1

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

suwandiahmad wrote:
... Sebab dalam beberapa kasus, masih saja ada orang naik mobil mewah seenaknya membuang sampah berupa tisu, puntung rokok, bungkus permen, gelas plastik, atau kantong plastik ke jalan.


hikss ini juga yg suka bikin miris aq. Sampe aq n suami sering bilang "don't judge a driver by its car", karena ternyata baik pengemudi maupun penumpangnya tidak berperilaku sebagus mobilnya.

Terlepas dr itu smua, tq y bwt urban papa yg dah bikin thread ini. Jd bahan renungan bwt saya pribadi n keluarga n motivasi utk mulai misahin sampah *ketauan g pernah :P * juga trus ngelakuin 'reduce n reuse'

just found a new sanctuary ^_^

2

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Dari rumah untuk bumi...
Asal konsekuen memberi pelajaran anak anak kita untuk membuang sampah tidak sembarangan bisa berhasil kok. Gak apa kadang handbag kita pulang kerumah ada isi bungkus biskuitnya...lha kalau sepanjang jalan nda nemu tempat smpah ya dibuangnya dirumah kan?

hari ini adalah hari baik

3

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Satu lagi kebiasaan warga yg bikin nyesek:membuang sampah plastik disungai...gak pernah prihatin entah dibagian mana warga hilir sungai ada yang kebanjiran sampah. Pr kita para ibu..

hari ini adalah hari baik

4

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Moms,
Tantangan terberat soal sampah dan keluarga ada dua. Pertama, memberi contoh. Dan kedua, membiasakan anak bergaya hidup hijau.

Ada kisah menarik soal ini yang bisa kita share ga? Yuk...

5

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Melanjutkan psoting saya mengenai sampah di Jakarta di http://theurbanmama.com/forum/topic1100-greenlifestyle-sampah-plastik-kita-setara-borobudur.html, saya akan posting artikel berikutnya. Masih berkisar mengenai sampah. Khsusunya sampah plastik.


Volume besar sampah di Jakarta sebagian berupa sampah plastik. Sampah plastik ini merupakan bekas alat keperluan kantor sampai rumahtangga. Sampah plastik ini berupa bekas pembungkus makanan dan minuman kemasan. Sampah plastik dari rumah tangga paling sering berupa plastik bekas kantong berbelanja sekali pakai. Menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk tempat belanjaan sekilas memang praktis, tapi itu bisa menjadi awal dari bencana lingkungan.

Selain membuat buruk pemandangan, sampah plastik yang dibuang sembarangan juga dapat memperburuk kualitas lingkungan. Karena sifatnya yang tak mudah hancur, sampah plastik yang tertimbun sembarangan akan menjadi sarang penyakit, sarang nyamuk, sarang lalat.

Beberapa saat lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan penelitian tentang bahaya plastik terhadap kesehatan. Hasilnya menyebutkan ada banyak jenis kemasan plastik berbahaya beredar di pasaran.

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab, BPOM pun memperingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan kemasan plastik untuk makanan. Beberapa jenis kemasan plastik berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Itu di antaranya termasuk kantong plastik kresek serta kemasan plastik. Benda ini berbahan dasar polistiren dan polivinil klorida (PVC) yang umumnya hanya sekali pakai, setelah itu dibuang, dan tak lama nasibnya berakhir di keranjang sampah.

Hasil penelitian BPOM mengungkap kalau kantung plastik kresek banyak dibuat dari plastik bekas yang riwayat penggunaannya tak jelas. Ia diproduksi melalui proses daur ulang bahan-bahan plastik bekas, sehingga tak menjamin kebersihan. Ia bisa saja itu berasal dari bekas wadah limbah berbahaya seperti pestisida dan logam berat, limbah rumah sakit atau kotoran. Yang lebih menakutkan proses daur ulang plastik kresek ini kerap menggunakan bahan kimia.

Kemasan plastik berbahan PVC pun tak sepenuhnya aman. Monomer PVC dapat terlepas ke dalam makanan bila berinteraksi dengan bahan yang berminyak atau berlemak atau mengandung alkohol, terlebih dalam keadaan panas.

Produksi plastik PVC melibatkan bahan penstabil berupa timbal (Pb), kadmium (Cd), dan timah putih (Sn) untuk mencegah kerusakan. Ada juga serta senyawa kimiawi ester ptalat dan ester adipat yang membuat Plastik lentur. Bahan-bahan tambahan itu bisa terlepas dan bercampur dengan makanan sehingga berisiko membahayakan kesehatan. Timbal adalah racun yang merusak ginjal, cadmium dapat menjadi racun bagi ginjal dan memicu kanker, senyawa ester ptalat dapat mengganggu sistem endokrin.

Sementara di lapangan terdapat fakta meningkatnya volume sampah plastik di Jakarta. Penelitian oleh Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI) menunjukkan bahwa komposisi jenis sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Bantar Gebang (Bekasi) terdiri dari sampah organik 67%, plastik 17%, kertas 6%, logam 0,4%, karet 1,5%, tekstil 7%, kaca 0,9%, dan lain-lain 0,5%.

Dibanding data penelitian terakhir tahun 2005 lalu, komposisi sampah pada 2010 kali ini naik sekitar 2%. Dan tren peningkatan yang signifikan justru ada pada jenis sampah plastik. Pada riset 2005, sampah plastik di TPST Bantar Gebang hanya sebesar 13,3%, tapi kini telah mencapai 17 persen. Kurang lebih 1.250 ton sampah yang masuk ke TPST Bantar Gebang setiap hari adalah plastik. Ini merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu lama untuk terurai, yaitu sekitar 10-12 tahun.

Seperti telah dipaparkan di atas, sampah plastik sebagian besar berasal dari keluarga. Dan bila dilacak lebih jauh, sampah plastik keluarga ini berasal dari bekas kantong plastik belanjaan sekali pakai. Ini berarti, sudah saatnya bagi kita untuk meningkatkan peran dalam mengerem volume sampah plastik.

Caranya? Dengan mengurangi penggunaan kantong plastik sebagai tempat belanjaan yang sekali pakai. (*)

6

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Setuju!!!
Aku juga kemana-mana bawa tas belanja dari kain yang bisa dilipet2, atau sekalian cemplungin aja ke bacpack.. Trus harus cerewet (kadang ngotot) ama petugas supermarket/ penjaga warung/toko/tukang sayur kalau saya nggak minta kantong plastik... eh kadang mereka maksa, malu ama yg lain katanya.. trus mulai deh saya kasih tahu.. kalau plastik itu bla.. bla..bla... hehe

Mother of Universe

7

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

setujuuu... tapi masih susah banget ya... trus bener tuh apa kata koeliz, kadang yang ngotot pengen kasih plastik justru si pedagang...

8

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Ayoo..

kalo belanja ke pasar, gw jadi ngikutin stylenya alm.nyokap dan MIL gw: BYOB (bring your own bag). Itu lho, tas anyaman dari daun pandan itu. Kuat, murah dan lucu!

Kalo blanja di mall, bawa tas kain ga bakal muat.. Dan jadi gak praktis kalo harus nenteng tas pandan itu.. (ehgk..tengsin dan gak matching sama baju hihihi..) jadinya, suka minta dikardusin aja blanjaannya, jadi lebih teratur belanjaannya. Tapi beberapa supermarket di cashiernya itu gak nyiapin kardus bekas, jadinya lama deh balik dulu ke gudang buat nyari kardus dan jadi gak enak sama yg ngantri di belakang kita.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

yeaayy!!
dr jaman SMA dlu sll pny tote bag andalan buat naro blanjaan..klo lg haid,pembalut pun saya buang pke kertas bekas..bkn tas plastik :)
kalopun trpaksa make tas plastik,biasanya habis gtu dipake buat wadah sampah..
prnh mpe keabisan tas plastik dirumah saya,dan tempat sampah pun dicuci tiap hari ma PRT..

10

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

sy selalu belanja sayur mayur di warung deket rumah pake tas pandan itu (eh namanya tas pandan po?) awal2 penjualnya juga kagok tapi sy bilang,lama2 dia hafal kalo sy yg dateng buat belanja langsung dia cemplungin di tas belanjaan itu.

kalo belanja di supermarket masih ngandelin kresek dari tokonya..soalnya ga punya tas yg oke buat ditenteng*mbayangin belanja di carefour sambil nenteng tas pandan,oh tidaakk..*tar yg ada malah temen yg belanja bareng pura2 ga kenal karena malu,huhu..padahal juga pengennya ngurangin pemakaian kresek.ada yg punya ide ga gimana baiknya?

-membesarkan anak dan memberi mereka penghidupan adalah
salah satu cara kita berterima kasih pada
Dia,yg telah memberi kita kehidupan-

http://www.inimoenmoen.blogspot.com

11

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Digabung di sini aja ya...

suwandiahmad wrote:
Melanjutkan dua posting sebelumnya mengenai sampah, saya kembali posting sedikit...


Arnold Schwarzenegger pertengahan 2010 lalu menang perang. Tapi tunggu. Mantan bintang laga era 1990-an ini tak terlibat duel dalam film. Arnold yang pada waktu muda pernah jadi binaragawan dan kini Gubernur Negara Bagian California ini baru saja menang dalam perang melawan kantong plastik untuk belanjaan (groceries) baik di toko ataupun supermarket.
Sidang DPR setempat memutuskan untuk menyetujui undang-undang yang melarang penggunaan kantong plastik, atau popular dengan sebutan “tas kresek” untuk tempat belanjaan di toko maupun supermarket. Larangan ini berlaku di seluruh Negara Bagian California, termasuk San Francisco,dan yang pertama di seluruh Amerika Serikat. Dan hampir bersamaan, larangan serupa juga berlaku di sejumlah negara, seperti Singapura dan China. Bahkan Bangladesh, negara yang sering dilihat sebelah mata, juga telah mengeluarkan undang-undang pelarangan penggunaan tas kresek untuk tempat belanjaan.
Di kalangan masyarakat negara-negara tersebut kini beredar seruan yang cukup popular di masyarakat, yakni gerakan “BOYB”, kependekan dari “bring your own bag”. Maksudnya, konsumen dianjurkan membawa sendiri kantong belanjaannya sejak dari rumah, dan tak lagi menggunakan tas kresek pemberian kasir di toko atau supermarket. Selain bermanfaat bagi lingkungan, gerakan ini juga mendatangkan untung bagi pengusaha toko serta supermarket karena mereka tak lagi memikirkan ongkos untuk memproduksi tas kresek
Rupanya, masyarakat dan pemerintah di negara-negara tersebut sudah memiliki kesadaran tinggi akan dampak negatif tas kresek untuk tempat groceries. Pertama, volume sampah dari tas kresek sudah begitu besar. Kedua, tas kresek yang terbuat dari plastik juga memiliki dampak buruk terhadap kualitas makanan yang dibungkus di dalamnya.
Sisi negatif plastik terhadap kualitas lingkungan dan makanan sudah kita bahas dalam artikel sebelum ini. Di balik kemudahan dan pengunaannya yang sekilas memang praktis, plastik juga memiliki dampak yang merugikan lingkungan.
Ketika sudah menjadi sampah, plastik sulit hancur. Pada saat yang sama, sampah plastik terus bertambah, baik dalam soal volume maupun trennya. Begitu banyak sampah plastik tak hanya membuat lingkungan tak asri, melainkan juga menjadi sarang penyakit dan menyumbat saluran air yang pada gilirannya memicu banjir di jalanan kota-kota besar.
Dampak merugikan plastik terhadap makanan juga sudah kita bahas. Plastik jenis Styrofoam, umpamanya, berpeluang menebarkan zat-zat beracun yang dikandungnya ke dalam makanan atau minuman panas yang ada di dalamnya.
Dan sebagian besar sampah plastik berasala dari rumahtangga, termasuk tas kresek. Itulah mengapa pemerintah Negara Bagian California dan beberapa negara lain memutuskan untuk mengurangi volume sampah plastik, dengan cara melarang penggunaan tas kresek untuk tempat belanjaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa di Amerika Serikat terdapat 70 juta tas kresek tiap tahun, yang segera menjadi sampah begitu tak lagi dipakai.
Ini ternyata bukan sekadar demi mengurangi sampah plastik, melainkan juga karena penggunaan tak plastik memang mengundang resiko bagi kesehatan manusia.
Plastic wrap yang di supermarket sering untuk menutup daging segar atau buah segar yang sudah dikupas, misalnya, mengakibatkan turunnya kualitas daging atau buah yang ada di dalamnya. Sampai-sampai ada anjuran, agar kita mengiris permukaan daging atau buah yang menempel pada plastic wrap.
Masyarakat California, China, Singapura, bahkan Bangladesh sudah sampai pada kesadaran untuk berhenti menggunakan tas kresek untuk tempat groceries. Sebagai masyarakat yang paham akan pentingnya nulai kesehatan masyarakat dan kesehatan keluarga, kapan kita akan mengikuti langkah positif mereka?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Moms and dads, aku punya teman yang membuat usaha bernama Greeneration Indonesia, dia membuat tas yang reusable dan dapat dilipat jadi gantungan kunci, namanya Bagoes kalo gak salah. Nanti aku cariin info lagi. Setahuku sih dia sudah kerjasama sama sebuah mini market gitu untuk menjual produknya.

Mungkin jadi alternatif bagi yang ingin bawa tas untuk belanja tapi gakmau terlalu kelihatan.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

13

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

dear urban papa, berhubung link yang dimaksud adalah tempat berjualan, sesuai dengan netiquette forum ini, kami edit yaa.. karena link tidak diperbolehkan (apalagi link ke online shop) anywhere in this forum kecuali di area mama's mall.

harusnya kalo google info di atas bisa dicari kan? makasihhh..

-mods

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

14

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Setuju banget buat go green! Gue juga suka bawa kantong blanja sendiri walopun ngga semua grocery bisa masuk paling ngga udah 'act' ngurangin pemakaian kantong plastik kan ;)

Eka - I feel you, pernah niat pake kardus gitu yang ada bikin lama antrian, jadi sekarang balik lagi ke kantong blanja lipet gitu kayak envirosax.

Urban papa - keren idenya si baGoes ini ya, sayang produknya ga bisa didapet online.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

15

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Info kantong belanja (shopping bag) dari kain : Namanya Me Bag. Ada facebook pagenya (mebag indonesia, kalo ga salah, bisa di browse yah). Aku beli waktu ada green festival di parkir timur senayan tahun ini. Agak mahal, harganya mulai dari 40rb. Bahan macem2, ada yg bisa dilipet ada yg bisa jadi bunga jg.. cuma sayang, jahitannya kurang kuat.. karena sering kupake belanja grocery yg berat2, jahitannya mulai lepas dikit2... Jadi kepikiran untuk bikin sendiri aja dari kain/baju bekas...

Mother of Universe

16

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

memang kadang2 ada tempat belanja yg harus pake plastik dari dia. triknya bisa aja kok ga apa2 pake plastik yg disediakan tapi pembelian selanjutnya, mungkin dari rumah kita bisa bawa lagi plastik toko tsb. jadi bisa dipakai lagi. ya kan? ;)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

aku kalo belanja or ke supermarket selalu bawa tas kain+bbrp plastik buat nempatin buah/sayur yg buat ditimbang itu..udah dipake gt pun tetep tu plastik masih disimpen. jd sbnrnya buat aku pun kantong plastik itu ga 'sekali pakai' :p

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

18

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Iya nih, lagi berusaha banget nerapin yg 1 ini. Berusaha kerasss bengeeet.. soalnya rada susah. Pertama suka lupa, padahal rajin belinya si kantong2 cantik itu. Sementara ini, kl belanja bulanan di supermarket yg nawarin kita mau pake kardus bekas aja apa enggak, gue pake kardus. Nah, kalo di supermarket yg pake plastik, kalo belanja bulanan biasanya kantong yg gue bawa kan gak cukup tuh, gue tetep pake plastik mereka, tp umur guna plastik ini gue perpanjang di rumah. Maksudnya ya gue pake lagi. Yg palin simpel untuk alas tempat sampah, jd gak usah beli2 si plastik2 item yg khusus buat tempat sampah itu.
Nah, kalo ke tempat2 kayak tanah abang, atau mangdu, yg kita beli di berbagai toko, gue udah berhasil untuk pake tas2 kain aja, lagipula plastik mereka biasanya plastik2 item yg buruk rupa dan baunya gue gak suka banget. :p
Di mall juga udah bisa sih, apalagi toko buku. :D

19

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

ikutan sharing ya mamas...
kebetulan saya tinggal di selangor...program go green udah di mulai dari beberapa bulan lalu di sini..lupa tepatnya kapan..jadi kerajaan selangor menetapkan"every saturday..no plastic day...bring your own bag" jadi kalo kelupaan bawa tempat belanjaan sendiri ntar dikenai biaya 20 sen per tasplastiknya..jadilah kalo mau belanja bawa tempat belanjaan sendiri n dibiasakan juga di hari lainnya..

20

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

Setujuuu!!!!
Dari jaman kuliah dulu dah sering bawa plastik sendiri klo belanja ke warung deket rumah, walaupun yaaa tetep plastik seengganya ga numpukin plastik lagi dan lagi setiap belanja.
Sekarang? waaaa banyak banget produk shopping bag nan lucu dan klo kemana2 bawa shopping bag deh di tas. 1 hal yang bisa daku banggakan, sudah mulai mendoktrin teman2 kantor untuk menggunakan shopping bag :D *narsis mode*
Iya sayangnya hanya supermarket tertentu yang nyiapin kardus untuk ngangkut belanjaan. Oleh karena itu ketika belanja bulanan tiba, dikumpulkanlah para shopping bag berukuran sedang. Lucu deh liat trolley dengan shopping bag berwarna warni, siapa yang nyangka siy isinya belanjaan hehehe.

http://images.qlakei.multiply.com/image/+4SJR9XZN7HgSo5HRf-yNg/photos/1M/300x300/481/photo.jpg?et=KX5TMuFBUM9ba7MwZ1vwOA&nmid=0

~AmbunyaQla&Kei&Kinza~
cerita @ginakecilmungil

21

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

aku belanja mingguan di giant coz paling deket rumah
kalo belanja di sana selalu minta kardus aja, shg bs 2 fungsi :
1.mengurangi penggunaan plastik yg sulit diurai
2.nambahin mainan anak (Fra biasa pake dus buat kapal2an/dinaiki & tempat simpan mainannya -> ciri mak medit)

Proud to be Fra's mom ;)

22

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

atarescha wrote:
.....2.nambahin mainan anak (Fra biasa pake dus buat kapal2an/dinaiki & tempat simpan mainannya -> ciri mak medit)


hohoho mak medit? Ga juga ah, pemanfaatan barang bekas itu namañ Mama Fra :-)

~AmbunyaQla&Kei&Kinza~
cerita @ginakecilmungil

23

Topic: Ayo, Kita Kurangi Kantong Plastik Belanja Sekali Pakai

AmbunyaPasukanKa wrote:

hohoho mak medit? Ga juga ah


Hahaha....iya juga ya mba Gina
klo medit mah ga sampe beli bbrp kali di lapakmu :P

Proud to be Fra's mom ;)