1

Topic: How to Deal with Toddler Tantrum?

dear mamas & papas,
semalem aku & suami bener2 dibikin bingung sama kyra.
cerita dari awal aja deh ya. Kyra (anak pertamaku) umurnya 17 bulan tgl. 5 februari 2010 nanti. aku & suami sama2 bekerja, tapi kami selalu usahakan pulang tenggo supaya bisa cepet2 ketemu & main sama Kyra. seperti biasa kalo aku udah di rumah, Kyra langsung aku pegang. Paling aku titip ke mbak-nya kalo aku lagi di kamar mandi atau lagi makan malam. sebelum tidur, sejak newborn memang aku biasakan untuk menyekanya dan mengganti bajunya.

tadi malam, seperti biasa aku menyeka Kyra. setelah diseka, Kyra ngga mau pake baju. agak2 merengek gitu lah. emang kadang2 dia suka gitu sejak umur 1 thn, namun selalu bisa aku alihkan. akhirnya dia mau pake baju, tapi ngga mau dikancing. nah setelah menolak pake kancing ini aku kebingungan membujuknya. kalo aku paksa ngancingin baju, dia langsung tengkurep di lantai dan nangis2 gitu. aku pancing dia ke tempat tidur pake botol susunya, dia ngedeket, tapi ngga mau mimik susu. semakin lama nangisnya tambah hebat. akhirnya aku panggil papanya. setelah berusaha beberapa lama, papanya nyerah juga. digendong, dia minta turun. diturunkan minta digendong lagi. pusing bener deh. hampir sejam dia begitu. kami berdua bener2 bingung dan ngga ngerti kemauan dia. napasnya sampe sesenggukan dan suaranya serak. kami udah coba cuekin dia. tapi dia tetep nangis.

sebenernya gimana ya cara ngatasin tantrum kayak gini? aku ngga pengen ini dijadiin 'senjata' di masa mendatang kalo keinginannya ngga dipenuhi. malu juga kan kalo dia rebahan di lantai mall nangis2 gitu. untung semalem di rumah.

thanks ya mamas & papas sharingnya...

Kyra & Zahra, my lovely princesses..
Twitter: @mamaDedev

2

Topic: How to Deal with Toddler Tantrum?

mamadedev, ikutan sharing aja yaaa.. soalnya sifat tiap anak beda2.. sebelum usia caca 2 tahun, cara saya ngadepin ngambeknya adalah dengan mengalihkan perhatiannya. usia ini masih mudah, jadi misalnya keliatan dia udah mulai kesel karena sesuatu, sebelum dia nangis kenceng saya alihkan perhatiannya dengan cerita2 sambil dianya dibawa pergi dari TKP ke ruangan lain (dapur, taman, kamar mandi, atau kemana aja)... eeeeh caca coba liat itu tuuuuh ituuuu ada apa disitu mamah punya sesuatu mau liat? eeeeehhhh ini ada sendok rupanya di sini... ini kan buat ma? maaaam ya cacaaaa... ouuhhh asik bener loh kalau kita mamam pake sendok ini.. mamamnya bisa juga pake apa caca? taaangaaaan... iya kaan? nah yg ada dia ngga jadi ngamuk, lupa, karena ngeliatin mulut ibunya yg monyong2 dan juga dianya jadi sibuk ikutan nyautin cerita.. hihihi...

kalau kejadian kyra di atas itu caca, nah pas dia menolak bajunya dikancing saya akan ajak caca ke depan duduk2 di teras... pangku caca sambil tunjuk2 ke langit cari bulan bintang, nyanyi twinkle2 little star... nah kayaknya kalau udah terlena gini saya bisa ngancingin bajunya tanpa dia kerasa... :)

kalau ternyata tetep ngga mau, cerita2 lagi yg lain... atau gelitikin perutnya... aduh caca perutnya kok telanjang gini aiiiihhh dingin doooong udah malam gini tar mamah kuatir caca masuk angin... mamah kancing dulu ya biar ngga dingin.. bayangan saya sih kayaknya begini caca udah nurut.

yah intinya sebelum dia ngamuk dibikin lupa dulu tadi mau ngamuk apa.. hahaha...

untuk caca setelah usia 2 tahun, cara menangani ngamuknya lebih mudah lagi yaitu diajak ngomongin perasaannya..

maaf ya mamadedev kalau tidak berkenan.

3

Topic: How to Deal with Toddler Tantrum?

wah, sori banget nih telat jawabnya: topik yang miriiip banget ama ini udah pernah dibahas di Pengalaman anak tantrum di depan publik. mungkin bedanya yang ini ga di publik. tapi karena terlalu mirip, thread ini gue tutup ya... diskusinya dipindahin aja kesana... bisa tolong repost lagi di thread yang satu?

thanks!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia