1

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Mommy...sharing donk yang anak2nya udah sekolah...apakah mutu pendidikan bagus = harga sekolah mahal ??? karena kalo kita liat jaman dulu ga ada tuh sekolah bilingual / SDIT yang mahalnya selangit tapi banyak juga yg bisa jadi orang terkenal / sukses ...sharing donk mommy untuk pencerahan ..hehehe...meskipun anakku skrg masih 6 bulan...tapi aq merasa punya tanggung jawab moral buat anakku untuk memberikan pendidikan yang baik....T.Q mommy

2

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

senaaangg... akhirnya ada yg buka tret ini.. pas banget nie lagi pilih2 sekolah anak.
lagi bertanya2 juga apakah MAHAL itu sudah pasti BAGUS.. ??

oiya.. boleh sharing dong mommies.. ketika memilih sekolah anak, hal2 apa aja yg jadi pertimbangan?? TIA

*menyimak dengan seksama*

3

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

rasanya pernah ada deh thread yang mirip kayak gini, tapi barusan ngecek2 lagi belom nemu.

judulnya diganti ya.. biar lebih masuk ke bahasan yang lebih general.. dan mencakup ttg bahasan memilih sekolah yang baik.

karena intinya gini. sekolah mahal itu biasanya karena menjanjikan banyak fasilitas ini itu. tapi menurut gue pribadi, sekolah mahal tidak berarti bagus. karena seperti tag line nya TUM, tiap anak itu beda2 jadi approach kita juga ga bisa sama. dan apakah fasilitas yang dijanjikan itu benar2 harus dipunyai? kadang tidak perlu semua selama kita bisa menstimulasi anak dengan baik.

buat gue, untuk anak yang masih kecil (TK-SD), tempat belajarnya tetap di rumah. jadi kalau di rumahnya emang si anak diajarkan dengan baik oleh orang tuanya, selaen tambahan akademis di sekolah, si anak akan bisa terstimulasi dengan maksimal. karena peran orang tua masih sangat besar, even sampe SMA sih sebenarnya. tapi kalo SMA udah ada faktor si anak punya pemikiran sendiri dan ini penting di biarkan (tetap dalam pengawasan) karena yang akan membentuk jati dirinya.

jadi jangan karena anak sudah sekolah, mana bayarnya mahal, orang tua lepas tangan. jadinya ya gak akan maksimal juga. tetap orang tua mesti punya peranan penting di rumah dalam mengajarkan anak.

makanya pemilihan sekolah itu jadi kembali ke orang tua, karena sampai SD, pemilihan sekolah itu benar2 atas dasar kemauan orang tua. kalo udah SMP kan beda karena ada faktor nilai hasil ujian yang menjadi dasar anak boleh masuk ke sekolah mana.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

pertama pastinya kita harus lihat kemampuan kita secara finansial. Gak bagus juga kan maksain sekolahin anak yang kurikulum Internasional padahal mampunya di kurikulum nasional.

kedua, kurikulum yang membantu anak mengembangkan diri mereka.

ketiga, lokasi. Penting supaya anak gak kecapekan.

Sekolah mahal belum tentu lebih bagus. Terkadang sekolah mahal justru bikin anak stres karena terlalu banyak kompetisi di mata pelajaran.

Kalau anak "happy" di sekolah pasti secara kemampuan logika berpikirnya juga berkembang kok.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

5

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Yang paling penting sih menurutku kita kenal anak kita, dan tau kebutuhannya apa. Trus baru nyari sekolahnya. Browsing dulu, tanya-tanya temen dulu, info dari pihak ke 3 dulu, trus kalau ada open house ikutin aja. Tapi tetep, kami usahain ngeliat keadan belajar mengajar pada hari biasa (kalau open house sering tuh yang ditampilin yang keren-keren aja, minus tangisan, kesalahan, rewelan dsb) . Trus juga ngliat anak-anak di sana ya, happy atau nggak, dan guru-gurunya happy atau nggak.
Happy teacher happy student menurutku.
dan meski kadang agak risky (jadi ngerumpi maksudnyah hihi) coba aja tanyain orang tua murid yang udah lebih lama di situ.
Soal mahal atau nggak, emang nggak menjamin satu sekolah COCOK sama anak kita . Ujung-ujungnya emang kita yang harus mempertimbangkan dan memilih, sekolah apa yang cocok buat anak-anak kita.
Oh ya, ehem sejujurnya aku suka langsung keder liat sekolah yang mampangin kejuaran-kejuaran yang dimenangkan oleh murid-muridnya. Kind of intimidating hihihi. Sreg nya ngeliat sekolah yang memampangkan karya anak-anak (dan juga jangan sengaja dipilih yang bagus-bagusnya aja ya, maunya semua hihi). ih kayaknya naluri kompetisi gue nggak ada ini.

6

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

bahas tentang sekolah, jadi keinget cerita tetangga aku yg baru nyekolahin anaknya di sekolah trilingual berstandar internasional dengan disiplin yg tinggi. Disana anak mulai kelas 1 SD diharuskan pipis di jam tertentu saja, lewat dari jam yg ditetapkan maka gak boleh keluar ijin ke WC, kebayang dong hari2 awal sekolah berapa anak yg pipis di celana... dengan bangganya dia cerita hal ini, tapi aku malah ngerasa gak sreg..apa iya seorang anak yg harus melawan fitrahnya utk "panggilan alam" dengan alasan disiplin?kita aja orang dewasa kalo udah kebelet sulit nahan pipis, apalagi ini anak umur 6 tahun?so, tetangga saya itu mungkin merasa cocok dengan pola pendisiplinan model begini but it definitely not my style...jadi predikat mahal, disiplin, segudang prestasi, bilingual atau trilingual bukan acuan saya untuk milih sekolah untuk aimee nantinya.. yg penting dia enjoy dan bisa mengasah semua potensi dirinya.. pendidikan yg utama buat saya justru di rumah, jadi yg harus pinter kyknya kita yg jadi ortunya yaa :)

7

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

anakku kebetulan baru banget masuk sekolah. sekarang memang masih kelas toddler. namanya Andrew. :)

Pertimbangan aku kalo buat sekolah sih tentu aja kualitas pendidikannya. biasanya aku juga liat apa anak yang telah sekolah disana pinter gak. hehehe gak cuma pinter tapi juga Happy ga. makanya kalo Trial, selesainya aku ga langsung pulang. aku "nongkrong" dulu di sekolah buat ngeliat anak anaknya ketika main di playground.

aku juga tanya setelah trial apa anak akunya mau sekolah. ternyata dia malah excited waktu masuk sekolah ini, dah kalau anaknya udah excited aku nya pilih sekolah yang bikin dia nyaman itu.


Yah.. kalo kita liat sekolah International / Bilingual memang lebih mahal ya... tetapi aku rasa selama itu "worthed" sama yang kita dapet kenapa enggak.
emang sih orang dulu enggak pake begitu juga pinter. tapi sekarang seperti yang kita tahu ya.. Bahasa Inggris is a MUST! dan kalau kita gak persiapkan anak kita untuk nyusul.... bisa bisa saat besar dia ketinggalan!

yang penting sih janga terlalu di forsir. jangan sampe anak terlalu di concern ke accademic tetapi sampe ga punya waktu istirahat karna masih kecil udah sibuk sama berbagai kursus!

Biarkan anak tetap bermain. karena dari anak yang bahagia, tercipta anak yang cerdas. =)

Follow me @queensounti

8

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

pokoknya kesimpulan aku sih kalo mau menyekolahkan anak, ikut trial dan kalo anaknya seneng berarti cocok dengan sekolahnya, in the end anak kita kan yang sekolah bukan kitanya :)

9

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

kl milih sekolah buat anak yang penting sekolahnya uda punya nama baik jd mutu dan kualitasnya lbh terjamin.. terakreditasi dgn baik juga.. yg terpenting, ketika masuk sekolah anak kita nyaman dengan lingkungan sekolahnya itu..

10

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Hiii Moms..kbtulan aku baru gabung dsini,jd salam knal dan ikutan ya..hehe..
aku jg lg bingung d msalah cari2 skolah untuk anak ku..
th dpn anakku sd tp bingung mau dMana... skolah mahal ga jaminan, anakku dTK islam yg bsa dBlang mahal awalnya seh wktu daftar dblang full fasilitas ini itu,pngajarannya bgini bgitu tp udah ksininya aku ga trlalu rasain itu dan bkan cm aku aja yg ngrasain gt tnyata ibu2 yg lain pun bnyak complain hal yg sama,berdasarkan pngalaman itu aku gamau "ketipu" 2x dngan skolah berlabel mahal dan bagus makanya lg bingung mau sd dmana.. tmenku cerita sekolah Gemala Ananda kl dari ceritanya seh cukup menarik tp waktu aku browsing ga bnyak informasi yg aku dapet,mngkin moms ada yg pernah tau sekolah itu mau dunk numpang share kali-kali aja bisa jd bahan referensi..,thanx b4 moms.. ^_^

11

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Aku juga lagi mencari sekolah yang terbaik buat Mika. Skrg seh Mika udah umur 16bulan, dan mo aku masukin ke Playgroup di Kinderland. Setelah trial sana sini paling cocok disitu. Cuma untuk TK, SD dan SMP tuh kira2 dimana ya yang "bagus". Bagus dari pendidikannya, dan pengajaran guru2nya.
Yang pengen gua tanyain tuh apa sekolah national tuh masih seperti dulu? Dulu tuh kita bisa ada 16 mata pelajaran yang harus kita hafalkan!
Dari pelajaran Sejarah, PSPB, PMP, Math, IPA, IPS,English, Indonesia Ketrampilan, dsb. Banyak banget deh. Dan jujur, waktu gua SMA kelas 1 tuh gua stress ngeliat pelajaran2 di indonesia kayak gak bermutu. Sampe akhirnya gua minta pindah ke oz sama bonyok gua. :p
Begitu banyak hafalan dan begitu banyak pelajaran yang at the end gak digunakan di indonesia.
Gua ngeliat sodara gua sekolah di international, skrg dia SMP kelas 3, dari kecil tuh kayaknya dibikin supaya dia berani untuk maju, berani untuk bertanya. Duh jaman gua dulu boro2, guru nanya "Ada pertanyaan?" kalo kita nanya malah dia sebel.
Nah apakah national school masih seperti itu? Apa system pelajaran dan guru2 nya sudah seperti international school? Apa masih seperti jaman dahulu?
Coz' gua seh jujur aja, untuk sekolah international tuh belum sanggup, meliat uang pangkal, uang sekolah, dll nya. Tapi sekolah swasta di Jakarta ini juga sama amount nya. Nyokap gua seh suruh gua sekolahin di international school aja, tapi gua pengen sekolahin anak gua di national school. Biar gak terlalu high class, well, semua anak yang masuk situ kan juga orang2 yang mampu banget kan, pasti jadi ajang pamer2 gitu.
Ya tolong aja info nya moms, sapa tau bisa membantu, kalo pun harus sekolah national, sekolah mana yang bagus?

12

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Wah ini pertanyaan susah! Soalnya banyak banget kriteria untuk memilih sekolah. Kurikulum , lokasi, biaya, fasilitas dll.
Yang penting menurutku buat aja prioritas, mana yang paling penting dan mana yang gak. Nanti baru deh kita sortir, mana yang sesuai dengan kriteria kita.
Yang jelas harus kunjungan dan ketemu Kepsek sih kalau aku. Dari situ banyak banget yang bisa kita korek informasinya.

13

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Dulu anakku yg besar sih aku sekolahin di TK yg berbais agama, tapi anaknya ternyata ga nyaman di situ, mungkin juga karena jarak sekolahnya terlalu jauh dari rumah (waktu itu kami ngotot mau masukin ke the best school in town), jadi tengah jalan dia minta sekolah di rumah aja. Akhirnya kita meng Homeschoolingkan dia. Ternyata Melody lebih hepi & berkembang denga HS. Tapi ketika SD dia minta masuk public school lagi, jadi kami hunting deh sekolah yg jaraknya ga terlalu jauh dari rumah, jam belajarnya "manusiawi" dan kurikulumnya ga bikin anak stress. Pilihan jatuh pada skolah dekat rumah yang berbasis agama(lagi) tapi memenuhi kriteria yg kami mau.
Untuk anak ke 2 kami Coda, karena masih1,5th belum usia sekolah, kami memutuskan untuk memutuskan untuk ber HS lagi, nanti dilihat lagi SD nya bagaimana, kalau dia nyaman dengan HS ya lanjut kalo minta ke public school, monggo. Semua kami kembalikan ke anaknya sih, nyamannya gimana, kami cuman memfasilitasi aja :)

14

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

menurutku mutu sekolah berpengaruh ke anak, sekolah mahal resikonya teman2nya sangat manja. tergantung kepribadian anak. setelah belajar di sekolah kita harus didik di rumah juga. soalnya kalo masukin ke sekolah dengan biaya yg murah perilaku muridnya juga sangat nakal, cara bergaul anak sangat ngaruh ke sifatnya nanti.

15

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

memilih sekolah itu susah-susah gampang ya. Abis baca pengalaman dan masukan2 dari para urban mama di atas, gw jadi teringat juga lika-liku nyari sekolah buat anak2 gw. Sempat merasa dapet yang cocok ternyata ngga dan terpaksa harus pindah demi kenyamanan si anak.

pengen juga si kecil yang masih 2 tahun di HS-in kayak siscamaya, tapi masih harus nyari2 info2 dan how to-nya, nih..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Hi Moms,
imho, memang memilih sekolah itu penting untuk pembentukkan karakter anak kelak, seperti pemilihan international/ national school.
Bahkan waktu saya dulu kecil, terlihat perbedaan di antara anak2 sekolah swasta dan negeri..

Kalau untuk sekarang, tampaknya sekolah negeri juga sama mahalnyakah sama sekolah swasta? Kalau ada info boleh dishare yah.. karena katanya sekolah negeri sudah gratis, tapi ya mutu dan lingkungan sosialnya kurang begitu baik..

17

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

felicimone, berdasarkan pengalaman pribadi, sekolah negeri yang katanya bagus dan gratis justru bikin gw agak trauma. Gw sempet masukin anak gw ke SD negeri favorit deket rumah, pas dia lolos tes, bangganya minta ampun karena saingan banyak dan SD tsb adalah SD percontohan. Ternyata..dalam tiga bulan gw harus mindahin anak gw dari SD tsb karena anak gw dan bbrp teman sekelasnya mengalami hal2 yang menurut gw kampungan, spt misalnya kalo marah gurunya ngusir si murid dan nyuruh dia pindah ke sekolah lain, atau kalau ada anak yg nakal guru memaki dengan kata2 kasar. Duuuhh..nggak abis pikir waktu itu. Anak salah dan ditegur bahkan dihukum selama masih dalam batasan normal menurut gw nggak masalah, tapi kalo anak, dengan kenakalan anak2 pada umumnya (bercanda saat guru lagi ngomong misalnya) menurut gw hanya perlu diberi teguran, bukan makian yang sampe menyebutkan isi sebagian kebun binatang --duh maaf ya, masih panas aja meski pun kejadiannya udah lama--

Gw gak mau nyebut nama SDnya, takut dianggap pencemaran nama baik hehehe. Tapi buat para moms, gw saranin untuk teliti dulu sebelum masukin anak2 ke skolah apa pun, mau negeri, swasta, sdit, etc, mau katanya bagus, favorit, dll. Karena bagus buat orang lain belum tentu bagus buat anak kita..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

18

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Waaa..mama2...bener jg yaaa kl menurutku jg sekolah memang hrs dilhat dr lingungannya yaaa....krn memang anak2 cepet terpengaruh.Memang dilema....aku jg msh waswas mau milih smp utk kk nya nanti....di negri msh deg2an ama pergaulannya nanti....di swasta biaya nya lumayaaaaan.....

Adiknya jg skrg umur 23 bln blm aku skolahin....blm dpt sekolah yg aku sreg....tp aku pikir selama anaknya enjoy dirmh,diarahin,sesekali aku bw ke tmpt main anak....gpp lah....sabar dl...sampai dpt skul yg pas menurutku...buat dianya jg baik....

19

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

ZataLigouw wow g jaminan ya SD favorit ternyata Gurunya gitu...bener ya kita harus tau info sampai segitunya...diluar kefavoritannya dan fasilitas...attitude gurunya juga perlu di telusuri....

20

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Moms... saya mau tanya sekaligus berbagi.

Anak saya Alifah bulan ini 4 tahun. Sebelumnya pernah playgroup tapi enggak pernah penuh sampai 6bulan apalagi 1 thn. Saya enggak tahu alasan dia kenapa mogok sekolah karena Alifah belum bisa cerita panjang lebar. Tapi kalau yang saya tangkap sih dia nampaknya bosan. Tapi pernah suatu kali dia dateng kecepetan ke sekolah, dan tetep mau belajar akhirnya ngikut anak kelas TK A. Dan dia seneng banget enggak ada minta pulang.

Ada yang punya pengalaman anak mogok sekolah enggak ya? Apakah menurut moms Alifah bosan dengan materi playgroup? atau karena sekolahnya yang enggak menyenangkan, karena dia sudah pindah 2 sekolah. Karena tahun depan sudah masuk usia TK A, saya lagi survey sekolah..dan dia kayaknya biasa aja enggak excited spt waktu saya ajak cari sekolah balet. Apakah baiknya saya tes psikologi dulu atau pilih homeschooling aja ya? kalau enggak dimasukkin ke tk hny kursus calistung takutnya ada masalah sosialisasi..

thanks before mom

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

21

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Just sharing info mom, untuk sekolah biasanya aku akan antar anakku trial di bbrp tempat, kalo mmg ini pengalaman pertama sekolah aku akan coba TRIAL bbrp kali di sekolah yang sama selama bbrp hari berturut2.. knp? krn pengalaman anakku masuk skul itu..dia hrs beradaptasi dengan tempatnya, lalu gurunya dan teman2nya, jadi kalo trial nya cuma 1 hari kyknya kurang.. dari LOKASI juga, make sure dekat rumah dan tidak terlalu menggangu waktu tidurnya, kalo mmg kepagian, cari skul yang agak siang, krn kalo MOOD nya jelek pasti dia akan rewel dan gak mau ditinggal di skul. Cari sekolah yang KURIKULUM yang cocok, mungkin kalo untuk anak dibawah 4th aku lebih pilih yang tidak terlalu akademik, jadi masih fun..krn sambil bermain. Dan karena skul adalah tempat untuk bersosialisasi dengan teman sebaya nya, jadi lebih baik diperkenalkan sejak dini, krn kalo gak agak sulit nanti jika sudah masuk SD dan masih susah ditinggal..semoga bisa membantu ya ma..

22

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Mom, mau tanya dong, adakah yg punya info sekolah full day di sekitaran Jakarta Timur yg umum or Kristen?......

I am a mother, apotheker, and editor

23

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Berdasarkan pengalaman sendiri sih, banyakin trial di beberapa sekolah mom. Lihat cara pengajarnya menghadapi anak2, aktivitas di kelas gimana, dan lingkungannya sekitarnya.
Kalau aku karena cari preschool + daycare di sekitar Sunter jadi kebersihan sekolah, ada akses CCTV, pengajarnya yg friendly sama anak2 jadi pertimbangan juga. Setelah coba cari info sana sini sreg sama sekolah Blue Dolphin PlayNest, akhirnya berani sekolahin + daycare anakku disana di usia 2 tahun hehe. 
Terus aku sendiri sih ga nyari sekolah preschool yg akademis banyak PR. Kasian nanti bosen sekolah anaknya. Semoga membantu :)

24

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

hallo moms, 
perkenalkan saya ms jesse, kebetulan saya guru preschool di salah satu sekolah montessori jakarta selatan Twinkle stars EEC..
yang harus di perhatikan ketika memilih sekolah untuk anak adalah yang pertama program pengasuhan disekolah tersebut, apakah program yang mereka gunakan sesuai dengan learning style anak..jika dirasa sudah cocok, maka jangan sungkan untuk lgsg mendaftarkan anak anda.. metode yang paling tepat untuk anak usia dini jaman now sih belajar sambil bermain..ada banyak kok sekolah yang menggunakan sistem belajar sperti ini, contohnya sekolah montessori di tempat saya mengajar Twinkle Stars EEC. 
yang kedua adalah keamanan dan kenyamannya..hal ini perlu di perhatikan, tiddak sedikit kita lihat kasus2 kekerasan guru terhadap anak, penculikan anak oleh pengasuh atau kecelakaan di sekitar sekolah.. nah keamanan dan kenyamanan di sekolah sangat perlu di perhatikan..
yang ketiga pastinya adalah price...
tentunya hal ini menjadi kartu kunci..ada uang ada barang.. ya tidak bisa di pungkiri..untuk sekolah bagus dengan keamanan super aman, kenyamanan, program yang bagus otomatis harganya akan tinggi..standarnya sih untuk TK atau Paud jaman now yang populer pasti butuh budget yang tidak sedikit juga...
nah sekian pandangan saya dalam memilih sekolah untuk anak.....
thankyou moms....

25

Topic: Memilih Sekolah untuk Anak

Selamat sore, Mom.

Aku mau curhat sekalian nanya nih.. Anakku usia 2tahunan, suka banget bermain yang berhubungan sama kreatifitas tangan gitu. Kayak main cat air, main pasir, main air, dan lain-lain. Nah, aku sama suamiku lagi cari sekolah yang menerapkan montesori dan banyak kreatifitas anak di daerah Alam Sutera dimana yaaa?? Ada yang taukah?

Anakku ini juga suka ke mengenal angka sama huruf.. Tapi, lebih suka ke arah kretifitas tangan sih. Kalo udah di kasih kertas sama cat air atau yang motorik, terutama tangan gitu, wah seneng banget dia. Untuk calistungnya sendiri, aku sama suami ngg pernah maksain dia untuk belajar terus sebenernya. Namanya anak-anak kan kadang penasaran yaa... Tapi, ya gitu.. kalau udah ketemu cat air, kertas lipat gitu, dan lainnya wah suka lupa waktu deh.

Mohon infonya ya, Mom. Kalau ada yang punya info sekolah untuk daerah Alam Sutera. Terima kasih...