1

Topic: Benjolan di Kelopak Mata Anak

Hai moms..sy mau tanya dong ada yg pernah punya pengalaman kelopak mata anak ada benjolan gak d dalem gt..anaku shafa 3y kyknya ada benjolam d kelopak matanya tp gak sakit tp sy khawatir deh..hiks

2

Topic: Benjolan di Kelopak Mata Anak

Ayu nurrohmah,

Anakku belom pernah ngalamin ma. tapi aku yg pernah. waktu itu sih dokternya bilang infeksi dan kempes setelah beberapa bulan. Gak sakit, hanya ganggu aja.

Nanti coba aku tanya ke temen yg waktu itu anaknya juga pernah ada benjolan di kelopak matanya juga ya ma :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

3

Topic: Benjolan di Kelopak Mata Anak

Hai Mama Ayu,
Anakku pernah ada benjolan di kelopak mata bawahnya. Tapi usianya sudah 6 tahun'an. Awalnya dikira bintitan. Tidak sakit. Tidak merah. Tidak terlihat besar. hanya terkadang gatal, mungkin terasa mengganjal. Tapi setelah berkali-kali diobati ternyata gak sembuh juga. Lalu dokter mata anak memutuskan ini harus diinsisi untuk melihat jenis benjolannya dan tingkat keganasan. Karena mulai terlihat ada bakal anak yang akan tumbuh, takutnya malah akan menyebar. Perkiraan awal semacam daging atau selaput tumbuh. Sejenis tumor tapi jinak. Karena usia masih anak-anak, insisi harus dengan bius total dan masuk operasi besar. Padahal jika usia anak mencukupi, operasi jenis ini termasuk operasi kecil. Prosesnya pun tidak lama, biasanya kurang dari 10 menit.

Singkat kata, karena termasuk operasi besar maka harus mengikuti prosedur operasi besar pada umumnya. Pra operasi harus ada rujukan dari dokter anak, cek darah, cek torax, dan lain sebagainya untuk memastikan kondisinya cukup fit untuk melakukan bius total. Setelah melalui berkali-kali keluar masuk rumah sakit untuk general check up, akhirnya acc untuk operasi besar diperoleh. Tapi mungkin karena capek, si bocah kena flu. Sehingga proses ditunda hingga flunya benar-benar sudah sembuh.

Yang mengejutkan, ketika hari H-1 operasi, tiba-tiba benjolannya kempes. Masih terlihat ada selaputnya, tapi sudah kempes. Lalu kita berangkat lagi ke Rumah Sakit mata Anak. Dokter yang harusnya sudah selesai praktek rela menunggu kami datang demi mendengar kalau salah satu pasiennya yang akan operasi besok tiba-tiba benjolannya kempes. Setelah diperiksa berkali-kali hari itu juga memang benar benjolannya kempes tetapi selaputnya masih ada.

Dari situ dokter menyimpulkan bahwa benjolannya kemungkinan berisi cairan yang bisa setiap saat kembali membesar. Kemungkinan faktor yang bisa mempengaruhi adalah karena intoleransi makanan atau alergi dan virus. Kebetulan anak saya yang ini alergi dengan protein dari telor ayam. Dan yang saya ingat sebelum operasi saya melarang dia makan telor ayam, takut alerginya kambuh. eh ternyata malah benjolannya ikut kempes.

Jika mata gatel atau kelilipan, dokter mewanti-wanti untuk jangan dikucek. Dan dia paham sekali sekarang. jadi kalau matanya gatel dia cuma pegang sambil kedip-kedipin berkali-kali. Kalau terlalu banyak makan telor ayam sudah bisa ditebak matanya akan semakin sering gatal. Kita hanya dibekali salep untuk antisipasi saja ketika benjolannya mulai kelihatan sedikit membesar atau terasa mengganggu.

Begitulah singkat cerita pengalaman saya. Mungkin bisa dicoba dimulai dengan periksa ke Dokter Mata Anak. Jika di kota mama ada Rumah Sakit Mata, coba dicari dokter mata yang memang spesialis mata anak. Semoga sedikit membantu. Semoga buah hatinya pulih kembali ya mama.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Benjolan di Kelopak Mata Anak

ayu, hai amma ayu, belum pernah punya pengalaman. Tapi better periksa ke dokter aja karena kan kita ga tau ya, bisa juga memang karena alergi, debu atau serangga. Semoga cepat sembuh yaaa

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

5

Topic: Benjolan di Kelopak Mata Anak

hai ayu

kl pengalaman gw pribadi, bukan di anak. tp suami n gw sendiri pernah ngalamin. suami ada bbrp (5 apa 7 gitu). akhirnya diincisi. kl gw ada 2 kl gak salah. sama berakhir di incisi jg. krn terus terang itu mengganggu bgt loh. mungkin anak kecil blm bisa ungkapin rasanya. tp itu bikin pusing n gak enak ngeliat. pusing terutama kl lagi posisi rukuh/ ya pokoknya yg posisi nungging kepala di bawah gitu. bener kata mba wiwit, kl di orang dewasa bius nya lokal aja. 10 menit beres. dan gw waktu itu pergi ke rs bareng jazmine yg masih asi n ditemenin mama mertua (alm). abis operasi gw tidur ngilangin pusing obat bius di cafetaria sambil nunggu proses asuransi beres (karena masuk ods/ one day surgery jd urusannya lumayan lama). lumayan lah dapet 2jam tidur. abis itu... nyetir pulang deh ahahahaha nekat emang. tp itu dah ijin dokter. katanya gpp kok. 2jam obat bius dah abis. perban masih dipasang. tp krn gw ngerasa gaenak nyetir satu mata jdnya perban gw buka. mungkin gara2 itu jg, seminggu kemudian benjolan balik lg.
gw pindah rs n dokter, gw bilang gamau diincisi lg. ntar orang asuransi pikir gw hobi amet ya ods hahahaha. yaudah ama dokter dikasih tetes mata keluaran cicendo. kl gak salah warna kode obatnya merah/obat keras. akhirnya seminggu di tetes ilang.
pernah jg baru2 ini muncul lg. di tempat beda. pas mo ke dokter eh kempes. yaudah gw biarin. tp jd sedikit berbekas. tempatnya pas di garis eyeliner. kl dipegang kerasa gerenjil gitu. niat mo diperiksain ke dokter blom2 aja hehehehe.

nah untuk kasus anak, anaknya teteh pernah jg. si Mika baru 1.5th kl gak salah. itu sama dokter udah dicoba tetes mata dl. krn gak kempes2 jadinya akhirnya incisi. bius total. alhamdulillah recovery nya cepet. 
mungkin bener kata mba wiwit, ada pengaruh alergi disitu. cobain aja konsul dl sama dokter ya. 

moga cepet sembuh yaaa

Bussy life...happy life...

6

Topic: Benjolan di Kelopak Mata Anak

Hi Mom Ayu,

Anakku juga ada nii. baru muncul sekitar 3 mingguan. sepertinya sih tidak mengganggu aktivitas dia dan keliatannya kalau lagi merem aja. Baru nanya ke sodara yang dokter umum, kemungkin itu ada kelenjar yang tersumbat karena daerah mata memang banyak kelenjar. Coba disuruh kompres pakai kapas dan air anget, baru mau aku coba sih. Kalau memang gak kempes juga baru aku bawa ke dokter. Semoga bisa cepet kempes juga ni biar gak perlu diapa2in sama dokter.

Semoga shafa cepet ilang juga benjolannya :)

7

Topic: Benjolan di Kelopak Mata Anak

Hai mama ayu (nama kita sama ya),

Anakku juga 3thn dan sedang mengalami hal yg sama,kmrn udah ke dokter mata dan menurut dokter alhamdulillah hanya bintit dan dikasih salep yg harus dipake 4 jam sekali dan sebelumnya dikompres air hangat dulu.skrg alhamdulillah udah mendingan,mudah2an ga membesar dan jadi bahaya.salepnya namanya cendo tp sebaiknya dikonsultasiin dulu ke dokter ya mom..

Semoga sedikit membantu...