1

Topic: Plastic Kitchenware

Mamas
Masih bingung nich tentang kode2 yang ada di plastic container
kalo BPA free itu yg boleh n tidak boleh dilakukan pada wadah itu apa ?

Ini ada info sedikit tentang plastik *copas boleh kan*
/ 1
PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/ tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. Boto-botol dengan bahan #1 dan #2 direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret.

/ 2
HDPE High density polyethylene HDPE (high density polyethylene)biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu.sama seperti #1 PET,#2 juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.

/ 3
PVC or Polyvinylchloride V atau PVC(polyvinylchloride) adalah plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap),dan botol-botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal,hati dan berat badan.

/ 4
LDPE Low density polyethylene biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol2 yang lembek. barang-barang dengan kode #4 dapat didaur ulang dan baik untuk barang2 yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. barang dengan #4 bisa dibilang tidak dapat dihancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan.

/ 5
PP Polypropylene adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat penyimpanan makanan,botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik.

/ 6
PS Polystyrene biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam,tempat minum sekali pakai,dll. Bahan polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf.Selain tempat makanan,styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok,asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. bahan ini harus dihindari dan banyak negara bagian di amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara china.

/ 7
OTHER acrylonitrile butadiene styrene acrylic,polycarbonate,polylactic acid,nylon,fiberglass. Other biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olaraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu bispheno1-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Hindari bahan plastik polycarbonate.

Pencerahannya mamaaaas *semoga dithread yg benar*

:) Amazing Life with Amazing Son :)

2

Topic: Plastic Kitchenware

makasih infonya bunda :) useful nih kyknya....etapi ini bukannya lbh cocok di home ya? furniture gitu?

3

Topic: Plastic Kitchenware

winyUmmukirana
oh iya ya baru ngeh hihihi maap maap *sambil menunduk* gmn cara mindahinnya? :)

:) Amazing Life with Amazing Son :)

4

Topic: Plastic Kitchenware

Bunda Bitha, dipindah ke kitchen ya ... dan diubah sedikit judulnya biar threadnya bisa dipakai buat ngerumpiin semua peralatan plastik.

pasti banyak kan yang pengguna tupperware, lock n lock dan sebangsanya.
silakan share disini ya ... cara memilih plastik, pada pakai apa aja dan gimana kesan pesannya

less ego, more heart

5

Topic: Plastic Kitchenware

ooo dipindah ke sini ya tengkyuuuu mamoood :D

mamas botol minum yang biasa aku pake di kantor kode nya #7 tapi BPA free baru tau kalo kode #7 ada bahayanya juga padahal udah beberapa tahun ini aku pake buat bikin teh panas dingin dst dst :(

terus aku baru beli tempat minum dari lock n lock kode #1, untung belum dicuci karena biasanya sebelum dipake selalu aku kocok pake air panas, ternyata kode #1 ga boleh kena air panas

:) Amazing Life with Amazing Son :)

6

Topic: Plastic Kitchenware

usefull sekalii.. makasie info nya bund.. :) print dech biar ingat selalu.. kebetulan lg ngumpulin benda2 dapur, ;)

love U always my Callysta

7

Topic: Plastic Kitchenware

If the parts can be immersed in water, try soaking it in water with bleach added. You'll be amazed how they will look brand new kitchen.

-----
no direct link to onlineshop unless it's approved by the admin
-mod-

8

Topic: Plastic Kitchenware

Bu ibu.. Tanya dong.. Kalau cari plastik kiloan untuk simpan makanan dimana y? Kalau bisa plastiknya tidak apa2 jika digunakan untuk memanaskan makanan. Saya paling suka nyimpen makanan di plastik sesuai porsi. Tapi suka takut ini plastik aman ga ya.. Mau cek kode suka ga ada.. Thx

9

Topic: Plastic Kitchenware

Rindangi

Sepertinya tidak ada kode dech...m..maksudnya plastik kiloan yang kaya merek tomat dll itu ya?

aq g brani buat nyimpen makanan panas, kecuali kalau kepepet, hehehe

dan g brani buat manasin...
oh ya ada beberapa tukang jualan ketoprak malah bikin lotongnya pakai plastik kiloan ini... :(

10

Topic: Plastic Kitchenware

Biasanya kl peralatan dr plastik aq pake tupperware, lock n lock. Tp hny unt makanan dlm kondisi dingin kl panas sih tetep aja aq tar di piring/mangkok keramik dulu unt dinginin.
Ke microwave aja aq pindahin dulu ke keramik ga berani lsng dr tempat plastik.

11

Topic: Plastic Kitchenware

rindangi,
aku biasanya nyimpen di lock n lock. sekarang udah ada yang kaca kan. jadi praktis sih... kalo udah disajikan tinggal pake tutupnya trus simpen kulkas kalau masih ada.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

12

Topic: Plastic Kitchenware

idem, aku juga pake tupperware & lock&lock untuk simpen makanan. Kalau mau panasin, ada yang bisa untuk microwave ada yang gak bisa. Dilihat aja di kode katalognya. Kalo plastik kiloan rasanya belum nemu deh yang cocok untuk dipake makanan panas.
Kalo aku karena gak punya microwave, panasin makanan di dandang gitu (duh apa sih bahasa indonesianya dandang??). xixi.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Plastic Kitchenware

Aku beli semacam tupperware buat nyimpen makanan atau plastik bag IKEA itu loh, ngebantu banget deh

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

14

Topic: Plastic Kitchenware

idem! aku juga buat wadah plastik belinya di IKEA. soalnya gemes-gemes ya. ada dari tupperware juga. 
bener ya baru kerasa, suami ngilangin tupperware (ketinggalan di taksi), huu pengen murka rasanya wkwkwkwk.

“When real people fall down in life, they get right back up and keep walking.”

15

Topic: Plastic Kitchenware

info nya bagus bgt nih..ikut nyimak yaaa

16

Topic: Plastic Kitchenware

Kalo salah pilih plastic kitchenware bisa pengaruh ke kesehatan ya mam ???

17

Topic: Plastic Kitchenware

[quote=Kinar_Lala] iya pengaruh bgt.. apalagi kalo pake tempat makan plastik yg gk jelas merk nya kan masih bau plastik bgt.. itu yg gk bagus

18

Topic: Plastic Kitchenware

[quote=BungaPhoedinama] iya yah bun, kalo ky gitu kita pilih bikin makanan udah sehat tp kalo di simpen di tempat yg gk bagus malah jg gk sehat.. hemmmm apalagi kalo makanan" yg berlemak dan tinggi kolesterol.. makin makin dehh

19

Topic: Plastic Kitchenware

[quote=BungaPhoedinama] aku ikut nyimak yaa bundaa

20

Topic: Plastic Kitchenware

ikut nyimak yah