1

Topic: Jepang with kids

rencana bulan depan miel 1,5th dan mama papanya mau wisata ke jepang 7hari, share destinasi kemana aja yang cocok ya?
sebenrnya dulu pernah kesana tp udh 10thn yg lalu haha pake tour murah 5 hari ke mt fuji,asakusa dan berbagai temple lainnya, tokyo disneyland. tapi kalo bawa toddler pasti bakal beda kan ya?hihihi jadi mendadak blanky
makasiii sblmnya ya..

ibu2 penyiar @987genfm & penjual kue @parishcake

2

Topic: Jepang with kids

ditta bulan maret kemaren kebetulan gue juga ke jepang sama naia (waktu itu 23bln) & papanya. sebenernya waktu itu kesana seminggu itu krn papanya ada urusan kantor. berhubung mamanya belom pernah kesana, jadilah gak mau rugi, soalnya mumpung naia belom 2thn, jadi bayarnya cuma 10% heheh..

kita sih waktu itu hanya di tokyo ya.. karena kan dari dateng sampe hari kamis itu, papanya mesti ngantor. jadi gue & naia aja bedua jalan2 di tokyo.

imo, jepang itu gak kids friendly jadi bawa stroller mesti ringan, kalo perlu cukup bawa carrier. hanya waktu kita ke harajuku dan of course, disneyland kita baru berasa kalo daerah situ sangat di cater untuk anak2. mana waktu itu masih dingin, jadi gue akhirnya pas bedua ama naia, mesti gendong2 dia deh sepanjang jalan (krn bakalan ribet kalo gue bawa stroller naek metro). kalo sama papanya baru berani bawa stroller jadi kalo ga nemu lift atau tangga jalan (which is biasanya ada sih tapi jauuhh) ya kita tinggal angkut aja, digotong turun/naik tangga hihi..

kalo lokasi tempat berkunjung sendiri, gue rada susah share banyak ya.. karena kita emang pengen enjoy kotanya (well gue sih!) jadi ya emang hanya ada di kota aja. hanya 1 day kita spend untuk di tokyo disneyland, which was raining the whole time we were there!! bete deh..

karena waktu itu kita nginep di hotel deket tokyo station, jadi gue hanya jalan2 di sekitar situ kalo papanya naia lagi ngantor. mayan gede juga buat dikelilingin. atau gak gue ke ginza. kalo malem baru deh kita bisa jalan2 sama hubby juga ke daerah2 yang agak jauhan.

pas weekend nya (setelah urusan kantor beres) kita akhirnya pindah hotel ke apartment citadines di daerah shinjuku. ini seruu banget krn aptnya gede dan lengkap pake dapur segala.

pengen deh ke jepang lagi yang agak lamaan dan bener2 bisa jalan2 sampe ke luar tokyo. nanti dirimu deh yang share2 disini yaa.. :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Jepang with kids

ditta wahab - wah, barengan dong kita! gue juga mo ke jepang dari pertengahan ampe akhir bulan september, selama 2 minggu. bawa aina, anak gue yang umur 3 taun.

rencananya, semi-backpacking... kita jalan2nya 2 kota: 3 hari pertama di Kyoto, trus naik shinkansen ke Tokyo.

di kyoto nginepnya di minsyuku (semacem bed & breakfast a la jepang). karena ga tau kids destination di kyoto, paling kita jalan2 ke park (Maruyama Koen) dan jalan2 di temple2 aja sambil nyari2 geisha, hehe.

di tokyo, udah ada list tempat2 yang mo dikunjungin khusus buat aina:
[list=*]

  • tokyo disneyland - btw, mo ke sananya tgl berapa? kalo di minggu 19-25, itu lagi ada 2 nasional holiday disono dan banyak harpitnas. jadi kalo ke disneyland pas lagi week itu (atau wiken itu), wah... rameeeeee banget. jadi kalo bisa dihindari. kalo engga. capek ngantrinya. [/*]
  • ghibli museum, karena aina ngefans berat ama totoro - mesti beli tiketnya ahead of time lho! soalnya jumlah orang yg berkunjung dibatesin. jadi ga bakal terlalu rame, tapi ya mesti reserve ahead of time. [/*]
  • kiddyland (toko mainan 4 lantai di omotesando).[/*]
  • mungkin naik kereta2 yang ada themenya. sebenernya ngincer doraemon train, tapi jauh di hokkaido euy. [/*]


    sisanya, paling kita jalan2 ke Asakusa, Daikanyama, dll dan ketemuan ama temen2 yang tinggal disana. mungkin kalo bosen, bisa jalan2 di park aja kayak:

    • Yoyogi Koen - kalo lagi wiken banyak yang nyanyi2, dancing and all...[/*]
    • Ueno - ada zoo-nya lho! dan ada pasar gelap yang jualan barang murah2 yang aneh2 (kalo demen).... hehehe. [/*]
    • Meiji Shrine - tamannya lumayan gede dan rimbun.[/*]


    ntar kalo udah balik, baru bisa kasih tips lebih banyak... hehe.

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia
  • 4

    Topic: Jepang with kids

    @slesta
    iya aku jg bbrp kali ke KL n Spore model kayak gitu,nebeng papa miel kerja,jadi kemana2 berdua aja explore, no stroller krn ribet, jadi kalo miel tidur terpaksa gendong pake sleepywrap atau balik ke hotel selonjoran haha gak kuattt. tapi krn nanti ada papanya, jadi santai deh ya bisa gantian gendong klo dia bobo. yg pasti jepang no stroller yah? ok noted!! sipp sipp nanti share deh klo udh balik
    @thalia
    tx infonya ..catet..catettt
    waaa barengan yaaaa..! aku rencana tgl 17-23sept di jepang trus mampir HK sampe 26Sept
    yiahhh gmn dong disneyland nya berarti cendol ramenya yah hikss

    ibu2 penyiar @987genfm & penjual kue @parishcake

    5

    Topic: Jepang with kids

    ditta bukan no stroller tapi better with lightweight stroller dan ya mesti cari ramp kalo masuk metro station... soalnya kalo anaknya tidur dan mesti digendong.. apalagi udah umur segitu? wuiihhh.. gempoooorrr!!! soalnya waktu itu gue sempet dari ginza ke tokyo station mesti gendong naia yang ternyata ketiduran pas gue gendong. asli gue mesti gendong sampe hotel plus barang belanjaan... sampe di hotel, badan gue basah keringetan, padhal di luar lagi dingiinnn...

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    6

    Topic: Jepang with kids

    Asik ada thread ini.
    Thalia - wih,Thalia belum pergi tp infonya udah ok gitu.Ditunggu sharing setelah pergi ya,mam! Khususnya yg Kyoto ama Ghibli museum (love totoro too!). Btw,Kyoto itu landscapenya bagus bgt ya? Dulu liat di buku2 kuliah..ngiler gitu liat landscape architecturenya.

    website : http://thebabybirds.net
    twitter/IG : @almaviva

    7

    Topic: Jepang with kids

    awwwwwwwwwwwww aku juga ngefans totoroooo T.T
    kapan ya bisa kesana hiksss

    ditta, thalia wah ada kopdar jepang donk ya? hi9

    8

    Topic: Jepang with kids

    ditta wahab - jepang ga no-stroller kok. in fact, ibu2 jepang kan banyak yang mesti jalan2 sendiri siang2, jadi justru banyak banget stroller. tapi mesti lightweight/umbrella stroller... jangan yang lebar2 dan gede2.

    IMHO, kalo buat pejalan kaki & pengguna public transportation, tokyo mirip singapur deh. dan lebih stroller friendly dari Hong Kong. banyak ramp dan trotoarnya stroller-friendly. kalo rush hour, anak mesti digendong dan stroller dilipet. tapi kalo ga rush hour, bisa duduk di stroller kalo naik train. kalo naik bis, ya mesti dilipet strollernya. gue juga bawa stroller dan ga bawa gendongan kok.

    nyanya - udah sering research ke sana, hihihi :) kyoto bagus banget!!! salah satu tempat favorit gue. kota tua gitu dengan ribuan temple di satu kota. senang banget. kalo mo baca2 travel journal gue di kyoto waktu taun '05, ada kok di avocadolite, nya...

    sukie - yuk, ikut yuuuk!
    gue disana dari tgl 13 - 25 september. beneran barengan dong, hihihi... bisa end up ketemuan disono. tgl 16 ke disneyland, tgl 18 ke ghibli.

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    9

    Topic: Jepang with kids

    thread vacations dan getaways ini paling menarik deh buat gue, hihi..
    sangat cocok di jam2 menunggu pulang kantor kayak sekarang :)

    ini baca yang mau ke jepang aja gue dah kepengen.. masuk agenda berlibur deh.. tapiii ya masuk agenda dulu, karena kalo ke jepang nabungnya kudu rada lumayan yaa..

    ya ampun, gue gak tau lho totoro itu apaan :) sampe gue google barusan, hehe..

    ditunggu ya thalia dan ditta cerita2 hasil liburan ke jepangnya.. *gak sabar* :)

    sekarang gue mau browsing liburan ke hongkong ahhh... *baca2 aja dulu lumayan, buat modal liburan ke sana yang 'belum' tau kapan* hehe..

    10

    Topic: Jepang with kids

    wahhh..liburannya ke hokkaido dong, biar bisa ketemu sama kita.
    kalau 1,5 tahun sudah asyik mungkin ya di bawa ke disney land sama disney sea....anak anak banget pokoknya. Kalau stroller malah direkomendasikan, supaya gak capek waktu mesti berjalan, tapi ya itu..stroller yang praktis. Hindari juga naik kendaraan umum pas rush hour biar gak pusing dengan kepadatannya.

    11

    Topic: Jepang with kids

    thal,
    nanti kyotonya direview yaa.. pgn kesono spring taun depan kl recovery dompet taun ini sukses, hihihi

    engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

    12

    Topic: Jepang with kids

    mimie - di hokkaido ya? duh, pengen kesana... kapan2 deh kalo ada rejeki lagi. blum pernah soalnya...

    bubuSABR + rhanie - sip :) tapi sebenernya gue di kyotonya cuma bentar banget (cuma 2 malem doang). moga2 cukup ya :)

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    13

    Topic: Jepang with kids

    thalia dan ditta, jangan lupa ke Disney Sea ya, seru abis! Dan Hokkaido emang bagus banget. Mau musim apapun tetap asik (kita waktu itu pas winter soalnya mau maen salju). Serasa lompat masuk ke dalam postcard!

    Love all, trust a few, do wrong to none. -- William Shakespeare

    14

    Topic: Jepang with kids

    ditta.wahab dah kelewatan blm ya replynya? hihihi. musim semi tahun lalu wkt aya 18 bln, kita sekeluarga ngunjungin hostfam di yokohama. disana 2 minggu. area jalan2nya dari tokyo, yokohama, kamakura & hakone. 2 minggu dah mayan cukup buat keliling2, soalnya emang direncanain nostalgila jaman SMU wkt jd AFS exchange student disana.
    must visited place menurutku sih
    CHIBA
    -Disneyland nya.. tp crowded bgt sih, bete antrinya.

    TOKYO
    - Imperial Palace, wah tamannya kereeenn.. rimbuuun... banyak sakura bermekaran dan bs foto2didepan istana hehehe. jgn lupa beli yakiimo(ubi bakar) jg yg dijual ditaman dkt istana. jalan keliling taman istana aja dah tepar.. hehehe
    - Ueno Park, tamannya kereenn.. zoonya mayan lah, bs liat panda:D kok malah liat panda ya... sama pinguin.. lucu
    - Asakusa Temple, kuil asakusa yg terkenal banget sama kaminari-mon(gerbang petir --> lebay amat terjemahanku ya). ini keren bgt buat belanja suvenir. disana rame bgt sampe empet2an. jgn lupa ngelus2 patung budha kecil dari tembaga disana ya. katanya kalo elus2 kepala anak disana, ntar anaknya bs pinter (amien.. aya yg pinter ya nak hehehe)
    - harajuku, shibuya, shinjuku, ginza... aku sih gak terlalu suka ya..:D bosen banget dgn hiruk pikuk spt itu. cuma sempet ke shinjuku krn pgn ke kabuki-cho (lokasinya ryo saeba city hunter) tp dilarang sama okaasan, katanya disana banyak yakuza hiiiihhh...
    uhmm apa lagi ya... tokyo terlalu crowded buatku, jd gak terlalu suka

    Yokohama
    yokohama ini kota pelabuhan perpaduan west & east. jd bener2 indaaaah deh. org jepang pun selalu muji yokohama sbg kota yg indah. pernah nonton rurouni kenshin, disitu ada kisah saat meiji era, pemberontakan pertama ada di yokohama. kok malah panjang ceritanya, yg penting most visited placenya di
    - Sakuragicho, Yamashita Park, dsbnya
    naik kereta dr yokohama-eki/station, dgn JR, turun di sakuragicho . nah disakuragicho ini ada taman yamashita, ada marine tower, ada china town, ada yokohama bay bridge yg klo malem indaaahh bgt, ada jg landmark tower, icon tower tertinggi sejepang, sama mall2nya yg keren2. aku suka bgt kesini. krn perpaduan laut dgn modern citynya keliatan banget:) jd ini tempat yg hrs kudu banget dikunjungi kalo ke yokohama. indaaahh apalagi kalo pas summer tuh ada hanabi aka fireworks, kereennn

    Kamakura
    kalo kamakura ini, baru seru. disana banyak ancient spot yg harus dikunjungi. soalnya dulu pusat pemerintahan kan dikyoto, trs sempat pindah ke kamakura pas jaman sapa ya.. (lupa). trs abis itu br ke edo(tokyo). makanya kota kamakura ini msh asri bgt. bener2 kota tua gitu deh.
    disini jg bs beli suvenir macem2. disepanjang jalan menuju hachimangu banyak berentet toko suvenir dan snack tradisional. cobain ha-to cookies yg friendly buat anak2, sama freshly baked senbei ya.. hehehe
    - Hachimangu Shrine, kuil hachimangu ini keren bgt. tinggiii gitu deh. trs luas jg dan gak terlalu crowded.
    - Daibutsu, disini ada patung budha yg gede bgt, dijepang ada 2 patung budha yg gede banget dikyoto sama di kamakura ini. wajib dateng kesini
    - kannon hase temple, ya another kuil di kamakura, gak wajib2 amat sih dikunjungi tp ada patung kannon disini, kannon itu kalo org kita blgnya dewi kwan im

    Hakone
    hakone ini di gunung fuji, jd dulu ceritanya kalo org2 dr kyoto mo ke edo/tokyo, hrs melewati hakone dulu. disini ada pintu penjagaan gerbang menuju edo yg bener2 ketat penjagaannya. liat ilustrasi jaman dulu buat kriminalis yg nekat lewat tanpa surat2 ijin bikin serem..
    disini ada banyak tempat penginapan yg ada hot spring waternya. wajib dikunjungi kalo pgn merasakan kehidupan org jepang asli. hehe. termasuk kamar mandi umumnya... hehehe. jd terbiasa mandi rame2 nih gara2 publich bathnya.

    tips buat mengunjungi jepang, harus cari rekan/teman yg bs bahasa jepang biar komunikasi smooth. karena disana jaraaaaang bgt yg bs bhs inggris. kalo pgn travelling sendiri ky selama aku disana, tipsnya ya hrs bs bhs jepang either cari teman yg bs bhs jpg utk nemenin kemana2. ato kalo mo gampang ya pake tour. tp aku gak terlalu suka tour krn jd restricted hrs ngikutin jadual mereka, diburu2 suruh cepet2 pula. jdnya gak nyante. skr sih jepang lbh tourist friendly drpd dulu, sudah banyak tulisan romawi dimana, termasuk peta kereta ditiap stasiun. jd ada banyak tourist information center yg disana selalu ada yg bs bhs inggris:) jd bs ditanya2in lah. have a nice vacation di jepang ya. aku aja msh pgn kesana lg, nungguin sarah rada gedean dikit.... i miss my hostfam aloooottt

    15

    Topic: Jepang with kids

    aah seru.. Jadi ngebayangin oshin-oshin dan kalender yg ada photo2 taman di jepang :)
    iih pengen deh ke sana..

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    16

    Topic: Jepang with kids

    eka wrote:
    aah seru.. Jadi ngebayangin oshin-oshin dan kalender yg ada photo2 taman di jepang :)
    iih pengen deh ke sana..

    yups mbak Eka:) wajib deh hukumnya kalo pgn liat tempat yg bersih dan bener2 uniquely oriental. gara2 kejepang jg kan jd tekdung si sarah hehehe

    17

    Topic: Jepang with kids

    ahaha..selaen mbak sarah tekdung juga si momoko yaaa ;)

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    18

    Topic: Jepang with kids

    Thalia - baru liat thread ini lg..dan langsung meluncur ke avocadolite. Asiknya ke Kyoto.
    Btw,katanya di dlm museum Ghibli itu ga boleh foto2 ya,mamas?
    Browsing2 byk jg ya yg foto di deket Totoro gede yg masuk ke semacam loket tiket itu? Lucu ih! Tempat andalan buat foto2 kali ya.Kaya Globenya US :D

    website : http://thebabybirds.net
    twitter/IG : @almaviva

    19

    Topic: Jepang with kids

    hehe Totoro ya. sekarang yang booming dikalangan anak2 jepang itu anpanman:) bkn totoro lagi. Totoro itu dah tahun awal thn 2000 katanya. tapi sptnya nice place to be visited ya. oh ya, sebagian foto2 wkt jalan2 dijepang yg sempat kushare sih di http://momonohanashi.wordpress.com. cuma wkt mo nerusin nulis jurnalnya dah gak sempet hihihi. males dot com. tp kynya jd PR buat rajin nulis, scr aku males bgt mendokumentasikan apapun. tp admission fee-nya buat ukuran museum kok mayan jg to? 1000 yen buat adult? wiww.. pdhl rata2 disana admission fee buat museum ato taman itu cuma 300-700 yen.

    20

    Topic: Jepang with kids

    nuning.purwaningsih belum klewat kokk hihihi masi brgkt tgl 17 sept
    wahhh nampaknya sama nih, nanti untungnya ternyata ada temen di yokohama yg akan nemenin kesana sini..

    ke disneyland yg padett pake fast pass gak ngaruh ya? child switch yang org tua gantian kalo mau naik rides jg terdengar ribet ya

    TOKYO
    - Imperial Palace --> mauuu ahh.. sakuranya klo musim semi doang tapi kan
    - Ueno Park--> waa mau liat panda ama pinguin!!
    - Asakusa Temple, --> hihi ini udh pernah..lucu ni kuktur bgt gitu ya, dulu beli gantungan kunci banyak bgt disini..(buat apaan lagiii..gak kepake deh dittt! haha)abis lucu2 jadi kalap..hah bodoh deh
    - harajuku, shibuya, shinjuku, ginza... cuma sempet ke shinjuku krn pgn ke kabuki-cho (lokasinya ryo saeba city hunter) ---> wah aku ngefans abis ama saeba ryo hihihihihihi... ibu2 gak tau malu pengkoleksi city hunter huehue, tp gak bisa kesini dong yaa berarti

    Yokohama

    - Sakuragicho, Yamashita Park, dsbnya
    ada marine tower, ada china town, ada yokohama bay bridge, landmark tower, icon tower tertinggi sejepang, sama mall2nya yg keren2. hanabi aka fireworks--> noted! cihuyyyy

    Hakone
    disini ada banyak tempat penginapan yg ada hot spring waternya. wajib dikunjungi kalo pgn merasakan kehidupan org jepang asli. hehe. termasuk kamar mandi umumnya... hehehe. jd terbiasa mandi rame2 nih gara2 publich bathnya. --> ini yang onsen gitu ya..wahhh pingin.. bak dorama aja mandi brendem, ama anak bisa juga ya

    wah seru ya puas kalo 2 minggu.. aku nanti cuma 8 hari..mari membuat itinerary.. hehe
    thank u ya semua.. bener2 eye opener ni threadnya
    kissus!

    ibu2 penyiar @987genfm & penjual kue @parishcake

    21

    Topic: Jepang with kids

    ditta - wah, gue masih blum berani tuh ngajak aina ke onsen. seinget gue panas banget! apa karena waktu itu gue nge-onsen pas lagi tengah2 winter ya? jadi airnya panaaas banget, takut aina ga tahan. tapi ga tau sih kalo deket2 summer gini... mungkin ga sepanas waktu itu ya...

    kalo public bath, apa boleh buat, mesti skip... kita ber-tattoo sih... takut ga boleh masuk, hu hu hu.

    jadi untuk perjalanan yang ini, ga ngonsen dulu deh.

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    22

    Topic: Jepang with kids

    ditta wahab
    mantep kalo ada tmn yang nemenin selama kesana kemari.. 8 hari dah cukup mayan lho buat keliling hehehe. soalnya efektifnya tuh 8 hr buat keliling2 sisanya aku pake buat napak tilas nostalgia SMA hehehe.. disneyland sih pake pass ticket apapun jg gak ngefek. tetep ngantri.. huhuhu... naik rides disana kalo msh batita sih kayanya gak enjoy2 amat. yg enjoy ortunya hihihi. krn emang wkt thn lalu kesana, kita gak planning ke disneyland krn tau yg enjoy pastinya cuma ortunya dan naik gantian itu gak enak, jdnya cuma ke yokohama amuzement park yg disakuragicho. dsitu aya happy, papanya jg happy bs naik roller coaster yang diving masuk kolam.. jauh lbh kecil dr versi disneyland tp at least kita puas karena gak buang2 duit jauh2 ke disneyland krn tahu disana gak mgkn bs nikmati... (aya msh 1,5 thn hiks)

    sakuranya sayangnya cuma adanya musim semi doang, klo skr sih musim gugur tp tetep mengagumkan kok. krn scenery pepohonan yang daun momiji nya berubah warna dari merah, gold, tembaga dsbnya baguuus jg kok. tossss!!! aku jg sukaaa bgt ma city hunter. hehehe. btw, aku penerjemahnya city hunter yg versi stlh kaori maki meninggal lho yang Angel Heart itu lhoo~~ hehehehe.

    betuuul yang dihakone itu onsen:D tp jgn dibayangkan akan cuma mandi sama anak aja. krn tamu lain dipenginapan jg mandi bareng kita:D pertama kali ngerasain mandi brg dgn org lain, wiiih rasanya milih gak mandi deh (Malu euy) tp lama2 kebiasaan jg hehehe.
    tp cakep bgt kalo lg pas musim semi gitu, di onsen dgn pemandangan pohon sakura diatas kita... wuihhh kereenn. klo musim gugur ky sekarang sih pemandangannya biasanya pohon momiji(maple) yg memerah gitu... itu jg cakeeepp...

    have a fun time there ya ditta.wahab ntar cerita2 ya pengalaman disana. duuh aku jg pengen kesana lagi hehehehe

    23

    Topic: Jepang with kids

    nyanya - iya nya... ternyata beneran ga boleh foto2 di dalem ghibli museumnya... sediiiiih banget, soalnya tempatnya wonderful banget. masa ada neko bus gedeeee banget lagi tiduran di lantai, di dalemnya penuh makurokurosuke (yang item2 itu lho), trus anak2 boleh masuk & naik2 diatasnya... seruuuu! buildingnya juga bagus, banyak jalan2 aneh, pintu2 kecil khusus buat anak2 dan lift tua... WCnya aja bagus (kayak dekorasi di Whisper of the Heart). sayangnya ga ada yang bisa difoto :(

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    24

    Topic: Jepang with kids

    Thalia - hiks,sedih bgt ya mam pasti ga bisa ngedokumentasiin tempat yg segitu kerennya. Gue aja ikut ngerasa sedih! Nyolong2 motret bisa ga :p Duh,itu si nekobus lucu bgt bisa dinaek2in.Makkurokurosuke itu susuwatari itu yaa.. Lucuuu *sambil ngebayangin ada di nekobus* Aih,jd pgn liat dekorasi WCnya.Btw,Aina byk beli merchandise totoro ga,mam?

    website : http://thebabybirds.net
    twitter/IG : @almaviva

    25

    Topic: Jepang with kids

    *berdoa* semoga urusan printil printil segera selesai jadi bisa gemukin dompet buat ke jepang *amien*

    learning is a never ending process
    @rhisuka