1

Topic: Disiplin pada Anak

Moms, sharing dong mendisiplin anak itu di mulai dari umur berapa ya bagusnya?

Contohnya, mendisiplinkan gak boleh nonton tv, makan harus di tempatnya, cara/jam tidur dsb.

Sedikit sharing, gw sebagai ibu kayanya sedikit 'kejam' sama anak. Sejak Aizka lahir, gw udah membiasakan dia tidur ndiri tanpa di gendong2. Jadi kalo udah waktunya tidur, tinggal taroh aja di boxnya trus di tinggal. Dan gw cuma ngintip dari pintu aja utk jaga2. Awalnya dia nangis2, tapi lama2 terbiasa.

Trus, sejak mulai makan juga harus duduk di high chairnya. Gak boleh di gendong2. Juga gak boleh nonton tv.

Emang sih terdengar sadis, tapi banyak hal yang ngebuat dia jadi mandiri.

Skrg Aizka umur 10 bulan dan sejak dia sakit 2 minggu yg lalu, smuanya berubah. Tidur harus di temenin, makan harus di gendong etc. Gw jadi mikir apa mendisiplinkannya tuh terlalu dini, jadi percuma juga selama ini yang udah gw terapkan ??

Ps: Kalo ternyata topik ini udah ada silahkan di pindah yah ibu Mod. :)

2

Topic: Disiplin pada Anak

mrshandsumH waaahh hebat deh aliya bisa tega gitu!! gue juga pengen, tapi ga tega soalnya lebih seneng bisa tidur ama anak. apalagi kalo pulang kantor gitu, udah capek2, rasanya ilang capeknya kalo bisa peluk2an ama anak heheh..

there's no right or wrong, there's only different style aja sih. dan itu kembali ke anaknya menurut gue.

sebenernya mendisiplinkan anak itu emang bagus kok dari awal2 gitu biar terbiasa. dan emang bener kata elo al, anak jadi lebih mandiri. kalo gue lebih ke urusan makan, mesti di high chair. trus sikat gigi sebelom tidur, etc.

tapi honestly ya, setelah anaknya gede, justru ternyata banyak yang berubah. jadi kita juga mesti ngikutin lagi sih. dan imo, kita sebagai orang tua emang ada yang bener2 disiplin, pokoknya ga ada flexible2nya. tapi gue lebih flexible. karena kalo dari gue sih mikirnya, gue ga mau maksa. karena sekalinya kita maksa, gue takut anak jadi trauma malah ga mau sama sekali. tapi gue keras, hanya aja ada flexibility nya.

contohnya suami gue itu kekeuuuhh banget kalo naek mobil harus di car seat. ya emang peraturan juga sih, tapi ada masanya si anak ini susah ga mau duduk di car seat. dan gue ga mau maksa, tapi kasih pengertian kenapa harus di car seat, bla bla bla. emang sih gak instan, tapi setelah naia sekarang udah 3thn, dia kalo naek mobil, langsung duduk di car seatnya sendiri. emang sih itu bukan proses yang mudah, tapi lama2 bisa.

ttg makan di high chair juga gitu. gue malah kekeuh banget makan mesti di high chair. tapi sekarang naia ga mau duduk di high chair nya. maunya duduk di kursi sendiri kayak orang gede. tapi kalo di rumah, makan sama mbaknya (dimana dia makan sendirian), dia duduk di lantai aja. tapi kalo makan bareng2 sama gue dan papanya baru dia duduk di kursi. dan akhirnya gue biarin. yang penting makannya duduk dan gak lari2 sampe harus dikejar2 (walopun ada masanya juga mesti begini, tapi selama ga di luar rumah gue masih tolerasnsi sesekali lah)

jadi point gue adalah, mendisiplinkan anak gak masalah dari kecil kok. yang penting kita konsisten dan sesuai dengan porsi disiplin ke anak (jgn terlalu keras, tapi ya ini tergantung tega2an orangtuanya juga). kalo ternyata si anak sakit, trus jadi berubah, ya apaboleh buat. karena obat paling mujarab kalo anak sakit adalah pelukan mamanya. nanti kalo udah sembuh balik lagi dengan schedule semula.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Disiplin pada Anak

Setuju sama Shinta.. Gw juga termasuk yang tadinya kekeuh, apalagi masalah makan di highchair. Awalnya sih emang dia betah di highchair, tapi pas udah masuk 1 tahun, mulai deh mau kesana kemari. Mungkin karena dia udah bisa jalan jadi gak suka terkungkung di highchair. Tapi pelan-pelan diajarin dan dikasih contoh kalau makan itu sambil duduk. Dibiasain juga kalau dia mau makan apa-apa harus duduk dulu. Jadinya sekarang kalau Kana mau makan apa-apa, biasanya dia minta tolong kita bukain terus dia langsung duduk sendiri di lantai. Nungguin makanannya. Alhamdulillah sampai sekarang belum pernah kejadian Kana makan sambil lari-lari. Cuma emang keliatan beda kalau diluar rumah. Kalau kita makan di restaurant, Kana bisa betah duduk di highchairnya. :)

Untuk masalah disiplin yang lain kayak tidur, aku sampai sekarang masih co-sleeping sama Kana. Karena sampai sekarang kana 16 bulan aku masih menyusui dia. Jadi supaya kita bisa sama-sama istirahat, kita co-sleep. Tapi kalau untuk tidur siang, Kana udah mulai bisa fleksibel. Dia bisa tidur di tempat tidur sendiri. Kadang-kadang nyusu dulu kadang-kadang tidur sendiri. Jadi cukup ditemenin aja. *kalau ditemenin mamanya tetep nyusu dulu*

Dari beberapa seminar parenting yang aku ikutin, *kebetulan next month baru yang tentang disiplin* aku belajar bahwa kita memang harus memberi batasan-batasan ke anak sedari kecil. Tapi mungkin caranya berbeda-beda yah.. It depends on your parenting style. Jadi mau diajarin dari bayi atau nanti itu terserah.

Cuma satu poin yang aku perhatiin banget, ketika kita mendisiplinkan anak, kita juga harus tetap membaca body language dari anak. Mereka akan ngasih sinyal-sinyal kok kapan mereka siap.Dan yang paling penting, mereka juga akan kasih sinyal-sinyal kapan mereka bener-bener cuma butuh pelukan kita. Jadi jangan karena kita mau mendisiplinkan anak kita jadi bener-bener nyuekin sinyal-sinyal anak. :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

4

Topic: Disiplin pada Anak

bagus nich ada thread ini, jadi bisa belajar dari mama2 lainnya.

aku termasuk yg ga tegaan sama zi, tapi ayahnya udah nerapin disiplin dari bayi, misalnya kl zi nangis, aku maunya langsung gendong aja, tapi kl ayahnya tunggu dulu beberapa waktu, apalagi kl emang ga ada apa2 (cuma mau di gendong aja) biasanya di tenangin dulu kl tetap ga mau berhenti2 / tambah nangis baru di gendong.

sekarang sich, di umur 10 bulannya, yg kita berasa efektif itu adalah zi selalu tidur mlm di waktu yg sama (jam 9 mlm), krn dari bayi setiap jam 9 kita dah masuk kamar, walaupun zi ga mau tidur, ga boleh klr kamar lagi, main2 aja di kamar, seringnya jadi suka ketiduran sendiri & kebiasaan dech, kl udah jam 9 kurang, pasti zi udah ngantuk & kucek2 mata :)

aku setuju sama slesta, yg penting kita konsisten dalam nerapin disiplin & harus kompak antara ayah & ibunya, saling mendukung disiplin kayak apa yg mau di terapkan.

5

Topic: Disiplin pada Anak

Slesta, hehehe...iya yah...gw tuh tegaan banget. Anak nangis aja gw bisa bener2 gak kasian. Kadang nyokap gw jadi suka marahin gw, padahal dia tuh jauh lebih strict pas gedein gw.

Sekarang tuh yang bermasalah adalah dengan tidur. Kamarnya Aizka tuh pisah sama kamar gw, walaupun connecting. Dan karena selama dia sakit tuh, gw nemenin dia tidur di kamar dia mulu, skarang bener2 gak mau tidur ndiri. Kalaupun dia tidur bareng gw dan suami, yang ada gak tidur2 di sangka ngajak main mulu. Dan gak mungkin juga gw tidur di kamar dia mulu.

Tapi ya gitu, mau menerapkan disiplin itu skarang kok ya udah gak bisa lagi. Nangis2nya udah sampai teriak2 dan suka sampe muntah. hiks...

rachanlie, kamu ikut seminar ibu eli yah. Aku juga loh. Next month bareng yuk. *maaf OOT*

6

Topic: Disiplin pada Anak

mrshandsumH sebenernya gue pun tegaan al kalo denger anak nangis. dan gue malah bisa yang anak nangis, gue diemin aja. kadang suka gue bilang, diem dulu baru gue samperin. heheh.. soalnya biar ngebiasain kalo minta sesuatu harus bilang (kalo udah bisa ngomong), gak usah pake nangis2. gak bakalan deh gue layanin.

tapi gue dari anak gue masih kecil biasanya ngebedain tangisannya. ada yang emang nangis hanya mencari2 aja, ada yang bener2 krn dia pengen sesuatu, ada yang emang dia marah2 atau sakit. nah kalo udah yang bagian marah2/sakit itu, gue bakal langsung nanggepin. tapi kalo yang cuma cari perhatian doang, gak gue ladenin. heheh..

dan iya, gue inget tuh anak kalo sampe nangis dan muntah gitu. biasanya krn emang dia kayak ada yang ga enak di badannya, masih sakit ato somethig yang bikin dia frustrasi jadi dia bener2 gak bisa nyampein sampe akhirnya gitu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Disiplin pada Anak

waduhhh hebat nih mamas yg disini. gimana ya caranya biar bisa "mendudukkan" anak di highchair / booster dan makan sambil duduk anteng? aku kok ya ndak bisa2 toh. ndak sukses mulu T_T
klo dilarang, Aga bisa teriak kenceng banget atau mo jeduk2in kepala gitu. hadeuuuhhhh........

(maaf OOT mamods,kebetulan baca thread ini soalnya :P)

happy go lucky me ^_^

8

Topic: Disiplin pada Anak

waah, bagus nih temanya. Ijin ikutan ya moms :)
Anak saya juga dari kecil sudah dibiasakan untuk makan, minum di tempat duduk (baik itu di high chair, stroller, maupun di kursi-meja kecil). Yep, anak2 suka cari perhatian, dia nangis sampe muntah. Abrar juga gitu. Tapi selama dia nangis ga jelas, atau dilarang sesuatu yang emang ga boleh, biasanya saya diem-in aja tunggu sampe dia diem sendiri. Baru dibilangin pelan-pelan,"Kalau dia anak yang pintar, anak pintar tidak nangis. Nangis itu jelek,bla..bla..bla..". So far sih, cukup berhasil :)

Untuk jalan2 naik mobil, Alhamdulillah Abrar sudah tidak pake car seat, tapi dia bisa duduk sendiri dengan antengnya. Kadang2, kami jalan berduaan saja, saya menyetir dia duduk di bangku depan dengan seat belt. Alhamdulillah, dia ga rewel :)

Untuk tidur beda kamar, saya belum menerapkannya ke Abrar. Saya tunggu sampai umurnya 2 Tahun (1 bulan lagi). Selain tidak tega, saya juga masih ingin membelai dan memeluknya sambil tidur :)

Setuju juga dengan Slesta, ibu-bapak harus kompak dalam menerapkan disiplin. Sebenarnya bukan hanya ibu-bapak, tapi juga orang2 disekitar seperti nanny, nenek dan kakeknya.

9

Topic: Disiplin pada Anak

gue juga pro yg disiplin tapi fleksibel, karena gue juga ngalamin banget yg ky gitu. awalnya gue pengen yg super strict sama keira, well karena gue tumbuh di keluarga yg strict. tapi ternyata susah bgt dan akhirnya gue yg sakit hati sendiri karena ekspektasi gue gak tercapai.

akhirnya sih gue mulai fleksibel tapi tetep harus ada batasannya. sejauh ini berhasil sih, keira jadi lebih nurut sama gue (berhubung suami sangaaaat fleksibel, faktor anak perempuan kali ya) tapi gak perlu dgn effort berlebih. tp beberapa hal masih susah diatur sih, misal masih gamau disuruh beresin mainannya, tp gue mulai pelan2 bilang kalo gue sedih kalo maenan berantakan. akhirnya kadang dia mau beresin mainannya. susah2 gampang sih, tergantung gaya mendidik dan kesabaran sebenernya, hehehe..

btw shin, gue nyontek metode lo yg bilang kalo kita gak ngerti maunya apa kalo cuman nangis doang, and it works all the time! sekarang kl keira nangis2 gak jelas gt gue suka bilang gue gak ngerti dan gak bisa denger maunya apa, akhirnya dia berenti nangis dan ngomong dgn jelas deh maunya apa, hehehe... :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

10

Topic: Disiplin pada Anak

charissarhanie yay! emang tuh gue sampe sekarang masih ngelanjutin gitu. walopun skrg jadinya naia bisa bales dengan cara menjawab dengan marah2 dan super galak. tapi gak gue tanggepin biasanya. jadi dia paling beteee banget gitu heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Disiplin pada Anak

Menurut gue sih sedini mungkin tapi kapasitasnya disesuaikan dengan umur anak.
Misal saat bayi, kita kasih 'peraturan' kapan makan, minum, main, sikat gigi, baca buku, bobo.. secara gak langsung ngajarin disiplin juga kan? plus, ritme yg teratur ini membantu mereka merasa nyaman. knowing what to expect.

Nah, semakin gede anaknya, semakin 'menantang' cara penerapan disiplinnya :)

Buat gue yang paling susah saat mendidik disiplin adalah:
1. to find the balance antara too soft, just enough atau terlalu galak :)
2. kita sendiri juga mesti disiplin untuk konsisten
contohnya beberes, gue suka minta alyssa untuk selalu ngerapiin mainannya begitu selesai tapi kadang ada masanya dimana kita berdua udah capek, atau gak ada waktu lagi dan gue bilang 'ya udah besok aja'.. besokannya dia yang gantian bilang 'besok aja yah ma.. ' hihi

belum lagi kalau mereka udah mulai pinter 'membantah'.
hadeuuh.. di satu sisi kita pengen menerapkan sistem diskusi terbuka, tapi di sisi lain gue juga pengen tegas dan saklek and she has tolisten to her mom! *galak*

oya, Setuju banget dengan Dina,
mama papa mesti kompak, kalau nggak anaknya bakal bingung sendiri.. :)

12

Topic: Disiplin pada Anak

Kayaknya dari sejak dini udah boleh diajarin disiplin, tapi ya tetep yang kayak Fanny bilang: disesuaikan kapasitasnya ama usia anak.
Buat gue disiplin yg paling ngebantu tuh ngebiasaain buat makan di high chair, pagi-siang-sore ya makan mesti duduk.
Ga ada pake gendong apalagi kejar-kejaran.

Lain cerita ya kalo anak lagi sakit or GTM ya mau ga mau ngikutin maunya kayak duduk di high chair tp sambil nonton, or sambil digendong or sambil main diluar ama anak yg lain, habis dari pada ga makan sama sekali. sejauh ini sih baru disiplin kecil aja yang gue ajarin ke migu, selain makan mesti duduk, ya jadwal mandi ama tidur yg teratur.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

13

Topic: Disiplin pada Anak

sama nih gue juga baru nerapin disiplin yang standar2 aja ke aysha (20bulan), duduk di booster seatnya kalo makan, dan sampe sekarang masih nurut, walo kadang di tengah jalan minta buka dan akhirnya duduk di lantai hihihi..cuma ya itu gue juga berusaha fleksibel sama kaya slesta takutnya kalo dipaksain malah jadi trauma :P
selain itu, yang sekarang gue lagi ajarin disiplin, beresin maenannya, atau buang sampah yang ada. alhamdulillah sekarang aysha kalo lempar2 barang, gue bilang simpen di atas meja atau buang ke tempat sampah, dia nurut. atau misalnya dia numpahin minuman, gue suruh ambil lap trus bersihin hihihi walopun bersihinnya makin bikin berantakan at least dia ada kemauan ambil lap trus lap2 lantai :D

~Aysha's mom~

14

Topic: Disiplin pada Anak

IMO,
keberhasilan mendisiplinkan anak tergantung dari kebiasaan penghuni rumah tsb.

stressing juga buat anak untuk gak nonton tv while penghuni rumah yg lain lagi asyik dan seneng banget berlama2 nonton tv. gak fair juga bagi anak kalo dia harus duduk manis di hi chair sementara yg lain boleh menonton tv sambil makan misalnya.

tapi memang ada saatnya kita ngasih perhatian lebih sama anak. misalnya saat dia sakit. mungkin krn secara fisik dia gak kuat untuk ikut makan bareng di meja makan, jadi dia harus makan di tempat tidur. saat sudah minum obat dan baring2 sebelum tidur mungkin dia ingin digendong atau baring2 nonton film, dan saat merasa insecure begitu tentunya dia ingin tidur bareng mama papanya atau dikelonin. perasaan nyaman dan aman juga diperlukan koq untuk mempercepat kesembuhannya.

tapi, hal tsb hanya berlaku saat anak sakit, misalnya. pada saat dia sudah sehat dan fit lg seperti biasa, balik lagi ke kebiasaan semula. komunikasikan dengan jelas.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

15

Topic: Disiplin pada Anak

Gw baru bisa menerapkan disiplin ke Mikha (15mo) sejak kita tinggal sendiri di LN, which is 3 bulan lalu. Soalnya waktu tinggal di Jkt masi sama orang tua dan masalah mendisiplinkan anak banyak terhambat krn nenek kakeknya kasian laah, gak tega laah, ribedd jadinya.

Awalnya sempet pesimis bisa gak yah nerapin disiplin ke anak usia 12 bulan...ternyata gak ada yang gak mungkin kok, sama aja tekniknya, konsistensi..mungkin butuh waktu yang lebih lama karena tindakan disiplin itu gak diajarkan dari awal, yaah pinter2an orang tuanya aja biasanya untuk ngajarin dan tahan sama "protes" anaknya, tapi positifnya di usia segini anak udah mulai ngerti perintah2 sederhana.

Awalnya mikha gak mau duduk di high chair, tapi di sini kita selalu biasain makan duduk di meja makan, dan kita selalu melibatkan dia di segala aktifitas makan di meja makan..menunya pun disesuaikan dulu sama dia sampe dia ngerasa dianggap uda gde dan gak protes lagi duduk di high chair.

Yang paling sulit yah disiplin buat tidur..perlu waktu 2 bulan untuk bikin dia disiplin waktu tidur dan bikin dia "self sleep"...tapi yah pengorbanan yang worthed karena selama setaun di jakarta jam tidur orang tuanya jg berantakan krn gak bisa ngedisiplinin Mikha, hehe..

Ada siih moment dimana dia sakit atau gak enak badan jadi kita harus ngelonggarin metode disiplin yang udah diterapin, tapi begitu sembuh harus langsung diterapin lagi, biar waktu penyesuaian (waktu "protes"nya) gak terlalu lama...hehe

16

Topic: Disiplin pada Anak

Hi Moms,

Gw juga mulai nerapin disiplin ke anak gw soal makan di high chair. Dan ini berjalan sukses banget....kalo gw lagi di rumah pas weekend.

Karena ternyata mbak babysitter gw kegep tadi pagi, ngejer2 anak gw buat nyuapin sarapan dengan alasan anak gw ngamuk-ngamuk nangis2 ga mau ditaro di high chair. Gw nanggepin itu dengan gendong anak gw dan taro di highchair sambil nasehatin BS gw, harus tetep di high chair kalo lagi makan. Dan setelah itu gw temenin sarapan anak gw, dia disuapin sarapan ama babysitter gw ternyata dia anteng-anteng aja dan makan sampe abis. Ada selingannya sih, dengan ngasi roti tawar buat iseng dimakan-makan ama dia (kebetulan anak gw umurnya udah setahun akhir bulan lalu).

Dan di pagi itu timbul rasa penasaran gw soal anak gw yg gamau ditaro di highchair, gw tanya ke pembantu gw, ternyata jawabannya bikin gw sedih. Selama ini anak gw kl makan ditaro di highchair cuma sebentar doang, nangis dikit langsung digendong dan disuapin makan sambil digendong. Dengan tujuan supaya asal makannya cepet kelar.

Niatnya mau disiplinin anak, tapi BS gw ga mau ikutin aturan gw dan malah bohongin gw dengan bilangnya adek selalu makan di high chair padahal ternyata selama ini digendong-gendong doang. And fyi, gw beli berbagai macam gelas sampai doidy cup dengan niat supaya anak gw bisa belajar minum pake gelas, dan dia bilangnya adek ga pernah mau minum pake itu. Padahal pas gw coba sendiri, anak gw antusias minum pake doidy cup.

Hfft....apa mesti diberentiin aja BS kaya gini ya. maaf OOT. :(

17

Topic: Disiplin pada Anak

mrshandsumH

karna aku kerja aku juga sudah membiasakan demya untuk tidur di box sendiri, menyusui juga tidak di gendong selalu di tidurkan di tempat tidur. waktu MPASU juga di biasakan di rocking chair. kalo pergi2 juga sudah dibiasakan di stroller. its work.... nah kecuali masalah tidur nih... udah agak besar sudah mulai suka pindah tidur sama mamo papo nya....

sekarang sudah mulai di kasih pengertian kalo tidur harus di tempat tidur sendiri walau kita masih satu kamar.

metode pertama kita contohin tidur tapi ga berhasil kalo sekarang lagi pake metodenya nanny 911 apapunyg terjadi kembalikan ke tempat tidur sampe bener2 tertidur tapi mamonya jadi kurang tidur pas kerja.... plus mata panda pula tapi sudah di tekad in harus lulus 2 minggu.

plus mendisiplinkan toilet training nih..... bener2 mengurangi waktu tiddur deh....

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

18

Topic: Disiplin pada Anak

sebenernya sih gak ada kata2 'too early' dalam soal penerapan disiplin anak... anak itu hanya butuh masas adaptasi kok... penolakan awal pasti ada tapi itu gak akan selamanya...

yang penting adalah kekompakan orangtua dan rasa tega orang tua dalam penerapan disiplin... kalo ada satu pihak yang gak tega, lebih baik dia menyingkir dulu... ga usah ngeliat... dalam kasus saya, daddy nya anak2 yang sangat tidak tega... jadi kalo anak sedang didisiplinkan, doi paling masuk kamar ato ngerjain yang lain... buta tuli aja deh...

yang masalah justru kalo tinggal di Pondok Mertua Indah... repot dah tuh... solusinya? buruan minggat ajaaa... :D

19

Topic: Disiplin pada Anak

Hampir sama kaya mommies disini komennya..
Disiplin bisa dimulai kapan aja, bahkan semenjak baru lahir kita jg bisa menerapkan disiplin dimana buat sebagian orang terutama nenek kakeknya disiplin dibilang "Tega":p

Dan balik lagi ke masing-masing orang tua, kalau bisa kompak dan memegang komitmen, pasti bisa deh nerapin kedisipinan pada anak.

Saya juga termasuk yang mengharuskan anak harus duduk di HC sewaktu pertama mulai MPASI. Alhamdulillah sampai sekarang pun terbiasa duduk kalau makan, cuma karena sekarang sudah bisa jalan (14m0) jadi udah bisa duduk di kursi anak-anak biasa.

Mba @ikanwulan memang PR buat ngajak kerjasama yang jagain anak2 kita, tapi mudah-mudahan makin kesini makin bisa ya bs nya diajak bersabar buat ngelatih adek disiplin:)

Ibunya Azani
Instagram: @hananafajar
Email: [email protected]

20

Topic: Disiplin pada Anak

menurut gue, disiplin pada anak itu mesti diterapin dari kecil. disiplin kan bukan berarti kayak marahin ato gak ngikutin kemauan anak aja... tapi juga dari cara kita mengatur rutinitasnya.

misalnya tiap pagi mandi jam berapa, makan jam berapa, tidur jam berapa. dengan rutinitas, bantu anak untuk disiplin dengan waktu. nanti semakin gede baru bentuk kedisiplinan itu berubah, karena jadi urusan belajar, sekolah, dll.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

21

Topic: Disiplin pada Anak

Setuju banget dengan hanana, slesta, dll, disiplin sejak dini penting banget, dan itu justru mempermudah hidup anak2 menurut gw, karena saat mereka semakin besar, akan lbh mudah bagi mereka mengikuti aturan tanpa merasa terbebani..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

22

Topic: Disiplin pada Anak

huhu nggak tega sih ya kalau harus mendisiplinan anak dari kecil. Tapi untuk tumbuh kembang yang lebih baik sih memang harus diatur untuk disiplin dari usia dini. Rentang usia yang pas dimulai dari berapa yah?

Hey, Mom. You can add our outdoor furniture for your yard or garden.

23

Topic: Disiplin pada Anak

inget anakku yang pertama masih suka nangis kalo tiap azan magrib TV dimatikan, sulit banget mendisiplinkannya, soalnya di TPA dah dr pagi jam 7.30 sampe rumah jam 4 sore, dan biasanya habis maem sore minta distelin upin ipin, adit dan bang jarwo dan film anak2 lainnya tapi ya itu pas dah mau deket waktu magrib diminta matikan TV nya sebentar nangis kejer bilang gak mau sholat lah, mau jadi temennya setan, dan seabreg alasan lain yang berakhir dgn paksaan TV dimatikan dan dia nangis terus sampai capek.

Ada sarankah yang lebih mengena buat anak supaya disiplin moms?

24

Topic: Disiplin pada Anak

mama ainun, anak bungsuku juga lagi di masa2 itu nih. Awal nonton tivi atau main game udah sepakat bahwa main hanya misalnya satu jam, tapi pada prakteknya, hampir selalu dia gak mau bahkan marah2/nangis saat diminta untuk berhenti. Duhh.., lagi pelan2 nyoba utk disiplinin dia, tapi seringkali akunya gak kuat untuk nggak marah2.. ada saran gak urban mama?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

25

Topic: Disiplin pada Anak

Aku juga senasib sama mama ainun dan kak zata kalo untuk nonton tv sih aku gampang mendisiplinkannya,hanya saja untuk game (gadget) ini yang rada susah :(

Jatah main gadget sehari itu 1 jam dari yang awalnya hanya boleh weekends 2 jam. Nah tapi jadinya sih anaknya nagih terus,sampe KZL dan sering marah-marah akunya. Ini yang paling susah itu anak nomer dua.

Mungkin minatnya memang di per-game-an ya.. Jadi tertarik buat masukin ke kelas komputer gitu deh. #oot dikiit

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/