1

Topic: Divorce

mb Oney...
terimakasih sharingnya... menguatkan sekali...
meski alhamdulillah tidak mengalami, tapi sungguh pelajaran berharga sekali membaca pengalaman mb Oney...

Zata

semoga kerabatnya diberi kekuatan yaaa.... big hug....

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

2

Topic: Divorce

Makasih Mba Honey *pelukbalik

A marathoner in training, Mother of Farhan and Aurora
@fioneysofyan

3

Topic: Divorce

Makasih Mama Mrs. Doyi
Mungkin memang terdengarnya agak kasar ya, karena biar gimana kita juga pastinya mengharap yang terbaik.

Cuma realitanya, pengalaman buruk yang terjadi. Jadi baiknya sih memang prepare for the worst saya. :)

A marathoner in training, Mother of Farhan and Aurora
@fioneysofyan

4

Topic: Divorce

fioney,
ahahaha bener banget mbak oneeey! memang dirimu yang kumaksud :) tapi kan ga bisa reveal dulu sebelum mbak oney muncul. :)

bener yaa... kita kalo lagi sedih aja pengen ada yang nemenin. apalagi orang yang menghadapi perceraian, pasti berat banget. pasti butuh teman. itu yang paling penting. supaya tidak berpikir dia sendirian di sini.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Divorce

Harlequin24, honey- gpp Ruth,Hon, dikasih komentar juga udah seneng, hehhe..

mrs doyi - makasih yaaa...

ninit - makasih teh, iya setuju, komunitas emang bantu banget. Sayangnya dia ini nggak sempet ikut macem2 atau aktif di komunitas juga karena anaknya banyak, tapi kalo jalan bareng temen untuk ngopi dan ngobrol sih cukup sering..

fioney sofyan - mba Oneyyy, makasih banget atas masukannya, aku pun sudah mengunjungi blogmu :). Nah sama mba Oney, divorce yg pertama anak dia yg masih balita dibawa mantan suaminya trus skleurga besar mereka usaha banget untuk 'merebut' anak tsb sampe akhirnya dia pasrah, kalo yg kedua masih baik2 aja nih divorcenya tp krn si ex masih berharap bisa balik lagi, smua anak dia yang tanggung meski anak2 tinggal dng ibunya, mudah2an akan berjalan baik meski pun sudah ada tanda2 si ex mulai ngancem2 mau ambil anak2 kalo dia gak mau balikan lagi, duh...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

6

Topic: Divorce

zata,
wah... jadi sedih ya kalo udah masuk ke ranah "rebutan" anak. perceraian orangtua jadi ada dampak pada hubungan anak dengan ayah atau ibunya.
ta, update2 yaaa... semoga keadaan kerabatmu baik-baik.

atauuu... ajak masuk forum ini ta :) biar kerasa ada temennya. ngga sendirian.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Divorce

mba Oney
makasih sharingnya,, bener-bener berasa ada temen lagi buat nguatin hati...
sekarang aku akhirnya menjalani proses cerai. dari pihak suami sudah menjatuhkan talak 3, yang artinya secara agama sudah tidak bisa rujuk kembali. jadi sekarang kami tinggal melakukan proses di pengadilan agama.
cerai ini terjadi sesaat ulang tahun pernikahan kami ke-4. pertengahan februari kemarin, semuanya berasa cepeettt banget, dan sekarang secara agama saya sudah menyandang status janda. status yang paling saya takuti. saat ini saya masih dalam kondisi down, masih menyalahkan diri sendiri karena ga bisa mempertahankan rumah tangga ini. tapi ya saya coba untuk kuat buat anak perempuan saya yg berumur 3 tahun. saya masih harus kerja dan kasih nafkah yang halal untuk anak.
gapapa yaahhh... saya nambah curhatan disini, daripada beban di kepala saya kayak numpuk terus.
dan ya memang, saya akui kalau mempertahankan rumah tangga itu, harus dari kedua belah pihak. kalau dari salah satu pihak udah menyerah duluan, pihak lainnya udah ga ada upaya lagi untuk mempertahankan sekuat apapun, oleh siapa pun...
peluk berjamaah buat mama-mama yang sudah dan menjalani proses terberat ini... :)

bundanya si chubby anindya

8

Topic: Divorce

mbak Zata sedih dengernya, kebayang putus asanya harus jauh dari anak. ayu nda bisa bahkan nda berani ngebayanginnya.

mbak Resty sabar ya... puk2 untuk mbak, kuat3 *peluk oiya kalau talak itu bukannya nda sah ya kalau lagi emosi atau bagaimana sebenernya mbak?

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

9

Topic: Divorce

mba ayu

yang aku tahu dari guru ngaji, ada 2 penjelasan jatuhnya talak saat suami sedang emosi.
1. kalau suami sedang marah, tapi keadaan pikirannya masih sadar, dan dia sadar mengucapkan kata cerai/talak, maka jatuh talak untuk istrinya
2. kalau suami sedang marah besar sehingga tidak bisa mengontrol emosinya dan dia tidak sadar mengucapkan kata cerai, tapi istri mendengar kata cerai, maka tidak jatuh talak utk istrinya.

itu sih yang aku tahu. dan aku udah tanya ke suami apa dia sadar mengucapkan kata cerai. dia jawabnya, sadar dan ga mungkin mengucapkan kata itu dengan main-main. berarti udah jatuh talaknya kepada saya

bundanya si chubby anindya

10

Topic: Divorce

resty tetap tabah dan semoga prosesnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

11

Topic: Divorce

aaa sedih baca postingannya resty, semoga dikuatkan dan diberi jalan yang terbaik yaaa..., jangan terlalu lama down-nya, kasihan si kecil.. pelukkkk buat restyyy...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Divorce

resty,
peluk kenceeeng. semoga diberi kesabaran yaa ty. aku sedih banget bacanya. tapi resty harus tetap semangat yaaa. pasti ngga gampang melaluinya. kalo ada apa2 cerita di sini yaaa ty supaya saling menguatkan.

hugs.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

13

Topic: Divorce

makasih semuaaaa buat supportnya mama-mama baik.....
saya pindah kerja di jakarta dari garut baru 8 bulan lalu, yg saya pikir bisa memperbaiki hubungan rumah tangga jadi lebih baik. tapi Allah ngasih hadiah paling indah di tahun ini.
jalan hidup yang harus saya lalui, saya kerja di jakarta sendirian, ngekost. anak dititip di rumah orang tua di bandung, jadi cuma bisa ketemu seminggu sekali. kalau ada uang lebih saya belain di tengah minggu buat pulang ke bandung biar bisa nemenin tidurnya aja...
proses di pengadilan agama juga belum, dari mantan suami ga mau ngurus karena birokrasi yang panjang dari kantornya...
tadinya saya ga berani buat ikutan nulis di forum ini, tapi ternyata ada topik tentang divorce, pas saya baca, ada beberapa hal yang bisa saya syukuri karena perasaan saya ngejalanin cerai sendiri itu ternyata salah, ada orang lain diluar sana yg saya ga kenal mungkin mengalami perceraian juga dengan masalah yang jauh lebih berat dari saya. saya pelan-pelan mulai membuka diri, bukan mengumbar kalau saya sekarang janda, tapi menyadari dengan sadar, bahwa kenyataannya memang itu yang saya terima. saya masih mikir ngerasa malu kalau nanti pasti di kartu keluarga & KTP, status saya udah janda. saya masih terus belajar dan me-reset mind set saya kalau tulisan di KTP itu hanya status data pribadi, bukan yang saya mau. dan saya sekarang pun terus belajar pelan-pelan ke lingkungan kecil saya dulu untuk menyatakan diri sebagai single parent untuk anak perempuan saya.
sebagai ibu yang berjuang kasih nafkah lahir dan batin untuk anak, harus tetep sehat biar bisa terus kerja, harus bisa ngedidik anak dengan baik.
saya pun akan selalu bilang ke anak, kalau ayah dan ibunya selalu sayang ke dia. kasih sayang kita ga akan berkurang hanya karena status dan jarak yg jauh. saya mencoba menjalin komunikasi yg baik dgn mantan suami pada saat membahas perkembangan anak. itu juga bisa jadi salah satu terapi, kalau kita tetap bisa menjadi sahabat untuk perkembangan masa depan anak...
jadi panjang gini yah, hehe...
gapapa yah, mungkin saya bakal ngisi forum ini lumayan sering.... :)

bundanya si chubby anindya

14

Topic: Divorce

Ya Allah, semangat ya mbak Resty, setiap baca post hatiku kok ya ikut hancur ya, semoga selalu diberikan kekuatan ya mbak

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

15

Topic: Divorce

resty,
ty... kalo memang bisa bikin lega, kita di sini selalu siap kok dengerin :) salut banget dengan perjuangannya ty. semoga Allah memberikan kemudahan dalam setiap langkahmu yah ty.

ga usah risau dengan status janda. resty yang tahu, resty yang jalanin. semangat yah ty! :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Divorce

Duh, baru baca2 lagi thread ini. Selalu patah hati mendengar kabar perceraian spt ini.

Resty, peluk erat dari jauh. Semoga speed recovery ya.

Beberapa teman juga ada yg mengalami perceraian, benar yg mbak oney bilang. Kalau kita jangan berharap apa2 sama mantan suami. Teman2 saya yg skrg menyandang status janda, justru terlihat lebih hidup setelah bercerai. Mereka berkarier, menjalankan hobi travelling, baking, mengelola restoran, dll.
Yang saya lihat, mereka lebih bahagia. Secara sadar berkarier untuk kebutuhan anak2nya. Bahkan beberapa tetap berteman baik dengan mantan suaminya. Dan iya, punya sahabat yg selalu mendoakan atau komunitas itu penting banget untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

17

Topic: Divorce

*peluk mba Resty*
Semoga selalu diberi kekuatan dan diberikan jalan yang terbaik ya mba.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

18

Topic: Divorce

biasanya selalu skip forum ini, krn takut jd gloomy sendiri berkepanjangan (saya orangnya kepikiran banget soalnya)

sekarang tapi baca forum ini jadi malah jauh tuh dari gloomy berlebih, malah bangga, mama-mama disini hebat2 banget ya, baik yg udah recover dari neraka-dunia-nya, juga yang udah melewati masa divorce itu.. huuuug...

btw, elmommy, untuk counsellor pernikahannya, dari mana? dengan siapa? soalnya ya.. klo cari penyembuh fisik, tukeran rekomendasi dokter kan gampang, nah klo counsellor pernikahan kan emang agak susah cari infonya, :)
Terima kasih

19

Topic: Divorce

iya Mama Windy, salut ya sama mama2 kuat di sini. Semoga thread ini bisa bermanfaat buat yang memerlukan...

oh ya, kalau memerlukan informasi soal konselor pernikahan, bisa lihat di thread ini ya mama windy : http://theurbanmama.com/forum/post/konselor-pernikahan-1291821079.html

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

20

Topic: Divorce

Halo mama semua,

Maaf mengaktifkan thread ini lagi. Saat ini saya sedang proses divorce, tinggal tunggu putusan saja. Saya pribadi sudah nggakpapa; sudah lewat masa2 down-nya hehehe.

Kalau ada mama2 yang punya pengalaman yg sama, bolehkah berbagi bagaimana caranya menjelaskan soal perceraian ini ke anak? Apakah perlu bantuan profesional untuk memastikan nggak ada salah "treatment" yg bisa berakibat buruk?

Saat ini anak saya yg umurnya 3.5thn tinggal bersama kakek neneknya (ayah ibu kandung saya) di Jogja sementara saya kerja di Jakarta, karena satu dan lain hal saat ini arrangement seperti ini yg saat ini tampak paling bijaksana.

Thanks in advance yah mama2, dan mohon arahannya kalau saya salah thread :)

21

Topic: Divorce

Qisthi,
First of all... siniii, mau peluuuk! 

Alhamdulillah kalau masa-masa down-nya udah lewat... tapiii just in case rasa sedih itu datang lagi, cerita-cerita di sini yaa siapa tau bisa bikin hati lega. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Divorce

Qisthi, Alhamdulillah kalo sudah melewati masa down nya yaaa dan semoga ke depan baik-baik saja. Untuk penjelasan ke anak bagaimapun harus diberitahu ya, jika hubunganmu dengan mantan suami baik-baik saja mungkin bisa kalian berdua sama-sama jelaskan ke anak dengan cara yang mudah dimenegerti anak dan jika bisa peran kalian berdua sebagai ibu dan ayah tetap ada ke anak. Jika masih ragu, mungkin boleh minta bantuan profesional jika harus. 

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

23

Topic: Divorce

teh ninit & mama dieta,

Thanks a lot supportnya dan sarannya.. Mungkin yang masih suka muncul perasaannya adalah "ya ampun I have wasted a few years of my life padahal harusnya bisa ini dan itu".. but I am coping :)

Acceptance itu penting sekali ternyata, once bisa menerima kondisi dan berdamai dengan diri sendiri, plong banget rasanya dan hal-hal dalam hidup mulai berjalan dengan baik.

PR terbesar memang bagaimana menjelaskan ke anak nih sekarang, karena komunikasi saya & bapaknya kurang baik. Lagi berusaha ajak yg bersangkutan untuk sama2 ketemu sama psikolog anak biar ke depannya semua hal yg saya & dia lakukan sama2 untuk best interestnya anak kecil yg tegar banget ini :")

24

Topic: Divorce

Meiza mungkin agak telat baca thread ini tapi kamu wanita yang kuat. Pasti kamu bisa lalui semua ini. 

Sekedar share juga saya kenal seseorang yang cerai karena verbal abuse. Asal tahu saja verbal abuse berbeda dengan KDRT biasa dimana lelaki bukan main tangan tapi kalimat dan perilakunya sangat manipulatif dan menyiksa diri. 
Rasanya saya saja tak akan sadar kondisi teman kalau dia tidak cerita bagaimana kata 'kamu istri tak becus' atau 'mau aku ceraikan kamu?' terlontar dengan mudahnya meski hanya masalah sepele seperti ketiduran. 
Bahkan suami tak segan memarahi istri di depan anak, dan menggunakan bentakan padahal anaknya masih bayi kala itu. 

Kalau boleh jujur, saya rasa perceraian adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada diri kenalan saya ini. Seandainya dia masih bertahan dengan suaminya, entah anaknya akan jadi apa, dan dia tak akan pernah jadi perempuan yang sukses seperti sekarang. 

25

Topic: Divorce

laila, nah iya nih kadang suka ada yang seperti itu ya, main kasar pake tangan sih enggak tapi kasar di ucapan dan kata-kata. Tentu saja sebagai perempuan kan kita sangat perasa yaaa, pastilah sedih jika terus menerus disahkan dan tidak dianggap baik oleh suami. Terkadang memang banyak kasus laki-laki memakai kekuatannya sebagai laki-laki atau suami kepada istri, padahal istri ya bukan pembantu yang seenaknya saja diperlakukan, bahakn pembantu aja ga boleh dikasarin apalagi istri.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/