1

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

moms,

lagi bingung ni...HPHTku tanggal 31 mei 2011. Karena kerja luar kota, aku ketemu suami 1-2 minggu sekali. Kemarin kami (maaf) berhubungan tanggal 19 dan 26 juni trus tanggal 28 (tanggal harusnya aku haid bulan juni) aku ga dapet dan waktu aku tes ternyata positif. Kalo dihitung dari HPHT (juga menurut dokter) aku dah hamil 8w. Tapi menurut perhitunganku sendiri (menurut ilmu biologi waktu aku SMA :p ) dari tanggal "pembuahan" (anggap aja tanggal 19) berarti usia kandunganku baru 6w.

apa mungkin perhitungan HPHT bisa meleset ya?

soalnya kemaren terakhir di USG janinnya lum keliatan padahal kalo usia 8w harusnya udah keliatan. Dokter sampe tanya apa aku salah tanggal HPHTnya soalnya kaya ada selisih 2 minggu kalo diliat dari USGnya. trus aku suruh cek lagi 2 minggu kalo masih ga keliatan janinnya berarti janin ga berkembang dan harus dikuret.

aku berdoanya dokter salah itung (ngarep.com)

2

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

ini biasanya terganting siklus haid-nya juga, aku siklusnya 37 hari (dan steady 37 hari) makanya itungannya telat seminggu ukuran bayinya kalo diitung dari HPHT (harusnya skrh 24w, tapi baru 23w)
tapi ga semua yang siklusnya diatas 30 hari begitu sih, ada temen ku siklusnya 35 hari, dan ukuran bayi dihitung dari HPHT-nya benar

kalo disuruh tunggu, tungguin aja, soalnya aku aja baru bisa ditentui HPL-nya setelah evaluasi hasil USG 3 bulan pertama

3

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

diyah
perhitungan umur kehamilan emang kadang beda2 kok, tergantung siklus haid masing2. biasanya emang dokter selalu refer ke HPHT sama siklus mens kita. kl siklus mens kita kurang teratur dan simpangannya jauh, biasanya umur kehamilan dilihat dari ukuran janin pada saat USG.

tp emang biasanya kl perhitungan dokter, pada saat kita telat mens itu umur kehamilan ud dihitung sekitar 4-5minggu which is kl dari pembuahan mungkin baru 2-3minggu. coba dicek lagi aja cara penghitungannya, soalnya aku selalu pakai sistem yg dipake obgyn *malesrepot* :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

4

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

Bener ada 2 cara, ada dari LMP (Last Menstrual Period) dan ada dari Conception.

Kalo menurut gue LMP emang suka kira2 1-3 minggu kecepetan. Kalo kemarin gue itu LMP 25 Oktober 2011, kalo dari Conception date usia janin, tanggal 6 November 2011.

Jadi kalo berdasarkan LMP, usia kehamilan gue pas melahirkan kemarin adalah 41 minggu, kalo berdasarkan Conception, 39 minggu :)

5

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

kalau siklus mens-nya ga teratur gimana ya moms?
fyi, baru setahun yll aku mens lg after delivery, kata dokter siy krn menyusui
selama 1 thn itu cuman 8x mens, dg siklus 32-45 hr
terakhir mens tgl 21 okt, trus 13 des kmrn testpack positif, tp di-USG belum keliatan, kata dokter mungkin br 4 mingguan

*bingung.com

6

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

diyah
just to share, gue kemaren pas hamil itu, gue datang ke dokter sampe 2kali, 2 minggu berturut2 krn tiap dateng di USG, gak keliatan janinnya. tapi sac nya udah keliatan. padahal kalo diitung2 menurut dokter harusnya gue udah 6-7 minggu (waktu itu gue malah lupa tgl gue mens terakhir kapan). tapi janin tetap gak keliatan. disuruh dateng lagi di minggu ke-3, gue gak mau. jadinya gue baru dateng lagi ke dokter kira2 5 minggu kemudian, dan ternyata gue udah 12 weeks. janin sudah berkembang dan baik2 aja.

gak bantu masalah itung2 HPHT, tapi dengan tidak terlihatnya janin bukan berarti tidak berkembang. bisa aja emang hitung2annya yang gak pas. biasanya beda 1-2 minggu itu biasa.

ini aja malah gue dibilang due datenya tgl 21 january kalo di USG, tapi kalo itung2an minggu, 21 january itu gue harusnya masuk 41 minggu, krn di kalendar bulan desember, ada 5 hari minggu. tapi dokternya bilang, gak masalah.. karena ya itung2an itu gak akurat 100%.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

Rada mirip sama Slesta, kalo aku waktu kehamilan awal banget udah 2 x cek up si baby gak nongol juga di layar USG via perut, padahal udah testpack positif. Akhirnya aku tunggu sebulan lebih baru cek up lagi, males soalnya kalo harus USG TransV. Nahh pas cek up ke-3 baru keliatan tuh si baby lewat USG perut, dengan detak jantung Alhamdulillah sehat dan ternyata udah 11 weeks.

missyayuk Mens ku juga gak begitu teratur (antara 30-40an hr), tapi gak ada masalah selama kehamilan. Cepet juga sih cuma 3 bulan nikah, langsung hamil. Poin pentingnya sih kalo masih minggu2 awal kehamilan belum kelihatan by USG dibawa santai aja moms. Nanti kalo seiring perkembangan janin, dokter bisa lebih nentuin umur kehamilannya, ya walopun emang gak bisa akurat 100% sih. :)

? Working Mommy I Architect I @yantri_abshar ?
Really fall in love with my little one (?????)
www.lifeofyantri.wordpress.com

8

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

Wah aku malah di test packnya masih belum positif. Tapi karena mens aku teratur jadi dah curiga karena telat 2 minggu. Ahirnya nekad ke Obg terus pas USG juga baru kelihatan sacnya doang. Obgnya nyantai banget, nyuruh aku balik 1 bulan lagi (walau tetep ngasih vitamin pregnancy dan penguat rahim, just in case hamil). Tapi karena ngga sabar dan agak parno karena abis travelling, 2 minggu kemudian aku dah balik ke obg itu, dan ternyata syukurlah dah ada bayinya udah ukuran 10wks.

Usia kehamilan aku juga dihitung 2 versi, dari HPHT dan dari ukuran bayi ketika USG. Sama dengan mommies yg lain, obg aku juga bilang hitungan itu lebih sering ngga akuratnya jadi jangan dianggap harga mati.

9

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

kalo hasli penghitungan berbeda antara USG dan HPHT ini yang harus dilakukan :

Jika Hasil Hitungan Kehamilan Tidak Sama ( HPHT vs USG)Satu hal yang membuat bingung adalah sering terjadi perbedaan usia kandungan dan janin jika mengunakan methode penghitungan yang berbeda.

Misalkan usia kehamilan menurut hitungan hpht tidak sama dengan hasil penghitungan usg.
HPHT adalah hari pertama haid terakhir, ini adalah parameter paling penting untuk menghitung usia kehamilan anda.
Perhitungan usia kehamilan menggunakan rumus HPHT hanya berlaku untuk wanita yang siklus haidnya tepat 28 hari.
Sementara pemeriksaan USG menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menggambarkan perkembangan janin dan juga organ reproduksi
yang hasilnya bisa dilihat dalam monitor.

Mengapa hasil perhitungan kehamilan melalui HPHT tidak sama dengan hasil USG? Ini dia jawabanya

  • Ada kisaran normal perbedaan ukuran janin pada usia kehamilan yang sama; artinya janin yang cenderung besar, bisa saja ukurannya sudah
    seperti janin berusia 30 minggu padahal usia kehamilannya baru 28
    minggu;[/*]
  • Ada faktor keturunan (genetik) yang mempengaruhi ukuran janin, karena itu ukuran normal selalu dalam bentuk kisaran (rentang). Bila
    Anda masih bingung, coba perhatikan anak berusia 1 tahun ada yang
    beratnya 9 kg, sementara bayi 8 bulan juga ada yang beratnya 9 kg dan
    masih terhitung normal.[/*]
Untuk menghitung usia kehamilan dengan lebih akurat, data yang kita pakai adalah data dari USG pada trimester pertama (data USG pada usia
kehamilan 4-12 minggu) karena kesalahan perhitungan usia kehamilan
dengan usia sesungguhnya hanya 3-7 hari saja.

Sedangkan data USG pada trimester kedua mempunyai lebih kurang akurat untuk menentukan USIA KEHAMILAN, dan USG pada trimester III (
setelah 28 minggu) bisa memiliki kesalahan 2-4 minggu untuk penentuan
USIA KEHAMILAN.

Jadi, jika ingin keakuratan usia kehamilan, perhitungan didasarkan pada USG awal, bukan USG akhir.

10

Topic: Menghitung Usia Kehamilan

Tergantung siklus haid mom ya yang kayak gitu, jadi gpp ikutin kata dokternya aja.