1

Topic: PCO Fighter

Hi, momy semua.. aku dewi dan belum punya baby,
aku mau tanya adakah d sini yang mengalami PCO dan berhasil hamil?


salam kenal semua ^_^

2

Topic: PCO Fighter

Haloo Mommy.. Wah ini udah lama ya thread-nya? Semoga sekarang sudah berhasil ya mommy..

Kalau belum, aku mau sharing sedikit tentang PCO yg aku alami juga.

Aku di-diagnosa PCO tahun 2014 (2 tahun sebelum menikah) karena aku datang bulan tidak teratur. Tapi saat itu aku decide untuk tidak take action apa2 karena dua dokter pertama yang aku datangi suggest aku untuk USG transvaginal, sementara aku belum menikah. 
Sebulan setelah aku menikah di 2016, aku cek ke dokter berbeda, kali ini ke dr. Irham Suhaemi di RSIA Bunda Menteng dan hasilnya aku masih PCO dengan ukuran sel telur kecil2.
Waktu itu beliau minta aku untuk diet carbo dulu selama 2 minggu. 

Kenapa diet carbo? Kalau di aku, kasusnya adalah karena aku mengalami kenaikan berat badan drastis sebanyak 7 kg dalam 1 bulan (dari 43-50, maklum baru nikah jadi napsu makannya banyak.. Huahahah.. apa hubungannya yaa). Sehingga, kalau aku mengalami kenaikan/penurunan badan yang terlalu drastis dalam waktu singkat, produksi hormonku terganggu. 

Dokter hanya menyarankan aku untuk diet carbo, makan sayuran, minum asam folat dan olahraga. Tanpa tambahan obat2an lain. 
2 minggu diet tapi aku belum datang bulan juga. 
Dokter minta aku untuk melakukan hal yang sama lagi di 2 minggu berikutnya. 
Alhamdulillah setelah 1,5 bulan diet carbo, aku datang bulan. 

Waktu itu dr. Irham bilang, hari ke-3 datang bulan harus USG untuk cek ukuran sel telur apakah sudah normal atau belum. 
Hasilnya belum begitu kelihatan. Hari ke-10 datang bulan aku dan suami kembali lagi ke dokter, dan Alhamdulillah hasilnya bagus - ukuran dan jumlah sel telur normal. Dan di hari itu juga dokter suruh kita untuk segera pembuahan. 

Alhamdulillah setelah itu segala upaya membuahkan hasil :')

Jadi kalau smp sekarang masih bermasalah dengan PCO, jangan takut dan jangan khawatir! Karena semua pasti ada jalan keluarnya :)

Pesan dari dokter obgyn-ku untuk wanita PCO: atur makanan seimbang, perbanyak sayuran, rajin olahraga (terutama yang emang bener2 bikin keringat), jangan lupa asam folat-nya, and stay positive!! :)

Good luck yaaa


3

Topic: PCO Fighter

loecia-nadia,
thanks for sharing mama Nadia.
Semoga sharingnya bisa bermanfaat untuk mama-mama yang membutuhkan yaa.. ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

4

Topic: PCO Fighter

Hi Urban Mama!
Aku mau sharing tentang PCOS nih.. InsyaAllah nanti mau post artikel di TUM ya pas mual-mual ilang :D
Aku PCOS Survivor sejak Oktober 2017. Ketahuan pas mau program hamil anak kedua. Sejak gadis haid ga teratur, bisa 2-3 bulan sekali. Apalagi setelah melahirkan anak pertama, sempat 5 bulan ga haid. Karena khawatir ada yang ga beres dan sekalian udah mau program anak kedua, akhirnya ke dokter kandungan. 

Langsung kaget banget pas divonis PCOS. Sel telurku banyak dan ukurannya kecil-kecil. Dirujuk untuk tes darah untuk cek gula darah dan hormon (apa yaaa aku lupa). Hasilnya gula darah puasaku normal tapi hormon 'something''nya emang over banget. Terus dari beberapa ciri2 PCOS (googling aja), semuanya aku punya wqwqwq. Ya, intinya, aku fix PCOS. FYI, hamil anak pertama setelah 3 bulan menikah dan waktu itu LDR. Jadi aku pikir ga ada yang salah selama ini. Jadi sedih banget pas dibilang PCOS :(

Akhirnya terapi hormon sama dokter, disaranin juga untuk diet (haha) dan olahraga. 
Dan, terapi hormon itu melelahkan, guys :'). Emosi ups and downs.Stres tiap kali cek ke dokter. Akhirnya setelah 2 siklus haid, aku stop. Pasrah aja, yakin kalau Allah kasih rejeki, insyaAllah disegerakan. Akhirnya mulai jaga makan, memperbaiki lifestyle dan rutin lari.

Alhamdulillah September 2018, aku positif hamil tanpa program apa-apa. Tapi masih belum rejeki karna ternyata Blighted Ovum. Akhirnya dikuret :). Setelah itu, untuk kehamilan berikutnya nunggu sampai 3 bulan pasca kuret. Alhamdulillah dikasih rejeki hamil lagi setelah 4 bulan kuret. Selama 4 bulan itu, aku rutin lari, dan bersenang-senang :D supaya ga stres.  Dan sekarang alhamdulillah sudah hamil 12 weeks. Mohon doanya supaya diberi kelancaran sampai persalinan :).

Jadi untuk siapapun yang PCOS, tidak usah berkecil hati. Serahkan sama Allah, insyaAllah jika memang sudah rejeki, akan diberi kepercayaan untuk segera hamil. Semangat PCOS Survivors!!

a barefoot runner, a mountain crawler, a full time mother
@rianluthfi
https://superduperlebay.wordpress.com/