1

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

(mama mod, kalo udah ada topicnya tolong dipindahin aja ya..)

ini pertanyaan titipan teman. dia baru pindah ke Aussie dan hamil. dia bingung ternyata segalanya beda sama di Indonesia dari yang katanya ultrasound baru boleh di minggu 12, kunjungan ke dokter gak perlu sebulan sekali, dsb... dsb...

nah, sharing2 aja ya, apa aja sih perbedaan di luar sama disini? dan kenapa bisa beda ya? soalnya temennya temenku yang ngotot kalo ultrasound harus begini begitulah, disama2in sama di Indonesia...

thanks all :)

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

2

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

mau coba sharing, ultrasound check (usg) sebenernya emang cuman perlu 3x aja selama kehamilan. pas awal, cek janin keseluruhan (biasanya pas week 20an), sama pas akhir2 mau lahiran. sisanya cuman optional aja tergantung klinik/dokternya. mungkin buat menghibur calon ibu yang pengen ketemu sama adek bayinya :)

usg 4D juga sebenernya lebih bermanfaat untuk kasus2 kehamilan yg butuh perhatian khusus. kl kehamilan lancar2 aja sih sebenernya gaperlu, dokternya udah bisa kok baca kondisi bayi pake USG biasa.

selebihnya sih kurang lebih sama. ada dokter yg ngasih prenatal vitamin, ada yg engga. maksudnya mending dari makanan sehat aja. terus kl pengalaman hamil di singapur sini, dokter sangat2 mengontrol kenaikan berat badan ibu. alasannya sih macem2, dari menghindari diabetes ibu hamil (ini CMIIW, emang bisa dicegah ya?) ampe biar nanti nuruninnya gak susah2 amat. kalo gasalah jepang juga gini deh dokter2nya. mungkin yg lain bisa bantu.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

3

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

rimaniss bener apa kata charissarhanie. gue tambahin aja kenapa yaa. di LN itu untuk pengambilan ultrasound, 4D, 3D gitu2 biayanya ga sedikit. mayan mahal. dan sebenernya unnecessary kalo kehamilannya normal. jadi emang gak mesti dilakukan krn kalo yang pake insurance, kadang emang ga dibayarin. begitu juga pengecekan ke dokter, kalo emang ga ada apa2, kandungannya sehat2 aja, di awal2 malah kunjungan ke dokternya jarang2. hanya pas udah masuk ke trimester tiga baru di schedule sebulan sekali, dan di bulan2 terakhir jadi 2 minggu.

di amerika, setau gue malah gambar ultrasound gitu ga dikasih, tuh.. dan cuma total 2-3 kali aja. gue aja dulu gak pake 3D (apalagi 4D) karena ga perlu.

nah sekarang pertanyaannya, kenapa di indonesia semuanya di cek? :) ya karena itu duit buat dokternya heheh.. tapi kadang emang calon parents pengen liat si anak di perut, etc. walopun sudah berkali2 dibilang kehamilannya normal. malah ada temen gue yang ke dokter2 yang berbeda demi bisa dapetin ultrasound picturenya tiap minggu! dan karna dibayarin kantor, ya dia cuek aja.

nah sekarang balik lagi ke pribadi masing2.. apakah perlu tuh? yang pasti kalo dari pengalaman gue, di LN, kehamilan tetap di treat sebagai hal2 yang normal. oke iya, si ibu dapet tempat duduk, dan didahului, tapi tidak di treat seperti invalid. olahraga seperti biasa, kerja seperti biasa.. bahkan gue dulu ngejar2 bis sperti biasa (ga sadar perut dah gede ini mah!)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

rimaniss - iya, persis kayak kata charissarhanie & slesta... adik sepupu gue yang tinggal di New Zealand juga dapet treatment yang mirip ama di Ostrali, kok.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

Pada dasarnya tindakan dokter itu menuruti standar prosedur yang berlaku di tempat kerjanya / negaranya.

Kalo Indonesia, karena angka kematian ibu dan angka kematian bayi masih cukup tinggi, maka antenatal care / ANC / pemeriksaan kehamilan ditetapkan minimal 4 kali yaitu 1x pada trimester pertama, 1x trimester kedua & 2x trimester ke tiga. Diharapkan ibu2 hamil yang resiko tinggi udah kedeteksi di awal2 dan bisa segera disusun sistem rujukannya.

USG emang ga wajib diperiksa tiap kali dateng, kalo di dukun atau bidan kan ga ada tuh hehe Menurut aq itu fasilitas aja yang disediakan oleh para DSOG untuk pasien2nya :)

a daughter, a wife, a mother --- a CIELER and SIXTH GUN at heart
http://diariazaria.wordpress.com

6

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

Tapi, kalo dicek setiap kontrol kedokter itu sebenernya bahaya ga si mom? Secara kl masuk pintu alat deteksi dibandara aja, yg cm 1 detik aja kita hindari, apalagi usg, yg sekali periksa bisa bbrapa menit.

7

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

Ikutan sharing dikit.. Di sini (norway) USG malah cuman 1x lho.. Biasanya ibu hamil dapat schedule sekitar week 18-20. Ini yang standar ya, fasilitas negara, alias free. Kalau semuanya baik2 saja ya sampai ketemu di kamar bersalin, hehehe.. Kalau ada kekhawatiran baru ada schedule2 berikutnya (yg free juga).

Gw sendiri sih karena dulu sedikit kawatir berlebihan dan pengen make sure semuanya baik2 aja, akhirnya di week 33 USG sekali lagi, tapi terpaksa harus private di klinik swasta dan ongkosnya lumayan bikin pingsan.. *lebay*. :D

8

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

moms,
sedikit sharing pengalaman saya periksa kehamilan di Jepang ya...
kalau di sini semuanya serba terprogram, jadi kitanya tinggal manut aja.
periksa pertama utk ngecek positif atau nggak-nya kehamilan. suruh balik lagi 2 minggu kemudian utk meyakinkan klo janinnya tumbuh dan memang benar terdeteksi hamil.
klo sudah OK, trus laporan ke Public Health Center untuk mendapatkan buku kesehatan ibu dan anak serta kupon pemeriksaan gratis selama kehamilan (ini fasilitas dari pemerintah utk pemegang asuransi kesehatan, yg mana semua orang diwajibkan punya).

Sampe minggu ke-23, pemeriksaan tiap 4 minggu sekali, dan sudah pasti USG 2D. sampai minggu ke-35 pemeriksaan tiap 2 minggu sekali. Mulai minggu ke-36 pemeriksaan seminggu sekali. Sedangkan USG 4D dijadwalkan pada minggu ke-20 dan ke-30. Pemeriksaan rutin biasanya termasuk tes urin. Sedangkan tes darah lengkap dilakukan pada sekitar minggu ke-8 (awal kehamilan), minggu ke-24 (ditambah electrocardiogram), dan minggu ke-36 (ditambah uji NST).
Biaya pemeriksaan pada dasarnya gratis kalau bawa kupon, paling bayarnya pas awal2 kehamilan aja sebelum punya kupon, dan juga klo ada pemeriksaan tambahan :)

Dokter2 Jepang termasuk yang ngga sembarangan ngasih obat ataupun suplemen. Dari awal kehamilan saya ngga dikasih suplemen apapun, jadi mengandalkan gizi dan asupan makanan sehari2. Hanya kemarin pas hasil pemeriksaan terdeteksi kekurangan zat besi, baru dikasih obat/suplemen.

Di sini juga sangat dibatasi dalam hal kenaikan berat badan. untuk BMI normal, toleransi kenaikan BB 7-12 kg saja.

Oya, klo sudah minggu ke-22 biasanya sudah diperbolehkan pesan kamar untuk persalinan, serta mengurus bantuan/keringanan biaya persalinan ke kantor kecamatan setempat. Lumayan banget sih, jadinya murah. Plus, nanti akan ada bantuan dana kelahiran dari pihak asuransi yang jumlahnya cukup lumayan :D *ternyata memang terbukti di sini, setiap anak membawa rejekinya masing-masing hehehe*

9

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

waaaahhh, TFS mamas semua... temanku udah baca thread ini dan dia puas katanya...

aku sendiri di Jakarta, tiap kunjungan dsog selalu usg, ada yang bilang bahaya ada yang bilang enggak, nah lo mana yang bener gak tahu. alhamdulillah neng farah lahir sehat, sempurna :)

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

10

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

wah jadi tahu prosedur pemeriksaan kehamilan di tiap2 negara, senangnya. TFS yah moms. Walaupun ada beberapa perbedaan, tetapi inti tujuannya tetap sama :)

phyut, rimaniss..ttg USG memang suka ada pro kontra, tapi setahuku itu lebih untuk USG yang 4 dimensi, ga boleh terlalu sering. Ga tahu deh mana pendapat yang benar. Tapi temanku bbrp kali USG 4D karena ada masalah dg kandungannya, alhamdulillah babynya lahir normal. Yang jadi masalah sih lebih ke biayanya kali ya

11

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

hallo rimaniss..ikutan share ah..

kebetulan dr awal2 kehamilan gw udah dsini (philippine). dsini siy kurleb sama aj sama di indo. pertama kali deteksi kehamilan pas minggu k8, dan itu lgs di USG. klo dsini kehamilan dibawah 4 bln usgnya pake yg transvaginal. setelah itu baru yg abdomen 2D. selama ga ada masalah usia 3mester k2 dan k3 USG nya sekali aja..klo USG 4D siy ga dsaranin selama baik2 aja. dan dsini USG 4D termasuk langka.

tapi di smester k3 gw di suruh BPS sama NST *krn hampir 40 minggu blm ada tanda*.

trus yg beda lg dsini dari indo pas proses lahiran..dsini lahiran pake epidural baik normal maupun SC. yg lainnya *klo bandingin sama cerita tmn2 di forum* kurang lebih sama :)

phyutgw pernah baca klo USG itu menggunakan gelombang suara yang dipantulkan untuk membentuk gambaran bayi di layar komputer yang aman untuk bayi dan ibu. CMIIW ya moms. palin klo keseringan jd ga aman buat isi dompet phyut :P

http://preciousstoriesofus.blogspot.com/
follow me @mommykanyazoya

"By and large, mothers and housewives are the only workers who do not have regular time off. They are the great vacationless class."

12

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

phyut wrote:
Tapi, kalo dicek setiap kontrol kedokter itu sebenernya bahaya ga si mom? Secara kl masuk pintu alat deteksi dibandara aja, yg cm 1 detik aja kita hindari, apalagi usg, yg sekali periksa bisa bbrapa menit.


sebenernya scanner untuk pintu masuk atau di airport itu gak bahaya untuk pregnant women, selama bukan x-ray gitu. scanners gitu sebenernya punya radiation yang paling kecil, plus kan biasanya ngelewat gitu juga cuma beberapa detik, bukan yang berdiri lama di scan the whole body. tapi biasanya memang ibu hamil dianjurkan untuk gak melewati karena emang gak ada research yang detail ttg ini. jadi ya daripada kenapa2 mendingan gapapa.

silakan google deh info-nya. banyak kok artikel ttg ini.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

Rimaniss, gw tinggal di aussie juga, lebih tepatnya di Brisbane, Queensland. Temen elo tinggal di mana ?

Mengenai perawatan medis di sini ada perbedaan antara pilih public hospital dan private. Generally, untuk full ultrasound itu biasanya pada saat minggu ke 12, 20 dan setau gw sih 32 (kebetulan gw masih 27 weeks). Kalo emang kehamilannya agak bermasalah biasanya akan di tambah lagi tapi itu juga tergantung dokternya.
Mengenai full ultrasound minggu ke 20 itu kita sampe 1 jam karna kita emang di klinik khusus obstetric & gynaecology. Selama 45 menit pertama kita di handle oleh sonographer baru pas mo selesai di handle oleh dokter khusus klinik tersebut.

Karna gw pilih private untuk dokter dan rumah sakit jadi kita emang langsung sama Obgyn, kalo public biasanya umur kehamilan awal sampe 6-7 bulan masih di pegang oleh GP (General Practitioner) atau dokter umum. Tapi ya itu juga tergantung apakah ada masalah dengan kehamilan.

Mengenai kunjungan ke dokter sih dari awal kehamilan sampe 7 bulan nanti masih 1 bulan sekali, setelah 7 bulan baru 2 minggu sekali sampe masuk bulan ke 9, setelah bulan ke 9 baru 1 minggu sekali.

Selama gw ke dokter ngga ada tuh ritual kayak di Indo, timbang berat badan, di kasih kartu yang buat catet berapa banyak gerakan janin, di kasih multivitamin. Biasanya dia hanya ngukur tensi gw, ngeliat bayi kita di usg trus konsultasi deh. Seperti gw bilang di thread forum yang lain, Dokter gw tidak menyarankan untuk minum multivitamin dan susu hamil karna menurut dia diet paling bagus untuk ibu hamil itu ya makanan 4 sehat 5 sempurna.

Mengenai pilihan delivery normal ato c-section, di Queensland sendiri baru tahun 2010 lalu pasien di berikan pilihan untuk normal ato c-section. Dokter gw sendiri sih terserah gw aja, dia ngga menyarankan normal ato c-section karna menurut beliau itu hak gw.

Oh satu lagi, untuk public hospital biasanya harus booked jauh2 hari karna mreka sering banget penuh dan kalo kita tinggal di daerah tertentu harus ke public hospital yang di daerah kita juga, ngga bisa di daerah lain. Contoh misalnya gw tinggal di tebet, jakarta timur, gw musti booked di public hospital tebet bukan daerah lain, kecuali ya di situ emang penuh, itu pun elo harus pake referal dari dokternya untuk ke public hospital daerah lain.

Ok deh, hope it helps ya.

14

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

Nyonya Couch wrote:
Rimaniss, gw tinggal di aussie juga, lebih tepatnya di Brisbane, Queensland. Temen elo tinggal di mana ?


TFS ya Nyoya Couch, temenku di Melbourne, lokasi pastinya gak tahu. dia malu2 mau tanya, padahal katanya jadi sering nengok thread ini sejak aku posting :) hihihi...

Echy Butar-butar Whitcher.... keluarlaaaaaaaaaahhhh.............. *calling for mrs. whitcher....* LOL :D

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

15

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

Halo,
ada kah yang di Canada? usia kandungan saya kira-kira 4weeks. Mau ke dokter tapi dokter hanya mau periksa setelah kandungan usia 8 atau 10 weeks. Yang saya bingungin pas lahirannya, gimana ya. Karena kalau hospital saya masih nunggu PR card dan healthy card, jadi harus bayar sendiri krn blm ke cover. Suami saya saranin menggunakan midwife, ada kah yang punya pengalaman melahirkan dibantu midwife?

16

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

sofiyah,
hallo sofiyah... kebetulan aku pengalamannya di singapore. dsog-ku yang pertama ternyata hanya sampai 5 bulan kehamilan saja, setelah itu ganti ke dsog yang lain.

kemarin sempet nanya sama acha (septriasa) yang sekarang di aussie, dia juga melahirkannya dengan bantuan midwife. 

betul,
biasanya kalau belum jadi PR, kalau urusan bayar-bayar masuknya jadi harga foreigner yah. semoga lancar yaaa sof kepengurusan PRnya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

Aminn, terimakasih mbak ninit :)

Wahh acha septriasa hihi.
Beberapa hari yang lalu sudah ditelpon midwife, ternyata biaya lahiran gratis klo pakai midwife bagi yang sudah apply PR (meski masih menunggu). Melahirkan di RS pun bisa dengan midwife, tapi RS nya bayar sendiri, midwife nya gratis (pengalaman teman disini)

18

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

hallo mami2..
ada yang stay di amerika..saya baru ketauan hamil 3minggu..
kira2 biaya melahirkan di amerika khusus na california brp yah?
saya belum pemegang GC..apakah bisa memiliki asuransi?tq

19

Topic: Perawatan medis kehamilan di Indonesia Vs. luar negri

Hai mom, sebenarnya ngikut aja sama dokternya di sana gpp kok. Apalagi kalau periksa di rumah sakit, walaupun beda sama kebiasaan di sini tapi tetap mereka kan ahli medis.