1

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

baru atu kalo ASI bs diteteskan k mata (meski g drekomend ya)
Sejak dulu kalo anak2 or kita sndiri konjunctivities ak kasih Colme (rekomend dr Pakpuhny yg d Farmasi). Cepet ilang n sembuh...jd g perlu k dokter :)

Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
exploring parenting world is an amazing thing

2

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

mama alula dan ye_lou : tetes mata cendo fenikol itu buatan RS Mata Cicendo Bandung-kah?

Waktu liburan ke rumah mertua di Bandung Maret kemarin, anakku Ilyasa (waktu itu sekitar 15 months) juga pernah kena conjunctivitis, soalnya di sana dia suka bongkar2 kardus tempat nyimpen barang2 bekas yang sudah pada berdebu, tangannya kotor trus kucek2 mata. Matanya merah, berair, dan belekan. Paling kasihan kalau bangun tidur di pagi hari, mau buka mata susah karena matanya lengket sama belek.
Tadinya aku mau bawa ke dsa biasa tapi sama mertua disuruh bawa ke RS Mata Cicendo Bandung. Ternyata lumayan banyak juga pasien balita dan batita disana. Seingatku biaya pendaftarannya delapan puluh ribu. Setelah diperiksa terus dikasih obat tetes mata 2 macam, warna bungkusnya merah dan putih. Tapi aku nggak tahu namanya karena di kemasannya tidak ada tulisan sama sekali. Dan aku juga ga sempet baca resepya karena keburu di tebus sama mertua. Tapi alhamdulillah sembuhnya cepet.

3

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Aku mo sharing pengalaman nya Mika yang dari lahir tuh belekan di mata sebelah kiri, yang kanan tuh normal. Aku tanya dsa, dibilang saluran mata nya belum sempurna. Terus pindah lagi ke dsa lain dibilang hal yang sama. Sampe 3 dsa aku tanyain, dengan jawaban yang sama dan disuruh pijet2. Terus aku baca juga disuruh kasih asi, udah dikasih asi tetep aja gak sembuh juga. Pokoknya udah desperate deh, sampe dsa ku suruh test laboratorium untuk cari antibiotik yang cocok buat mata nya Mika, supaya katanya kuman nya mati. Test lab, ternyata hasil nya cukup mengagetkan. Kebetulan mertua ku dokter, pas baca hasil nya ternyata ada pseudomonas (tulisannya kayaknya salah). :p
Katanya itu bakteri ganas. Bingung dunk, belum ke dsa neh, sama mertua di rekomen suruh ke dokter mata yang kebetulan temen nya dia. Ya udah aku kesana dianterin mertua. Dan kata dokter mata nya musti di operasi kecil, jadi dibuatin saluran, karena salurannya Mika tsb mampet dan udah mengeras jadi batu. Dan kalo tidak cepet diobatin, bisa pecah kulit nya diantara mata dan hidung. :(
Ya udah aku pasrah aja, ngeliatin Mika belekan terus kasian juga, udah 4 bulan loh, di pijet2 terus tiap hari, tetep gak ada hasil nya.
Setelah di operasi, Mika tidak pernah sama sekali belekan lagi. Lancar langsung saluran nya.
Operasi nya tuh gak pake dibius, cuma ditetesin obat mata, terus dimasukin kayak jarum tumpul gitu ke lobang air mata nya. Ditusuk sampe ke hidung, jadi dibuatin saluran gitu. Aku seh ngeliat sambil berlinangan air mata, dengerin Mika teriak2 histeris, mo pingsan rasa nya. Dokter nya udah suruh keluar, tapi aku mo tetep disitu. :(
Ya itu cuma sharing ku aja yah. Kadang2 dsa tuh cuma suruh pijet pijet dan pijet doank, tapi sebenernya dsa tuh gak tau kenapa mampet nya, apa penyebabnya. Dan pas dsa ku dikasih tau tentang hasil lab nya, dia juga bingung dapet darimana pseudomonas. (ya dsa nya bingung, apalagi mama nya... :p)

4

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Mom Joan duh kasian Mika ya, syukurlah dah baikan....ak stuju buat sll dampingi anak kt meski hati jg perih nahan sakit...biar kt makin care n empati ma anak sndiri... :)

Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
exploring parenting world is an amazing thing

5

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Joan, wah bisa begitu ya? deru juga belekan dari lahir dan dsa-nya bilang hal yang sama: saluran matanya belum sempurna. dokternya cuma nyuruh sering dibersihkan dengan kapas steril yang dibasahi air matang. jadi ya nggak gw kasih obat. nggak disuruh pijet juga. untungnya sebelum dia sebulan udah sembuh. tfs ya, ternyata masalah belekan ini pada kasus2 tertentu nggak bisa dianggap enteng juga ya.

mommyaira, air rendaman bunga teleng itu emang terkenal ya.. waktu deru belekan banyak tetangga yang ngomporin buat ngasih itu. bahkan mereka bawain ke rumah. mertua gw ikut kepengaruh pula.. tapi untung larangan gw & suami masih didenger jadi deru nggak sampe ditetesin air bunga teleng.

gw juga pernah nyoba netesi asi tapi nggak ngaruh tuh, mungkin kerena saluran matanya emang belom kebuka ya.. tapi kalau baca pengalaman mama yg lain kayanya manjur deh. nanti kalau deru sakit mata dicoba deh.

senang memilikimu lelaki kecilku

6

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

joan - ya ampun, serem banget! untung ketauan ya... duh, ampe merinding baca yang bagian "operasi"... gue pasti ikutan nangis bombay tuh.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Liha, Thalia, Rooslain: Iya untung nya ketauan, tapi kata dokter matanya tuh udah agak telat. Tuh dokter lulusan Jerman, katanya di Jerman kalo anak sampe umur 1 bulan masih belekan gitu, langsung dsa nya rekomen ke dokter mata. Disini katanya dsa nya terlalu ngegampang in. Alhasil ngobatin sendiri deh. :(
Duh mudah2an kalian tidak ngeliat anak kalian di operasi, meskipun operasi kecil itu, tapi ngeliat si Mika jerit2 dan di pegangin dokter dan 2 suster nya, kebayang gak seh, anak umur 4 bulan. Padahal udah di bedong. Mungkin gak sakit kali yah, soalnya kalo alat nya dimasukin dia nangis2, tapi begitu alat nya ditarik, si mika diem lagi. Ya tetep aja miris banget denger nya. Untung nya gua kagak pingsan on the spot.. :D

8

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Sharing aja, anakku (sekarang jalan 7 bulan), pas baru lahir juga belekan dan baru hilang pas umur 2 bulan. Cukup kuatir sekali meskipun bolak balik dokter bilang ini karena saluran air matanya terhambat jadi diminta untuk diurut2 aja di tulang hidung, nanti jga lancar.

Segala omongan orang diturutin dari ngasih ASI, dijilatin (kalo ce pa bapaknya), rajin dibersihin sampai dikasih air bunga teleng tetep ga ngaruh. Baru hilang pas dikasih obat tetes mata Garamycin ama dsa. Itu jga karena beleknya udah kelihatan jadi hijau yang dikuatirkan karena bakteri. Alhamdulillah seminggu setelah dikasih tetes mata, sembuh yang sebelah, sebelahnya lagi seminggu kemudian (total sembuh 2 minggu).

9

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Hi mamas,

Anakku raisa juga pas lahir sering banget belekan (tahi matanya banyak sampe nempel2 dan susah kebuka matanya.) kesian liatnya..
n bener kalau orang tua2 pasti nyaranin pake kemban telen yang direndam di air... aihhh... semenjak denger cerita sepupuku yang pernah pake air rendeman kembang telen pas sakit mata (katanya perihhh n sakit banget) aku ga mau anakku dipakein ituh so biarpun mertua udh nyuruh2 i still say NO.
kalau kata DSA nya rarai (raisa), cukup dipijat lembut di dekat ujung mata yg dekat hidungnya (konon katanya bener ibu2 klo salurannya masih tersumbat)
tapi walau aku pijat gt secara rajin kok ya ga ngaruh juga ya...
eh ortuku (ayahku tepatnya) malah nyuruh matanya si baby dioles (maaf) ludah basi kita yang pertama kali saat bangun tidur.. dan whoalaaa.. it's work.. hehhe... entahlah... ^ ^

10

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

pagi ini nay bangun dgn mata belekan, berair, dan agak bengkak. diliat sekilas sih ngga merah, tp blm bisa diliat jelas. soalnya masih ketutupan belek dan bengkaknya coba dibersihin pake kapas+air anget, tp agak susah juga, soalnya anaknya ngga mau. jd bersihinnya aga2 colongan.
baca2 diatas, katanya gampang nular ya mamas? cara mencegah penularannya gmn ya?

11

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Pas banget ada thread ini, Moza (10 bulan) lagi belekan, sudah dua harian ini, tapi matanya gak merah sich, sementara masih dibersih-bersihkan dengan kapas + air matang, cuma ya itu dech, bersihinnya mesti kucing-kucingan juga, mijat lembut bagian hidung dekat mata juga agak susah dilakuin, karena Moza gak suka banget bagian wajahnya dipegang-pegang :( Biasanya belekan ini berapa lama sich sembuhnya pada bayi ? Apakah panas dalam pada bayi menjadi salah satu penyebab belekan ?

•·(?'?'?)•"

12

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Akhirnya sembuh juga belekannya baby Moza, setelah lebih-kurang 8 hari, belekannya sudah gak parah, tidak diberi obat apapun, saya pijat-pijat lembut saja bagian hidung dekat mata pas lagi tidur, dan bersihkan belekannya dengan kapas yg dikasih air matang.... Mungkin berhubungan dengan sumbatan pada saluran air mata....

•·(?'?'?)•"

13

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

mau sedikit sharing niih, pengalaman awal gw hampir sama dengan mom joan, Kaio sampe umur 3 bulan mata sebelah kirinya kluar kotoran terus dan lama-kelamaan agak berbau, klo bangun pagi matanya ketutup kotoran semua, kasiiaan :(
Kaio dari lahir udah kluar air mata pas nangis, gw fikir itu normal ternyata kata ngga
udah coba browsing dan ikutin semua cara, mulai dari kasih ASI sampe tiap bangun tidur gw langsung jialtin mata Kaio (rasanya uuugghhh bgt) *sory*
akhirnya gw mutusin untuk bawa Kaio ke dokter spesialis mata anak di RS Cicendo Bandung, sampe situ sama dokternya bagian tulang idung atas deket mata dipencet kenceeng bgt sama dokternya, dan kluar smua kotorannya banyak bgt, kata dokter itu penyumbatan di saluran kotoran matanya, karena kata dokternya bayi itu klo nangis belum kluarin air mata
kotoran matanya diambil sama dokter dan dicek ke lab, karena takut ada bakteri gram namanya, tapi syukurlah ngga ada, Kaio cm dikasih antibiotik tetes sm satu lagi obat untuk netralisir merah matanya..sejak itu sampe sekarang matanya normal

Best Regard
Mmam Kaio

14

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

hi moms..
mau sharing nih...farah 8,5m ampe sekarah mata kanannya masih suka berair. dah ke dsa selalu disaranin pijet lembut dibagian hidung atas deket mata tiap hari karena dibilangnya mungkin ada sumbatan ga diresepin apa2 ntar jg ilang sendiri...
tapi kan emaknya khawatir nih...itu mata berairnya paling banyak pas farah bangun tidur aja sih cm kan kasian krn setiap ketemu ma tetangga selalu dikomen.."itu matanya kok berair"..."putri air mata nih"....
tolong dong share pengalaman mama's disini klo ada yg kasus kayak anakku..

15

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

hai mom, mau tanya nih barangkali ada yang punya pengalaman yang sama. anak sy yang kedua Brina (3m) matanya sering berair kyk orang gede yg menangis, tidak belekan dan tidak merah hanya berair saja. pernah tanya ke bidan katanya kelenjar air matanya tersumbat disuruh mijit2 saja. udah dipijit tapi kok masih berair terus ya.

Be Best for My Kid

16

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Mmam Kaio

sama banget, Rey juga sampai umur 7 bulan matanya berair terus dari lahir. Kata dokter juga karena tersumbat, disuru pijet lembut. Sampe sedih tiap dia bangun tidur matanya ga bisa dibuka sebelah, harus selalu dibersihin sama kapas dan air hangat :(

Alhamdulillah ilang sendiri jadi ga pake operasi. Pernah juga sih disaranin sama suster buat ke RS AINI. Tapi uda sembuh duluan hehe :)

woroluvpink.wordpress.com

17

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

hai moms.. anakku 11m lagi kena conjunctivitis membrane. udah hampir semingguan belom beres juga. jumat minggu lalu udah dibawa ke dsa, dikasih tarivid.. lalu tiba2 senin pagi matanya keluar darah dalam bentuk air mata gitu. langsung dibawa ke aini ketemu spesialis mata anak. di aini selaputnya diambil sama dokter, lalu dikasih obat p-pred dan yg satu lagi lupa namanya, tp sejenis pelumas.
lalu barusan.. which is 2 hari kemudian, dikabarin lagi kalo mata nya keluar darah lagi. dikit sih. tapi.... kenapa ga sembuh2 ya? aku bingung mau dibawa kemana lagi.. dan harus diapain lagi.
ada saran kah?

thankss

18

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

falfalina
duh, ikutan ngilu bacanya. Kalau kata dokter karena apa? Ada luka kah di lensa matanya? Apakah obat yang dari dokter rutin dipakaikan di matanya?

Inget kelopak mata kira yang ada benjolan merah aja aku agak-agak ngeri dan terus-terusan kepikiran. Kemarin dapat antibiotik dari dokter. tapi ya gitu deh belum dipakai, hanya dipakai sekali. Ternyata gak ilang-ilang. Akhirnya sekarang mulai komitmen buat rutin pakai obat-obatnya.

Semoga semua lekas baikan yaaa.. Sedih dengernya. Kalau merasa ada yang kurang sreg dengan satu dokter, bisa dicoba untuk cari opini dari dokter yang lain. Terkadang ada perbedaan diagnosa dan treatment.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Sakit mata / belekan / konjungtivitis / conjunctivitis

Hai moms...
Anak ku 6 bulan sakit mata juga, awalnya satu mata doang yg
merah belum ada beleknya, 1 minggu gk hilang2 saya bawa ke bidan, di kasihlah salep
Yang di oleskan ke mata, tapi 4 hati gk kunjung sembuh, mah hari
Berikutnya muncul beleknya, saya bawa ke bidan ke 2 di kasih
Obat tetes mata, 2 hari pemakaian mata anak saya mah sering di kucek
Selama pemakaian tetes mata agak mending tapi pas hari mulai
Sore masuk maghrib sibuk di kucek dan rewel samapi merah.
Samapi bingung.