1

Topic: Food poisoning saat hamil

Hai mamas & papas,

Ada yg pernah mengalami keracunan makanan saat hamil nggak ? Obatnya apa yah ? Moderator, maaf yah kalau topic ini pernah ada, karena aku cari belum ada. Kalau sdh ada tolong dihapus/dipindahkan saja.

Jd aku hamil 13 weeks, abis liburan dari jkt. Gak tau salah makan apa, sore2 badan sakit semua (ngilu seperti mau flu) lalu malemnya mules + diare. Aku bbm ke obgynku, dan katanya itu gejala food poisoning. Disarankan untuk ketemu dokter umum (GP) dulu, tp berhubung hari ini libur idul adha, semua dokter pd tutup. :'(

Karena gak berani minum obat sembarangan, akhirnya seharian cm minum air putih hangat + teh kental pait supaya diare nya berhenti. Tp gak ngaruh sama sekali. Tetep lemes, badan ngilu semua, mules & bolak balik ke wc. Makan juga gak bisa, mual dan tiap makan pasti perutnya sakiiit bngt. Udh dipaksa, dan hasilnya malah keringet dingin.

Besok pagi mau ke obgyn. Tp nunggu besok kok rasanya lama bngt. Gak bs tidur. Kalau ada yg pernah ngalamin, please share yah. Thank you.

2

Topic: Food poisoning saat hamil

Duh aku jg g pernah ngalamin ini, tp kl g salah air kelapa bisa deh bwt ngiket racun cmiiw y moms. O y bwt ngatasin kekurangan cairan cb minum oralit/pocari deh byar g dehidrasi. Tehnya jg campur gula byar g tll lemes. Mgkin moms yg lain bs bantu

Semoga cepet sembuh y mom

3

Topic: Food poisoning saat hamil

suntea - aduh kasian... stuju ama bun2.mila, jaga jangan ampe dehidrasi ya. minum yang banyak... pocari mestinya ga papa. katanya selain air kelapa, susu juga bisa menetralisir racun, tapi mungkin malah tambah mual ya kalo minum susu?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Food poisoning saat hamil

Suntea,, aku juga pernah ngalamin ini, yup2 setuju sama bun2.mila dan thalia,,jangan sampe dehidrasi..
aer kelapa ijo, aku juga pernah denger, bisa netralisir racun. Kalo aku dulu minum susu Danc*w yang dibuat kenteeel bgt, konsentrasi susu bubuknya lebih banyak dari biasanya, ini untuk menetralisir racunnya. kalo biar nahan diarenya, bisa minum oralit, atau kalo ga ada, coba makan garem trus didorong minum aer putih yang banyak. kalo pocari gatau deh, saran ibuku sih waktu hamil jangan minum minuman ion2 bgitu.

mudah2an cepet sembuh yah,, :)

5

Topic: Food poisoning saat hamil

Aku pernah mom. Aku waktu itu disuruh minum kelapa ama minum norit. Dua itu aman untuk bumil dan bisa netralisir racunnya. HTH yah

6

Topic: Food poisoning saat hamil

Bun2.mila, thalia, suskia, ceicalia..

Thanks yah buat masukannya. Tp di sg aku bingung cari air kelapa hijau dimana. Akhirnya aku kemarin pagi ke obgyn, dan katanya sdh sangat dehidrasi. Karna sdh gak bisa makan sama sekali. Cm bisa minum air putih + teh manis anget. Hiks, akhirnya di infus 2 botol. Gak perlu stay di hospital, jd hanya kaya rawat setengah hari saja.
Dikasih antibiotik dan obat untuk diare nya. Karna katanya ada bakteri di pencernaan. Tp obatnya gak aku minum. Abisnya takut aja. Hehe. Jadi aku tetep dng obat teh manis anget + air putih.
Habis diinfus badan rasanya beda bngt, kaya jadi seger dan semua sakit perutnya ilang. Aku gak tau juga sih di infus apa, tp cairannya warnanya kuning.
Habis di infus, si baby di usg, dan alhamdulillah baby baik2 aja. Semua normal.
Pagi ini badan sdh mulai segar dan diare dan mulesnya sudah stop total. Mulai sekarang harus bener2 jaga makan deh. Kapooook. Hehehe.. :p

7

Topic: Food poisoning saat hamil

Suntea - wah, untung lah udah sembuh lagi... bahaya banget tuh kale ampe dehidrasi gitu. untung si bayi dan mama baik2 aja ya :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Food poisoning saat hamil

wahhhhhhh seremm,,,,,alhamdulillah ga pernah kena food poisoning...btw, kmrn Suntea makan apaan yak ampe keracunan gt?

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

9

Topic: Food poisoning saat hamil

Laurina waktu itu makan bacang.. Hiks, baru pertama kali makan bacang, eh langsung berbuntut food poisoning.. Kapok deh.. Sekarang langsung alergi bacang.. :p

10

Topic: Food poisoning saat hamil

hi moms, mau ikut cerita juga.

kmrn pagi aku tes pakai tes pack setelah telat haid 12 hari, dan alhamdulillah positif. Rencananya aku baru mau ke obsgyn hari senin.
Krmn sore tiba-tiba aku pingin makan masakan manado, akhirnya aku minta suami beliin masakan manado.
Habis makan malam pakai masakan manado itu perut mulai terasa kembung, kupikir hanya masuk angin. Mulai jam 12 malam, perut makin terasa melilit, aku pikir mungkin kram perut yang umum dialami bumil waktu trimester pertama. Tapi kok makin lama makin sakit melilitnya itu, mirip2 kontraksi. Sampai subuh ga bisa tidur sama sekali, sampai keringet dingin nahan sakit. Subuh akhirnya aku bisa muntah 2x, (maaf ya) tapi isinya cuma cairan kuning gitu sih, dan pahit sekali. Setelah bisa muntah, perut kembungnya lumayan berkurang dan sakit melilit di perut juga mulai berkurang. Tapi jadinya lemes banget nih.

Seingatku kalau kram perut ga sampai yang bikin muntah ya?, makannya langsung ingat thread ini. Hari ini memutuskan ke obsgynnya dipercepat dari rencana semula yang baru mau ke obsgyn hari senin.
Mudah2an sih ga ada efek ke baby.

11

Topic: Food poisoning saat hamil

indriani Duh mudah2an gpp ya... Setauku sih kalo memang betul keracunan makanan, kalo muntah itu justru lebih bagus karena mengeluarkan racunnya. Dulu temenku sekeluarga ada yang keracunan makanan, mereka ke RS dan dikasih susu segelas gede biar mual dan muntah. Pokoknya bener saran mamas di atas: minum susu, minum air yang banyak.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Food poisoning saat hamil

otty..trims otty..ini aku baru pulang dari obsgyn. Memang setelah bisa muntah kram perutnya langsung berkurang drastis.
Barusan dikasih dokter obat dupaston untuk menguatkan kandungan sama kaltrofen yang harus dimasukkan lewat (maaf) dubur. kaltrofen ini untuk penghilang nyeri perut. Jadi kayaknya dokter lebih cenderung ke menguatkan kandunganku, mungkin juga karena riwayat haidku 6 bulan terakhir kemarin yg masih kacau siklusnya, bahkan yang 5 bulan terakhir kemarin 2x sebulan.

13

Topic: Food poisoning saat hamil

indri...wah hamilton lg...selamet yach..

alhamdulillah gw gk pernah ngalaminffood poisoning ky gini..*waktu hamil gk doyan makan :P

bunda hanif.....

14

Topic: Food poisoning saat hamil

siti..iya nih, makasih ya :).

Iya nih, sebenarnya yang kehamilan ini mirip sama waktu yang pertama, ga bikin mual-mual, jadi bisa sembarang makan, saking sembarangannya jadi kaya gini deh. Memang yang paling aman tuh masakan homemade bikinan sendiri sih ya :), terjamin kebersihan dan kesehatannya. Tapi, suka lapar mata kepingin nyoba ini itu yang baru :)

15

Topic: Food poisoning saat hamil

indri betul...betul..betul *upin ipin mode on
gk perlu kuatir bahan n kebersihannya...n gak perlu kuatir isi kantong :P *soktau, padahal gk bs masak :)

bunda hanif.....

16

Topic: Food poisoning saat hamil

Kadang klo hamil mungkin bukan keracunan, tapi sensi sama makanan tertentu n gejalanya kaya keracunan gitu. Dulu aku pernah ngalamin Mom, serumah mkn sup jamur, aku doang yg kaya keracunan. Coba tny obgynnya, boleh makan Norit ga. Dulu aku ga kpikiran buat tanya obgyn jadi di kuat2in aja :(. Skrg menyusui pernah salah makan (diare :p), tanya DSA katanya ibu menyusui aman kok minum Norit :). Semoga membantu yah :)

17

Topic: Food poisoning saat hamil

mom Pinken..trims ya mom untuk infonya, baru tahu aku. Iya, barusan searching memang norit aman buat ibu hamil dan busui.

Aku pikir keracunan karena dulu aku pernah keracunan catering kantor juga. Gejalanya sama, perut melilit sakit banget sampai kita keringat dingin nahan sakit. Cuma bedanya dulu pengeluarannya lewat diare, nah kalau yang ini muntah. Tapi setelah kukasih kaltrofen yang dikasih dokter, ga sampai 30 menit kemudian langsung (maaf) BAB, mungkin obat ini juga membersihkan isi perut selain menghilangkan nyeri.

Dulu waktu satu kantor keracunan catering itu aku masih menyusui, anakku masih under 1 year, tp alhamdulillah dia gpp.
Btw dulu setelah diadakan investigasi, kita makan cateringnya jam 12.00-13.00 siang, gejalanya perut melilit baru dirasakan aku dan teman2 kantor rata-rata mulai jam 02.00 pagi. Kmrn aku makan sekitar jam 7 malam, baru terasa jam 24.00 malam mulas-mulasnya.

18

Topic: Food poisoning saat hamil

Susu + activated carbon kaya Norit...aman kok...

19

Topic: Food poisoning saat hamil

Kalo sekarang ada mommy yang sedang mengalami ini, pastikan memilih obat yg aman ya mom. Sebaiknya konsul dulu ke dokter.

20

Topic: Food poisoning saat hamil

Astaga mom, sampai keracunan :( Jadi mom kalau selama masa hamil emang jaga makanan penting banget. Tapi jangan sembarangan minum obat ya bun, takut kenapa-napa ke janin. kalau sekarang pas emergency gini mungkin bisa coba halodoc ya,.dokternya bakal bantu menangani kondisi moms. juga mereka kirim obat ke rumah. jadi biar mom segera dapat pengobatan. semoga cepet sembuh mom.