngerti. Dia udah bisa memahami & compare cerita 1 dgn yg lain. Misalnya dia ngejelasin kalo tikus yg di cerita Fantastic Mr.Fox itu jahat & merokok, sedangkan tikus yg di Ratatouile itu lucu & suka membantu.


Metode GD sendiri awalnya digunakan di RS untuk pasien dengan kasus brain damage. Latihan dgn metode ini mempercepat sembuhnya pasien dari amnesia dan penyakit otak lain itu.
Jadi gw sendiri ga terlalu ngotot pake metoda ini. Dibawa asyik & fun aja.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Metode Glenn Doman

mba ekaa, sharingnya banyaak..seneng :D
flash card item putihnya bikin sendiri mba?trus gambarnya apa?

baru tau loh kalo metode ini awalnya untuk pasien brain damage ehehee

4

Topic: Metode Glenn Doman

wah, saya juga dari dulu penasaran banget sama metode si GD ini. Apa sudah ada yang membuktikan kebenarannya ya? tapi jujur, saya gag pengen (males kaliiii :P) nerapin ke anak-anak. Tapi penasaran, apa ngefek apa enggaknya :D...

Jihan : simply a mom ;) ... http://jihandavincka.com follow me @davincka

5

Topic: Metode Glenn Doman

rika,
bisa bikin sendiri.
cuma pake karton putih yg agak tebel koq. trus gambar siluet gitu item. gambarnya macem2, ada gambar binatang, kendaraan, atau benda2 :)

http://i1016.photobucket.com/albums/af286/ekadeau/FC1.jpg
intinya sih biar bayinya fokus dan kita ada topik buat bercakap2 dgn bayi.
misalnya: ini gajah, gajah itu binatang yg besar dan berbelalai panjang.. dst...

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Metode Glenn Doman

aaa, si gajah lucu sekali..
iya aku juga ud beli karton tebel..sip deh berarti tinggal gambar2 atau donlot gambar hekekek..

mba davincka, aku juga baru mau nyoba nih hehee bukan menjadikan anakku super baby sih, tp mengoptimalkan otak yg katanya lg menyusun sambungan2..

for share, utk teori metode belajar berhitung glenn doman yg perlu dipersiapkan:
-karton dipotong persegi ukuran 28x28 (kalo utk membaca kartonnya persegi panjang)
-bikin stiker dot warna merah (untuk berhitung, kalo membaca spidolnya merah)

kemarin Teta udah dicobain hitungan 1-10, belum dilanjutin lagi hehehe
nanti mau coba metoda dr mba eka ahh :)

7

Topic: Metode Glenn Doman

rika,
pake warna hitam-putih krn katanya bayi <6bln lbh fokus ke gelap-terang untuk konsentrasi. Dan ngerti jg sih kenapa dedy corbuzier ngasih anaknya warna hitam putih u/ semua barang2 babynya :p (yaa..walopun gw gak seekstrim itu sih..hihihi..)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

8

Topic: Metode Glenn Doman

hahaha okee mba...aku juga baca kalo bayi bagus distimulasi pake warna item-putih
berarti metode GD ini utk 6 bln ke atas kali yak, soalnya menggunakan warna merah utk belajarnya..

tfs mba eka :D

9

Topic: Metode Glenn Doman

mmm untuk metode ini harus tekun dan giat dari orangtuanya, sayang kalo hanya setengah2x aja ...soalnya biayanya lumayan juga ya.. thanks

10

Topic: Metode Glenn Doman

Gue dan suami sekarang lagi nerapin metode Glenn Doman ini ke Oliver (2.5 y) dan Francis (8 mos). Tapi metodenya udah agak dimodif dikit, disesuain dengan karakter anak2. Soalnya kalo ngikut metode GD plek, si Olivernya suka ga betah. Jadi yang sebelumnya sehari harus show cards 15 kali, kita kurangin tinggal 8-10 kali aja. Supaya si anak tetep interested.
So far sih, si Oliver udah bisa baca beberapa kata2 simple, seperti mama, papa, grandma, grandpa, etc. Sedangkan untuk Francis, dia juga udah tertarik banget untuk ikutan baca.

Oh ya, untuk flash card kitnya, suami bikin sendiri. Jadi kartunya semua kita print sendiri. Kalo beli jadi bukannya sampe 1 jutaan gitu yah? Mahal amat emang.

11

Topic: Metode Glenn Doman

Kenar waktu 8 bulan saya belikan flash card. Dan begitu kita mainkan yang ada digigitin tuh flash card hihihi... Ya udah deh langsung saya masukkan kembali ke kotaknya menganggap kalau flash card belum cocok untuk bayi di bawah 1 tahun :D

Umur 1 tahun, flash card saya keluarkan kembali. Dan alhamdullilah dia mulai mengenal gambar" yang ada di flash card, walaupun kalau saya tunjukin tulisannya untuk dibaca yang ada dibalikin lagi ke arah gambar (masih ogah banget lihat tulisan).

Umur 18 bulan Kenar sudah hafal semua gambar yang ada di flash card. Dan teutep gak mau kalau diajakin baca tulisan yang ada di flash card. Ya udah flash card di simpan lagi karena Kenar sudah bosan dengan flash cardnya.

Umur 22 bulan saya coba keluarkan flash card kembali dan mengajaknya untuk belajar membaca tulisan di flash card. Dan yang ada Kenar tetep gak mau ngelihat tulisan yang ada di flash card. Karena gak mau nyerah, akhirnya saya tetap menunjukan tulisan sambil mengeja kata yang ada di flash card. Alhamdullilah 1 minggu diajarin mengeja, Kenar sekarang sudah lancar mengeja kata dengan 2 atau 3 suku kata.

Dan sekarang Kenar 25 bulan, udah seneng banget mulai membaca segala buku yang dipegangnya walaupun dia baru mengenal 9 huruf alfabet. Kadang dia mengeja kata yang notabene gak ada di buku yang dibacanya tersebut hihihihi....

12

Topic: Metode Glenn Doman

wah, PR baru niy.ijin menyimak mamas. saya sih belum ngapa2in anak saya. tp surely will mantau thread ini terus, ambil googling dulu juga soal si GD ini. Keep us updated yah :)

13

Topic: Metode Glenn Doman

kalo belajar membaca dengan metode GD ini gimana sih? ada yang bisa share gak? TIA.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Metode Glenn Doman

Setelah baca thread ini jadi penasaran tentang Gleen Doman :), uda kepikiran sih mau beli flash card tp belum nemu dimana belinya & aga males juga beli nya hihihi, soalnya Kenneth (10m) masi suka gigit2, yang ada malah digigitin aja :D.
Ijin nyimak juga ya moms, masi buta tentang metode GD :)

15

Topic: Metode Glenn Doman

aku ga mempraktekkan glenn doman ini ke anak2ku sih.
cuma dari bbrp pengalaman ortu yg pernah kubaca, pada bbrp anak yg masih sangat kecil (bahkan blm usia 2 thn), tp sdh cukup lancar bicaranya, mereka jd bs membaca ini itu.

pada pengalaman anakku, kejadiannya agak beda. kebetulan anakku masuk kategori speech delay, jd baru di usia 3 tahun kemampuan bicaranya mulai agak lumayan. kuamati ketika usianya 3.5 tahun, dia mulai bisa "membaca" bbrp tulisan yg dia temui di koran, tv, dll, padahal aku merasa aku ga pernah mengajari dia pelafalan tulisan2 itu.

usut punya usut, ternyata itu yg dinamakan memori fotografis. jadi pada anak2 yg mempunyai memori fotografis tinggi, dia akan dengan cepat merekam dan menghafal luar kepala bacaan dari tulisan tersebut, walaupun dia belum tentu tahu makna/arti tulisan yg sudah bisa dibacanya. jadi disebut "membaca" (baca : membaca dalam tanda kutip) karena dia melihat tulisan2 tadi sebagai sebuah simbol2 dg bunyi/pelafalan tertentu.

seperti pada anakku, sbg contoh, walaupun dia bisa membaca kata "gratis" dll, tapi blm tentu dia tahu arti kata gratis, dan kalau kutanya kata gratis ini tersusun dari huruf2 apa saja, jawabannya masih kadang salah dan terbolak-balik.

jd ga heran, pada bbrp batita yg mempunyai memori fotografis tinggi, dengan dilatih membaca dg metoda glenn doman ini, mereka jd seperti bis membaca ini itu, padahal sesungguhnya mereka belum tentu paham arti/makna tulisan2 yg berhasil mereka baca :-)

16

Topic: Metode Glenn Doman

Hallo semua, saya menggunakan metode Glenn Doman baik membaca dan matematika sejak Arka berusia 5 bulan. Saat ini Arka sudah menjawab soal aljabar simpel seperti 70-y = 65 maka y=? , dia akan tepat menunjuk kartu nomor 5. Membaca bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin dan not balok. Semuanya dengan metode GD. Saat ini diusianya 20 bulan, sudah bicara dg jelas dan merangkai 4 kata. Metode ini benar benar baik sebagai stimulasi dini utk bayi :)

dr. Ratih Ayu Wulandari
(konselor menyusui)

17

Topic: Metode Glenn Doman

Wah metode yang baru saya dengar..bayi saya susah fokus dan lbh suka eksplorasi oral meski telah berusia 13bln..saya msh pikir2 apakah metode ini bisa diterapkan :)

18

Topic: Metode Glenn Doman

Semua bayi memang susah fokus :) krn memang mereka punya keinginan sangat kuat utk belajar jd gampang teralihkan perhatiannya bila ada hal baru. Karena itu metode Glenn Doman sangat baik bila mulai diterapkan sejak usia 3 bulan atau kurang krn saat itu mereka pure intellectual.

dlm buku Glenn Doman dituliskan bagaimana cara kita mengajar utk setiap umur. Bila mau dimulai lebih dari 1 thn, materi pelajaran harus benar2 singkat, frekuensi sering.

Masa keemasan anak belajar adalah 0-6thn. Semakin muda usianya, semakin mudah mereka belajar. Lebih mudah mengajarkan anak ibu usia sekarang dibandingkan saat ia sudah 2 thn atau 3 thn :)

Selamat mencoba :)

dr. Ratih Ayu Wulandari
(konselor menyusui)

19

Topic: Metode Glenn Doman

Baru dengar metode ini. Menarik bgt. Kebetulan punya baby...moga2 bisa dipraktekin..
Bukunya beli dimana mom?

20

Topic: Metode Glenn Doman

aku tau metode ini dari seminar2 yg biasa diselenggarakan si distributor flash card-nya. udah lamaaaa bgt sih, jd waktu itu blm pny anak & nggak terlalu notice. si penyelenggara seminar ini selalu ngajak satu anak yg usianya 3 tahun dan terbukti bisa baca (utk kasih testimoni gitu). keliatannya emang keren sih (menurutku), bangga juga punya anak usia dini udah bisa baca (ini dari sisi ortu si anak yg sering testimoni metode tsb), tapi begitu punya anak, aku ngerasa eman dan kuatir cenderung memaksakan, jd nggak kupraktekkin. lbh menggalakkan bacain buku aja demi menstimulasi bahasa & minat bacanya. soalnya menurut bbrp ahli pendidikan yg pernah kubaca pendapatnya, proses bisa baca dg metode ini lebih erat kaitannya dg memori (anak hapal bentuk huruf), bukan kognisi (anak hapal krn tingkat pemahaman). cmiiw :)

.: a momma who (keeps) learning about mothering from and (just) for baby Ei :.
The moment a child is born, the mother is also born.
She never existed before. The woman existed, but the mother, never.
A mother is something absolutely new ~ Rajneesh

21

Topic: Metode Glenn Doman

oya, mbak Anisky...minggu lalu aku liat da buju metode GD lengkap termasuk berdasarkan usia, di gramed dan harganya 100an, bukunya bagus (berwarna), tapI aku lupa judulnya, cari aja di rak pendidikan atau anak/parenting :D

maaf nggak terlalu membantu.

.: a momma who (keeps) learning about mothering from and (just) for baby Ei :.
The moment a child is born, the mother is also born.
She never existed before. The woman existed, but the mother, never.
A mother is something absolutely new ~ Rajneesh

22

Topic: Metode Glenn Doman

Jadi ingat kata suamiku berkaitan dgn metode GD yg membuat anak bisa membaca dan berhitung lbh cepat dr anak lain..Anak yg dikarbit tentu akan tumbuh lebih cepat, matang lebih cepat, tp busuknya juga lebih cepat. Hmm...klo aku pribadi tetap ingin mencoba metode ini tp dengan motivasi yg berbeda. Motivasiku bukan supaya anakku akan lebih siap berkompetisi dengan anak lain nanti, tetapi lebih ke mengekspos anak terhadap dunia huruf dan angka, dgn harapan minat membacanya akan tumbuh. Sependapat dgn Momma Bi :)

23

Topic: Metode Glenn Doman

Aku juga tadinya tertarik dengan metode GD ini, sudah sempat baca bukunya, tapi belum sempat dipraktekkin. Lalu, lagi lihat2 di thread Parenting Books, ada salah satu mommy yang menyebut buku berjudul Einstein Never Used Flash Cards, karena tertarik dan penasaran, aku coba cari reviewnya dan intinya seperti yang sudah disebutkan oleh Momma Bi:

proses bisa baca dg metode ini (metode GD) lebih erat kaitannya dg memori (anak hapal bentuk huruf), bukan kognisi (anak hapal krn tingkat pemahaman)
wrote:
Kalo lihat dari review-nya, buku ini juga sependapat dgn opini beberapa ahli pendidikan yg pernah kudengar: lebih menekankan cara belajar melalui proses bermain, yang meningkatkan kemampuan anak memecahkan masalah (problem solving skills), masa simak (attention span), perkembangan sosial dan kreativitas (social development & creativity). Aku lagi pesan bukunya krn tertarik baca lebih lanjut.

Tapi memang kalau zaman aku kecil dulu, belum ada orang tua yang kenal metode belajar dengan flash-cards. Aku ingat sekali dulu punya mainan huruf2 yg ada tempatnya itu (semacam puzzle) dan mulai belajar abjad dari situ, lalu sering dibacain buku cerita dan didongengin. Dari situ timbul keinginan kuat ingin bisa baca sendiri & akhirnya belajar dan bisa baca saat umur 4 th. Dan dari sistem sekolahku dari SD s/d SMA yang bisa dibilang hampir seluruhnya menghafal, paling sengsara kurasain saat kuliah, di mana diharuskan membentuk & mengemukakan pendapat sendiri baik lisan maupun dalam bentuk tulisan. Kalau dosen menanyakan sesuatu, beliau2 itu gak mau dikasih jawaban cuma dari text book, pasti lanjut nanya: iya, itu kalo mnrt text book, pendapat kamu sendiri bagaimana? Hiks.. :p Di situ baru terasa banget, karena sebelumnya sekolah selalu penekanannya pada hafalan & bukan pemahaman, ternyata aku jadi tidak terlatih untuk berpikir sendiri... Kalo ini sih sekadar share pengalaman pribadi aja yah, mom :)

24

Topic: Metode Glenn Doman

Rika, aku udah mempraktekan metode GD untuk membaca usia dini, ada plus minus-nya, sih, jadi aku aplikasikan sesuai situasi aja karena ada beberapa bagian yang kurang cocok dngku jadi aku hilangin. So far hasilnya bagus, si bungsu yang umurnya 5 tahunan sudah bisa membaca dengan lancar umur lima tahun (aku ngajarin metode GD ke dia saat umur sekitar 3,5-4 tahun).

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

25

Topic: Metode Glenn Doman

metode gd ini kayaknya ga gw pake deh haha, kalo flash card gt sih juga pernah diterapkan, tapi untuk baca beneran memang gw ga fokus pada anak usia dini banget apalagi tk karena gw melihat pada kesiapan anak, ketika anak siap dia akan mudah menerimanya. mika swnditi baru bisa baca ya pas sd kelas 1, karena memang sudah siap dan diberikan metode yg sesuai dengan pola ffikirnya, ini lebih mudah sih hasilnya ke mika

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/