1

Topic: Keloid

Setelah coba search tentang keloid, tapi belum nemu.Kalau memang sudah pernah ada posting tentang keloid, monggo di closed aja ya threadnya para momods..

What is a keloid?

Keloids can be considered to be "scars that don't know when to stop." A keloid, sometimes referred to as a keloid scar, is a tough heaped-up scar that rises quite abruptly above the rest of the skin. It usually has a smooth top and a pink or purple color. Keloids are irregularly shaped and tend to enlarge progressively. Unlike scars, keloids do not subside over time.

Saya sendiri memiliki bakat keloid. Ada beberapa keloid di tubuh bekas luka. Dan bekas caesar saya sendiri akhirnya menjadi keloid, walaupun sudah diberikan anti keloid (kenacort) dan dikasih salep untuk keloid (kellocote).

Sejauh ini saya belum menemukan obat keloid yang bisa mengempiskan/memudarkan warna keloid saya. Bahkan udah pernah disuntik berkali-kali tapi hasilnya gak kelihatan. Penasaran aja mungkin para mamas disini ada yang mau share pengalamannya dengan keloid ini. Apakah ada yang pakai obat/salep tertentu yang bisa memudarkan/mengempiskan keloid ini.

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

2

Topic: Keloid

hai mom.. aq juga punya keloid bekas operasi caesar kemarin. waktu setelah melahirkan anak pertama, bekas jahitan yg jadi keloidnya cukup besar dan memanjang sepanjang jahitan.

ketika hamil anak kedua, dsog ku bilang keloidnya bisa dihilangkan jika melahirkannya sc lg. dan ketika melahirkan anak kedua, memang bekas keloidnya hilang. tapi ternyata setelah memasuki bulan ketiga pasca melahirkan, keloidnya muncul lagi walaupun tipis.. yah lumayan ga sebesar dan sepanjang yg dulu.

soal obat, aq sempat ngobrol dengan seorang temn yag juga dokter. dia juga punya keloid, katanya bisa hilang dengan suntikan anti keloid dan rasanya sakit bgt bgt.. hingga temanku ini cuma sekali aja disuntik dan dia ga mau lagi disuntik antikeloid.

oiya, setelah melahirkan baik pertama dan kedua, aku dikasih salep namanya lanakeloid..tapi kayaknya ga terlalu pengaruh bgt yaa.. soalnya aku tetep muncul keloid juga tuh..

hehe maaf ga membantu yaa ;p. mamas, kalau ada yg tau apa obatnya untuk menghilangkan keloid, pls share yaa

lovely mommy with 2 lovely kids

3

Topic: Keloid

Rachanlie, aq jg dapet keloid di bekas jaitan caesar.. Padahal dulu dikasi jg salep bt mencegah keloid (lupa nama salepnya) tapi tetep numbuh itu kelabang.. Sampe sekarang ga nyaman, diliat dan dirasa.. Susah pulak bersihinnya, jd ada 'daki' item2 yg nempel pas dipinggirnya.. Aisss, jorse pokoknya!! Tp mw digosok kuat2 aq g berani soalnya keloid bakal numbuh lagi klo ada luka baru, yg mungkin terjadi klo keloidnya digosok2..
Mertua yg perempuan malah keloid parah, awalnya di kaki kaya tai lalat gitu tp karna gatal trus digaruk, lama2 makin gede.. Parahnya karna ga tahan sakit disuntik, malah dioperasi buat 'ngangkat' keloidnya, padahal keloid kan ga boleh luka karna kalo orang udah bakat pasti jadi deh.. Dokter yg ngoprasi dodol bgt lg, jadi keloid di kaki diangkat, diambil kulit paha nutup yg di kaki.. Hasilnya sekarang yg di kaki 'jadi' dengan daerah yg lebih luas dari sebelumnya plus di paha yg jg cukup luas, ampir setelapak tangan!! Haduh, kesian bgt deh ngliatnya.. Mna klo lg ngatel kan suka ga nahan, mw digaruk tp takut tambah gede..><

4

Topic: Keloid

aku juga punya keloid... satu di lutut, satu di siku. dua-duanya bekas luka karena jatuh pas main waktu kecil. * ketauan bandelnya...

kl yang di kaki, karena jatuhnya sampe bikin luka ke dalem. akhirnya diobatin pake entah salep apa yang akhirnya bisa nutup itu luka. karena ngerasa obat salep itu ampuh, aku pake lagi di luka gores biasa gara-gara jatuh dari pager. alhasil, muncullah keloid. huhuhu...

selama ini ngga terlalu ganggu. cuma kl dua tempat itu kebentur, alamak sakitnya... T_T

ikutan nungguin share penghilang keloid nih... :D sapa tau bisa ilang total... :D :D :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

5

Topic: Keloid

hi mamas, aku juga ada keloid bekas sc dan mengganggu sekali. Sekarang my baby ashlynn (8m3w) sedang hobi rambatan di badanku dan kalau pas diinjek nya di keloid, wuiiiiiiiiih, semriwing rasanya. Sama dsog ud disuntik anti keloid pas sc dan dikasih salep (lupa namanya tapi yang iklannya sering keluar di tv sebagai penyamar bekas luka). Entah kenapa, awalnya bekas sc hanya berupa garis dan di bulan ke 2 tiba-tiba jadi keloid. sampe sekarang masih mencari cara supaya keloid-nya bisa hilang tapi belum nemu cara yang aman dan efektif. Jadi siap menyimak thread ini terus

very happy mommy

6

Topic: Keloid

setau aku sih emang keloid gak bisa hilang.. tapi bisa disamarkan warnanya dan jadi agak kempes. Nah sejauh ini aku blom nemu tuh obat/salep yang bisa menyamarkan/mengempeskan keloid aku.

dulu di punggung (bekas cacar yg digaruk) sempet jadi keloid dan bejendol agak besar, setelah berkali-kali di suntik pake anti keloid (kenacort) akhirnya suatu hari ditawarin untuk di operasi, gak ngerti pake teknik apaan, tapi "katanya bisa" menghilangkan keloid. Akhirnya di operasilah. Dan hasilnya jadi lebih luas, tapi agak kempes, gak jendol kayak awal. Cuma ya itu tetep aja jadi keloid dan kalo aku kecapean, pasti jadi gatel..

Kalo di kaki, aku ada juga bekas keloid (gara-gara jatoh naik sepeda) dan itu tau-tau agak kempes dan jadi agak samar warnanya. Nah aku bingung tuh gimana kok bisa gitu. Sedangkan yang lain masih ndut aja itu keloidnya..

Untuk bekas caesar sendiri sih cuma garis lurus agak jendol dikit aja. dan gak terlalu besar. Cuma ya itu.. agak susah bersihinnya. Antara masih ngilu dan takut luka lagi. Dilema bener euy..

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

7

Topic: Keloid

astuti chan wrote:
RACHANLIE oo jd kamu caesar ya?? ak rencana mau normal cuma rada takut kalo nanti pas djait jd keloid.. sensitip bgt c kulitnya.. yg disitu keloidnya jd nambah besar ga?? kalo dipundak aku numbuh secara perlahan.. hua... mau wax lg cuma katanya bisa nyebabkan kontraksi ya?? soalnya ini uda masuk 33 minggu,, hehhehe... pas caesar kamu ada bilang kalo punya bakat keloid sebelumnya?? ( maap ya banyak nanya ) hehhehe


aku pindahin kesini aja yah untuk masalah keloidnya. biar lebih nyambung.. kalo untuk keloid di pundak aku itu bekas cacar yang digaruk dan akhirnya jadi luka. Tadinya kecil, cuma lama-lama agak besar dan beberapa kali disunti anti keloid (kenakort) sampai akhirnya disaranin sama dokter utk di operasi. Dan setlah operasi ada lagi, lebih luas tapi gak sejendol atau sekeras yang dulu.

Dari pas kontrol udah ngomong ke dsog kalo aku ada bakat keloid. Jadi pas akhirnya aku lahiran harus caesar, dokternya juga udah siapin anti keloidnya plus ngeresepin salep untuk keloid juga. Lebih baik konsultasi aja ke dsognya dan bilang kalo kamu ada bakat keloid. Jadi bisa di take note sama dsognya. :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

8

Topic: Keloid

Aku juga punya keloid, baruuu aja tahun 2010 aku kena cacar sembuh cacar ehh malah numbuh keloid di bekas cacarnya.. ada dua dekat dada yang nyembul banget dan dekat ketti satu,..:( emang apa aja yah penyebab munculnya keloid?

learn to earn
memberi bahagia untuk mendapat bahagia

9

Topic: Keloid

annisa, keloid itu kayanya 'bakat' ya kurleb kaya strechmark, ada yg kena pas hamil, ada yg kulitnya 'tahan banting' alias bebas SM, ada yg dikit samar2, ada jg yang buanyak.. Pernah baca keloid tumbuh karena jaringan kolagen yg secara berlebihan muncul saat penyembuhan luka, ntar dicari deh sumbernya trus aq kasi linknya..

10

Topic: Keloid

mamadinara haha lucu bgt siy istilah kelabangnya...

Saya jg ada keloid di bekas sc..tebel, gelap, tak sedap dipandang hehe...tp alhamdulillah blm pnh gatel siy. Klo bisa ada cara efektif buat ngilangin siy saya ikutan de. Tp baca2 di bbrp sumber jg ga bisa total hilang ya...saya blm pnh nyoba terapi apa2 sih. Klo skrg berusaha menerima keadaan dgn ga ngeliat ke bwh mulu en krn ketutup sama baju jd lupa de klo pny keloid. Tp klo mandi mah jd inget lg ada keloidnya haha

11

Topic: Keloid

Keloid kayaknya memang bakat, keturunan.. Aku luka "keberet" uda jadi keloid.. Bekas jahitan operasi juga jd keloid walaupun uda kasih salep khusus... Kira2 bisa dicegah ga y?

12

Topic: Keloid

Wah, jadi mikir2 nih spt yg mommyyummy bilang.
Kemrn hasil caesar pertama jg jadi keloid, dokter bilang nnt kalo caesar ke dua, bakal ditipisin (kayaknya bakal tetep muncul juga y).
Sampe pernah tanya ke dokter, kalo caesar kedua ini di jahitan yg pertama atau ditempat yg berbeda dok, eh dengan santainya si dokter bilang "kalo ditempat lainnya, jadi caesar mayor dong bu", gubrak!!!!!!!! dan suami dengan santainya bilang "orang lain mau hamil dan punya anak aja susah, jadi ngga usah dibuat pusing", untung aja............ :)
Mungki kalo yg namanya keloid itu emg udah bawaan kali y, dalam arti kalo badan kita tiap luka ada keloid, yha kalo dikasih apa2 tetep ada keloidnya (mungkin paling tidak menipis lah), krn inget waktu kecil juga ada bekas luka yg jadinya berkeloid...... yha jadi ada tato alami kan y bo' :)

13

Topic: Keloid

iya keloid itu bawaan.. dan orang asia / afrika lebih punya bakat keloid dibanding caucasian.
sebel deh.. :)
malah dokter2 di sini gak gitu aware loh sama keloid.. mungkin krn jarang nemuin kasus yah?

14

Topic: Keloid

Aq jg ada beberapa keloid nih. tp ga setiap luka trus jd keloid. pertama kali keloid, wkt kena cacar pas kuliah. tau2 pas uda sembuh, ada bagian kulit yg nonjol di dada, tnyt itu keloid. perasaan sih ga digaruk, entahlah knp jd keloid. ahirnya, aq punya 2jejak dari cacar.
Aq ga ngerti sih klo keloid itu 'bakat'. Operasi usus buntu dan SC ga pernah blg ke dokter klo pernah keloid.
Sblm hamil, bekas jahitan operasi usus buntunya uda jd keloid dg warna yg sama dengan warna kulit. tp setelah hamil dan melahirkan, bekas jahitannya sekarang menghitam. Mungkin krn kulitnya melar pas hamil trus mengkerut lagi. Bekas jahitan SC pun jg keloid dan menghitam. dulu smpt ada nanahnya pas waktu msh diperban. Keloidnya ya disepanjang jahitan itu
Kalo keloid hasil jahitan, pasti sk gatal deh. tp ga berani digaruk, takut malah luka. hiii...... . tp yg bekas cacar, warnanya ga hitam dan ga pernah gatal2.
Sekarang harus diinget2 nih harus blg ke dokter klo ada bakat keloid. karna skrg lg hamil kedua dan akan SC. mudah2n sih keloid bekas SC pertama bs memudar ato bahkan hilang. Ngiri deh, klo ada yg crita stlh SC, bekas jahitannya ga kelihatan sama sekali ky ga dioperasi. Nasib...nasib...

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

15

Topic: Keloid

hai moms...aku punya keloid dari bekas operasi tanda lahir. selama 10 tahun ga kukasih apa2. keloidnya ngejendol gede dan ga rata gitu. ngeri dah. kalo gatel ampun...suka kupukul2 sampe gatelnya ilang.

terus tahun lalu aku kasih egyptian magic cream (emc). katanya bisa buat keloid, kandungannya alami. tp berhubung mahal *emak irit*, jadi beli sample seukuran tempat contact lens , harga 30 rebuan saja. dan ternyata emang ngaruh bener. daging yg menyeramkan itu bisa kempes. terus yg gumpalannya kecil malah udah rata.

pas hamil, keloidnya kumat lagi. terus gatel, perih, agak merah lg. mungkin karena kulit pahanya melar ya. ku stop dulu emc-nya. abis caesar dikasih lanakeloid buat bekas caesarnya. kupake juga buat luka lamanya. eh jadi makin tipis loh walau warnanya menghitam kayak dakian. di bekas caesarnya tetep ada keloid *hiks* tapi tipis sih.

sekarang salepnya abis, balik emc lagi. pengen tau mana yg lebih pengaruh soalnya. kalo dermat*x buat keloid ga sih?

16

Topic: Keloid

nanya dong @bajajpinky:emc tu belinya dimana ya?

17

Topic: Keloid

huhuhuhu..samaaa sayapun ada keloid bekas operasi caesar niiy moms..terkadang suka gatal dan hanya bisa mengusap-usap pelan..hiks..mudah2an ada yg bisa share obatnya yaa.. :(

18

Topic: Keloid

aku juga waktu baru dioperasi, ada bekasnya (keloid). mana gatel pulak... digaruk, tambah gendut keloidnya....

tapi setelah lewat 3 taunan, ilang sendiri lho! sekarang bekasnya udah ampir ga keliatan. cuma kalo diliat deket2, baru keliatan ada garis tipiiiis banget. tapi siapa juga yang bakal ngeliat deket2... hihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Keloid

saya juga punya benjolan di bahu dan PD. setelah konsultasi ke dokter, katanya ini karena luka yang terinfeksi jadinya membesar begini. yang di pundak segede ruas pertama jempol. tapi kalo yang di PD ajaibnya setelah saya 2 tahun menyusui malah menyusut keloidnya. mau dioprasi tapi kata dokternya, lebih baik ga usah dioprasi karena nanti bekas operasinya juga menimbulkan keloid baru. jadi, selama keloid ga mengganggu dibiarkan saja, asal tidak membesar ya

20

Topic: Keloid

halo mama semua..mau tanya..adakah yang mengalami nyeri di tempat keloid itu timbul? belakangan ini saya merasa nyeri di bagian ujung luka bekas caesar..apa karena efek perut yg membesar ya? atau karena kecapean? sekarang saya hamil 30 weeks tanpa ART yg menginap..saya denger dari temen-temen, ada beberapa yg terkadang masih merasakan nyeri di bekas luka operasi setelah bertahun-tahun melahirkan..

21

Topic: Keloid

sapta, iya bener, itu hal yang normal kok. Aku juga beberapa kali ngalamin nyeri dan gatal di daerah bekas jahitan sesar bahkan setelah beberapa tahun pasca operasi, sempat konsultasi ke dokter kandungan langganan dan katanya itu hal yang normal. Biasanya kambuh nyeri dan gatalnya kalau lagi kecapekan dan nggak enak badan.. disuruh jaga kondisi aja sama si dokter..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

22

Topic: Keloid

irdhelia wrote:
mamadinara haha lucu bgt siy istilah kelabangnya...

Saya jg ada keloid di bekas sc..tebel, gelap, tak sedap dipandang hehe...tp alhamdulillah blm pnh gatel siy. Klo bisa ada cara efektif buat ngilangin siy saya ikutan de. Tp baca2 di bbrp sumber jg ga bisa total hilang ya...saya blm pnh nyoba terapi apa2 sih. Klo skrg berusaha menerima keadaan dgn ga ngeliat ke bwh mulu en krn ketutup sama baju jd lupa de klo pny keloid. Tp klo mandi mah jd inget lg ada keloidnya haha


Hi moms. Aku juga punya keloid bekas operasi caesar pas kehamilanku yang pertama, keloid nya berjendol agak besar ngeri banget diliat nya :(
Sempet mau coba derm*tix tapi aku agak ragu kalo kasus keloid nya kaya aku bisa hilang atau engga. Kata temenku kalo kasus nya kaya gini harus nya di operasi, akhirnya aku coba cari referensi dokter dan klinik yang bagus. Nah, ada salah satu temenku yang kasus nya sama kaya aku, disuruh untuk coba konsultasi dulu ke The Clinic Beautylosophy sama dokter bedah plastik nya. 

Disana ada 2 pilihan di injeksi atau operasi keloid removal. Karena keloid yang aku punya agak besar, akhir nya aku pilih operasi. Jadi, operasi nya cuma di sayat di area keloid setelah itu di jahit agar keloid nya gak muncul kembali, keloid nya juga langsung hilang dan after operasi akan bengkak selama 2-3 hari. Waktu itu aku ditangani sama dokter Danu beliau responsif dan komunikatif banget, jelas dan detail bgt jelasinnya, disana juga ada dokter perempuannya dokter Risa dan dokter Nindha, semua dokter nya recommend kok..

23

Topic: Keloid

Saya juga keloid waktu melahirkan anak pertama. tapi sebelum melahirkan itu pernah usus buntu dan tidak keloit, pas melahirkan baru keloid. nah pas melahirkan SC anak kedua, sama dokter nya dibersihkan keloidnya dan dikasih obat untuk ga keloid, jadi pas anak ke dua sudah tidak keloid lagi. Mungkin bagi mama yg operasi SC bisa minta hal itu ke dokternya.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/