1

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

Moms, ada gak tips tips untuk membuat rumah selalu rapi.

Rumahku sekarang ini bisa dibilang kapal pecah.

Baju Eva, campur dengan lemari baju ku..dan sekarang rasanya udah ga cukup( Eva ada lemari baju sendiri yang baru..tapi berhubung mau pindah rumah jadinya langsung di taruh rumah baru)..kamar berserakan majalah dan dvd.....hadohhh..oya belum lagi mainan bayi yang dapet dari emak dan bobo ( emak luar) yang tiada henti beli

Baru baru ini aku membuang majalah majalah yang ga perlu..juga baju baju yang sudah jarang dipake...tapi kok rasanya tetep yaaa kapal pecahhh..

share yuks mom..klo bisa juga fotonya yaa :D

2

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

lie.antonia,
hwaa.. seru nih topiknya..
sama yaa beres2 tuh gak ada habisnya..

kalo gw sih selalu berusaha buat menerapkan 5R di rumah dan di kantor, gw harap di TUM ini juga 5R bisa berhasil diterapin yaa..
5 R itu adalah Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin yaitu metode bersih2 ala Jepang yg oke banget,
tapi kalo menurut suami gw, 5R di tangan gw adalah Resik-Resik oRa Resik-Resik hahaha..
tapi emang bener sih, udah resik2 ya tetep aja gak resik2..
gw ngejalanin 5R ini waktu cuti abis melahirkan kemaren, hasilnya lumayan rumah agak lapang :)

penjelasannya bisa diliat di sini

oh ya, gw pernah baca menurut fengshui bahwa bersih2 itu membuang barang2 yg udah gak kepake atau usang biar hal yg bagus2 dan baru bisa masuk ke kehidupan kita :)

waktu gw cuti melahirkan itu yg gw lakuin selain nyimpen stok ASI-Perah adalah:

koran bekas, majalah bekas, botol2 plastik, semuanya dikilo sama ART gw, dijual ke mamang2 yg suka beredar di kompleks dan hasilnya dapet duit 300ribu-an gitu lumayan buat beli pulsanya si mbak n beli sayuran dan ikan hihihi..

baju2 dan tas yg udah 3 bulan terakhir gak pernah dipake gw kasih ke si mbak dan adek gw, tadinya mau gw 'kilo' juga, tapi si mbak lebih bernapsu memilikinya :)

mainan-mainan, tas dan sepatu gw taruh di kontainer plastik transparan, waktu itu gw beli di carrefour lagi harga promo; @sekitar 70ribu-an. lumayan gampang beresin mainannya; tinggal 'plung-plung-plung' ke dalem kontainer trus tutup deh, sedangkan kalo mau diambil juga gampang ngambilnya.

gw beli kardus2 di carrefour juga, yg motifnya lucu2.. sebenernya kalo mau kreatif sih bisa bikin sendiri ya, tapi gw males :)
isinya pakaian dalem, kaos kaki, sapu tangan, kerudung. lumayan menghemat tempat di lemari, dan lebih mudah nyarinya; trus kalo gak sempet beresin pun tetep keliatan rapi karena diisi di dalem kardus.
gambar kardusnya pernah gw post di blog gw.

kabel2 digulung rapi dan dibungkus pake kain (kayak sarung payung gitu, atau pake velcro). biar enzo-dante gak kesandung or kesetrum.

karpet gw ganti pake ubin2 warna-warni dari karet itu lho, yg kayak puzzle, biar gampang bersihin dan beresinnya :)
Buat di dapur n lemari es, gw pake jasa tupperware dan lock n lock buat nampung makanan n bumbu2. berguna banget lho ;-)

paling ya itu aja, tar kalo inget gw update lagi deh.. tapi yaa sama aja sih sebenernya.. gak beres2 juga :) tapi yaa at least lumayan rapihlah dikit :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

berusaha menerapkan prinsip klo ada yang baru, buang yang gak perlu ...
ini berat bgt secara kriteria 'gak perlu' tu gak jelas bgt y, kadang rela buang ato kasih ke orang, tapi kadang berat, apalagi yg ada nilai kenangannya. tapi ditega2 kan

beratt bgt tapi efektif ... tapi tetep masih berantakan, hahah, berantakan bgt sih Asa mainnya, apalagi bola2 kecil gitu kn suka nggelinding ke kolong2 dan g kliatan lalu ilang ...

less ego, more heart

4

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

Sidta wrote:
berusaha menerapkan prinsip klo ada yang baru, buang yang gak perlu ...
ini berat bgt secara kriteria 'gak perlu' tu gak jelas bgt y, kadang rela buang ato kasih ke orang, tapi kadang berat, apalagi yg ada nilai kenangannya. tapi ditega2 kan...


Sidta, hihihi iya sama bgt nih. kadang2 kita suka berpikiran seperti itu yah, apalagi sering terbesit pikiran *sayang ah, bs utk adenya nanti :P * kl gw dirumah setiap baju atha yg udh mulai kekecilan lgsg dikumpulin n dipindah ke lemari yg lain. trs utk mainan yg terlihat udh ga pernah dimainin ma atha, lgsg diberesin jg. apalagi mainan berikut box2nya yg gede itu, lgsg masuk ke gudang.
kl mainan atha n ponakan gw dirumah eyangnya lebih rapi lg, dimasukkin ke kontainer2 plastik gede transparant seperti yg dikasih tau eka plus per kontainer disusun sesuai kategorinya: mobil, robot, hewan, dsb n masing2 dilabelin jg ma bokap gw :D

kl utk baju gw, jujur wkt pindahan ke rumah sdiri cuma bawa 2 koper gede n 1 koper kecil yg berisi celana jeans semua. krn berhubung pindahannya sesudah lahiran, n body tak seperti dulu lg jd banyak baju yg udh dikasihin ke para mbak yg kerja dirumah nyokap. tp dr 2 koper besar itu ada 1 koper yg menurut gw baju2nya masih bagus2 bgt n berharap someday dpt gw pake lg :P wlpn pd kenyataannya setelah pindahan 1.5th, tetep aja itu koper beserta isinya ga pernah tersentuh mojok di pojokan kamar. utk tas n sepatu, masih ada sebagian yg gw *titipin* dirumah nyokap :D

yg pasti sih setiap botol plastik yg udah habis keminum isinya, lgsg gw buang ga pernah gw kumpulin/simpen lg. yaah rumah gw bs dibilang so-so lah, rapi/bersih bgt gak tp ga berantakan jg (ini versi gw ya, kl versi nyokap gw yg perfeksionis sih pasti ada yg terkomplen ma dia :P)

bab ? atha ? kae ? nda

5

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

Sidta,

instruktur 5R di kantor gw pernah bilang bahwa semakin kita nanya "barang ini perlu gak -perlu gak -perlu gak.." artinya barang itu emang gak perlu :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

ahh.. me too... susah banget emang kadang membuang barang yg gak perlu.. tapi sekarang gue bikin mantra, jadi kalau udah mulai nggak tega buang sesuatu.. gue sebut berulang kali salah 'mantra gue' :

- jangan kayak orang susah, besok kalau perlu, beli lagi yang lebih bagus :)
- somebody else needs this more than me (biasanya gue suka sumbangin baju bekas, di sini ada badan khususnya.. jadi gue suka bayangin orang/anak kecil korban gempa/bencana alam yg pake baju bekas alyssa). it works wonder!
-gue tuh, suka sayaaang ngebuang barang/benda yg dibeliin keluarga di jakarta, apalagi nyokap. tapi akhirnya, i told my self, kalau barang itu cuma barang. the memories will stay with me walopun barangnya udah gue buang...
- paling nggak tega juga ngebuang hasil prakarya alyssa, terutama dari sekolah. biasanya tiap berapa bulan sekali, dia bawa pulang hasil pekerjaan tangannya.. terus dia pamerin dan dia cerita dengan penuh kebanggaan.. jelaslah gue nggak tega mo buang.. tapi disatu sisi.. kok banyak. akhirnya gue pilih beberapa 'master piece' dan gue pajang di r. makan/veranda. kalau gambar/lukisan, gue pajang di bingkai.. dengan begini, justru kita lebih bisa 'nikmatin' hasil karya si neng.

kuncinya sih emag disiplin yah kalau mau rumah rapi terus.. hihi. kalau rumah gue sih seringnya kayak habis diserang tornado. Rapinya cuma senin malam - selasa malam (soalnya selasa pagi ada yang datang buat bersih2), jadi hari senin pasti gue sibuk bebenah! ahaha
jadi kalau mo maen ke sini, gue cuma open house hari selasa yah!

7

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

oh topik yang paling susah. saya terlalu attached ama barang2 bulukan. pernah sekali nekat, waktu mau married semua barang2 dari SD: kartu2 natal, surat2 dari pen pal, saya buang semua, pokoknya yang udah 1 tahun nggak dilihat2, buang! sekarang nyeseeeeeel :(. semua barang kayak ada stories nya, sampe sms aja sayaaaang men-delete. i need a fairy to de-clutter my head :P

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

8

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

Karena space di rumah terbatas, mau gak mau beberes deh.
Gue punya pengalaman membereskan barang2 alm. nyokap gue. Nyokap gue adalah tipe orang yang "sayang kalo dibuang, siapa tahu masih bisa dipakai lagi" dan hasilnya saat gue membereskan barang2 itu, banyak buanget barang yang sebenarnya kalau dulu udah direlakan atau disumbangkan, mungkin akan lebih berguna bagi orang lain ketimbang dibiarkan rusak di lemari. Beres2 kamar nyokap waktu itu makan waktu lumayan lama, menghasilkan berkardus2 barang yang gak terbayangkan sebelumnya. Waktu itu terkumpul sekitar 50 kilo baju (yes, 50kg), satu kardus besar foto2, ada juga beberapa kardus barang2 yang kuduga kado2 yang pernah diterima, tapi gak suka, jadi dibiarkan menumpuk di lemari...
Belajar dari pengalaman itu, gue berusaha melupakan kata2 "sayang ah, siapa tahu nanti berguna", padahal kenyataannya saat kita butuh barang2 itu, malahan kita lupa bahwa pernah menyimpannya. Trauma pengalaman beres2 itu membuat gue dan suami berusaha disiplin, menyingkirkan barang-barang yang memang sudah sekitar 6 bulan sampai setahun tidak pernah disentuh lagi. Prinsipnya, kami tidak mau membuat orang lain harus membereskan berkardus2 barang saat kami gak ada nanti.
Bahkan barang2 Albert seperti baju2, mainan, peralatan mpasi awal, dan sekarang botol2 ASIP sudah kami bagi2kan ke orang lain yang mungkin lebih membutuhkan. Gak disimpan untuk adiknya? Banyak orang yang bertanya begitu, tapi daripada menunggu adiknya Albert yang gak tau kapan lahirnya, barang2 itu mungkin akan sangat berguna bagi orang lain saat ini. Kalau disimpan, jangan2 malah rusak.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

9

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

huahaha mama toto!samaaa!!! bahkan aku back-up sms (copy dan simpan di harddisk). trus kalo lagi synchronize HP ke komputer, suka aku baca2 sms nya lagi..hi9

hmmm susah buat guer sebenernya membuang barang, tapi untung gue dapet suami yang 180 derajat berbeda, doi sukaaaa bangettt buangin barang. heran...dia bahkan pernah berencana, mau delete foto2 yang ga ada dia-nya di komputer.
heleh :(

10

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

sukie ngakak pas baca suami mau delete foto2 yang ga ada dia di komputer :D

dirumah baju2 Reena pas masih bayi, sprei, dimasukin di kontainer transparan beli di makro 80rb an, buku2 kuliah dimasukkan kardus dilabelin lalu ditaroh di plafon (maklum ngga punya gudang)
aku termasuk orang yg ngga terlalu berat buang barang, kebalikan sama suami, dia tuh suka banget nyimpen barang2. tapi berhubung yang beres2 dia, aku jadinya ngga keberatan sama sekali. :P

11

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

eka, ndatha411

huhu, iya kali ya, gak penting-buang atau dikasihkan ... dan kudu tegas memilahnya
tapi masalah yang ada kenangannya itu, walah, kadang pake adu argumen dulu sama suami, cos dia lebih parah lagi kadar 'sayang benda buluk'nya ...
tapi kemarin akhirnya nemu solusi yang menurut kami brilian : difoto barangnya, baru disingkirkan. fotonya terus diarsipkan di blog kita (dan dipasword tentunya biar gak kebuka aibnya :P)
cara ini uda berhasil menyingkirkan 1 kulkas bulukan yang udah dipake suami dari jaman kuliah pas lagi kere-kerenya dulu

mari cari benda lain yg bisa disingkirkan !!!

less ego, more heart

12

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

sukieeeeeeeeee, tos tos tos!!!emang sms bisa langsung ditransfer ke hard disk? ini nyicil ngetikin satu satu! toto keburu 2 tahun nggak juga seles :(

hahahaha makanya sering2 poto ada suaminya! :lol:

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

13

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

sukie kocak bangett yg suami mau delete foto yg ga ada dianya, eh tapi misua juga gitu sih. Apalagi klo foto menurut dia ga 'cerita' jadi foto asal aja gitu. secara hardisk udah mau penuh aja walau udah di back up. Klo foto kayaknya bakal disimpan terus ya..

Aku tipe yang sekali pengen beberes, langsung heboh pengen buang in semua. Misua kebalikan, maunya siapa tahu nanti kepake. Halah bikin penuh rumah :p

Sukanya sih kayak kaos - kaos gift dari apalah, dari event apaan yang bahannya kurang nyaman dipake langsung dilungsurin ke pembantu, atau tukang sampah dll. Biasanya hasrat bebersih barang lama justru timbul deket lebaran :P

14

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

Wahaha mama toto ga mau delete sms sampe2 kalo dikirimin sms pernah ga masuk :(

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

dini hahaha..aku juga ketawa tapi sambil nyinyir..dan memohon-mohon supaya jangan dihapus. trus pembelaannya gini :"iyaa..ya udah ga dihapus semua. gini aja, cari 1 aja yang paling bagus trus 1 itu aja yang disimpen."
walaahhh podo wae :(

weendee hiyaa..samaa..suami gue juga ga mau nyimpen foto yang ngasal2 gitu, makanya dia juga sedang bercita2 pengen beli kamera "beneran" supaya hasil fotonya bagus2..huh maunya dia aja tu,,hi9

toto
yaaaah mama toto masa ga tauuu??serius diketikin atu2??kalau aku dulu lebih parah, ditulis di kertas..hahahaha
aku pake Sony Ericsson, dia bisa disynchronize ke komputer (PC/LAptop), trus text messagesnya bisa disimpen deh di hardisk kita..:) ayo ganti hapeee..heheheheheh..nyimpen sms dari mantan pacar ya? hi9

16

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

wahaha.. soal sms ini.. gw juga pernah gak sengaja kesimpen..
waktu sincro hp ke pc, jadi semua data kesimpen.. trus dibaca2 annehh banget.. nyimpen resep rendang dari eyang yg sampe sekarang gak pernah dibuat ;p

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

17

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

sukie wrote:
tapi untung gue dapet suami yang 180 derajat berbeda, doi sukaaaa bangettt buangin barang.


Sama banget, suka out of the blue beberes rumah dan seenaknya buang barang yang menurut dia nggak perlu tanpa tanya"...walaahhh...menyebalkan sekali deh. Emang sih kita tinggal di apartemen kandang burung yang cepet banget penuhnya sama barang. naro stroller aja susah, apalagi baju" bekas yofel dan segudang mainan dan kado"...

akhirnya solusinya satu: masukin barang-barang nggak berguna ke kardus, trus diboyong ke rumah mertua di bogor, dan rumah nyokap gue di bandung. istilahnya, sewa gudang. hahaha....(tetep loohhhh sayang buat buang barang. huhu!)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

18

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

otty, iya sorry ya Ty :(, heran deh tiap hari terima sms dari orang2 lain terus cepet2 saya delete, sent box juga dikosongin, tapi ada aja sms yang nggak masuk. aiiih gara2 ini saya ketinggalan sale fuzzi bunz :(

sukie wrote:

toto yaaaah mama toto masa ga tauuu??serius diketikin atu2??kalau aku dulu lebih parah, ditulis di kertas..hahahaha
wrote:


ahh sama lagi :) pernah juga nulis di kertas (sebagian aja), ya sama sony ericsson nya.

weleh dulu saya udah ndedesin hubby, masak enggak bisa sih transfer data kayak mindah foto gitu, males nih ketik2 catet2, dia bilang nggak bisa. ini akibat males baca manual book. hmm tau gitu dari kapan hari tanya orang lain. apa ada software nya dewe nih? *kotak hp saya di manaaa nyimpennya*

sukie wrote:
ayo ganti hapeee..heheheheheh..nyimpen sms dari mantan pacar ya? hi9
wrote:


maunya, tapi menanti iphone turun harga! =D
bukan euy! sms dari family members, yah saya terlalu sentimentil hehe, tapi asik ya baca old sms, kayak baca diary aja. diary saya mah berupa foto dan sms, tulis2 no more :)

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

19

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

mama toto, sukie
oh, senangnya ada kawan! aku juga maless banget bebersih inbox... sayang banget gitu kalo mo ngehapus.. jangankan inbox, kotak sent aja aku pun sayang banget mo mengosongkannya (oh narsis.. oh narsis). Ada tuh sms temen aku jaman kuliah yg tetep aku simpan padahal temanku ini udah meninggal 3 th lalu... huhu, kadang kejadian juga sih inbox n sent-nya kosong, tapi itu jg setelah hp ilang... aah, dilema.. bisa gak ya beli hp baru tapi including sms2 lama? (ngimpi)

btw, biar ga OOT.
Berhubung baru pindahan, jadi rumah jg masih berantakan (padahal udah 5bln, tak kunjung rapi) tapi jd ada momen beberes sih. Barang2 bayinya Soren sementara dipinjamkan, baju2ku pas langsing kuhibahkan, yang ga bisa kulepas cuma buku2 diary, foto2, kotak2 masa lalu, cd/dvd games-film-lagu, dan buku2. Dengan kata lain, tak banyak yang sanggup kubuang, hehe..

20

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

mau beberes tapi gak sanggup buang, di red flag aja.
taro di gudang. kalo 3 bulan si red flag gak disentuh, artinya, buang aja!

:)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

21

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

baca thread ini jadi senyum2 sendiri sambil ngangguk2 dlm ati blg iyaa..gw banget!saking melankolisnya jadi suka sayaaang bgt buang barang, pdhl ga tau kpn terakhir kali tu brg disentuh, dan yg paling racun adalah kalimat "siapa tau ntar bisa dipake lagi" puncaknya adl waktu hamil dan badan membengkak, baju lama ga ada yg muat dan nambah baju2 longgar hasilnya lemari jadi pinuuuh pisan!
mulai dari situ jadi dh mensortir baju2 utk dikasi org dan sebagian yg masi bagus dan mungkin bisa dipake lg (teteeeup sayang dibuang) :p
dan tetep tu lemari masih pinuh, akhirnya krn emang bener ga ada yg bisa dibuang gw bljr nahan diri utk ga cpt ngiler belanja (krn bingung bo mo ditaro dimana lagi, di rumah yg sangat mini inih)

tapi bener kya fanny mantra mujarab adalah "jgn kya org susah, ntar beli lagi" dan pasti ada org yg lbh membutuhkan saat ini, drpd disimpen2 sampe bulukan :)

eka wrote:
mau beberes tapi gak sanggup buang, di red flag aja.
taro di gudang. kalo 3 bulan si red flag gak disentuh, artinya, buang aja!
wrote:


eka, klo diriku ga pny gudang sebaiknya ditaro dimana yah? :D *pertanyaan desperate ni*

follow me @ulieeel

22

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

huuaaa clutter! paling pusying kl udh harus beberes. sbnrnya gw aga lumayan 'tega' buat berpisah dgn barang2 (buang/jual/sumbangin) tapi maleeesss beberesnya ;) eh tapi ngaku deh guilty bgt ttg buang baju, sering susah berpisah dgn baju kesayangan yg sbnrnya doesn't fit anymore dgn perasaan 'simpen dulu aja ah, kali tar kalo kurusan bisa dipake lagi' huh, boro2..yang ada terus aja menggendud :_(

fanny mantranya keren, mulai hrs sering2 gw rapal kynya ni biar cuex aja berpisah dgn baju dan pede bakal bs beli lagi yg sama bagus (dan muat) pas perlu.
eka hihihi ngbayangin gudang gw pasti isinya red flag smua uy! males bgt tapi mau beberesnya
siska, mama toto, sukie wah wah..rajin bgt sms pada disimpen! *kagum*

oyah, tips kecil ttg declutter pnh denger drmanaa gt, lupa; taro box ukuran sedang di bbrp tempat buat benda entah2 yg kluar dr saku atau pas beresin tas dan ms blm ngeh mau ditaro dmn/ngrasa mngkn ms butuh (brosur2, leaflet, suvenir kawinan, bon belanjaan, bekas tiket nonton, jepit rambut, bros dll dsb), trus tar seminggu sekali di-purge. yg ga perlu langsung dibuang.

23

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

moms....
kardus ( dus bekas tempat sterilizer, dvd player, tv)..disimpan or dibuang?

24

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

lie.antonia, klo gw dus2 bekas bbrp masi disimpen, dan kya kmrn ada sterilizer yg udh ga kepake dimasukin lg k dusnya, harapannya lbh awet krn ada dusnya klo2 ada adenya nanti masi bisa dipake lagi (tuuuh kaan, lagi2 sayang dibuang, hadoooh!*tepok jidat*)

follow me @ulieeel

25

Topic: Life at Home - Manajemen 5S/ 5R

lie.antonia, dulu sih gw simpen semua, dengan alasan kalo mau dijual, kalo mau pindahan, dll, tu barang masih ada dusnya. tapi ternyata jadi sarang kecoak! hiy...akhirnya, kalo dusnya bisa dilipet sampe gepeng, simpen. kalo nggak, terpaksa buang deh.

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.