1

Topic: Gentle Birth

Pengen banget gentle birth tapi suami dan keluarga ga ada yang dukung. Mau lahiran di bumi ambu (kliniknya bidan okke yang dulu di galenia) semua bilang jauh, macet pula, padahal yang dari luar kota aja dikejar2 lahiran di sini. Kalo lahiran di bidan biasa blm nemu bidan yang cocok, kalo asal milih aja takutnya nanti pas lahiran bidannya ga mau nurutin mau kita malah jadi senewen. Gimana ya moms? Ada yang punya rekomendasi tempat yang bisa gentle birth di sekitaran kopo bandung?

2

Topic: Gentle Birth

Dear Mammikei dan Mom Izus,
Proses melahirkan secara gentle ini tidak harus dengan dokter/bidan tertentu. Siapapun tenaga kesehatan yang membantu, asalkan si ibu dan ayah nyaman, proses persalinan gentle / lembut ini sangat mungkin di upayakan. Intinya yg harus mempersiapkan/memberdayakan diri ini tentu adalah sang Ibu (plus ayah/ortu sbg sumber dukungan terdekat).
beberapa hal yg mungkin bisa dilakukan adalah:
1. Berdayakan diri, cari dan gali info sebanyak-banyaknya, tentang bagaimana persalinan impian bunda nanti, bikin simple 'birth dream'/ 'birth plan'.
2. Latihan/olahraga yang mendukung persalinan lancar, nyaman dan aman (yoga, senam hamil, pernafasan dll)
3. Survey tenaga kesehatan yg 'klik' buat bunda, dimana bunda merasa nyaman untuk bertanya/konsultasi. Terbuka pada opsi2 yang memungkinkan terlaksananya birth dream/plan.
3. Bergabung dengan komunitas2 kehamilan/persalinan yang sesuai dan informatif.
4. Libatkan pasangan / orang yang bunda rasa paling nyaman untuk mendampingi proses persalinan (infokan mengenai birth plan yang sudah dibuat).
5. Setelah semua diupayakan, supporting team sudah solid, sisanya mari berdoa dan berpasrah atas semua upaya dan usaha yg sudah dan akan dijalani.
Melahirkan dengan lembut itu lembut untuk Ibu dan bayi serta orang2 terkasih di sekeliling kita, upayakan dan serahkankan semua pada ketentuan Ilahi.
Selamat menanti kelahiran manusia mulia ya bun.

- btw saya juga melahirkan dibantu dengan bidan Errie Marjoko yg sabar dan menenangkan.

Stay human - doula dela

3

Topic: Gentle Birth

Kalau boleh tahu, praktek gentle birth ini bisa dilakukan di usia berapa saja kah? Aku baru hamil di umur 30an - anak pertama pula. apa baiknya ke RS?

4

Topic: Gentle Birth

Setuju sama mbak @Delaputri , selama ini banyak yang salah kaprah dengan GB. Harus normal, di nakes tertentu, harus water birth dll. Padahal GB itu lebih ke usaha untuk melahirkan dengan senyaman mungkin.

Proud wife, happy mama, and coffee freak..

Banosflorales.blogspot.co.id

5

Topic: Gentle Birth

Kalau persiapan buat gentle birth jangan lupa tetap dikonsultasikan ke dokternya ya mom. kalau obgyn via halodoc juga bisa bantu kasih pendapat lain juga, jadi selain baca-baca buku, moms juga langsung tahu bagaimana baiknya waktu gentle birth dari sisi dokter. biar tetap aman selama melahirkan.

6

Topic: Gentle Birth

Dulu pernah kepikiran gentle birth, tapi setelah konsul ke dokter, ternyata ada kondisi yg nggak memungkinkan. Sedih sih, tapi percaya apa kata dokter aja deh biar selamat semuanya.