1

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Halo semuanya... :D

Buat moms yang lagi TTC, ada yang nyoba/udah pernah ikut program IVF (bayi tabung) nggak? Kalo ada, boleh dong dibagi pengalamannya :)

Saya sendiri sekarang lagi proses IVF di KKH setelah 5 taon TTC (well...nggak serius TTC juga sih, hihihi). Sebenernya udah tau dari taon 2008 (tahun ke-3 nikah) kalo DH itu sperm morphology & motility-nya nggak bagus. Cuma emang dasarnya dulu belom terlalu kepengen punya baby, jadi ya cuek2 aja. Terakhir ke dokter, dia bilang IVF solusi yang paling tepat buat kasus saya :D, ya udah...IVF ya IVF deh, hihihihi.

Mungkin bisa dibagi pengalamannya moms sekalian. Dos & Dont's-nya, makanan yang bisa ngebantu spy naikin success rate... maklum biayanya nggak sedikit, kalo gagal lumayan bikin bangkrut bok, wkwkwkwk

2

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Ignaz, tmen gue ada yg baru mau IVF..lg siapin mental dan nunggu waktu 5 taun nikahnya (mei taun ini,biar bs di reimburse kantor)..nanti gue minta tmn gue sharing disini deh ya hasil cari2 ilmunya dia ttg ini ;) btw KKH itu dimana ya?

~Aysha's mom~

3

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Halo mia...thanks yah :D

KKH = KK Hospital, di Singapore. Gue tinggal di SG.
Gue dah liat2 forum IVF disini...tapi bukannya dapet pencerahan, malah tambah 'gelap' bacanya, wkwkwkkwkw. Udah pake bahasanya singlish, trus disingkat2 pula...hadeeeh, puyeng jadinya, wkwkwk.

4

Topic: IVF (Bayi Tabung)

ignaz kata temenku baca2 deh di bayi-tabung.com disana banyaaakkk banget infonya ;) tp ditunggu juga reviewnya yaa proses disana gimana hehehe

~Aysha's mom~

5

Topic: IVF (Bayi Tabung)

thanks mia...

*meluncur ke linknya*

ntar kalo prosesnya udah beres, gue apdet disini. kali2 ada moms yang perlu juga :D

6

Topic: IVF (Bayi Tabung)

sama-sama ignaz, smoga lancar yaaa ;)
hahaha ngobrolnya cuma berdua :D :D :D

~Aysha's mom~

7

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Katanya di Surabaya di RS Siloam sudah ada dan sudah bisa...
kalau di Jakarta dimana yah?
buat referensi adik iparku nih....

8

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Kalau di Jakarta,bisa dtg ke rs Harapan Kita slipi

@medyratri

9

Topic: IVF (Bayi Tabung)

hallo...salam kenal ya...

Aku udah pernah ikut program IVF di Jakarta. Pertama kali ikut program, alhamdulillah...langsung berhasil.
Sekarang anak ku udah umur 13 bulan...udah mulai jalan, udah macem2 deh.. :-)

Gimana koq bisa berhasil? hmmm.....seperti nya sih...jujur ya, memang anak itu adalah berkah, rahmat, karunia dari yang Maha Kuasa.

Kenapa begitu? soalnya.. ada teman, dan sepupu dekat...yang ternyata sebelum saya ikut IVF, mereka sudah duluan ikut program, dengan dokter yang sama di klinik/rumah sakit yang sama, tapi mereka belum dikasih sama Yang Di Atas alias, ndak berhasil program IVF nya.

Tapi kalau tanya, apa yang saya jalanin kemarin, kira2 sih seperti ini:
- berhenti kerja

- waktu menjelang mulai program, dan selama program suntik, aku juga nyoba/ngejalanin akupunktur

- sebelum dan selama program, berusaha tidak terlalu 'berharap' dapat yang 30%. Kata dokter nya, dengan bertambah nya usia, probabilitas dan kemungkinan berhasil nya semakin kecil. Untuk usia saya (35 th lebih), yang berhasil sekitar 30%, yg gagal 70%.
Jadi...bukan nya terus berdoa supaya 'gagal' ...tapi aku dan suami berdoa, kalaupun usaha kami 'gagal', semoga Allah memberikan kami kesabaran dan keyakinan bahwa memang itu yang terbaik dan dikehendaki untuk kami.

- makan, berusaha seimbang dan sesuai kalori...misal nya, waktu kerja, kadang karena rapat atau harus pergi ke client, makan siang jadi agak sore...terus makan malam nya jadi gak jelas. Hehhehhehhe....alasan nya, ah masih kenyang, tadi kan udah ngemil (hihihihi...berasa kenyang, takut gemuk, dll). Begitu mulai program, mulai deh, agak tertib makan nya.

Gituuhh... :-)

Oiya, aku program IVF nya di Jakarta, di Klinik Morula (RS. Bunda yang di Menteng).

moga2 bisa membantu...by the way...sekarang ignaz sudah mulai program IVF nya?

10

Topic: IVF (Bayi Tabung)

halo ayuwls...di jakarta kalo yang gue baca2 bisa di RS Bunda (kayak fairymeadow), RS Abdi Waluyo ato di Gading Pluit. Coba cek di www.bayi-tabung.com, mereka ada banyak bahas soal bayi tabung *thanks to mia for the info* :D

fairymeadow, congrats yah program IVFnya berhasil :). Makasih juga udah mau sharing pengalaman IVFnya. Gw udah mulai programnya sejak 11 Januari kemaren. Hari ini baru aja ET :D. Transfer 2 embryo grade 4. Semoga mereka bertahan didalem, hihihihihihi *grabbing baby dust from fairymeadow*

Emang iya sih, nggak ada jaminan ikut IVF bakal tek-dung hamil...tapi gw coba take it easy aja. Malahan suami gue lebih kuatir daripada gue pas kemaren ini sibuk nyuntik2 tiap hari, hoahahahahahha.

Gue juga lebih ngontrol makanan & minuman. No more soft drink & alkohol.

".tapi aku dan suami berdoa, kalaupun usaha kami 'gagal', semoga Allah memberikan kami kesabaran dan keyakinan bahwa memang itu yang terbaik dan dikehendaki untuk kami."
wrote:
...Gw juga nyoba untuk take it easy disini...apalagi sekarang mulai masa 2WW...hehehehehee

11

Topic: IVF (Bayi Tabung)

err... ignaz ...2WW ..apa ya? hihihih....agak2 kurang gaul nih gua... :-D

Wah...abis ET ya? Nha..ini bener2 masa 'seru'...waktu itu aku udah berasa bingung...not sure what to expect :-D

Suami juga lumayan senewen waktu aku tiap hari suntik...lebih senewen lagi waktu OPU dan ET ...hihihihihi....
Padahal sih, setenang2 nya aku...yha jujur, deg2an dan senewen...not sure what to expect itu tadi... :-D

ok..berarti 12-14 hari ke depan...test lab ya? Semoga semua berjalan lancar ... :-)

o iya...ayuwls ...di jkt, bisa juga ke Klinik Yasmin (RSCM) ...bener tuh, www.bayi-tabung.com .. jadi inget, dulu juga sering mampir ke web itu ... :-D

12

Topic: IVF (Bayi Tabung)

fairymeadow,

2WW = 2-Weeks Wait, hehehehehehe.

Iya nih, pengennya sih ngelakuin aktivitas kayak biasa. tapi baru pecicilan bentar udah dipelototin sama suami. wkwkwkwkwwk. jadinya sekarang kayak putri keraton deh, jalan anteng2, duduk pelan2, tidur nggak lasak...hoahahahah.

thanks yah...

13

Topic: IVF (Bayi Tabung)

terima kasih kembali, ignaz..... :-D

ada sedikit cerita garing waktu nunggu 2 minggu...aku juga nanya ke dokternya, mesti gimana...byk istirahat ya, dok?

hehehhehhe...jawaban nya..yg penting ibu nyaman... soalnya ada yg jungkir balik tp bisa berhasil, ada juga yang udah tiduran dan gak ngapa2in..yha gak berhasil juga...

bukan discourage lho ya...tapi mungkin memang kita nya mesti nyaman... kita itu berarti including our dearest hubby and the BIG family (hehehhehheh....fewwhhh....easier said than done!)

kabar2 lagi nanti hasil nya, ya... :-D

14

Topic: IVF (Bayi Tabung)

wah, ignaz
semoga lancar ya program bayi tabungnya..

fairymeadow,
selamat yaa..

gw sih blm punya pengalaman apa2 nih ttg bayi tabung..
jadi gw menyimak aja deh..
ternyata seru ya, dan banyak istilah2 yg gw gak tau nih :)
*menyimak*

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

15

Topic: IVF (Bayi Tabung)

hai...aku menikah tahun 2006, dan tahun 2010 kami memutuskan ikut program ivf itupun atas saran dr. Aucky Hinting (Siloam Hospital Sby), krn stelah HSG diketahui klo aku bukan hanya ada miom uteri didalam rahimku tapi juga ditemukan tuba fallopi dua2nya non patent (buntu), sehingga tidak bisa hamil normal feb 2010 di program dengan long protocol, tapi pada saat penanaman (embrio transfer) harus dilakukan ICSI (intra cyloplasmic sperm injection) krn sperma melemah. alhamdullilah aku berhasil positif hamil HCG 209, dan kmr 26 nov 2010 anaku lahir, smg berhasil dan sehat sampai kelahiran

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

16

Topic: IVF (Bayi Tabung)

hai hai.. gw juga mau sharing yah, sebenernya sepupu gw sih yg ikutan bayi tabung, kemaren dia coba bayi tabung di RSPAD tapi belom berhasil. mungkin belom dikasih sama Allah kali yah..
nah trus skr, dia mau bayi tabung lagi *katanya sih mau coba di Surabaya*, trus sama dokter disuruh diet seafood dan banyak istirahat..
Tanya nih, buat Moms yg pernah bayi tabung, dulu juga diet seafood kah? ato ada pantangan yg lain?

17

Topic: IVF (Bayi Tabung)

tiaalbaar, belum pernah denger tuh klo harus diet seafood, klo pengalamanku sih aku tidak diet makanan apapun cuma karena aku penyuka kopi sementara aku hentikan, itupun bukan saran dokter cuma akunya aja hasil2 baca2. :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

18

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Mamas, ada yg pernah coba program bayi tabung di Klinik Aster RSHS? Bagi ceritanya dong mamas, makasih....

mother wannabe

19

Topic: IVF (Bayi Tabung)

moms, ada yg pernah coba bayi tabung di lam wah ee hospital penang?sharing pengalamannya dunk, adek sepupuku lagi cari infonya, tq

20

Topic: IVF (Bayi Tabung)

saya punya teman yang juga sedang mencoba program bayi tabung ini dan menuliskan pengalamannya dalam sebuah blog ... coba diintip yah mungkin bisa saling belajar dan berbagi pengalaman : http://nityaanindita.wordpress.com ... hope it helps ;)...

Jihan : simply a mom ;) ... http://jihandavincka.com follow me @davincka

21

Topic: IVF (Bayi Tabung)

boleh tau ga range biaya utk byi tbung brpan ya :) tks a lot for sharing

22

Topic: IVF (Bayi Tabung)

tialbaar Kalau di rs ku, mmg diterapkan diet seafood atau apapun yg terbukti sang calon ibu hipersensitivitas/ alergi (diperiksa melalui skin prick test alias uji cukil kulit). Hal ini karena disana mmg basenya adalah imunologi reproduksi, dmn faktor kekebalan (imun ibu, terutama dalam bentuk antibodi anti sperma atau ASA) dianggap berpengaruh terhadap pembuahan ataupun kehamilan.. Jadi bila si ibu ternyata alergi thdp makanan/ benda tertentu (debu, kecoa dll) diusahakan utk menghindari spy tdk memicu naiknya imun ibu yg pada akhirnya akan menyerang sperma ataupun janin (bila sudah hamil).. Dipikirkan bahwa naiknya reaksi imun ini yg terkadang membuat pasien bolak balik menjalani bayi tabung namun tak kunjung hamil hingga melahirkan, padahal sudah dicek organ reproduksi dll normal.. Bila antibodi atau ASA setelah dicek ternyata tinggi, akan dilakukan terapi utk menurunkannya dulu, baru setelah itu dilakukan proses IVF kembali meskipun terkadang pasien dpt hamil melalui proses alami setelah terapi..

Smoga membantu ya utk tialbaar dan ibu2 lain yg mgkn sudah pnh mendengar mngenai diet makanan ini.. :)

23

Topic: IVF (Bayi Tabung)

keiko setauku, harganya berkisar antara 40-ratusan juta rupiah, tergantung di rs mana kita melakukannya.. HTH yaa

24

Topic: IVF (Bayi Tabung)

@sis eno
terima kasih buat masukannya :)
at least we know la utk financial preparationnna

25

Topic: IVF (Bayi Tabung)

bayi tabung kan mahal dibandingkan Inseminasi Buatan.

salah satu faktor yang akhirnya milih Bayi Tabung ketimbang Insem ataupun cara alami.

soalnya baru mau nyoba insem nih moms...