1

Topic: Buku Parenting Paling Oke

(Mencoba) menjadi orangtua yang baik – idealnya – tidak bisa lepas dari buku. Orangtua modern adalah mereka yang rajin mencari informasi yang dapat dipercaya berkenaan dengan proses tumbuh kembang anak-anak mereka. Tentunya bukan lagi mereka yang hanya berpasif diri menggantungkan kepercayaan pada sumber informasi tunggal, seperti dokter atau pihak yang lebih senior – karenanya dianggap lebih tahu atau berpengalaman.

Di zaman teknologi komunikasi yang memunculkan e-book (electronic book – buku elektronik), forum atau milis pergaulan sebagai media sharing informasi, Internet memang sumber yang seperti tiada berbatas. Tapi tidak semua orangtua – terutama ibu, yang notabene lebih sering menghabiskan waktu bersama anak ketimbang sang ayah – mempunyai akses demikian lapang ke Internet. Untuk situasi seperti ini, solusi kembali pada cara “tradisional” yang bagi sebagian orang dianggap kuno: buku.

Saya termasuk orang yang (masih) lebih senang membaca buku dibanding e-book. Bagi saya e-book yang praktis tapi terkesan "dingin" tak bisa menggantikan sensasi ketika membuka lembar demi lembar buku baru dan menghirup aromanya. Dan selama ini, misi abadi saya adalah mencari buku yang memuat semua (kalau tidak semua, ya hampir semua lah) informasi penting demi mendampingi saya dalam mendampingi proses tumbuh kembang kedua putri saya. Selama ini juga, memang banyak buku atau artikel di Internet yang menawarkan beberapa informasi yang saya butuhkan. Tapi entah karena saya yang kurang tekun mencari, atau memang karena tidak ada, saya belum menemukan buku yang benar-benar memuat semua informasi yang saya cari. Semua, dalam satu paket.

Buku ini, Your Child Year By Year (diterbitkan oleh Esensi, divisi dari Penerbit Erlangga menjadi Ensiklopedia Perkembangan Anak -- nearly flawless translation, by the way, don't you be afraid, translation nazis! It won't make you cringe, I promise) boleh jadi merupakan jawaban dari pencarian saya. Menjanjikan untuk memuat “semua yang kita butuhkan untuk menjadikan anak (dari rentang usia 3 hingga 14 tahun) sehat dan bahagia”, buku ini membagi babnya menurut masing-masing usia anak.

Ensiklopedia Perkembangan Anak dapat membimbing Anda melewati seluruh tahap perkembangan anak, mulai dari segi fisik, emosional dan kognitif. Buku ini menjelaskan apa yang terjadi pada setiap usia mulai dari 3 hingga 14 tahun. Berbagai saran praktis para ahli dan strategi yang berguna pun ada di sini demi mendampingi Anda menangani berbagai tantangan yang -- kini atau nanti -- menghadang. Dan bagi Anda yang menganggapnya penting, kata pengantar buku ini ditulis oleh Dr Tanya Byron Msc, PhD, terapis anak-anak terkenal asal Inggris yang sering ditanggap saluran TV BBC untuk acara anak-anak mereka, semisal Little Angels dan The House of Tiny Tearaways.

Tentu saja, karena bobotnya yang gemuk (namanya juga enskilopedia) -- hard, lux cover, full colour dan terdiri dari 320 halaman -- Anda tak harus membacanya sekaligus sampai habis. Cukup mencari halaman di mana usia anak Anda berada, pelajari apa yang dikatakan buku ini tentang mereka, dan bandingkan dengan kondisi real Anda. Dan bila memungkinkan, mempraktikkannya. Setelah Anda "menguasai lapangan", simpan buku tersebut untuk kembali dibuka saat si kecil bertambah usia.

Saya sendiri sudah menjajal buku ini. Untuk putri sulung saya, si enam tahun saya yang entah bagaimana saya nilai kok tiba-tiba jadi keras kepala ya, saya mendapatkan penjelasannya dari buku ini tepat setelah saya membaca paragraf pertama Bab 6-8 Tahun.

“dengan kemandirian yang semakin meningkat, anak Anda mulai memiliki pandangan-pandangan yang tidak lagi sesuai dengan pandangan Anda perihal makanan, kapan ia tidur, serta kegiatan-kegiatan apa yang digemarinya.” (102)

So that explains why suddenly she seems to dominate my TV remote. Saya langsung mengangguk-angguk. Dan mulai saat itu, saya mulai menatap si sulung saya itu dengan pandangan baru. And you should, too.

2

Topic: Buku Parenting Paling Oke

Wah kayanya wajib beli nih bukunya...mudah2an sempet dibaca...:D
Belinya dimana ya mamachita?

3

Topic: Buku Parenting Paling Oke

mamachita kalo ini maksudnya mau review atau mau kasih tau buku parenting yang oke menurut versi kamu silakan di share di THREAD INI. udah ada, dan mirip banget. jadi yang ini ditutup ya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta