1

Topic: Kidal/Left handed

Anak-anak biasanya mulai terlihat kidal pada umur berapa ya..? ada yg bisa sharing? TIA

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

2

Topic: Kidal/Left handed

ploves,
nyokap gw kidal, dan cucu2nya cenderung kidal juga. tapi karena dari kecil sudah diajari menulis, makan dll memakai tangan kanan, nyokap jadi bisa menulis pake tangan kanan juga, meskipun menurutnya gak serapi kalo nulis pake tangan kiri. sedangkan untuk main bulu tangkis, mengiris bawang, dll tetap menggunakan tangan kiri agar lebih cepat.

karena udah turunan, dari usia 2 tahun ponakan2 gw diajari menggunakan tangan kanan untuk beraktifitas. nyokap lebih concern ttg kidal ini ke cucu2nya, krn beliau kidal dan waktu dulu, opa gw agak telat mengajari nyokap mengoptimalkan tangan kanannya. waktu itu nyokap udah usia SD dan hampir ujian masuk SMP, dan dulu itu orang yg menulis dengan tangan kiri agak 'aneh' dan mungkin juga takut gak lulus ujian :) *ksian yah*

ponakan2 gw juga diajari menulis pake tangan kanan, walaupun kegiatan lain tetap masih pake tangan kiri. umumnya kidalnya ini terlihat saat usia 2-3 tahun. dan akan jadi permanen saat anak usia 6 tahun (pra-sekolah), jadi kalo mau diajarin, lebih baik sejak dini, sebelum usia 6 tahun, dan bertahap jangan dipaksakan, karena katanya it could be stressing :)

anak kedua gw, dante, agak terlihat kidal juga, mungkin krn keturunan. tapi usianya baru 18 bulan, jadi belum tentu kidal juga. sampai sekarang tetap diajarin pake tangan kanan.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Kidal/Left handed

ploves
gue sendiri kidal karena keturunan. sepupu2 dari nyokap banyak bgt yang kidal, tapi rata2 udah aktif pake kanan karena dipaksa dari kecil dirubah sama orang tuanya. gue sendiri sih masih awet kidal sampai sekarang.

sejauh ini keira engga menampakkan tanda2 kidal sih, tp kalaopun dia kidal bakal gue diemin aja. pengalaman masa kecil sih, karena ada anggapan tangan kiri tangan gak baik gue tumbuh rada2 tertekan jadi anak kidal. salahsatunya gue ampe kabur kelas ngaji dan gamau balik lagi karena dipaksa gurunya pake tangan kanan, hehehe...

untungnya ortu gak maksa gue harus pake tangan kanan sih, diarahkan iya tp engga dipaksa. sampe saat ini gue tetep nulis pake tangan kiri, aktivitas sehari2 tangan kiri, makan pake kanan-kiri, bebersih pake kanan-kiri juga bisa.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

4

Topic: Kidal/Left handed

thx ya eka & charissarhanie atas sharingnya..

Anak gw Al lebih sering menggunakan tgn kirinya drpd tgn kanan. Pas gw coba suruh dia untuk mngganti dgn tgn kanannya gerakannya jd kagok gitu.. Bahkan klo disuruh pake tgn kanan, tgn kirinya juga ikut megangin tgn kanannya. Klo mukul jg lebih "berasa" klo Al pake tgn kiri.
Klo dari keturunan sih..kayaknya jaraaang banget yg kidal. Gue & suami ga kidal. Emang kidal itu hanya krn keturunan aja kah..? atau bisa krn kebiasaan..? Tp gue ga ngebiasain Al pake tgn kiri juga..?!?

Yg jadi catatan buat gw adalah...ga boleh pushing Al too hard utk menggunakan tgn kanannya.. Just let it flow..

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

5

Topic: Kidal/Left handed

hmm.. gue inget waktu itu pernah ada #TUMtips di twitter ttg anak kidal. cuma udah lama banget.. ga yakin masih bisa ke retrieve deh. harusnya berguna nih untuk di post disini yaa.. tar gue cari ah..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Kidal/Left handed

ploves
kalo kagok sih pastinya kagok, coba aja dituker misalnya yg biasa pake tgn kanan disuruh pake tgn kiri. berasa susah kan? kl saran gue sih buat aktivitas2 yg dia ngerasa lebih nyaman pake tangan kiri misal menulis, olahraga, etc dibiarkan aja. soalnya emang bener, tenaganya lebih maksimal disitu. kalo aktivitas yg atas dasar kesopanan seperti makan, salam, dkk baru diarahkan pake tgn kanan.

kalau pada akhirnya pengen diarahkan pake full tangan kanan jg bisa sebenernya (tergantung keputusan ortu) tp sebaiknya lemah lembut dan pakai proses yg perlahan2, biar gak pundung dan menyerah di tengah jalan, hehehe *curcol*

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

7

Topic: Kidal/Left handed

hai mamas......
gw kidal.... dulu orangtua gw sampe konsultasi ke psikolog karena mereka ga punya pengalaman apa2 soal ini. Sebab sodara2 gw, kakek nenek gw, om, tante, ga ada yang lefthanded.

Menurut sang psikolog, kecenderungan kidal ini sebaiknya tidak dihambat karena bisa berdampak psikologis pada anak.
Tapi yang jadi masalah di Indonesia ini justru karena secara sosial, masyarakatnya banyak yang belum bisa menerima dengan baik karena persepsi tertentu.

Jadi yang bener2 harus disiapkan adalah mental anaknya. bahwa jadi kidal itu tidak buruk.

Seingat gw, waktu jaman gw kecil emang sih beberapa kali kekidalan gw jadi cela2an, sempet dicubitin temen, dan ada guru yang kayaknya sentimen....

Disini nih peran nyokap gw..... meskipun sambil kerja, dia rela bolak-balik ngedeketin guru2 gw, mengedukasi dan kasi pengertian ke mereka.

Beliau juga terus membesarkan hati gw trus ngeboost interest2 gw. Lama2 semua itu berhenti dengan sendirinya, apalagi alhamdulillah karena hasil pelajaran gw bagus2 dan cukup berprestasi (......selama SD rangking 1 terus lho... ;) anak2 dan guru yang suka nyela2 itu juga jadi ga rusuh lagi.... hehehe

Gw muslim. dalam hadists memang ada anjuran memulai sesuatu yang baik2 dari kanan, dan dianjurkan tidak makan dengan tangan kiri.... jadi hal2 inilah yang dilatih terus sama ibu saya.

8

Topic: Kidal/Left handed

mau ikutan sharing jg nih.. Sama ky ranie dan vennyvernita, gw jg kidal. Kt nyokap sih ketauan bgt nya sktr umur 2-3 thn, sama dokter anak. Keliatan bgt stlh masuk PG umur 3 thn, krn gw selalu ngehormat pake tangan kiri, hehe. Dr yg pernah gw baca sih, kidal ini umumnya krn genetis. Jd hrsnya kluarga "atas-atas" kita ada yg kidal. Kalaupun ga ada yg manifest, tp bkn berarti gak ada yg kidal lho. Krn budaya indonesia kan emg seperti mengharamkan penggunaan tangan kiri. Jd mungkin ada ada keluarga yg kidal, tp gak muncul krn dihambat oleh lingkungan.

Setuju sm yg lain,kalo anak kidal dihambat untuk menggunakan tangan kirinya, pastinya akan berdampak ke sisi psikologisnya. Bisa jd dia tumbuh jd anak yg gak PD atau selalu takut salah. IMO yaa.. Jd menurut gw, anak kidal itu hrs dpt full support dr keluarga terdekatnya. Krn biasanya selama perkembangannya, dia bakal nemuin berbagai hambatan dari lingkungan, misalnya ejekan dr teman2nya atau alat2 yg khusus untuk org kanan.

Jd menurut gw sih sbg ortu yg anaknya ada kecenderungan kidal, hrs support anaknya trs. Blh2 aja sih kita ngajarin anak kita untuk memakai tangan kanan untuk beberpa kegiatan, seperti makan atau nulis. Tp intinya tidak memaksa dan tidak bilang bahwa tangan kiri itu tangan jelek. Ini "curhatan" gw sbg anak kidal yaa.. Hehe..

9

Topic: Kidal/Left handed

Slesta ditunggu hasil ngubek2 TUMtips-nya yaa... :)

Charissarhanie
iya..tiap Al berhasil makan pake tgn kanan selalu gw apresiasi dgn tepuk tangan, bilang "horeee..", dan semacamnya..

Vennyvernita whaa...berarti predikat "juara kelas" berhasil menggeser predikat "anak kidal" yaa... hehe..

NisaN ehm...jadi mikir, mungkin juga ada keluarga gw yg sebenernya kidal yaa.. tp krn muslim jd kidalnya ga tlalu keliatan krn dibiasain tgn kanan. makasih pencerahannya yaa...

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

10

Topic: Kidal/Left handed

Baru aja ngebahas ini sama suami, dan kayaknya suami gue cenderung lebih "ekstrim" dari gue alias kurang suka kalo anaknya kidal. Kalo gue sendiri ga masalah anaknya mo pake tangan kanan/kiri, kecuali untuk hal2 yang berbau kesopanan sama makan kali ya? Tapi gue ga akan maksa dia harus ga kidal lagi karena menurut gue kasian aja kalo sampe dipaksa. Akhirnya suami setuju juga sih sama pandangan gue hehe...

Kita mulai ngebahas ini karena memang dari bayi Nara punya kecenderungan make tangan kiri dulu instead of tangan kanan. Ga tau sih ini refleknya ato gimana, tapi dulu memang jauh lebih aktif tangan kirinya. Sekarang sih menurut gue udah imbang antara kanan dan kiri.

Kasian juga ya anak2 "jaman dulu" yang dipaksa pake tangan kanan, sampe diledekin temen2nya dan dibetein gurunya segala :(

Nanya dong, di Barat sana (non-Asia maksudnya) yang kidal tuh lebih umum ya? Soalnya gue sendiri kerja di kantor sekarang udah lama tapi blom pernah ketemu yang kidal, nah begitu dateng orang2 dari affiliate lain ternyata banyak yang kidal.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Kidal/Left handed

waktu aina masih dibawah 1.5 taun, gue sempet pikir dia kidal... soalnya semuanya pake tangan kiri. ya makan, ngambil barang, dll. gue dan suami malah excited mo punya anak kidal... abis kita berdua ga ada yang kidal sih... jadi ama kita ga dilarang (ga di encourage juga sih, cuma didiemin aja).

eh, setelah 1.5 taun, kok berubah ya... tadinya kalo gambar megang pensilnya pake tangan kiri, pindah ke tangan kanan... trus, megang sendoknya juga pindah. pokoknya pindah sendiri jadi ga kidal...

gue agak kecewa sih, ternyata aina sangat ga kidal (semenjak pindah, keliatan banget dia semua pake tangan kanan... nearing ambidextrous aja engga).

jadi, mungkin aja lho kalo si anak masih kecil banget kita kira kidal, taunya engga.

otty - waktu gue tinggal di amrik & ostrali sih, emang banyak banget yang kidal... apa lagi waktu di amrik, karena gue kerja di bidang creative, kayaknya lebih banyak yang kidal dari yang biasa. banyak juga yang ambidextrous (bisa dua2nya)... lucu, kalo pegel nulis pake tangan kiri, pindah ke tangan kanan... hehe.

gue rasa, disana banyak karena kidal itu ga pernah di-suppress. kan disana ga ada peraturan kalo "cebok pake tangan kiri, makan pake tangan kanan". angkat tangan di kelas buat jawab pertanyaan guru aja terserah mo pake tangan apa... jadi mungkin aja sih, sebenernya di dunia ini perbandingan kidal & ga kidal itu 50-50... (hehe, ga tau lho, bukan scientific fact!).

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Kidal/Left handed

Kalo yang pernah gue baca, sebaiknya tangan dominan udah matang pada umur 3-5 tahun. Gimana cara tahunya, mungkin dilakukan tes2 sederhana, seperti ngajak toss, kasih barang di meja dan minta anak mengambil. Kelihatan juga pas di atas 2 tahun, kalau dia buka tempat makan, atau botol minum, tangan mana yang dipakai lebih dominan. Atau bisa juga kita menyilangkan tangan saat anak dalam posisi tiduran,trus dia diminta bangun sambil pegang tangan kita...(tangan si anak menyilang juga, jadi kanan ketemu kanan, kiri ketemu kiri) dari genggaman si anak bisa terasa mana yang lebih kuat. Bisa juga dari tendangan bola si anak, lebih kuat mana, kanan atau kiri...
IMO, buat hal2 yang berkaitan dengan sopan-santun, gpp anak kidal dibiasakan dengan tangan kanan, tapi untuk hal2 lainnya seperti menulis, mengangkat barang, lebih baik dibiarkan saja pakai tangan kiri, soalnya kita yang gak kidal pasti repot kan kalo disuruh melakukan bebagai hal dengan tangan kiri...
Di kantor gue pernah ada beberapa orang yang kidal... kebetulan profesi mereka sama2 desainer...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

13

Topic: Kidal/Left handed

Thalia deep in side my heart *halaaah* gw jg seneng2 aja punya anak ambidextrous. Jadi kyk punya kelebihan dibanding anak2 laen gituu..

gabriella oo.. oke.. gw tunggu sampe Al 3 - 5 thn, jadi kidal atau enggak niih..? :p

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

14

Topic: Kidal/Left handed

otty.. pernah baca sih, dr penelitian awal thn 90an gt, bhw perbandingan right handed : left handed itu 100 banding 1. Dan itu berlaku di seluruh dunia. Setuju sm thalia, bhw di Asia ortu emg lbh "menekan" biar kidal nya anak gak keluar. Mknya di asia, apalg indonesia, "terlihat" lbh sedikit org kidalnya dibanding di barat sono.. Oiya, tp perbandingan itu bbrp puluh thn lalu ya.. Kalo gw sih ngeliatnya org kidal udh lebih banyak..

ploves.. klo gw sih wkt kecil, terutama SD, srng sedih jd org kidal. Soalnya diejekkin mulu sm temen.. Hehe..

15

Topic: Kidal/Left handed

ploves, dulu Albert juga sama kayak Aina gitu, kirain bakalan kidal... dan gue sama suami juga seneng gitu mau punya anak kidal... makin ke sini makin keliatan tangan yang dominan kanan... ya gue coba perkuat tangan dominan itu, misalnya pas pegang pensil gue suruh pake kanan.
Coba diobservasi aja... kalau memang ciri2nya kidal, ya didukung aja, sambil kasih pengertian ke keluarga besar dan orang2 sekitar... dan si Al ditingkatkan kepercayaan dirinya sama dikasih pengertian bahwa dia agak berbeda dari teman2nya...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

16

Topic: Kidal/Left handed

Menarik bahasannya..
Lucu baca sharingnya Binggi :p
kalo Migu (1,4yo) masih belum kliatan sih, untuk pegang mainan masih kadang kiri kadang kanan.. tapi untuk ngelatih (nilai kesopanan) sisanya sama ama mama diatas, kalo ambil makanan or minum gue langsung bil.. ambil pake tangan kanan yaa..

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

17

Topic: Kidal/Left handed

ploves,
berarti nyokap termasuk ambidextrous ya..
tapi yg gw liat sih ttp lebih 'jago' tangan kirinya..apalagi pas ngiris bawang..whoaa.. tercengang..padahal sih biasa aja kali ya? hihihi..

adik gw jg mungkin awalnya kidal, tapi kalo nulis sih pake tangan kanan, dan tulisannya jelek hihihi.. jadi untuk menyamarkan, adik gw biasa pake warna-warni gitu tulisan di bukunya.. :)
keliatan kalo dia ngetik sesuatu di BBnya, cepeeet banget dan kiri-kanan gitu.. yg kiri BB yg kanan hp. ato semua ABG ambidextrous ya? trus dia SMP/SMA gitu, ngetiknya tulisan alay pulak! *tepok jidat* susah kan itu? cepet2 pulak sambil jalan-jalan, dan gak nabrak pulak.. hadeuh..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

18

Topic: Kidal/Left handed

NisaN ada temen sekelas gw waktu SMA, dia paling pinter satu sekolah dan kidal..klo lagi nulis di papan tulis suka diterikin sama temen2, "Ga sopan tu..ga sopan.." (jgn2 saat itu dia minder juga yah..?) *iba yang terlalu telat ;)

Gabriella hoo..jadi Albert jg ga jadi kidal ya... hehe. Iya..mau kidal or engga, yg penting sehat & pinter..

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

19

Topic: Kidal/Left handed

Eka
"semua ABG ambidextrous.." ngakak bacanya...!!

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

20

Topic: Kidal/Left handed

Seperti biasa eka selalu nulis post yang bikin ketawa :D

thalia Lucu juga lo malah kecewa setelah Aina ternyata ga kidal :)

Humm bener juga ya, mungkin di luar Asia ga mementingkan kidal/ga kidal ya makanya terlihat lebih banyak orang kidal.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

21

Topic: Kidal/Left handed

thalia kayaknya yaaaa, emang semua anak kecil di bawah 2thn itu pasti lebih prefer untuk pake tangan kiri. kebanyakan loh.. ini cuma teori sok tau soalnya kalo liat dari yang dibahas disini semua kuatir anaknya kidal pas anaknya masih kecil gitu kan? nah, samaaaa, gue juga mikir gitu sama naia. karena apa2 pasti pake tangan kiri. ya gue sih ngediemin juga aja.. paling cuma bilang.. kalo misalnya dia mau ngasih barang, ato ngambil gue bilang.. "pake tangan bagus yah nai.. ". biasanya langsung pindah. tapi yang laen2 ya gue diemin aja. ternyata setelah udah 2 tahun ke atas, dia ga terlihat menggunakan tangan kirinya lagi.

jadi kemungkinan aja emang di umur2 segitu anak lagi explore aja ya? hehe.. again, ini sok tau.

dan seperti kata thalia bilang.. di amerika emang banyak banget yang kidal. dan emang krn ga ada yang ngelarang soalnya.. jadi ya oke2 aja. dan ga hanya di bidang creative kok thal, hampir dimana2.. pasti nemu orang kidal. soalnya emang ga bakal ada yang larang kalo misalnya angkat tangan pake tangan kiri. emang gak di supress sih being left handed kalo di amerika ya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Kidal/Left handed

ikutan sharing...sy juga kidal ...ngikut bapak yang juga kidal...untuk aktivitas tertentu..seperti menggunting,,memotong..or kerja2 lainnya lebih dominan kiri...tapi untk menulis, makan pake yang kanan karena udah dilatih ortu dari kecil dulu..senang malah jadi kidal ...kadang pas lagi ngupas buah, ato menggunting kertas gitu dilihatin teman..sambil ngomong loh kamu kidal ya ???ngeliatin sambil terbengong2 gitu..sambil mikir mungkin "kok bisa ya...heran"...karena sehari2nya kalo menulis malah pake kanan..jadi pada gak nyangka kalo kidal...
setuju ma slesta anak kecil kurang dari 2 tahun memang ada kecenderungan untuk menggunakan tangan kirinya lebih dominan...dulu punya ponakan juga gitu..selalu diingatin kalo ambil makanan at apa..pake tangan bagus ya..sekarang udah 3 tahun yang kanan lebih dominan

23

Topic: Kidal/Left handed

asik ada thread ini,soalnya gue setengah yakin aysha kidal awalnya. tapi setelah baca2 kynya mostly awal2 kidal hehe. Prinsip gue ama suami biarin aja dia kidal (malah suami seneng banget anaknya kidal) selama kalo makan, shakehand, kasi/terima barang atau yg berhubungan sama kesopanan ala timur tetep pake tangan kanan, tapi utk mewarnai, pegang2 barang dia tetep pake tangan kiri. Dan untungnya sekarang ortu gue udah ga ngelarang cucunya pake tangan kiri, soalnya ponakan gue (3yo) dulu pake tangan kiri dan awalnya suka dilarang ama ortu gue. Untungnya kakak gue cuek aja ga masalah pake tangan kiri malah cenderung ngejelasin kalo kidal itu ga apa2 asal makan tetep pake tangan kanan. Selain itu, ponakan gue kidal ternyata ada turunan dari keluarga kaka ipar gue hihihi..dan ponakan gue sampe sekarang masih kidal apalgi skrg idupnya di amerika yang mungkin temen2nya banyak yang kidal jadi dia ga ngerasa minder hehehe..
yah tinggal liat aja ntar aysha tetep kidal atau engga hehe :P

~Aysha's mom~

24

Topic: Kidal/Left handed

berbahagia sekali udah ada thread ini, ikut sharing yach..

kamil 9mo2w, cenderung lebih aktif tangan kirinya, pas waktu dikasih biskuit bayi/mainan yang bergerak ngambil tangan kirinya, bahkan kalo' merangkak tangan kananny posisi genggam dan tangan kiriny terbuka, so far.. aku dan suami gk masalah mo dia kidal ato gak, cuman keluarga besar yang agak risih klo cucu-ny bakal kidal, jadi sekarang kamil mulai aku biasain pake' tangan kanan untuk salim, makan dan hal2 lain yang sifatnya untuk kesopanan.. mo tetep kidal or not, yang penting sehat n smart..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

25

Topic: Kidal/Left handed

anak saya, Denny (3,5 tahun lebih), kalau menendang bola selalu pakai kaki kiri.

sementara penggunaan tangan sampai saat ini, lebih dominan kanan.... sampai tadi malam :D
ketika dia lagi saya temenin ngerjain tugas dari kelas kelompok bermainnya, menebalkan dan mewarnai, dia menggunakan dua tangannya untuk mewarnai dengan dua crayon berbeda warna. hehhe entah apa indikasinya tuh?