1

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

Dear mamas dan papas,

Mau dunk info dan saran-sarannya tentang bedong membedong dan pemakaian gurita terhadap newborn. Kalau bedong kan dulu sempat kurang disarankan, katanya mengganggu perkembangan baby. Tapi kemarin baca Ayah Bunda 2 edisi yang lalu (kalau gak salah) ada artikel tentang membedong baby itu ternyata diperlukan dan kembali "in" bahkan di Eropa sana. Yang sudah pengalaman ada tips and trik nya ga?

Kalau pemakaian gurita sendiri ke newborn bagaimana ya? Sampai sekarang sih kalau aku baca-baca masih banyak negatifnya ya. Masalahnya my mom kok rada keukeuh ya si Baby nanti harus dipakein gurita. Plis sharing ya mamas dan papas? Maklum nih masih newbie. Sekarang baru 25 weeks buat anak pertama.. ;)

2

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

hi dadidedo

kalo saya:

1. yay untuk bedong
2. nay untuk gurita> nay lebih karena ribet... dua anak saya ngga pake gurita.

kalo bedong yay (meski pemakaiannya sebentar)... karena bedong mengurangi kolik pada baby... membuat baby hangat, nyaman, dan tidur lebih lelap. trusss... sekarang kan banyak juga bedong yang praktis :) jadi pakenya gampaaang banget.

trus kemaren baru liat buku baby gami, so cute! :)

di sini juga ada http://www.chroniclebooks.com/Chronicle/excerpt/0811847640-e0.html

http://www.kiddopotamus.com/images/p_thumb_swdl_pkbamboo.jpghttp://www.kiddopotamus.com/images/p_thumb_swdltrvl.jpghttp://www.kiddopotamus.com/images/p_thumb_luxeswad.jpg
http://www.zaralde.com/images/products_thumbs/361_1.jpg

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

Yay to both.
Aku paling jago ngeBedong bayi, karena doyan origami kali ya? hehehe... Bedong bikin warm dan cozy. Gurita dipakai pada saat lahir sampai tali puser pupus, kalo gak tau caranya sih gak disarankan. Kedua anak pakai gurita karena sama mertua dikasih ramuan-ramuan yang saya gak tau apa dan untuk apa, tapi bagus agar bisa meresap dan better than selotip perban untuk dipuser. Pokoknya jangan kekencengan.

http://farm4.static.flickr.com/3186/3027358872_35b4b43168.jpg

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

4

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

urban papa chandra,
itu arkan ya? igh! ganteng banget yaa :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

oya, nambahin aja..bedong juga bagus biar bayi ga gampang kagetan.

6

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

Dadidedo, gue sama kaya ninit...

Bedong dipake terutama kalo Icha bobo, kecuali kalo bobonya tengkurep. Dan aku pakein bedongnya kalo gak salah di umur < 3 bulan aja, yang emang pergerakannya masih sedikit bgt. Lebih dari 3 bulan bedong dipake seperlunya aja, kalo lagi rewel/kolik, dll...

Gurita ga boleh dipake sama DSAnya Icha. Dan emang baca review juga gak bagus.

OOT dikit. Si gurita ini sama nasibnya kaya baby walker dan sufor. Tidak disarankan dan kadang orangtua kita agak sedikit ngotot masalah ini. Tapi ya pinter2nya kita ngasih pengertian ke mereka ya. Kalo emang dari DSAnya ngelarang, bisa coba sekali2 ajak orangtua pas kita kontrol ke DSA, biar denger langsung penjelasannya kaya gimana.

Ninit, ada ya bedong kaya gt... lucu bgt... Praktis buat pergi2...
Kalo gue punya anak lagi (insya Allah), kayanya barang2 banyak yang perlu di-upgrade... hehehe... =)

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

7

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

gue juga sama kayak ninit. yay to bedong, nay to gurita. unfortunately, waktu naia lahir tetep dipakein gurita karena oma nya kekeuh sumekeuh harus pake gurita. tapi gue cuma bolehin sampe umur 1 bulan aja. soalnya emang pada dasarnya anak bayi ga perlu pake gurita kok.. gak bagus buat nafasnya, apalagi kalo kekencengan.

tapi kalo bedong, iya setuju ama yang laen.. bikin anak nyaman dan gak kagetan tidurnya. naia juga dibedong sampe umur 3 bulan, terakhir2 sih cuma half body doang, biar kakinya gak kemana2. dan bener2 ngasal aja, soalnya udah ga betah juga, plus kepanasan, jadi kasian.

ninittt iya lucu banget yah si baby-gami itu. tapi dulu naia pernah gue pakein swaddle (bedong) model2 ringkes gitu, tapi ternyata gagal total! soalnya si swaddle model bule itu gak terlalu ngepas ke badan kayak bedongan traditional. jadilah itu bedong bule lepas mulu. bisaaaa aja tangannya keluar, trus lepas aja gitu dari badannya. jadi ya udahlah kita balik pake bedongan traditional aja.. :D

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

ditto mba. Yay to Bedong, nay to gurita.

Bedong membuat kedua anak saya cepat tidur karena hangat dan dia nggak bisa terlalu banyak gerak. Klo gurita ribet dan gak direkomendasikan pula sama bidan waktu lahiran dulu.

*work smart and play hard*
agatogata.multiply.com
agatogata.blogspot.com

9

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

mbak Ninit ternyata lucu-lucu ya bedong jaman sekarang. Makasih link nya juga loh ya jadi ngerti tata cara pasang bedong.. Maklum masih clueless to the max.. :P

mbak dina.kusumadewi iya nih si mama suka keukeuh sumekeuh.. Aku sampai binun. Bahkan dari awal udah bilang nanti 2 minggu langsung kasih sufor ajaa.. Padahal semangatnya ASIX dr akunya. Huaaaa akunya pusiang.. Tapi ya itu sih pinter-pinternya kasih pengertian ke orang tua juga..

10

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

sama juga ama ninit dan yang lain...

aina pake bedong ampe umur sebulan.... tadinya ga gue bedong, tapi setelah dibedong, tidurnya lebih pules, dan ga kagetan. ternyata dia lebih seneng dibedong pas kecil. karena rumah kita ga pake AC, jadi bedongnya pake muslin tipiiiis biar ga kepanasan.

pas udah sebulan, dia udah ga mau lagi. tangannya pengen menggapai2, jadi kalo dibedong malah marah2.

kalo gurita, gap pernah dipake. punya sih, tapi lupa... hihihihi. lagian, dari kakek dan nenek, ga ada yang ngotot, jadilah diabaikan begitu saya... :P

ini gara2 baca post2 diatas, baru tau kalo gurita banyak yang against juga.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

Hi all.. salam kenal

Dadidedo dua-duanya dipake.. Gurita cuma dipake dua mingguan yang utama seh waktu pusernya belom lepas sekitar 4 hari kalo raniya.

Kalo bedong raniya agak lucu waktu umur 1 s/d 2 bulan dia tuh ga betah banget kalo dibedong udah pake berbagai metode bedong tetep aja tangannya bisa keluar jadi suka lepas-lepas gitu, pas udah masuk 3 bulan justru kalo ga dibedong dia suka ga nyenyak gitu bobonya jadi mpe 5 bulan kalo bobo dia seringnya dibedong :)

Kalo soal orangtua yang maksa ngasi sufor aku punya cara sendiri :), dari hamil dulu kalo ada artikel tentang ASIX di majalah ato hasil print dari internet suka aku letakin diruang keluarga gitu jadi pas mamaku lagi santai duduk2 dia bisa liat dan baca, jadi ga mesti dijelasin beliau udah tau minimal ga maksa2 lagi buat ngasi sufor.

OOT neh apa mesti bikin thread sendiri ya soal DSA dina.kusumadewi sama2 di Batam :) DSA nya icha sapa? kalo raniya sekarang sama dr. Yanti di Griya Medika ato RSOB tapi mau coba ke dr. Ester di Elizabeth

12

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

Hai Nggi ...
gw ikutan yaa...gw dulu pake bedong tapi ngga lama. Takut gara-gara baca ada bayi yang meninggal gara-gara dibedong kekencengan dan dipakein minyak telon kebanyakan, padahal mungkin niat orangtuanya baik karena takut anaknya kedinginan. Nah, abis itu gw mikir, di Jakarta yang panas ini kayanya kasian juga klo dibedongin kenceng-kenceng, jadi gw pake bedong klo Nara tidur aja, itu juga ngga kenceng. Sisanya biarin dia bebas bergerak.

Klo gurita, pake seminggu...yah namanya newbie, Nara gw pakein gurita setelah pulang dari rumah sakit. Trus pas kontrol 7 hari, DIMARAHIN sama DSAnya, hehehe...katanya gurita bahaya, bisa menghambat perkembangan paru-paru karena tertekan. Yasud, langsung disimpen aja semua guritanya...

Nggi...siap-siap 3 minggu lagi mau belanja yaa? hehe *kok gw yang ikutan excited yah*

metariza.com | mother of two |@metariza

13

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

Hihihi Metaaaa.. Iya niih 3 minggu lagi mau belanjaa.. Super Excited!! :D Sekarang masih disabar-sabarin dulu aja.. Walaupun kalau baca thread-thread di Urban Mama ini jadi super ngilerr liat barang-barang baby yang lucu-lucu ituu.. Hehehe..

14

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

hi all
ikutan nih,dari pengalamanku dengan anakku kayla, hmm klebetulan aku handle anakku sendiri tanpa ikut campur orang tua atau mertua, jadi ya aku coba browse di internet cari referensi, untuk bedong yes banget,coba mba dadidedo browsing di youtube video nya dr.harvey karp deh, the happiest baby on the block, disitu dijelasin gimana caranya calming baby *kebetulan babyku kolik jadi kalo sakit perutnya malem suka nangis histeris dan bikin panik bin stress*, dari 5 teknik dr.harvey karp yang pertama itu swaddling yahh itulah dia bedong membedong.. dan memang terbukti manjur untuk anakku, di dvd itu juga dijelasin kalo usia 1-3 bulan itu bayi masi kangen ama rahim ibunya yang sempit gitu, jadi dengan dibedong cukup memenuhi kekangenannya itu :),di videonya juga dijelasin kok cara swaddling nya...heheee coba dicek aja
untuk gurita..oh no..dari rumah sakit tempat aku melahirkan emang tidak merekomendasikan untuk pakai gurita karena mengganggu pernapasan *kata susternya di RS sihh* jadi ya daku ga pake, padahal udah beli sih krn saran2 orang gitu...

15

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

raniya_holic + dina - diskusi ttg DSAnya gue pindahin ke sini ya:

http://theurbanmama.com/forum/topic207-dokter-anak-di-batam.html

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

Hai moms , nyokap keukeuh nih beliin gurita pas sesi blanja2 kmaren, katanya juga buat nahan puser sebelum puput (lepas) biar ga bodong, kan berhubung nyokap mo pake cara lama pusernya ditutup pake logam zaman dulu gitu trus dipakein kasa trus diiket gurita. oya masalah si logam ini ada yang pake cara lain ga ya, katanya skarang udah ada yg jual tuh tutupan puser gitu ?
Mba ninit thanks ya link baby gami nya, bener2 clueless nih gimana cara ngebedong kan kayanya newborn gtu kan rapuh bgt

17

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

dinni tungguin aja tips dari kami ttg pusar ya :)

ttg gurita ini, kalo mau pake cara gue aja. dipake hanya kalo pagi. gue sendiri sebenernya menentang sekali, tapi karena nyokap kekeuh ya udah deh ikutin. tapiiii saratnya gue yang makein (jadi makenya juga asal2an aja, dan gak kenceng) trus pakenya hanya kalo pagi/siang. malem gak gue pakein.

jadi lebih kayak sarat aja. trus pas pusar nya puput, gue gak pakein lagi.

oh ttg newborn, inget2 nih sebelom lahiran.. newborn is not as fragile as you think they are!
emang sih newborn itu mungil banget, tapi gak usah kuatir.. kalo mereka bisa ada di perut kita selama 9 bulan dan bisa muter2... apalagi kalo cuma dibedong! :) santai aja yaa.. gak usah takut..

semoga ngebantu yaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

dinni, sharing aja... Icha dulu gak pake koin2an di puser... Abis puput puset emang belom terlalu masuk gt, tapi nanti lama2 masuk ke dalem... Mertua gue juga sempet tuh khawatir Icha bodong gara2 gak dikasih koin, tapi gue kekeuh gak pakein... Alhamdulillah gak bodong... =)

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

19

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

bedong kepake sampe kira2 chise 3 bulan kurang..tapi diatas 2 bulan gitu dia maunya salah satu tangan nya terutama kanan muncul gitu alias diluar jadi bedongnya juga ga terlalu rapat...klo gurita pake sebentarr banget krn lebih ke pengen ada yg nahan tuh puser hehe..karena kan kayak mau lepas tuh, jadi dipakein gurita sebentarr aja kyknya 3-4hari pertama..

20

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

mba Thalia, muslin tipis itu yg sama kayak popok segi-empat model jadul ya ? enak juga x ya pke muslin, bisa tinggal skalian dibanyakin beli popok muslin aja :D
Kmaren sempat megang bedong bahan flanel, kayaknya masih ketebelan buat cuaca panas disini (takut bayinya sumuk)... baiknya pilih bedong dari bahan apa aja ya mommies, utk daerah bercuaca panas?

21

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

rainiw - iya, aini... gue biasanya bedong pake yang popok segi empat itu yang berukuran gede. tapi gue punya 2 biji yang lebih tipis lagi, ampir transparent dan ga bisa banget dijadiin popok. berhubung aina lahirnya bulan juni (pas singapur lagi panas2nya) dan ga ber-AC pula, 2 lembar itu kepake banget, apa lagi kalo siang... kalo malem baru pake muslin yang biasa.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

22

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

Yay to bedong, Nay to gurita...

Dari RS, wkt mo pulang, suster ud pesen ke gw utk tidak kasi gurita ke baby krn menghambat pernapasan n mengganggu jantung gitu. Tp sempet ama org tua, disuruh pake, apalagi krn baby gue kentut mlulu dgn suara dahsyat, jadi utk menyenangkan org tua, gue kasi gurita klo mereka lg berkunjung, tp gue pake longgar :p cuma utk tambah anget aja tuh baby.
Utk kain bedong, gw awalnya jg sempet bete krn dikasi yg bahan flanel, ud ga nyerep air pipis (jd klo baby pipis, udah deh banjir di dlm tp kitanya ga ngeh klo dia ud pipis sampe dia nangis2), plus panasnya tuh kain (gak breathable). Trs minta temen n sodara ngubek2 dari toko bayi sampe ke pasar, semua pke bahan flanel gitu. Untung akhirnya adik gue nemuin yg bahannya ok bgt, 100% cotton, adem n tipisnya pas bgt utk angetin.. lgs sumringah gue.. belinya di itc mangdu, merek Nary, warna putih dg list warna pastel.. nyokap sampe pesen, nti anak2 kamu selanjutnya, beli yg kyk gini lg aja ya.. (Yes Mom).

Utk bedong, anak gue cuma anteng di minggu pertama, selanjutnya udh berontak dia, n tiap pagi gue nemuin tangannya udah "merdeka", pernah gw sengaja perhatiin dia tidur n gmn dia berkutat utk ngeluarin tgn nya dari bedong, lucu tp kasian, jd akhrnya gue bedong ga terlalu ketat n jg tangannya gak ikut gue bedong, cuma utk anget n nyaman aja. Yah kebedong 3 mg aj sih. Tp jdnya anak gue lebih suka kagetan, tp dgn bertambahnya usia, hilang sendiri kok kagetannya.

Trs dari dokter Aust n dari mamaku, tidak recommend pake alkohol ke puser bayi. Wkt mamaku liat aku pakein alkohol ke puser bayiku yg msh blm kering, dia sampe histeris.. katanya alkohol bisa menyebabkan iritasi yg cukup parah ke bayi, n dulu salah satu dari anaknya (entah sodaraku yg mn) pernah dipakein alkohol n jd berdarah. So, aku berhenti pke alkohol (pdhl ud nyetok sampe 3 botol), tp tiap selesai mandi, pasti aku kasi lap di puser agk lamaan biar kering n so far sih puser bayiku fine2 aja, kering n copot sendiri.

23

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

mba Thalia, popok tipisnya itu yg anyaman benangnya agak jarang2 ya ? Kyknya kmaren lihat dijual per lusin di tesco. Nti mo beli itu deh :D wah, bahan flanel tnyt panas & nggak nyerap pipis ya mba Linda ? kasian jg yah baby-nya... Ntar aku cari jg yg merk Nary/berbahan katun itu deh... thank u ya mommies :)

Oia, sy sempet lihat semacam baju+sleeping bag yg namanya grobaby; mommies, ada yg pernah pakein ini ke baby-nya ? grobaby fungsinya sama seperti bedong atau nggak ya ?
lihat harganya sih emang bikin ngelus dada :P Tapi klo fungsinya mirip bedong, boleh juga ni dicontek modelnya, hehee...

24

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

rainiw, iya betul, yang jarang2 itu benangnya. makanya agak transparan. ttg sleeping bag bayi (yang kayak di post ama ninit), dulu pernah pake, pas aina udah lebih dari sebulan. pas sebulan, dia lebih tenang kalo dibedong. pas dia ga mo dibedong lagi, kita coba pakein sleeping bag (soalnya blum berani pakein selimut). tapi, lagi2 karena ga punya AC, jd jarang dipake deh.

oh, trus seperti kata Linda, DSA gue juga ngelarang gue untuk pakein alkohol di pusar. pas di discharge dari rumah sakit, kita dikasih 20 sachet2 mirip tissue basah. kata suster dan DSAnya, bersihinnya pake itu aja: lap2 dikit disekeliling pusar, trus pusarnya ditetesin cairan dari tissue basah itu. katanya sih ga ada alkoholnya. yah, kita waktu itu nurut aja, hehehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

25

Topic: Bedong dan Gurita for Babies, yay or nay?

thalia memangnya kenapa kalau baby pakai selimut? takut muter-muter terus tersedak kah? gak recommend ya buat newborn?