1

Topic: Sex during Pregnancy

Moms...

Bingung nih, apakah ada aturan atau batasan untuk sex during pregnancy?
aku baca2 artikel katanya boleh-boleh aja selama kondisi kandungan kuat dan tidak ada nyeri di perut.
tapi beberapa temen bilang selama trimester pertama itu sama sekali gak boleh karena masih muda sekali kandungannya...

please share and advise dong....

Cheers,
Kiky

2

Topic: Sex during Pregnancy

Keke
Mungkin tergantung kondisi kehamilan juga kali ya. Dulu waktu hamil pertama, trisemester pertama gw pernah nyobain ML eh ternyata langsung nge-flek besoknya. Dan jadilah karena nge-flek terus akhirnya keguguran dan dikuret.
Di kehamilan ke dua, dengan riwayat begitu gw diwanti-wantiin banget sama DSOG gw supaya puasa berhubungan dulu di trisemester pertama. Nah pas udah itu biasa lagi deh walopun frekwensinya gak kayak wanita gak hamil. Cuma ati-ati karena sperma kadang bisa bikin kontraksi
Cuma pas menjelang melahirkan justru dianjurkan untuk sering berhubungan. Supaya sperma nya merangsang kontraksi.

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

3

Topic: Sex during Pregnancy

mungkin memang tergantung kondisi ya Mbak. Dokterku sih gak ngomong apa soal ini pas kmrn check up, akunya juga gak kepikiran nanya sih, maklum baru pertama hamil dan periksa ke dokter kandungan jadi masih binun2 gitu hehehhe

4

Topic: Sex during Pregnancy

Kayaknya emang tergantung kondisi sih ya... Alhamdulillah dulu kehamilanku ga bermasalah, jadi ya jalan teruss... ;)

Tapi seperti kata g-mom, diliat aja kalo setelah berhubungan efeknya gimana (kontraksi/flek), kalo ada efek sampingan, ya mending dihentikan sementara n konsul ke dokter.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

5

Topic: Sex during Pregnancy

Keekee,

Bener kata yang lain, tergantung kondisi ibunya. Waktu awal hamil saya sama dokter memang dilarang dulu, soalnya sempat ada flek. Tapi setelah dua bulan tanya ke dokter lagi sudah boleh. Kalau setelah berhubungan keluar flek, konsultasi ke dokter lagi. Untungnya tidak keluar flek lagi, jadi dokter mengatakan aman-aman saja. Sementara teman saya ada yang dari awal hamil sampai mau melahirkan ML tidak pernah ada keluhan apa-apa. Jadi kalau bingung lebih baik tanya dokter aja dulu Kee...

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

6

Topic: Sex during Pregnancy

Moms,

waktu awal kehamilan *sekarang 7 minggu* sih aku sempet ada nyeri perut bawah kyk mau haid gitu, makanya kirain mau haid ternyata hamil :D *happy* tapi sekarang gak lagi. iya deh ntar daku tanya ke Dokter pas kontrol berikut. makaci ya Moms :)

7

Topic: Sex during Pregnancy

keekee, bener kata para moms di atas: tergantung kondisi kehamilan. juga kenyamanan si ibu hamil (dan juga pasangannya) ketika berhubungan.

suami saya ketika periksa kehamilan di bulan pertama langsung menanyakan soal ini ke dokter. karena kandungan saya sehat dan tidak bermasalah, dokter bilang masih boleh namun frekuensinya harus dikurangi. misalnya yang tadinya setiap hari jadi tiga hari sekali. sebenarnya dia tidak spesifik mengatakan boleh sesering apa, dia cuma mengatakan silahkan melakukan selama saya merasa nyaman.

saya mengatakan tergantung kenyamanan istri dan suami karena meskipun relatif tidak bermasalah dan saya masih bisa menikmati hubungan tersebut, namun ternyata suami saya yang tidak nyaman karena takut saya atau bayinya kenapa-napa. jadi ya frekuensi hubungan seksual tetap tidak bisa berjalan sesering sebelumnya.

o iya, ada teman saya yang dilarang berhubungan oleh dokter selama trimester pertama karena kandungannya berisiko tinggi (diperkirakan kembar dan dia diabetes). memang beda-beda ya dan yang terbaik memang menanyakannya langsung ke dokter.

senang memilikimu lelaki kecilku

8

Topic: Sex during Pregnancy

waktu baru awal hamil banget periksa ke dokter pertama kali (waktu lagi liburan di bdg) emang dilarang tuh berhubungan, katanya sperma berbahaya buat janinnya karena janin belum kuat...tapi waktu pindah dokter (di jkt karena emang kerja di jkt), dokter yg kedua ini sama sekali ga nyinggung apa2 soal berhubungan (emang ga nanya juga sih)...

kalo dari saya sih cukup cuek karena merasa nyaman2 aja dan ga ada masalah apa2...malah kadang suami yang suka jadi takut2...jadi selama hamil ya tetap berhubungan mau itu trimester pertama, kedua, atau ketiga tapi frekuensi aja yang berkurang...eh malah pas trimester kedua absen gara2 suami lagi di offshore (padahal kan itu masa kehamilan yang lagi sehat2nya ya...*malah curhat*)...

jadi intinya sih semuanya tergantung kondisi dan kenyamanan si ibu aja...

there's no place like home...

9

Topic: Sex during Pregnancy

Umm klo dirikuw jg sih karena pas trimester pertama flek ya selama trimester pertama gak sm skali. Trus trimester kedua flek lg jg libur sampe fleknya ilang dan plus minus 3hari. Trus trimester ktiga malah jarang soalnya ud ga nyaman. Tp ktny sex dkt2 duedate bisa ngejumpstart labor. Aku nyobain pas 39wk gt trus entah kbetulan ntah gmn bsknya show tp blm kontraksi :D. Trus nahan aja trus di bukaan 2 dan sblm dicoba lg membuktikan teori itu aku nyobain jln2 dan sukses! Hahaha. Tp intinya sih bener kok slama ibu bayi sehat ga flek gada kelainan apapun aman2 aja...

Life is a never ending school

10

Topic: Sex during Pregnancy

Wah ini mengingatkan saya pada pertama kali istri saya hamil. Pada bulan pertama kehamilan dokter bilang: "Pak, sampai buland depan jangan campur dulu ya, supaya menghindari kontraksi"

Dengan lugu (lucu belagu) saya bertanya: "Campur dok? Apa yang jangan dicampur? Makanan istri atau apa?"

Eh si dokter malak ketawa, saya dan istri malah bingung berdua. Setelah di mobil kita berdua baru ketawa. Oooo, itu toh maksudnya campur. Telmi banget dah.

Sex during pregnancy tergantung dari keadaan janin saja. Ada saatnya dia sensitif seperti 3 bulan pertama dan pada bulan ke-7. But seriously, my wife said that sex during pregnancy is the best experience ever, and I have to agree. Jadi bagi yang punya suami kerja off shore atau beda kota/negara, suruh pulang deh, they won't regret it. :-)

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

11

Topic: Sex during Pregnancy

urban papa, LOL! iya tuh, dokter kenapa sih pake istilah campur-campur?! LOL. gue sih udah ngerti, karena udah pernah dikasih tau temen gue, sementara suami gue ga paham gitu.. hihi.. ada cerita dikit, tapi agak OOT nih. jadi waktu itu si dokter bilang, "campur-campur aja.." untuk merangsang si bayi cepet lahir. gue sih langsung ngangguk2 paham, sementara si suami nanya, "campur-campur apanya, Dok? Olahraganya ya? Antara senam, yoga, jogging dan renang?" LOL.

Anyway, soal sex during pregnancy. walaupun kehamilan gue baik-baik aja, tapi selama hamil 9 bulan itu gue sama sekali ga menikmati sex. ada yang bilang penyebabnya adalah karena ga nyaman dengan perubahan bentuk badan. tapi gue rasa sih bukan itu. gue sih lebih parno kalau campur-campur bakalan menyakiti bayinya. hueehe.. padahal sebenernya no worries ya.. secara justru sex during pregnancy itu bagus ya..

12

Topic: Sex during Pregnancy

urban papa,
LOL... ketawanya pas udah di mobil :) kocak! hahaha... tapi sama, gw juga telmi sih pas baca baru ngerti.

angki,
bwhahahaha... campur2 olah raga-nya, *ngakak abisss*.

bener sih intinya selama kandungan sehat dan suami istri nyaman, ngga apa-apa kok.

btw, keekee... waaa selamat yaaa hamil :) ikut senaaang...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

13

Topic: Sex during Pregnancy

Angki, serunya ya nyari posisi yang pas itu, hahaha (kok jadi jorok gini sih??!?)

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

14

Topic: Sex during Pregnancy

urban papa, tetep aja kalau gue sih posisi apa pun kok ga enak ya? hahahahaha.. HUSH.

15

Topic: Sex during Pregnancy

Wah ada topik ini.. Dulu waktu awal2 hamil ini langsung jadi pertanyaan utama suami aku. :lol: . Karena kandungan ku sehat dan gak pernah punya riwayat flek samsek (Alhamdulillah). Ya kata dokter go for it!!. Sampai trimester 2 lewat juga pesannya masih go for it!. SAmpai trimester 3 pun ga ada pantangan samsek sama dokternya. Mungkin karena kandungan dinilai sehat dan kuat kali ya. (Alhamdulillah). Pesannya sih cuman satu, gaya/posisinya yang wajar-wajar aja, jangan gaya ala Pamela Anderson.. :lol:
Tapi jujur yah, berdasarkan pengalaman pribadi, sex during pregnancy itu paling enaknya pas bulan ke 3-4 gitu. Somehow nikmatnya poll banget. Selain dari sisi cewek juga cairan lubrikasinya lebih loncer dibanding biasanya + hormon yang bikin horny setiap saat + perut juga belum buncit dan besar, jadi bertul-betul enjoy.. :P Tapi boong banget ga worried, abis berhubungan pasti langsung cek ada flek apa gak. Karena kayanya so far so good lama-lama tambeng juga.. :P
Pas masuk trimester 3 mulai deh agak-agak menantang, selain perut juga buncitnya sudah kayak Winnie The Pooh, dan daerah pelvic pun sudah mulai senut-senut asoy (krn pelunakan tulang daerah situ untuk persiapan kelahiran). Jadi ya gak senikmat trimester 1 dan 2 deh... :P

16

Topic: Sex during Pregnancy

saya baru tau kalau saya hamil, itu kandungan udah 5 minggu,, dan di inget,,, selama 5 minggu terakhir (pas kita lagi second honeymoon),,, kayak nya sering banget tuh.
tapi pas tau hamil, di tambah awal2 kehamilan sya pendarahan terus, akhirnya dokter menyaran kan untuk di stop dulu sampai kandungan kuat,,, akhinya ya di stop sampe semester awal.
pas dokter bilang "oke", baru deh mulai lagi. tapi pas masuk semester 3, saya malah nggak bisa menikmatin, kayak nya sakit banget, ngilu, di tambah perut makin besar yang kayak nya berat banget,,,

tapi intinya sih kalo kandungan baik-baik aja dan dokter bilang oke, dan kita sendiri bilang mau, ya boleh-boleh aja...

kalo kata suami saya,, "biar si dede di ajak maen ayunan" heheheheh

~ Anthie Bubun nYa Aurel~

~Anthie Bubun nya Aurel~ II @aurel_olel
She's not a baby anymore,,, my lil rainbow already a toddler

www.keluarga-arvianto.com

17

Topic: Sex during Pregnancy

anthie arvianto wrote:
kalo kata suami saya,, "biar si dede di ajak maen ayunan" heheheheh


Istri gue kalo kepengen bilangnya: "Adek gak ditengokin mas?"
Hahaha.. LOL

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

18

Topic: Sex during Pregnancy

Urban Papa wrote:
Istri gue kalo kepengen bilangnya: "Adek gak ditengokin mas?"
Hahaha.. LOL


mirip nih...
suami saya sih bilangnya: 'kangen kakak nih...udah lama ga ditengokin...'
hehehe...

there's no place like home...

19

Topic: Sex during Pregnancy

hihihihi *ngakak baca postingan2 diatas*

barusan aku baca di seri AyahBunda "9 Bulan yang menakjubkan" katanya Sperma itu bisa memicu kontraksi sehingga disarankan pakai "pengaman atau "Diluar" *haiyaah malu kali daku ngomongnya*

@Teh Ninit: tengkiuuu teh :D

20

Topic: Sex during Pregnancy

keekee

emang bener sperma memicu kontraksi...

tapi setau gw, kalo udah deket2 waktunya melahirkan malahan bagus tuh sering2 'campur'
krn sperma + orgasme bisa 'mematangkan' janin
(CMIIW)

yah misalnya pas 8 bulan gt...
gw sendiri sih ok2 aja tuh...
*hehehe... maluuuu (tp mau)*

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

21

Topic: Sex during Pregnancy

my husband shud read wat you guys wrootee.. coz do'i tu worri an amat deh about that particular activity,, padahal slama calon emaknya gpp, ya gpp.. frekuensi jd jauh nurun nih..heueue

like any other mom, miss her child all the time

22

Topic: Sex during Pregnancy

arisona silahkan dong kalo gitu ajak suami ikutan join di forum ini... :) kan ada section bahasan untuk para urban papas tuh.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Sex during Pregnancy

Kl saya dulu malah menghindari berhubungan pas lg hamil.. Selain kondisi badan yg selalu kecapekan, rasa kepengen jg udah hampir gak ada..

Masih dilakukan sih sekali dua kali pas kehamilan dibawah 7blnan, abis itu kynya lgsg stop deh (lupa).. Bukan gara2 worried ama babynya sih, cmn krn babynya udah mulai turun jadi tulang2 dibawah sono itu udah sakit2 aduhai.. Untung suami ngerti bgt, walo abis lahiran udah ditanyain mulu kapan bolehnya, hehehe...

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

24

Topic: Sex during Pregnancy

Hiyaaa..kocak2 nih baca thread ini.Kalo saya alhamdulillah lancar2 aja berhubungan dgn suami karna ga ada masalah ama kehamilan saya..dokter pun ga ngelarang. Sedikit OOT nih..karna semenjak hamil rambut saya kering bgt..yang membuat jadwal keramas ga menentu.Jd saya dan suami jadwal berhubungannya harus pas ama jadwal keramas saya tuh. Jd yg saya keluhin selama hamil selama suami 'pengen' ya rambut yg kering,bukan mood atau nyeri di pinggul. Biasanya kalo nolak saya bilang "aku udah keramas kemaren,lusa aja ya" Untung suami ngerti. Yg pasti emang posisinya terbatas sih ya..jd kayanya kurang gimanaaa gitu..hehehe

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

25

Topic: Sex during Pregnancy

nyanya wrote:
..... Jd saya dan suami jadwal berhubungannya harus pas ama jadwal keramas saya tuh....


hahahahaha... kalo pas cocok jadwalnya lagi ngga pengen gimana dong, hihihihi...

kalo aku dulu juga sempet ada flek gitu di sebulan pertama, jadi dsog juga nyaranin buat puasa dulu. setelah diijinin sama dokter, eh, suamiku yg justru ogah karena takut dan kasian sama aku. aku-nya sendiri ya emang males juga sih. beda banget sama pengalaman mamas lainnya yg bilang jadi sering horny dan bisa lebih enjoy waktu hamil. aku malah ngga samsek.

nah pas menjelang hari-H nih, pas aku ngga kontraksi2 juga, sama kaya UrbanPapa, dokterku bilang, "udah ditengokin belom dedeknya?"
kita berdua yg bingung gitu. "maksudnya dok?" eh si dokter malah bilang gini, "ahh.. pura2 ngga ngerti nih..."

lha?

akhirnya diterangin beneran sama dokternya. trus kita yg masih ngga yakin gitu, "beneran nih boleh, dok?" wakakakakak.

Kyra & Zahra, my lovely princesses..
Twitter: @mamaDedev