1

Topic: Imunisasi beda negara beda jadwal??

Numpang tanya ya...
sekarang saya tinggal di SG ikut suami, belom dapet PR, cuman pake Long term visit pass, jadi harus renew per 1 tahun.

yang jadi pertanyaan, saya berencana melahirkan di Jkt aja, jadi pas uda berapa bulan baru bawa si baby ke SG.
yang saya bingung, kalo misalnya saya imunisasi di Indo sampai bulan ke 4 misalnya.... bisa sambung di Sg ga ya?
soalnya saya liat2 jadwal imunisasinya beda. dan apa mungkin obatnya juga beda?

kalo ga bisa di lanjutin di SG berarti saya harus stay di Indo sampai setidaknya 6 bulan, dan saya harus balikin kartu long term visit pass nya pas saya balik Jkt bulan 6 ntar... makanya saya mau cari info dari sekarang...

trims...

2

Topic: Imunisasi beda negara beda jadwal??

hulla Mamamiao..

Kebetulan kasusnya hampir sama sama aku ni..
kebetulan kami stay d Vietnam..tapi pas mau lahiran ke tempat ortu d Bandung
Nah..aku stay d Bdg sampai Qiandra usia 4 bln jd pastinya imunisasi d lanjut d Vietnam..tp sblmnya aku tanya2 dl sama SPA.d Bdg .n bliau bilang rata2 klo d Asia smua vaksin sama merk n produsennya..
N buat memastikannya lg aku minta semua nama2 vaksin lanjutannya n minta suamiku survei d Vietnam apa sama ato engga..
Thx God semua ada kecuali IPD..so buat imunisasi lanjutan IPD k 2 dst aku Kuala Lumpur *lbh deket dr Viet dbanding balik k Indo*
Trus klo ga salah imunisasi Polio klo d kita kan pake yg drop nah klo d KL ato Spore kayaknya pakai yg Injection..gabungan dgn DPT n HIB..tp sama aja dg yg drop ..

So jgn kuatir...
Apalagi Spore ..pasti lbh lengkap dsana dbanding Vietnam sini hehe
untuk lebih meyakinkan lg minta aja nama2 vaksinnya k SPA d Jkt n minta suami recheck d Spore..:D

Moga2 ngebantu ya..
^^

Mommy Qi

3

Topic: Imunisasi beda negara beda jadwal??

o iya mom..ada yg lupa
klo buat Jadwal ga usa ngikutin yg SG ikutin aja jadwal punya kita sendiri...jd kita catet sendiri jadwal selanjutnya vaksinasi apa.

thx yoo..^^

Mommy Qi

4

Topic: Imunisasi beda negara beda jadwal??

anakku vaksin 0-4 bulan ikut jadwal di aussie ..
dtp, polio, hib sama spt di indo .. ulangan di 2, 4, 6 bulan, IPD jg sama
yg agak beda hep B di oz 4x, di indo 3x .. tp yg di indo dosisnya lbh tinggi sptnya .. krn yg di oz vaksin hepB-nya combo dgn dtp+polio+hib+hepB

nah yg beda rotavirus .. di oz jadwal 3x di 2,4,6 bulan
di indo, gak ada .. jd dibikin jadwal ama dokter dipercepat di 2,3,4 bulan .. kebetulan memang boleh dikasih ulangan dlam jangka 4 minggu

sama bcg di sana gak ada jadi susulan di indo dan hrs tes mantoux dulu

5

Topic: Imunisasi beda negara beda jadwal??

Pengalamanku dulu di Houston, jadwalnya sama dengan di Indo. Kecuali Polio. Di sana udah bebas polio, jadi udah gak dikasih polio lagi. Tapi karena aku tunjukkin riwayat imunisasi anakku dari indo, akhirnya dokter sana bersedia ngasih polio juga.

Yang penting kita pegang sendiri riwayat dan jadwal imunisasi milik anak kita supaya dokter dimanapun kita berada bisa nyesuaikan.

6

Topic: Imunisasi beda negara beda jadwal??

Setau aku jadwalnya beda karena endemis penyakit tiap negara kan juga berbeda. Sedangkan endemis ditentukan dr iklim, higienitas, dll. Contoh kasus free di Aussie gak ada BCG, mungkin krn di sana gak endemis penyakit Tuberkulosis. Cmiiw ya. Sedangkan bayi yg lahir di Indo, aku sih ikut yg sooner better for BCG, soalnya di sini endemis Tuberculosis. Jadi kalau lahir di Indo, menurutku tetep ikut jadwal Indo dulu. Misal ya BCG tadi.

Soal Polio misal di sini OPV terus di sana dilanjut IPV kalo gak salah gpp deh. Biasanya kalo negara yg udah bebas polio ngasihnya juga kan IPV, soalnya kalau OPV ada risiko penularan ke anak lain melalui feces anak yg ditetesi vaksin oral (OPV).

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

7

Topic: Imunisasi beda negara beda jadwal??

interesting..
baru tau kalau ada negara yg gak kasih vaksin polio krn sudah 'bebas' polio.
jadi penasaran, seandainya si anak yg bersangkutan pergi ke negara yg belum bebas polio, berarti masih ada resiko ketularan gak?

beberapa tahun lalu, di belgie rame dibahas ttg sepasang ortu yg menolak vaksin (kalau gak salah DPT) - dan di denda oleh pemerintah.
lalu rame deh pro kontra antara hak ortu untuk memilih imunisasi vs resiko terjadinya epidemi lagi (seandainya semua ortu ikut2 an gak mau vaksin, ntar polio marak lagi).. something like that..
mungkin ada baiknya dicek kalau mo pindah negara, vaksin apa aja yg wajib.. terus kalau udah pernah di vaksin, bawa kartu imunisasinya buat 'bukti'.